Bacaterus / Manusia Unik / 10 Manusia Tertinggi di Dunia yang Tingginya Lebih dari 2 M!

10 Manusia Tertinggi di Dunia yang Tingginya Lebih dari 2 M!

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sejarah mencatat di dunia ini ada orang-orang yang memiliki tinggi badan yang tidak umum dari yang lain, ada yang sangat tinggi dan ada yang sangat pendek. Ada penjelasan medis untuk setiap fenomena ini. Untuk orang yang sangat tinggi, dikatakan mereka mengidap apa yang disebut dengan Gigantisme hipofisis, tinggi eunuchoid, sindrom marfan, akromegali, dan sindrom Sotos.

Semua kondisi tersebut bisa menyebabkan mereka yang menderita tumbuh melampaui ukuran tinggi yang normal. Gigantisme hipofisis merupakan penyebab paling umum dari ketinggian ekstrem. Banyak individu di dunia yang memiliki tinggi yang ekstrem, Robert Wadlow yang sudah meninggal, hingga manusia hidup tertinggi di dunia saat ini, Sultan Kösen.

Ingin tahu lebih jauh tentang manusia tertinggi di dunia? Bacaterus sudah merangkumnya untuk kamu nih. Simak ulasannya berikut ini ya!

1. Robert Wadlow – 2 m 72 cm

Robert Wadlow - 2 m 72 cm

Bertengger di urutan pertama ada Robert Wadlow. Dia dikenal juga dengan julukan “The Giant of Illinois.” Tinggi badannya mencapai sekitar  2 m 72 cm. Wadlow merupakan orang tertinggi yang pernah hidup. Dia dilahirkan di Alton, Illinois pada tahun 1918.

Wadlow menderita hipertrofi kelenjar pituitari yang mengakibatkannya memproduksi hormon pertumbuhan manusia dalam jumlah besar. Kondisi tersebut menyebabkan tinggi badan Wadlow terus bertambah sepanjang hidupnya. Di usia 8 tahun tingginya sekitar 1 m 88 cm dengan berat 77 kg.

Saking tinggi dan besarnya, Wadlow harus dibuatkan meja khusus untuknya di sekolah. Dokter pada saat itu tidak mempunyai perawatan untuk ketidakseimbangan hormon semacam ini. Karena kondisinya yang tidak biasa ini, Wadlow menderita sejumlah penyakit.

Dia mengalami kesulitan bergerak karena tulangnya yang rapuh dan perlu menggunakan penyangga kaki menjelang  akhir hidupnya. Saat kemunculan Wadlow di Manistee, Michigan, penyangga kaki yang salah menyebabkan lecet yang membuatnya terkena infeksi hingga meninggal pada 15 Juli 1940.

2. John Rogan – 2 m 67 cm

John Rogan - 2 m 67 cm

Di bawah Robert Wadlow ada John William “Bud” Rogan dengan tinggi sekitar 2 m 67 cm. Rogan merupakan manusia tertinggi keturunan Afrika. Dia lahir di Tennessee pada tahun 1868. Rogan menderita pertumbuhan mendadak yang tidak wajar pada usia 13 dan bertambah tinggi dengan cepat.

Tinggi badan Rogan yang ekstrem membuatnya menderita ankylosis yang parah, yaitu suatu kondisi yang membuat persendian kaku karena peradangan. Ini membuatnya sangat sulit bagi kakinya untuk menyangga berat badannya.

Awalnya, Rogan bisa berjalan dengan bantuan kruk, tapi pada 1882 Rogan sudah tak mampu berdiri atau berjalan sama sekali. Dia sering dibawa dengan menggunakan kereta kambing yang dia rancang sendiri sehingga dia selalu menjadi pusat perhatian.

Meskipun mengalami kesulitan bekerja karena tingginya, Rogan tetapi mencari nafkah dengan menjual foto-foto dan kartu pos dirinya di stasiun kereta setempat. Pada tahun 1905, dia meninggal karena komplikasi penyakit yang dideritanya.

Rogan dimakamkan di bawah lapisan beton untuk menghentikan tubuhnya digali oleh para ilmuwan yang ingin tahu tentang dirinya. Raksasa Afrika-Amerika itu tidak diukur secara resmi sampai kematiannya, dan walaupun tingginya sekitar 2 m 67 cm, beratnya hanya kira-kira 79 kg.

3. Sultan Kösen, 2 m 51 cm

Sultan Kösen, 2 m 51 cm

Jika dua manusia tertinggi di atas sudah tak ada lagi di dunia, Sultan Kösen yang seorang  buruh tani paruh waktu asal Turki merupakan manusia hidup tertinggi di dunia yang masih hidup. Kösen menderita akromegali yang disebabkan oleh tumor yang mempengaruhi kelenjar pituitarinya.

Tingkat pertumbuhan Kösen masih normal sampai usia 10 tahun. Setelah itu dia dengan cepat melesat hingga lebih dari enam kaki. Orang tertinggi di Turki ini tak dapat menyelesaikan pendidikannya karena ketinggiannya yang ekstrem dan perlu berjalan menggunakan kruk.

Pada 2008, upaya untuk menghilangkan tumor Kösen dianggap berhasil, tapi pada akhirnya gagal menangkap laju pertumbuhannya yang dipercepat. Karena tumor itu terkubur begitu dalam di otak Kösen, pada 2010, para dokter di Universitas Virginia menggunakan teknik “pisau gamma.”

Teknik ini memfokuskan sinar radiasi untuk menghilangkan pertumbuhan tumornya. Karena ukuran tubuh Kösen, diperlukan peralatan khusus yang diterbangkan dari Swedia. Pada 2012, dipastikan bahwa manusia tertinggi itu akhirnya berhenti tumbuh. Tinggi terakhirnya sekitar 2 m 51 cm.

4. Brahim Takioullah – 2 m 46 cm

Brahim Takioullah - 2 m 46 cm

Brahim Takioullah merupakan orang tertinggi lainnya yang masih hidup. Takioullah juga dinobatkan oleh Guinness World Record sebagai pemilik “kaki terbesar dunia pada orang yang hidup.” Tak hanya itu, dia juga merupakan pemilik kaki terbesar kedua dalam sejarah dengan panjang lebih dari 38.1 cm.

Takioullah yang lahir di Maroko pada tahun 1982 ini memiliki tinggi yang ekstrem karena akibat dari tumor yang memengaruhi kelenjar pituitari. Tumor tersebut telah meningkatkan kadar hormon pertumbuhan manusia dalam sistem Takioullah, dan efeknya tingginya badannya jadi ekstrem.

Kondisi Takioullah tersebut didiagnosis saat dia berusia 18 tahun. Seorang dokter sekolah khawatir tentang tinggi badannya yang “tidak biasa” dan dia menyarankan Takioullah harus melakukan tes darah. Takioullah tidak bisa berdiri tegak di flat kecil yang dia tinggali bersama ibunya.

Tak hanya itu, kesulitan lain yang dia alami adalah susah untuk menggunakan mobil atau taksi. Dia juga perlu menggunakan sepatu khusus yang dirancang oleh ahli penyakit kaki untuk mendukung berat badannya. Takioullah bertinggi badan sekitar 2 m 46 cm.

5. Morteza Mehrzad – 2 m 46 cm

Morteza Mehrzad – 2 m 46 cm

Morteza Mehrzad  merupakan atlit paralympian tertinggi yang pernah ada. Dia memiliki tinggi sekitar 2 m 46 cm. Mehrzad bermain untuk tim bola voli nasional putra Iran dan pernah ikut berkompetisi pada Summer Paralympics 2016. Pada 2015, dia bermain untuk Samen Al Hojjaj Sabzevar.

Dia merupakan pria tertinggi di negaranya Iran. Mehrzad  juga menderita akromegali, yaitu suatu kondisi yang berasal dari hormon pertumbuhan yang berlebihan. Kondisi medis ini diakibatkan oleh tumor jinak di kelenjar hipofisis dan membuat perkembangan tulang yang abnormal.

6. Sulaiman Ali Nashnush – 2 m 45 cm

Sulaiman Ali Nashnush – 2 m 45 cm

Suleiman Ali Nashnush merupakan seorang aktor dan pemain bola basket Libya yang meninggal pada 25 Februari 1991. Nashnush termasuk salah satu orang yang memiliki tinggi badan yang luar biasa. Pada 1960, dia sukses menjalani operasi untuk memperbaiki pertumbuhan tubuhnya yang abnormal.

Nashnush merupakan salah satu pemain bola basket tertinggi yang pernah ada. Tingginya mencapai kira-kira 2 m 45 cm walaupun dia hanya memiliki tinggi sekitar 2 m 39 cm saat menjadi pemain basket profesional.  Dia pernah mendapatkan  peran kecil dalam film garapan Federico Fellini, Fellini Satyricon.

7. Zhang Juncai – 2 m 42 cm

Zhang Juncai – 2 m 42 cm

Zhang Juncai lahir pada tahun 1983. Dia berasal dari provinsi kecil Shanxi, Cina. Pada 23 November 2004 dia diverifikasi sebagai pria tertinggi China. Tingginya berbeda sedikit dari Sultan Kosen. Di Tiongkok, dia dikenal sebagai pria tertinggi kedua dengan tinggi kira-kira 2 m 42 cm.

Juncai tetap jadi orang yang ramah walaupun dirinya berbeda dari orang Cina biasa. Dia pun aktif terlibat dalam kegiatan sosial di antaranya acara TV tamu dan pertunjukan lainnya. Yao Defen  merupakan salah satu teman yang dia kenal. Defen adalah wanita tertinggi di dunia.

Bahkan Liang Yong, pria paling gemuk dari China yang beratnya kira-kira 200 kg juga merupakan temannya. Juncai senang berjalan menyusuri jalan-jalan Tiongkok dengan Bao Xishun, manusia tertinggi lainnya di Cina. Baginya, hidupnya berputar di sekitar rumahnya.

8. Asadullah Khan – 2 m 14 cm

Asadullah Khan – 2 m 14 cm

Asadullah Khan yang dengan tinggi sekitar 2 m 14 cm dilaporkan mengalami kesulitan menemukan kesenangan hidup karena tingginya yang tidak biasa. Masalah yang umum dia hadapi di antaranya kesulitan membeli sepatu yang cocok dengan ukuran kakinya.

Baginya tinggi bandannya yang tidak normal ini adalah kutukan. Asadullah Khan bekerja sebagai buruh bangunan dengan bayaran minim di sebuah situs konstruksi di India. Ayahnya meninggal beberapa tahun yang lalu dan beban keluarga pindah pada dirinya.

9. Naseer Soomro – 2 m 13,57 cm

Naseer Soomro – 2 m 13,57 cm

Naseer Soomro lahir pada tanggal 28 Maret 1964. Dia seorang jurnalis, ahli bahasa, kritikus juga penyair bilingual Pakistan. Selain menjadi seorang profesional di bidang pekerjaannya, Naseer juga memiliki tinggi badan yang luar biasa, sekitar 2 m 13,57 cm.

Walaupun, dia mempunyai banyak prestasi dalam hidupnya, Naseer belum menikah hingga saat ini. Naseer merupakan seorang penulis yang karyanya sudah diterbitkan dan seorang editor lepas. Namanya muncul dalam Kamus Oxford Inggris-Sindhi yang diterbitkan oleh Oxford University Press, Karachi.

10. Bao Xishun – 2 m 13,56 cm

Bao Xishun – 2 m 13,56 cm

Bao Xishun lahir pada tahun 1951. Dia hidup sederhana sebagai seorang penggembala dari Mongolia Dalam, Tiongkok. Dia diakui oleh Guinness World Records sebagai salah satu pria tertinggi di dunia yang masih hidup dalam waktu yang sebentar saja karena keberadaan Leonid Stadnyk.

Namun, saat Stadnyk menolak untuk diukur berdasarkan pedoman Guinness World Records, gelar pria tertinggi tersebut kemudian dikembalikan ke Xishun. Kemudian Sultan Kosen dari Turki mengambil alih gelarnya pada 18 September 2009.

Pada usia 16 tahun, Xishun berpikir bahwa dirinya adalah orang normal dengan tinggi rata-rata. Namun, hal-hal terbalik terjadi saat tubuhnya terus-menerus tumbuh hingga mencapai ketinggian sekitar 2 meter. Tinggi terakhirnya adalah sekitar 2 m 13, 56 cm.

Dia bekerja di Rumah Sakit di daerahnya dan dia biasa bermain di tim bola basket selama tiga tahun di Tiongkok. Dia juga bekerja di ketentaraan dan juga bermain basket di sana. Pada tahun 2007 dia menikah dengan Xia Shujuan, yang merupakan seorang pegawai bagian penjualan.

Mencengangkan bukan tinggi orang-orang yang disebutkan dalam daftar di atas? Tinggi mereka hampir dua kali ukuran manusia normal pada umumnya. Sebagian mereka menjadi tinggi karena diakibatkan oleh masalah kesehatan. Apakah kamu pernah bertemu orang yang tingginya di atas rata-rata?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *