bacaterus web banner retina

Kenalan dengan 10 Mangaka Wanita Terpopuler di Jepang, Yuk!

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Maret 2021

Mencari nama-nama Mangaka wanita terpopuler tidaklah sulit. Pasalnya, karya-karya mereka sudah lebih dulu terkenal. Walau mungkin saja sebagian besar pembaca tidak menyangka bahwa kreator manga yang sedang dibacanya adalah seorang wanita.

Beberapa karakter dalam manga yang terkenal secara tidak langsung ikut menaikkan karir sang Mangaka. Ketenaran tersebut bisa bertahan hingga bertahun-tahun dan menjadikan sang kreator sebagai figure yang legendaris. Penasaran siapa saja wanita yang jago dalam membuat manga? Berikut ulasannya!

1. Akira Amano

Pada 2002 lalu, Amano mengikuti kontes manga dan menjadi salah satu pemenangnya. Karyanya, Monkey Business kemudian terbit di Young Magazine. Dua tahun setelah itu, dia berjodoh dengan kesuksesan setelah menerbitkan Katekyo Hitman Reborn!. Karakter ciptaannya sangat khas. Dia juga menyelipkan humor di cerita yang ditulisnya. 

Mangaka kelahiran 22 Juni 1973 ini menciptakan banyak karya lainnya. Dia adalah kreator elDLIVE dan original character design untuk serial Psycho-Pass.

Selain itu, Amano bertanggung jawab untuk story and art bagi beberapa manga ciptaannya, seperti Hot, Kakioroshi Manga Bengai-hen, Kamanohashi Ron no Kindan Suiri, serial Katekyo HItman Reborn!, Nemuri Netarou Arawaru, Puchi Puchi Rabbit dan Warashibe Tantei Numa Shichirou.

2. Hiromu Arakawa

Mangaka wanita terpopuler selanjutnya adalah Hiromu Arakawa. Dia merupakan pencipta karakter sekaligus jalan cerita serial manga terkenal Fullmetal Alchemist. Saking terkenalnya, Fullmetal Alchemist hadir dalam versi live action yang dibintangi oleh Ryosuke Yamada, Dean Fujioka dan Tsubasa Honda pada 2018 lalu.

Hiromu Arakawa lahir pada 8 Mei 1973. Karirnya di dunia manga sudah dimulai sejak 1994. Ketika itu dia menjadi asisten Hiroyuki Eto, Mangaka Mahoujin Guru Guru. Lima tahun dari situ, Hiromu menciptakan manga karyanya sendiri berjudul Stray Dog. Sejak itu, karirnya sebagai Mangaka terus berlanjut. Kesuksesan Hiromu terwakilkan oleh beberapa penghargaan yang diraihnya.

3. Naoko Takeuchi

mangaka wanita terpopuler_Naoko TakeuchiSumber: bitme.gg

Menciptakan Sailor Moon berseri-seri lalu meledak di pasaran, baik dalam dan luar negeri adalah jalan hidup yang dimiliki Naoko Takeuchi. Istri dari Mangaka Yoshihiro Togashi ini merupakan salah satu Mangaka wanita terpopuler di Jepang sebab karyanya. Semua bermula dari Desember 1991. Ketika itu, Nakayoshi, shojo manga magazine yang terbit bulanan menerbitkan serial Sailor Moon

Secara cepat manga tersebut langsung mendapat sambutan hangat. Sampai 1997, Naoko berhasil memproduksi 52 chapter yang tergabung dalam 18 volume. Kesuksesan Sailor Moon pun diadaptasi menjadi dua anime, tiga film animasi, live action, video games dan merchandise yang tersebar di banyak negara. Hingga kini, Sailor Moon masih terus diproduksi.

4. Katsura Hoshino

Mangaka wanita terpopuler selanjutnya yang berprestasi dan mengagumkan adalah Katsura Hishino. Awal kesuksesannya di industri manga dimulai tahun 2004 lalu dengan berhasil menerbitkan D. Gray-man melalui Weekly Shonen Jump. Sejak itu, karyanya diadaptasi ke dalam berbagai versi termasuk anime series dan light novel

Kesuksesan yang dimulai tahun 2004 tersebut masih terus berlanjut sampai saat ini. Menurut majalah Jump SQ Shueisha, manga karya Katsura ini sudah tercetak hingga lebih dari 25 juta kopi dari 26 volume yang sudah dibuatnya. Tidak heran jika wanita kelahiran 21 April 1980 ini menjadi salah satu Mangaka paling tenar di Jepang bahkan bukan tidak mungkin hingga ke luar negeri.

5. Aoki Ume

Sukses sebagai Mangaka dari seri Hidamari Sketch, Aoki Ume menguatkan posisinya sebagai mangaka wanita dengan banyak karya. Sebab setelah itu dia menciptakan manga lain berjudul Mado no Mukougawa, Tetsunagi KoOni serta beberapa lainnya. Ume juga terkenal sebab menjadi character designer untuk anime berjudul Puella Magi Madoka Magica.

Namanya memang jaminan bagi industri manga. Sejak beberapa tahun lalu, Aoki Ume sudah menggelar beberapa pamerannya di Jepang. Aoki Ume sendiri lahir di Prefektur Hyogo pada 3 Agustus 1981. Karya-karyanya sangat terkenal hingga sekarang. 

6. Rumiko Takahashi

Mangaka wanita terpopuler satu ini adalah sosok di balik tenarnya tokoh Kyoukai no Rinne, Urusei Yatsura dan Inuyasha. Berkat kreativitas dan bakat menggambarnya yang luar biasa, Rumiko Takahashi sukses menghadirkan tokoh-tokoh tersebut sebagai idola para pecinta manga. Mangaka wanita ini lahir di Niigata pada 10 Oktober 1957.

Selain Inuyasha dan beberapa manga yang sudah disebutkan di atas, Rumiko juga melahirkan beberapa karya lain seperti Mermaid Saga, Ranma ½, Maison Ikkoku, Rumic Theater, One Pound Gospel. Berkat beberapa manga ciptaannya yang laris manis, dia diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $ 70 Juta lebih. Rumiko juga termasuk Mangaka yang langganan mendapat penghargaan.

7. Machiko Hasegawa

Jika ada Mangaka wanita terpopuler sekaligus paling senior, sudah pasti dia adalah Machiko Hasegawa. Bagaimana tidak sebab dia sudah mulai memperkenalkan karyanya sejak 1946. Ketika itu, Machiko berhasil menerbitkan cerita tentang ibu muda Jepang berusia sekitar 20 tahun bernama Sazae-san di Asahi Shimbun.

Karyanya tersebut diadaptasi menjadi sandiwara radio pada 1955. Beberapa tahun kemudian, Sazae-san hadir dalam bentuk serial TV.

Meski sudah tiada sejak 1992 lalu, hingga kini karyanya masih bisa dinikmati dan sangat populer di Jepang. Sazae-san boleh jadi merupakan serial animasi televisi terlama yang ada di dunia. Saking populernya, sebuah museum di Setagaya, Tokyo, didedikasikan untuk Hasegawa. 

8. Momoko Sakura

Berita atas kematian Momoko Sakura pada 2018 lalu membuat sedih hati banyak penggemarnya. Kini, Momoko Sakura hanya bisa dikenang melalui karyanya yang fenomenal: Chibi Maruko Chan.

Ia adalah sesosok anak kecil berusia 9 tahun yang lucu, baik hati dan polos. Karakter Maruko Chan menjadi satu dari sekian banyak karakter manga yang paling populer, bukan hanya di negaranya tetapi juga di luar Jepang.

Chibi Maruko Chan mulai terbit di majalah Ribbon pada 1986 lalu. Empat tahun setelahnya manga tersebut diangkat menjadi sebuah serial animasi di televisi. Sejak itu, Chibi Maruko Chan diputar di lebih dari 60 negara. Hingga kini kelucuan Maruko Chan masih bisa terus dinikmati. 

9. Fumiya Sato

Bekerja sama dengan Yozaburo Kanari (penulis manga) dan Seimaru Amagi (penulis cerita manga), Fumiya Sato sukses besar dengan manga berjudul Detective Kindaichi dan Detective School Q. Berkat karyanya tersebut dia turut mendapatkan penghargaan dari Manga Kodansha pada 1995 lalu. 

Sebagai Mangaka dan original character designer, karya-karya Fumiya Sato punya ciri khas yang mudah disukai pecinta manga. Anda yang suka dengan genre penyelidikan semacam Detective Conan, pasti juga akan menyukai karyanya.

10. Kazue Kato

Mangaka wanita terpopuler selanjutnya adalah pencipta dari manga Blue Exorcist bernama Kazue Katou. Mangaka kelahiran 20 Juli 1980 ini juga melahirkan Robot to Usakichi. Berkat kepandaian serta kreativitasnya, dia pernah mendapat penghargaan Osamu Tezuka Award.

Pada 2010 lalu, namanya masuk dalam Top 50 Manga Creator berdasarkan penjualan. Ketika itu dia berhasil mendapatkan pendapatan sekitar 2.218.000 Yen. Jika dirupiahkan berdasarkan kurs rupiah saat ini, jumlahnya mencapai Rp 304 Juta.

Selain sepuluh Mangaka wanita terpopuler yang namanya sudah tercantum di atas, Jepang masih memiliki banyak Mangaka wanita hebat lain. Satu yang tidak kalah terkenal adalah para Mangaka wanita yang tergabung dalam CLAMP. Mereka merupakan wanita-wanita kreatif di belakang manga Cardcaptor Sakura, Magic Knight Rayeart, xxxCholic dan Tsubasa Reservoir Chronicles.

Industri manga menjadi salah satu yang paling besar dan berpengaruh di Jepang. Profesi sebagai Mangaka termasuk yang paling bergengsi. Penghasilan mereka, baik Mangaka wanita atau pria, juga berada di angka-angka menakjubkan. Lalu di antara nama-nama di atas, siapa kreator manga favorit Anda?

Selain list Mangaka wanita terpopuler, Bacaterus juga punya daftar Mangaka terkaya di Jepang pada artikel berikut. Kalau penasaran, jangan lupa mampir untuk membaca, ya.

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram