Bacaterus / FYI / 10 Media Sosial Paling Hits di Indonesia dari Masa ke Masa

10 Media Sosial Paling Hits di Indonesia dari Masa ke Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi sudah dilibatkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, mungkin beberapa dari kita, atau justru kita sendiri, tidak bisa ‘bekerja’ tanpa teknologi.

Selain untuk membantu memudahkan pekerjaan, teknologi juga sedikit-banyak dibutuhkan untuk bersosialisasi. Yup, sekarang kita sudah memasuki zaman di mana orang-orang senang berkumpul dan mengobrol di dunia maya. Jadi, tidak heran jika cukup banyak dari kita yang pulsa telepon atau SMS-nya kosong tapi banyak kuota. Hehehe.

Namun, jangan salah. Media sosial tidak hanya ramai akhir-akhir ini saja, lho! Cukup banyak media sosial terdahulu yang tidak kalah masyhur-nya dan digandrungi. Untuk tahu dan mengingat lebih lanjut, yuk kita baca terus!

1. Friendster

friendster

* sumber: smartcomputing123.wordpress.com

Di Indonesia, Friendster menjadi salah satu trending topic dalam obrolan anak remaja tahun 2000-an. Friendster bisa dikatakan sebagai salah satu ‘senior’ Facebook, fiturnya pun tidak jauh berbeda. Media sosial ini memfasilitasi penggunanya untuk mengatur profilnya sendiri, seperti memilih foto profil, desain profil, latar belakang, dan keterangan profil.

Biasanya, para pengguna Friendster mendesain profil mereka semenarik mungkin supaya menjadi salah satu faktor yang membuat orang lain kepincut. Tidak hanya teman-teman dekat kita saja yang bisa jadi tertarik dan mengajukan friend request kepada kita, tapi orang-orang lain.

Nah, tidak jarang, lho, orang-orang mengenang Friendster sebagai salah satu situs pencari jodoh, hihihi. Namun, sayangnya, media sosial satu ini memang hanya bisa dikenang saja, sebab sekarang fungsinya sudah berubah menjadi situs gaming.

2. MySpace

myspace

* sumber: myspace.en.softonic.com

Nah, kalau remaja-remaja Indonesia dulu menggandrungi Friendster, remaja di luar negeri sana menggandrungi MySpace. Tidak jauh berbeda konsepnya dengan media sosial sebelumnya, MySpace juga menyediakan fitur menarik yang berfokus kepada profil pengguna.

Meski begitu, bisa dikatakan bahwa MySpace lebih mirip dengan Facebook yang kita kenal dulu maupun sekarang. Layout-nya juga cukup mirip dengan tampilan Facebook dulu. Di MySpace, pengguna bisa menulis di Stream pengguna lain, mengunggah foto, lagu, dan sebagainya, serta mengikuti acara-acara yang diselenggarakan pengguna lain.

3. mIRC

mirc

* sumber: www.slant.co

Nah, kalau spesialis chattingan, mIRC jagonya! Media sosial yang satu ini pernah jadi super ngehits nyaris di seluruh belahan dunia, lho. Jadi, cukup besar kemungkinan pengguna untuk mengobrol dengan pengguna lain di beda negara. Namun, harus diingat, koneksi internet kita wajib stabil jika hendak terhubung ke mIRC, sebab tidak jarang kita gagal masuk lantaran sinyal internet yang ngadat.

mIRC menyediakan berbagai room untuk dipilih, bisa jadi dibuat untuk pengguna berdasarkan minatnya masing-masing (misalnya room musik) atau dibuat oleh pengguna sendiri khusus untuk keperluan tertentu. Nah, di room inilah kita bisa mencari teman mengobrol.

Hayo, siapa yang ingat dengan pertanyaan 3 huruf ikonis ‘ASL’? Hihihi, pertanyaan basis inilah yang biasanya menjadi pertanyaan wajib dalam mIRC. Tujuannya adalah untuk mengetahui identitas lawan bicara, yaitu dengan menanyakan Age atau usia, Sex atau jenis kelamin, dan Location atau lokasi tempat kita tinggal.

Sayangnya, meskipun masih ada sampai sekarang, media sosial yang dirilis tahun 1995 ini sudah tidak begitu digandrungi lagi seperti sebelumnya. Mungkin, karena sekarang sudah banyak aplikasi chatting yang sangat menjamur dan lebih digandrungi, ya?

4. Yahoo! Messenger

yahoo messenger

* sumber: www.youtube.com

Ini dia tongkrongan wajib anak SMP atau SMA tahun 2000-an. Aplikasi chatting ini meraja cukup lama, dikarenakan oleh fiturnya yang cukup berwarna. Sebelum kita mengenal emoji, Yahoo! Messenger mengenalkan kita dengan emoticon ikonis yang banyak serta lucu-lucu, salah satunya direpresentasikan oleh gambar di atas.

Seperti halnya mIRC, Yahoo! Messenger juga memberikan fasilitas berupa room yang dapat dibuat sendiri oleh pengguna. Contohnya, jika kalian punya geng khusus dan ingin mengobrol serentak, kalian bisa membuat satu room di Yahoo! Messenger.

Sejak aplikasi chatting seperti ini mulai dikenal masyarakat, tidak jarang banyak orang lebih memilih memberikan ID Yahoo! Messenger-nya alih-alih nomor telepon genggamnya. Hihi.

5. Facebook

facebook

* sumber: internet.gadgethacks.com

Siapa yang tidak tahu media sosial laris karya Mark Zuckerberg ini? Tidak lama setelah Friendster mulai terlupakan, Facebook hadir dengan fitur baru yang lebih variatif, ditambah dengan permainan-permainan online-nya yang cukup sering membuat beberapa teman kita kelepasan memberi banyak sekali undangan di notifikasi kita. Hehehe.

Namun, Facebook tidak hanya bertahan sebagai rebound guy atau media pelampiasan dari Friendster saja, kok. Buktinya, media sosial ini justru bisa bertahan dan masih laris sampai sekarang. Tidak jarang juga para pengguna menemukan teman-teman atau kerabat lamanya di Facebook, membuat semakin up to date dengan kabar dan keadaan orang-orang di sekitar.

6. Twitter

twitter

* sumber: www.socmedsean.com

Media sosial berlogo burung biru ini lebih cenderung digandrungi lantaran fiturnya yang membolehkan pengguna untuk banyak berbicara, atau ngetweet, istilah yang lebih familiernya. Di sini kita sebagai pengguna dibebaskan untuk mengunggah kiriman (dulu berupa 140 kata) ke linimasa Twitter kita.

Selain itu, kita juga disediakan fitur reply untuk membalas kicauan pengguna lain, retweet untuk mengirim ulang kicauan pengguna lain, dan like untuk menyukai kicauan pengguna lain.

Jika Facebook yang membuat kita otomatis berteman dengan pengguna lain yang mengajukan permintaan berteman kepada kita, Twitter punya cara berbeda. Pengguna yang mengikuti akun kita tidak secara langsung kita ikuti balik. Namun, seperti halnya Facebook, Twitter juga masih eksis sampai sekarang, kok!

Twitter melahirkan cukup banyak social media influencer atau selebtweet yang berpengaruh terhadap generasinya. Cukup banyak orang yang menjadikan Twitter sebagai media bisnis, salah satunya dengan bekerja sama dengan para selebtweet yang beken di media sosial satu ini. Boleh juga, ya!

7. Blackberry Messenger (BBM)

blackberry messenger

* sumber: hightechaffair.com

Para pengguna Blackberry mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi chatting ini. Meski sekarang BBM sudah tidak seeksklusif sebelumnya, dulu aplikasi tersebut hanya diperuntukkan bagi pengguna telepon genggam Blackberry saja. Walau demikian, tetap saja media sosial satu ini menjadi salah satu yang cukup ngehits pada masanya.

Untuk menambahkan pengguna lain ke daftar kontak, kita harus mengetahui PIN mereka terlebih dahulu, atau scan barcode sang pengguna secara langsung. Jadi, bisa dikatakan bahwa penggunaan BBM tidak seterbuka aplikasi chatting sebelumnya.

Selain itu, kita juga bisa mengirim pesan berupa foto, video, bahkan pesan suara. Blackberry Messenger juga mempersilakan penggunanya untuk mengunggah foto dan status profil.

8. Path

path

Media sosial yang ditemukan oleh Dave Morin pada tahun 2010 ini ibaratnya mempunyai seluruh kemasan yang ditawarkan oleh media sosial lainnya. Selain mengirim status, di Path pengguna bisa meng-update kegiatannya dengan bentuk apa saja.

Misalnya, kalau kita tengah mendengar lagu, kita bisa membuat kiriman tentang lagu dan penyanyi itu. Kita juga bisa membagikan lokasi, mengirim foto, buku yang tengah kita baca, dan sebagainya.

Dengan desain minimalis, Path berhasil meraja di awal tahun rilisnya. Sayangnya, akhir-akhir ini, para pengguna media sosial di Indonesia perlahan mulai meninggalkan media sosial satu ini dengan berbagai alasan.

9. LINE Messenger

line messenger

Nah, aplikasi satu ini, sih, masih ngehits sampai sekarang. Media sosial yang menyediakan fasilitas berupa chat room yang mayoritas dipergunakan untuk bertukar obrolan antar pengguna. LINE juga menyediakan berbagai jenis stiker yang bisa kita pilih untuk lebih membuat ekspresif obrolan kita, termasuk stiker-stiker karya anak bangsa, lho!

Namun, sekarang ini, LINE tidak hanya bisa kita gunakan untuk mengobrol saja, melainkan menambah ilmu pengetahuan dan bahkan mencari kerja. Sekarang LINE sudah menyediakan fitur LINE Today dan LINE Job untuk bebas digunakan dan dimanfaatkan oleh penggunanya.

10. Instagram

instagram

* sumber: techcrunch.com

Hari ini, sudah update snapgram, belum? Hihihi. Tahun 2017 hingga awal 2018 ini, Instagram memang menjadi salah satu media sosial yang paling hot atau dikenal juga dengan istilah lain yang lebih familier, ngehits. Banyak fasilitas Instagram yang menarik minat penggunanya, termasuk fasilitas snapgram yang diperuntukkan bagi pengguna yang ingin meng-update apa saja, dan bertahan dalam jangka waktu 24 jam.

Seperti halnya Twitter, Instagram juga menjadi ladang subur untuk para pebisnis mengembangkan usahanya. Selain bermanfaat bagi selebgram, lantaran peminatnya yang banyak, Instagram dimanfaatkan oleh para pengusaha untuk mengiklankan produknya kepada publik. Jadi, rupanya Instagram tidak hanya untuk mengunggah hasil swafoto estetis saja, ya!

Nah, apakah kalian pernah menggunakan salah satu media sosial yang sudah dijabarkan di atas? Atau justru pernah menggunakan semuanya? Wah! Ayo, jangan ragu untuk mengobrol di kolom komentar!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *