Bacaterus / Makanan / 10 Masakan di Rumah Makan Padang yang Paling Enak

10 Masakan di Rumah Makan Padang yang Paling Enak

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih yang tidak tahu masakan Padang? Rasanya hampir semua orang mengenal masakan yang khas dengan rasa pedasnya ini. Mungkin sebagian orang bertanya-tanya kenapa masakan padang bisa sangat lezat dan sempat menduduki peringkat teratas di dunia. Jawabannya terletak pada banyaknya rempah-rempah khas yang digunakan.

Selain itu, proses memasaknya yang cukup lama sehingga membuat masakan Padang menghasilkan rasa yang khas dan menggoda. Sebagian besar masakan Padang dapat dengan mudah kita temukan di mana pun. Rasanya hampir setiap kota di Indonesia memiliki rumah makan Padang. Buat kamu yang lagi ingin makan masakan Padang tapi bingung mau makan apa, berikut beberapa rekomendasi masakan Padang paling enak.

1. Rendang

Rendang

* sumber: dailycookingquest.com

Masakan Padang pertama yang banyak digemari adalah rendang. Rendang merupakan daging sapi yang diolah dengan proses memasak yang cukup lama dan cukup sulit. Daging sapi yang sudah dipotong-potong akan dimasak berulang-ulang dengan santan kelapa sampai bumbu dan airnya meresap sempurna.

Setelah airnya meresap, rendang ditambahkan santan lagi dan kemudian dimasak lagi, begitu seterusnya sampai menghasilkan warna cokelat seperti ini. Maka dari itu rendang merupakan masakan Padang yang cukup awet jika disimpan di dalam wadah kedap udara.

Bahkan rendang dapat bertahan hingga satu bulan lho! Keren banget ya. Rasanya yang pedas dan tekstur dagingnya yang empuk membuat rendang jadi masakan populer yang enak.

Cek juga artikel masakan daging sapi khas Indonesia ini agar kamu menemukan ide memasak daging selain rendang.

2. Ayam Bakar

Ayam Bakar

* sumber: chanelmuslim.com

Tidak hanya dagingnya saja yang enak, ayam bakar Padang yang memiliki bumbu tebal dan pedas ini juga enak banget. Sebelum di bakar, ayam akan direndam terlebih dahulu dengan bumbu, kemudian diolesi dengan bumbu khas berkali-kali hingga bumbunya tetap menempel saat dibakar.

Rasanya yang pedas dan beraroma smokey membuat ayam bakar Padang jadi salah satu masakan paling enak. Ayam ini bisa dinikmati dengan sambal hijau atau sambal merah.

3. Dendeng Balado

Dendeng Balado

*Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=k-f8OI_NGOY

Masakan Padang yang cukup menantang pedasnya adalah dendeng balado. Bentuk sambalnya yang diulek kasar ini membuat rasa pedasnya sangat sempurna. Dendeng balado pada dasarnya adalah irisan tipis daging sapi, dengan tekstur kenyal dan berwarna kehitaman.

Masakan ini melalui proses pengolahan daging sapi yang diiris tipis dan direndam dalam air jeruk nipis selama sekitar 10 menit. Kemudian, daging tersebut dipanggang dalam oven atau dikeringkan di bawah matahari. Daging sapi kemudian digoreng hingga garing. Lalu daging sapi dicampurkan atau ditumis dengan cabai, bawang merah, dan daun jeruk purut.

4. Ikan Balado

Ikan Balado

Masakan yang dibalado memang tidak pernah salah! Selain dendeng, masakan Padang lainnya yang menggunakan bumbu balado adalah ikan balado. Ini adalah ikan kembung yang dicampur dengan sambal pedas balado.

Setelah ikan digoreng, ikan kembung dicampur dengan beberapa bahan seperti cabai merah, tomat cincang, bawang merah, dan bawang putih. Rasanya yang pedas dan nikmat paling cocok disantap dengan nasi putih hangat.

5. Telur Dadar

Telur Dadar

* sumber: www.dapurkobe.co.id

Berbeda dengan telur dadar biasa, telur Padang memiliki keunggulan tersendiri yang membuatnya menjadi masakan Padang paling enak. Telur Padang memiliki bentuk yang tebal seperti martabak.

Yang membuat telur ini tebal adalah campuran tepung dan sayuran yang digunakan untuk membuat telur ini spesial. Dijamin bikin kenyang dan rasa laparmu akan hilang hanya dengan menyantap telur padang ini.

6. Gulai Paku

Gulai Paku

Walaupun namanya paku, tapi makanan ini bukan terbuat dari paku seperti yang kamu bayangkan. Gulai paku adalah gulai pakis yang biasa dicampur dengan nasi saat kita makan di rumah makan Padang.

Kuahnya yang kental berwarna kuning berpadu dengan rasa daun pakis yang lembut dan gurih. Gulai paku memang cocok disebut sebagai salah satu masakan Padang paling enak!

7. Ayam Pop

Ayam Pop

* sumber: www.saribundo.biz

Buat kamu pecinta ayam, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi salah satu masakan Padang paling enak ini. ayam pop Padang merupakan daging ayam organik utuh. Biasanya masakan ini terbuat dari ayam kampung yang direndam dengan bumbu pasta kemudian direbus dalam campuran air kelapa, serai, daun salam, dan lengkuas.

Ayam ini disajikan tanpa kulit dan bertekstur lembut. Untuk menambah rasanya, nikmati dengan sambal merah yang pedas. Ayam pop ini umumnya lebih banyak disajikan bagian paha atas karena rasanya yang dinilai lebih nikmat. Nah, kalau kamu bagian ayam apa nih yang kamu suka?

8. Gulai Kepala Ikan

Gulai Kepala Ikan

Selain ikan balado, hidangan ikan lainnya dari masakan Padang adalah gulai kepala ikan. Buat kamu yang belum pernah mencicipi masakan ini, kamu tidak perlu kaget ketika melihat kepala ikan yang digulai. Karena rasanya sangat enak dan bisa bikin kamu ketagihan!

Kuah kuningnya yang cukup kental dan gurih akan terasa sangat enak dicampur dengan daging kepala ikan yang lembut. Kuahnya memiliki rasa pedas, gurih, dan sedikit asam yang membuat masakan ini terasa segar saat disantap.

9. Soto Padang

Soto Padang

Makanan kuah lainnya yang wajib ada dalam daftar masakan Padang paling enak adalah soto Padang. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas soto masing-masing. Soto Padang ini terdiri dari mie soun, tomat, perkedel kentang, daging, sambal cabai rawit, dan kerupuk pink khas Sumatera.

Yang membuat soto ini berbeda dari soto lainnya adalah menggunakan daging yang digoreng terlebih dahulu sebelum dicampur dengan kaldu dan bumbu lainnya. Paling enak disantap saat masih panas dan dilengkapi dengan nasi putih. Rasanya tidak akan bikin kamu kecewa! Jangan lupa tambahkan perasan jeruk nipis supaya rasanya kuahnya lebih segar.

10. Sate Padang

Sate Padang

* sumber: nasional.tempo.co

Tidak perlu diragukan lagi, sate Padang merupakan jenis sate yang paling banyak digemari bahkan hingga mancanegara. Yang membuat sate Padang berbeda dari sate lainnya adalah menggunakan bagian jeroan dan lidah sapi. Sate Padang dilengkapi dengan saus kacang yang kental berwarna kekunnigan dan potongan lontong.

Biasanya sate ini memiliki ukuran potongan bagian sapi yang kecil-kecil namun sangat enak. Ada tiga jenis saus sate Padang yaitu warna kuning, warna kecokelatan, dan warna merah. Namun saus sate Padang yang paling banyak kita temui adalah saus berwarna kuning yang kental dan menggugah selera makan. Lengkapi dengan taburan bawang goreng supaya membuat rasa dan aromanya menggoda.

Itulah beberapa jenis masakan Padang di rumah yang paling enak. Jadi, sudah tidak bingung lagi ‘kan mau pilih masakan Padang yang mana? Apakah kamu pernah mencoba semuanya? Jika kamu tahu masakan Padang paling enak yang lainnya, jangan ragu untuk berbagi dengan kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *