Bacaterus / Makanan Pedas / 10 Masakan Pedas yang Paling Enak dari Seluruh Dunia

10 Masakan Pedas yang Paling Enak dari Seluruh Dunia

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih yang tidak suka cabai? Selain rasanya yang mencubit dan bersifat adiktif, cabai juga memiliki kandungan nutrisi yang baik loh! Di tiap 100 gramnya, cabai memiliki kandungan Energi, Air, Protein, Lipid, Karbohidrat, Serat, Kalsium (ca), Besi (fe), Magnesium (mg), Fospor (P), Kalium (K), Selenium, Vitamin C, Vitamin, Kolin, Vitamin A, Vitamin E, Vitamin K hingga Beta Karoten!

Bisa dipastikan dong kalau cabai tidak sejahat rasanya. Namun perlu diingat, walau cabai bersifat baik, kalau dikonsumsi berlebihan bisa merusak lambung mengingat jenis makanan yang pedas merupakan kombinasi dari asam.

Bila sifat asam terlalu banyak dikonsumsi, maka dinding lambung akan rusak dan dapat menyebabkan timbulnya penyakit Gastritis atau maag akut. Jadi, lebih bijak yah dalam mengkonsumsi cabai!

Nah, untuk dikonsumsi, umumnya masyarakat lebih banyak mengolah cabai sebagai bagian dari bumbu masakan. Cabai yang memiliki rasa pedas diyakini dapat menambah cita rasa suatu masakan menjadi lebih enak.

Banyak olahan makanan dari berbagai negara yang sering menggunakan cabai sebagai salah satu bahan penting masakannya. Sebut saja Indonesia dengan sambalnya, India dengan karinya juga Spanyol dengan Paella nya. Ingin tahu makanan lezat apalagi yang menggunakan cabai sebagai bumbu utamanya? Yuk simak di 10 masakan pedas nan lezat di dunia versi bacaterus.com!

1. Rendang

masakan pedas rendang

Bukan orang Indonesia kalau tidak tahu makanan lezat yang satu ini. Makanan ini dibuat dari potongan daging sapi atau daging ayam yang direbus lama di dalam ramuan santan kelapa bersama rempah-rempah seperti cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih dan bawang merah.

Yak! Nama makanan tersebut adalah rendang; masakan asli Minangkabau yang terkenal karena kaya rempah dan rasanya yang sangat enak. Walaupun sangat pedas untuk ukuran orang Eropa dan Amerika, tapi tetap saja mereka masih bisa memakannya mengingat rasanya yang tidak terlalu kuat.

Rendang sendiri sering disebut sebagai kari kering oleh banyak orang selain Indonesia. Makanan ini menjadi menu favorit semua orang diseluruh dunia hingga masuk ke dalam daftar 50 masakan terlezat di dunia versi CNN Travel pada urutan PERTAMA!

Tidak percaya? Coba saja teman-teman buktikan sendiri, apabila memiliki teman seorang foreigner, ajak mereka ke rumah makan Padang terdekat dan sajikan rendang pada mereka. Dijamin, mereka akan menambah! Butuh bukti lainnya? Rendang juga sudah masuk ke dalam Asian Food Channel dalam program ‘Taste of Indonesia’ dan menerima komentar positif dari banyak pihak.

2. Kari

Chicken Tikka Masala (Kari)

Sama seperti rendang, makanan asli India ini juga dibuat dari bermacam-macam rempah, maka tak heran banyak orang yang menyukainya. Selain wangi juga enak, kari memiliki cita rasa pedas sebagi ciri khasnya, sehingga membuat makanan ini populer di seluruh negara.

Bahkan sekitar 9000 restoran di India, Pakistan dan Bangladesh menyediakan kari dengan bermacam jenis, seperti Chicken Tikka Masala dan Balti yang level pedasnya lumayan mencubit lidah. Saking pedasnya, kari kerap kali dijadikan sebuah tantangan bagi para pecintanya.

Salah satunya yang dilakukan oleh para aktris Korea dalam reality show Roommate Season 1 episode 4; Jo Se-Ho, Im Jin-Ah (Nana After School), Seo Kang-Joon dan Song Ga Yeon. Mereka berempat mendatangi kedai kari bernama Curry House yang berada di Myeongryun 2-ga, Jongno-gu, Seoul – Korea Selatan, untuk bertanding makan kari terpedas di Korea.

Hasilnya? Mereka berempat kelimpungan mencari air minum dan memakan acar untuk menghilangkan rasa pedas yang kelewat ekstrem. Padahal mereka hanya mencoba 1 sendok saja!

Kari terpedas yang pernah dihidangkan bernama ‘The Widower’. Kari ini disajikan di restoran Bindi di Grantham, Inggris. Di dalam kari tersebut, ada sedikitnya 20 cabai Naga Infinity Chillis, yang menurut Daily Mail merupakan cabai terpedas ke dua di dunia. Total tingkat kepedasan kari ini 6.000.000 SHU (Scoville heat units)!

3. Paella

paella

Paella sendiri merupakan makanan khas dari Spanyol. Berbentuk nasi yang dicampur dengan bermacam-macam bumbu, membuat makanan ini disukai tak hanya oleh masyarakat Spanyol sendiri namun seluruh orang di dunia.

Buktinya, kini banyak sekali restoran-restoran khas Spanyol yang dibuka di Indonesia untuk memanjakan lidah para penikmatnya. Kalau teman-teman masih bingung dengan bentuknya, coba bayangkan nasi goreng atau nasi campur! Nah, kira-kira penampilannya semacam itu.

Paella biasanya disajikan dengan full lauk yang terdiri dari potongan daging sapi, daging ayam yang disuwir, bakso dan lainnya. Kadang paella juga disajikan bersama lauk seafood seperti udang, gurita, cumi, atau ikan fillet yang sudah ditumis dengan sedikit kaldu kerang.

Sensasi yang teman-teman akan dapatkan adalah gurihnya nasi, asinnya bahan pelengkap seperti lelehan keju mozarella, asam juga manisnya saus atau pasta dan pastinya pedasnya rempah-rempah yang ada di dalam paella. Cocok sekali dihidangkan bagi anda yang menyukai rasa pedas!

4. Haemul Jjampong

Haemul Jjampong

Bila teman-teman penggila dunia showbiz Korea, pasti kalian semua tahu atau setidaknya hapal dengan makanan khas Korea yang satu ini. Yap! Haemul Jjampong. Makanan berupa mie gandum, disajikan dengan makanan laut seperti kerang, baby octopus, udang dan juga daging kepiting.

Bahkan biasanya ada kimchi yang digabungkan bersama dengan semua makanan tadi, membuat rasa Jjampong ini semakin dahsyat! Sebagai informasi saja, cabai yang dipakai untuk membuat Jjampong ini diambil dari Korea, China, India dan Vietnam.

Jjampong biasanya dijadikan sebagai tantangan untuk para idol di berbagai variety show mengingat rasa pedasnya yang nyelekit. Namun tak hanya pedas, rasa Jjampong ini sangat enak dan bersifat adiktif. Membuat banyak orang selalu ingin mencoba Jjampong apalagi saat musim penghujan tiba meskipun level pedasnya sudah dikategorikan ‘dangerous’.

Bahkan CNN memasukan Jjampong sebagai 7 makanan pedas Korea yang wajib dicoba! Dengan rating 4/5, Jjampong berada di peringkat ke 2 dari 7 masakan pedas tersebut.

5. Sichuan

sichuan

Sichuan merupakan sambal khas Cina yang memiliki cita rasa sangat pedas. Banyak orang yang merasa tertantang untuk makan sambal ini karena penampilannya yang terlihat lezat namun memiliki rasa yang nendang. Nama Sichuan sendiri berasal dari daerah Sichuan yang berada di wilayah barat day Cina.

Masyarakat di sana menggunakan berbagai rempah dan cabai Sichuan untuk memasak sambal ini hingga akhirnya terkenal diseluruh negeri. Rasa pedas yang ditawarkan mencapai 30.000–50.000 SHU, cukup untuk membuat perut bergejolak.

Sichuan sendiri adalah semacam sambal yang biasanya digunakan untuk menumis atau merebus daging yang dimasak bersamaan dengan campuran cabai Sichuan, bawang, jahe dan rempah-rempah lainnya. Daging yang dimasak umumnya daging babi, jadi untuk yang beragama muslim biasanya akan mengganti daging tersebut dengan daging sapi.

Bukan hanya dagingnya saja yang dimasak, tapi usus, hati, kikil dan lain sebagainya. Masyarakat Cina sendiri memakan Sichuan ditemani dengan semangkuk nasi hangat dan beberapa kondimen lainnya supaya rasa pedasnya imbang.

6. Wot

Wot

Tak semudah membaca namanya, makanan ini akan menjadi sulit untuk dimakan oleh para pemburu makanan yang tidak kuat pedas. Wot merupakan masakan khas dari negeri Ethiopia, berupa tumisan daging yang diberi kaldu pekat hingga kental (menyerupai kari).

Makanan ini juga diberi bumbu-bumbu khas seperti bawang bombay, bawang merah, bawang putih, cabai, berbere (semacam rempah dari Ethiopia) yang sudah dihaluskan sebelumnya. Walau pedas, orang-orang yang mencobanya akan terus menerus memakan Wot karena rasanya yang enak

Tak hanya tumisan, sama seperti Sichuan, Wot juga bisa digunakan untuk bahan makanan rebusan seperti sayur atau daging. Biasanya masyarakat Ethiopia akan memakan Wot dengan roti bernama Injera. Jika teman-teman merasa Wot kurang cocok dihidangkan bersama roti, kalian bisa menggantinya dengan nasi juga kok! Untuk urusan pedas ditanggung sendiri yah!

7. Habanero Chicken

Habanero Chicken

Setelah kenyang menyantap tumisan daging, rebusan sayur dan kare, yuk kita cicip pedasnya ayam habanero! Dijamin deh, walau lidah terasa terbakar dan perut sudah mulai panas, teman-teman tidak bisa lari dari seporsi lezatnya ayam Habanero ini.

Bahan utamanya adalah ayam yang digoreng sangat krispi (biasanya ukuran ayam lumayan besar walau untuk 1 potong saja) lalu ditambahkan cabai Habanero; mulai dari ditaburi bubuk cabai, direndam dalam pasta cabai dan diberi lagi parutan cabai kering Habanero.

Habanero ini merupakan jenis cabai yang menyerupai jalapeño, namun tingkat kepedasannya bisa mencapai 40 hingga 70 kali lipat! Dahsyat kan? Orang yang bisa memakan habis ayam ini adalah Matsui Rena, member dari SKE48 waktu mengikuti sebuah tantangan bersama 130 orang lainnya. Perlu diingat, Rena menghabiskan 1 porsi Habanero Chicken dengan pedas yang menyentuh level 5! Way to go Rena!

8. Buffalo Hot Wings

Buffalo Hot Wings

Bila teman-teman bertandang ke Amerika, akan tak sulit menemukan gerai-gerai atau café yang menyediakan Hot/Spicy wings. Heran memang, mengingat orang-orang di negeri paman Sam tersebut tidak menyukai pedas.

Namun untuk memakan Buffalo Hot Wings ini, mereka tidak akan menolaknya! Selain enak, orang Amerika yang gemar menerima tantangan tidak mau kalah hanya dengan sayap ayam saja. Sehingga banyak yang terus menyantap Hot Wings ini sebagai camilan mereka.

Konsep dari Buffalo Hot Wings sebenarnya sama dengan Chicken Habanero. Apabila Chicken Habanero menggoreng semua bagian ayam, maka Buffalo Hot Wings hanya menggunakan bagian sayap ayam saja untuk dipanggang.

Proses pembuatannya juga cukup mudah, hanya dengan menggoreng sayap yang telah dilumuri bahan-bahan seperti vinegar, cabai cayene dan butter hingga sedikit krispi lantas dipanggang sambil terus diolesi sambal hingga matang. Berani mencoba?

9. Chiles en Nogada

Chiles en Nogada

Dari namanya saja sudah bisa ditebak yah dari mana makanan ini berasal. Yak! Tepat sekali, Meksiko. Negara yang memiliki warna bendera merah, putih dan hijau ini sudah dikenal dengan makanan lezat nan pedasnya di seluruh dunia.

Mulai dari tingkatan pedas yang masih bisa diterima perut seperi saus Nachos atau jalapeño hingga tingkatan pedas yang menyentuh angka 1000 sampai 10.000 scovilles seperti Chiles en Nogada ini.

Chiles en Nogada merupakan makanan asli yang berasal dari kota Puebla, wilayah Meksiko bagian barat. Makanan ini berupa daging yang sudah dibalut dengan daun pomegranate merah, irisan plump, taburan cabai poblano dan dilumuri saus kacang berwarna putih.

Sehingga warna makanan ini merepresentasikan bendera negara Meksiko. Merah dari daun pomegranate, hijau dari cabai poblano dan putih dari saus kacangnya. Makanan ini biasanya banyak dihidangkan saat hari kemerdekaan Meksiko.

10. Griot

Groti

Hah? Apaan tuh! Pasti ini yang pertama kali muncul dalam pikiran teman-teman semua. Griot adalah nama makanan yang berasal dari Haiti. Tak hanya pedas, rasa Griot yang gurih membuat orang yang mencobanya menjadi ketagihan.

Namun untuk yang beragama muslim, sepertinya tidak bisa memakan makanan ini. Kecuali diganti dengan daging lainnya, karena bahan utama Griot adalah daging babi bagian pundak. Rasa kaldu dari rebusan daging meresap dan membuat rasanya menjadi semakin kuat.

Setelah direbus hingga matang, daging tadi akan langsung direndam dengan saus asli Haiti ditambah minced bonnet atau cabai habanero, cuka apel dan acar pedas. Setelahnya ditumis sebentar dengan kaldu hingga kaldunya kering.

Hanya memakan Griot ini sesendok saja sudah cukup membuat kita berurai air mata dan menghabiskan setengah liter air minum. Tapi kalau memang sudah doyan pedas? Pasti akan langsung dihajar terus hingga suapan terakhir!

Itu tadi Yuk simak di 10 Masakan Pedas Nan Lezat di Dunia versi bacaterus.com. Semoga artikel ini menambah wawasan teman-teman semua yah! Oh iya, ada bonus tips dan trik nih bagaimana memanipulasi rasa pedas yang membuat kita kerepotan menahannya.

Yang pertama dengan meminum susu; karena susu mengandung zat kasein yang dapat menguraikan ikatan zat capsaicin dari cabai. Yang kedua menggunakan air hangat. Jangan sekali-kali meminum soda dingin untuk menghilangkan rasa pedas. Air yang berkarbonasi akan menyebabkan rasa pedas menjadi lebih aktif lagi dalam mulut. So, be wise good people!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *