bacaterus web banner retina
Cari kata/istilah

Mbois

“Mbois" atau sering disingkat "Bois" adalah istilah yang digunakan oleh masyarakat, terutama kalangan muda, untuk menggambarkan sesuatu yang "keren" atau "bergaya".

Secara harfiah, "Mbois" dapat diterjemahkan sebagai sesuatu yang menarik perhatian karena memiliki gaya atau penampilan yang keren. Misalnya, ketika seseorang melihat teman mereka mengenakan pakaian yang trendy atau melakukan sesuatu yang mengesankan, mereka mungkin akan berkata, "Wah, mbois tenan!" yang berarti "Wah, keren sekali!".

Asal Muasal Istilah Mbois

Istilah "Mbois" diyakini berasal dari kata bahasa Inggris "Boyish". Kata "Boyish" sendiri memiliki konotasi yang berkaitan dengan hal-hal yang macho, sangar, atau berkesan kecowok-cowokan.

Dalam perjalanan waktu, kata "Boyish" mengalami adaptasi dan perubahan pelafalan menjadi "Mbois" oleh masyarakat lokal di Jawa Timur, sehingga lebih sesuai dengan logat dan dialek setempat.

Pada awalnya, "Mbois" digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang berbau macho atau memiliki karakteristik kecowok-cowokan. Namun, seiring dengan perkembangan waktu dan perubahan sosial, makna dari "Mbois" mengalami perluasan.

Kini, istilah ini tidak hanya digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang macho, tetapi juga untuk segala hal yang dianggap keren, cakep, cantik, bagus, pintar, dan sejenisnya.

Contoh Penggunaan Istilah Mbois

Berikut adalah contoh penggunaan istilah Mbois dalam percakapan sehari-hari atau dialog digital yang terjadi di X/Twitter:

Contoh 1:

Penampilan: "Kamu pakai jaket kulit itu, mbois banget!"

Prestasi: "Nilai ujian kamu mbois, semua dapat A!"

Keahlian: "Kamu main gitar mbois banget, jago banget!"

Contoh 2:

cross