Bacaterus / Kuliner / Kuliner Jakarta / 10 Martabak Paling Enak di Jakarta yang Wajib Dicoba

10 Martabak Paling Enak di Jakarta yang Wajib Dicoba

Ditulis oleh - Diperbaharui 31 Oktober 2018

Adakah yang lebih menyenangkan dari makan martabak bersama orang terdekat saat cuaca di luar sedang hujan? Ada banyak penjual martabak yang ada di Jakarta, mulai dari martabak telor, martabak manis, hingga martabak crispy.

Martabak sendiri merupakan makanan asal Timur Tengah yang kini sudah sangat populer di berbagai negara, seperti Malaysia dan Indonesia. Di Indonesia, martabak terbagi menjadi dua jenis yakni martabak manis dan asin. Martabak manis berbentuk roti sedangkan martabak asin berupa telur dan daging yang dibungkus dengan kulit khusus.

Dewasa ini, martabak manis juga diolah dengan berbagai variasi, seperti martabak red velvet oreo cream cheese. Banyaknya pilihan dan variasi martabak ini membuat kita menelan ludah dan ingin mencicipinya satu persatu, bukan?

Bila Anda ingin mencari martabak untuk disantap bersama keluarga atau teman-teman, Anda bisa memilih salah satu martabak paling enak di Jakarta yang direkomendasikan oleh Bacaterus berikut ini. Apa sajakah itu?

1. Martabak Bandung Raya

Martabak Bandung Raya

Martabak Bandung kok di Jakarta? Ya, memang benar jika martabak yang satu ini berlokasi di Jakarta, tepatnya di Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan. Di ibu kota banyak sekali kedai martabak yang mencantumkan nama “Martabak Khas Bandung”, tetapi tahukah Anda bahwa salah satu pelopor Martabak Bandung adalah kedai Martabak Bandung Raya yang ada di Jalan Fatmawati Raya ini?

Salah satu menu favorit yang paling banyak dipesan di sini adalah martabak durian, di mana Anda akan merasakan lembutnya lelehan manis durian yang berpadu dengan martabak yang gurih. Sekali mencoba Martabak Bandung Raya rasa durian ini, dijamin Anda pasti ketagihan!

2. Martabak Favourite

Martabak Favourite

Jika membahas tentang martabak paling enak di Jakarta, kedai Martabak Favourite ini memang tidak boleh ketinggalan. Martabak Favourite berlokasi di kawasan Rawamangun. Kedai martabak ini juga tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan, pembeli Martabak Favourite ini bukan hanya berasal dari masyarakat sekitar saja, tetapi juga dari seantero Jakarta.

Menu yang paling disukai di sini adalah Martabak Keju. Konon, kedai Martabak Favourite ini tidak pernah pelit saat memberikan topping keju, meses coklat, dan bahan pelengkap lainnya. Porsi besar dari Martabak Favourite ini juga diimbangi dengan topping martabak yang super banyak. Jadi, Anda tidak rugi jika membeli martabak ini untuk dimakan bersama-sama.

3. Martabak Sinar Bulan

Martabak Sinar Bulan

Bangka adalah salah satu daerah yang terkenal dengan martabak telur dan manisnya. Nah, di Jakarta Anda bisa menemukan martabak khas Bangka ini di kedai Martabak Sinar Bulan. Anda bisa mengunjungi kedai martabak ini di Jalan Muwardi, Grogol, Jakarta Barat. Seperti biasa, porsi martabak manis di tempat ini cukup besar. Di samping itu, harga martabaknya pun tidak terlalu pricey.

Banyak orang yang rela mengantri hingga berjam-jam demi mencicipi martabak khas Bangka yang terkenal lezat ini. Nah, rasa martabak manis apa saja yang paling disukai di sini? Di Martabak Sinar Bulan, menu yang paling sering dipesan adalah martabak keju yang dikombinasikan dengan coklat kacang dan wijen.

4. Martabak AA Minangkabau

Martabak AA Minangkabau

Mau martabak atau mie ayam? Semua bisa Anda temukan di Martabak AA Minangkabau. Mungkin tak banyak yang mengetahui lokasi persis dari kedai martabak ini. Martabak AA Minangkabau berlokasi di Jalan Minangkabau tepatnya di depan Seven Eleven Minangkabau.

Kedai ini sangat ramai pada sore hari, terutama pada saat jam-jam pulang kantor. Pasalnya, banyak orang yang singgah di sini untuk membeli martabak yang akan dibawa pulang atau sekedar menunggu kemacetan sedikit mereda sambil menunggu martabak favoritnya.

Baik martabak maupun mie ayam di sini semua sangat diminati oleh banyak pengunjung. Berminat untuk mencoba Martabak AA Minangkabau ini?

5. Martabak 65A Pecenongan

Martabak 65A Pecenongan

Apa yang terbesit dalam pikiran Anda ketika mendengar kata “Pecenongan”? Martabak! Ya, Martabak Pecenongan memang cukup tersohor. Bahkan, beberapa wisatawan dari luar Jakarta sengaja menyempatkan diri untuk membeli martabak yang fenomenal ini.

Akan tetapi, Anda harus waspada karena martabak yang satu ini cukup banyak tiruannya. Di daerah Pecenongan sendiri Anda bisa menjumpai beberapa kedai martabak tiruan yang menggunakan embel-embel Pecenongan dan sebagainya.

Kedai Martabak 65A Pecenongan adalah kedai martabak yang “asli”. Di sini, Anda bisa memilih martabak manis dengan topping yang sangat menarik, seperti toblerone, nutella, skippy, dan ovomaltine. Selain martabak manis, kedai ini juga menjual martabak telur dan martabak crispy (tipis kering).

Harga Martabak Pecenongan memang sedikit mahal, tapi harga tersebut sangat worth mengingat rasa dari martabak ini sangat lezat. Martabak Pecenongan yang “asli” ada di Jalan Pecenongan Raya 65A, kini kedai ini sudah membuka cabang di Pantai Indah Kapuk.

6. Martabak Orins

martabak paling enak di jakarta orins

Cari cemilan untuk dinikmati pada saat malam hari? Kunjungi saja Martabak Orins. Kedai yang tersebar di beberapa wilayah yang ada di Jakarta ini menjual martabak manis dan telur. Untuk martabak manis, Anda bisa memesan topping coklat, keju, stroberi, pisang, nutela, toblerone, dan masih banyak lagi.

Berbeda dari kedai martabak lain, Martabak Orins menawarkan berbagai ukuran, mulai dari mini, sedang, besar, dan jumbo. Martabak dengan ukuran mini ini sangat cocok untuk disajikan pada saat seminar, arisan, atau acara ulang tahun.

Sementara itu, martabak telur isi daging sapi atau ayamnya juga tidak kalah lezat, lho. Irisan daging dalam martabak telur ini cukup tebal sehingga Anda puas saat menyantapnya. Jangan lupa tambahkan pula acar dan saus agar rasanya semakin mantap.

Kedai Martabak Orins tersebar luas di wilayah Jakarta, seperti di Gondangdia, Tebet, BSD, Setiabudi, Kebayoran Baru, Cilandak, Kebon Jeruk, dan Jalan Tambak. Bahkan, kini Martabak Orins juga sudah membuka cabang di Depok.

7. Martabak Boss

Martabak Boss

Nah, ini adalah salah satu martabak paling enak di Jakarta yang tidak boleh dilewatkan. Kedainya pun cukup unik didominasi dengan warna kuning. Salah satu kedai Martabak Boss ini menggunakan kontainer yang sudah dimodifikasi menjadi sangat menarik.

Martabak Boss adalah salah satu kedai martabak yang tidak pernah sepi pengunjung. Topping dan rasa untuk martabak manisnya pun sangat bervariasi, ada pandan, durian, nastar, dan kitkat green tea. Soal harga Anda tidak perlu khawatir, karena menu di Martabak Boos ini cukup terjangkau dan tidak akan menguras isi dompet Anda.

Bosan dengan martabak manis? Anda bisa memilih martabak telur. Isi dari martabak telur di sini sangat unik, selain daging sapi dan ayam, Anda juga bisa memilih kornet dan tuna. Martabak Boss ada di Jalan Panglima Polim 9, Melawai. Akan tetapi, Martabak Boss juga membuka cabang di Kebayoran Baru, Tebet, Menteng dan Palmerah.

8. Martabak Playground

Martabak Playground

Ketika Anda merasa bosan dengan martabak dengan topping dan rasa yang itu-itu saja, nampaknya Anda perlu mencoba Martabak Playground. The Playground adalah salah satu kafe yang ada di Pondok Indah Mall Street Gallery.

Kafe ini tidak hanya menyajikan menu martabak saja. Akan tetapi, martabak adalah menu populer yang banyak dipesan oleh pengunjung The Playground. Mengapa demikian? Karena martabak yang disajikan di sini memang “berbeda” dari martabak pada umumnya.

Salah satu menu andalan adalah Martabak Marshmallow and Jelly. Martabak manis ini diberi taburan marshmallow dan permen coklat di atasnya. Selain itu, martabak tersebut juga diberi taburan keju dan meses coklat.

Ada pula menu martabak lain, seperti Martabak Apple Crumble, Martabak Cheese Cookies and Cream, dan Martabak Monkey Genius. Penasaran bagaimana rasanya? Coba saja datang ke The Playground, Pondok Indah Mall Street Gallery Lt. G, Jalan Metro Pondok Indah, Jakarta.

9. Kofie Warung Tinggi

Kofie Warung Tinggi

Sama seperti Playground, sebenarnya Kofie Warung Tinggi ini bukan kedai atau cafe yang khusus menjual martabak. Kofie Warung Tinggi adalah sebuah kedai kopi modern yang berada di sebuah pusat perbelanjaan elit Grand Indonesia. Kedai kopi ini menawarkan tempat yang nyaman dan strategis.

Meskipun ini adalah kedai kopi modern, tetapi menu yang paling banyak dipesan adalah martabak manis. Di tempat ini, martabak manis disajikan dalam ukuran minimalis yang tidak bikin eneg. Menu favorit di Kofie Warung Tinggi ini adalah martabak manis yang menggunakan selai Ovomaltine. Sekali mencoba martabak di sini, sudah pasti Anda akan ketagihan.

10. Martabak San Fransisco

Martabak San Fransisco

Kedai martabak ini tidak hanya membuka cabang di Jakarta saja, tetapi di Bandung dan Surabaya Anda pun bisa menemukan kedai Martabak San Fransisco ini. Martabak asin (martabak telur) adalah menu andalan dari kedai ini.

Pembeli bisa memilih ingin menggunakan telur ayam atau telur bebek untuk martabak asin yang dipesan. Isi martabak asin ini adalah daging sapi, daging ayam, smoked beef, sosis, tuna, atau kornet. Bila Anda adalah seorang vegetarian, pilih saja martabak asin dengan isi jamur dan jagung.

Meskipun San Fransisco ini unggul dengan martabak asinnya, tetapi itu bukan berarti bahwa martabak manisnya tidak lezat, lho. Martabak manis di sini sangat nikmat dan lembut. Rasa untuk martabak manis di San Fransisco beraneka ragam, seperti stroberi, tiramisu, blueberry, dan vanilla oreo. Martabak San Fransisco bisa dikunjungi di Jalan Boulevard Raya, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Daftar martabak paling enak di Jakarta ini bisa dijadikan referensi bila Anda ingin menikmati martabak manis atau telur pada malam hari. Jika sedang malas keluar, beberapa kedai martabak ini menawarkan jasa delivery. Anda pun bisa menggunakan jasa ojek online untuk membeli martabak yang Anda inginkan.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment