bacaterus web banner retina

Inilah 10 Mangaka dengan Kekayaan Tertinggi di Jepang

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 12 April 2021

Mangaka merujuk pada sebuah profesi yang cukup penting dan diperhitungkan dalam industri seni dan budaya Jepang. Mereka adalah orang-orang yang berada dibalik terciptanya sebuah manga (komik). Dari tangan-tangan Mangaka, lahir berbagai karya yang keberadaannya banyak dicintai oleh masyarakat dunia. 

Imajinasi dan kreativitas adalah kunci bagi mereka. Keberhasilan para Mangaka diukur dari banyak hal. Pertama adalah angka penjualan komik yang mereka ciptakan dan berapa banyak series atau edisi yang berhasil terbit dan terjual. Mereka juga mendapat penghasilan dari hak cipta dan penjualan berbagai official merchandise. 

Secara pendapatan, Mangaka yang sukses cukup menjanjikan. Selain popularitas, mereka juga menghasilkan pundi-pundi uang. Ingin tahu siapa-siapa saja Mangaka terkaya di Jepang? Bagi para penggemar manga, nama-nama di bawah ini pasti tidak asing lagi. Berikut ulasannya! 

1. Yoichi Takahashi ($ 5 Juta)

Akrab dengan nama Captain Tsubasa? Selalu menunggu aksinya di lapangan hijau ketika bertanding dengan Wakabayashi? Kalau begitu, mari berkenalan dengan pengarangnya. Dia adalah Yoichi Takahashi. Mangaka kelahiran 28 Juli 1960 ini sukses menciptakan salah satu manga bertema olahraga terpopuler di Jepang dan banyak negara lainnya. 

Pengamat olahraga banyak yang berpendapat bahwa manga karyanya ini menjadi bagian penting dalam menanamkan minat masyarakat Jepang terhadap sepak bola di era tahun 1980-an. Hingga sekarang, Jepang menjadi penguasa sepak bola Asia. 

Manga karyanya dibuat pertama kali tahun 1981. Hingga kini tidak terhitung berapa series Captain Tsubasa yang berhasil dia terbitkan, mulai dari regular series hingga special dan short series. Sejauh ini, manga karyanya berhasil terjual sebanyak 80 juta kopi. Lalu, berapa kekayaannya sebagai mangaka? Kurang lebih $ 5 Juta atau hampir sekitar Rp 71 Miliar.  

2. Hirohiko Araki ($ 6 – 13 Juta)

JoJo’s Bizarre Adventure merupakan karya terkenal dari Mangaka terkaya di Jepang yang satu ini. Dia adalah Hirohiko Araki. Penjualan manga ciptaannya sejauh ini sudah mencapai angka 100 juta kopi. Angka tersebut bukan sesuatu yang mengherankan sebab manga ciptaannya memang sangat khas. 

Kekhasannya bahkan diapresiasi oleh Musee du Louvre pada 2012 lalu. Ketika itu, Hirohiko bersama empat seniman lainnya terpilih untuk menghadirkan original work set mereka di museum tersebut. Karyanya Jojo’s Rohan Kishibe dipamerkan di sana dalam sebuah pameran berjudul Le Louvre invite La Bande Dessinée.

Hingga tahun 2018, manga-nya sudah terbit sebanyak 122 volumes. Petualangan Jojo sendiri dimulai sejak 1986 dan masih berlangsung hingga saat ini. Berdasarkan prestasi dan kesuksesannya, pria kelahiran 7 Juni 1960 ini diperkirakan memiliki kekayaan hingga $ 13 Juta atau sekitar Rp 184 Miliar.

3. George Morikawa ($ 20 Juta)

Mangaka terkaya selanjutnya yang karyanya bisa jadi merupakan kegemaran Anda adalah George Morikawa atau Jyoji Morikawa. Pria kelahiran 17 Januari 1966 di Tokyo ini adalah sosok di balik Hajime no Ippo. Sebelum sukses dengan karyanya tersebut, Morikawa pernah melahirkan beberapa karya yaitu Signal Blue dan Kazuya NOW. 

Hingga akhirnya pada 1989, dia menciptakan manga dengan tema tinju yang diberi judul Hajime no Ippo. Siapa sangka serial dari manganya tersebut masih terus diproduksi hingga kini. Ia menjadi begitu populer dan menjadi seri unggulan di majalah Weekly Shonen serta sudah terjual sebanyak 96 juta volume.

Karyanya juga turut diapresiasi dengan memperoleh beberapa penghargaan seperti 15th dan 43rd Kodansha Manga Award. Penasaran dengan kekayaannya? George diperkirakan memiliki kekayaan sebesar $ 20 Juta atau sekitar Rp 283 Miliar.

4. Yoshihiro Togashi ($ 25 Juta)

Lahir di Shinjō, Prefektur Yamagata pada 27 April 1966, Yoshihiro Togashi menjadi Mangaka terkaya di Jepang selanjutnya yang patut dicontoh. Selama kurang lebih tiga puluh tahun, dia telah menghasilkan serial manga yang berbeda-beda, di antara itu semua Hunter x Hunter boleh jadi adalah yang paling populer.

Hunter x Hunter dimuat di majalah Weekly Shonen Jump sejak 16 Maret 1998. Hingga 2018 lalu, ia berhasil hadir sebanyak 36 volumeManga-nya ini bercerita tentang petualangan seorang anak laki-laki bernama Gon Freecss yang mencari sang ayah.

Penjualan Hunter x Hunter cukup menjanjikan. Untuk 20 volume pertama, angka penjualan di Jepang menginjak 55 juta kopi (angka penjualan dapat bertambah). Oleh karena itu jangan kaget dengan perkiraan kekayaannya yang mencapai $ 25 Juta atau sekira Rp 354 Miliar. 

5. Masashi Kishimoto ($ 20 – 25 Juta)

Mangaka terkaya yang namanya sudah pasti masuk dalam daftar ini adalah Masashi Kishimoto. Pria kelahiran 8 November 1974 ini adalah otak di balik tokoh Naruto kesayangan Anda. Baik di Jepang atau di luar Jepang, manga karyanya sukses besar. Di Indonesia sendiri, serial animasi Naruto menjadi kegemaran anak-anak.

Selain Naruto, Masashi juga menciptakan tokoh Boruto. Dua karyanya tersebut terjual sebanyak kurang lebih 250 juta kopi. Meski tokoh ciptaannya sangat terkenal, kekayaan Masashi dinilai terlalu kecil, yaitu sekitar $ 20 – 25 Juta saja atau Rp 283 – 354 Miliar.

6. Hajime Isayama ($ 45 – 50 Juta)

Mangaka berbakat sekaligus kaya raya ini masih sangat muda. Dia adalah Hajime Isayama yang dikenal sebagai kreator manga Attack on Titan. Sebelum sukses seperti sekarang, pria kelahiran 29 Agustus 1986 ini juga mengalami jatuh bangun memperkenalkan karyanya.

Baru pada 2009, manga seri pertamanya, Attack on Titan mulai mendapat tempat untuk terbit di Bessatsu Shonen Magazine. Tidak disangka, manga karyanya memenangkan beberapa kategori sekaligus dalam penghargaan Manga Kodansha pada 2011 lalu. Hingga Desember 2020, karyanya tersebut sudah terbit sebanyak 34 volume.

Lalu berapa kekayaannya? Attack on Titan tercatat berhasil dijual sebanyak 100 juta kopi. Dengan angka sebanyak itu, Hajime diperkirakan mendapat tambahan kekayaan hingga menjadi $ 45 – 50 Juta atau sekitar Rp 638 – 709 Miliar.

7. Aoyama Gosho ($ 50 Juta)

Manga karyanya sudah terbit di banyak negara di luar Jepang, seperti Kanada, Inggris dan Amerika Serikat. Kepopulerannya berangkat dari kerja keras sejak usia muda. Sekarang, Detective Conan jadi satu di antara manga kebanggan Jepang yang legendaris dan banyak digemari. Penjualannya menyentuh angka 250 juta kopi.

Aoyama Gosho lahir di Hokuei, Prefektur Tottori pada 21 Juni 1963. Sebelum sukses berkat Detective Conan, salah satu Mangaka terkaya di Jepang ini sudah menerbitkan banyak karya. Hidupnya berubah sejak Detective Conan berhasil diterbitkan oleh Shounen Sunday pada 1994 lalu.  Hingga kini kekayaannya diperkirakan berada di angka $ 50 Juta atau Rp 709 Miliar,

8. Tite Kubo ($ 50 Juta)

Tidak akan ada petualangan seorang Ichigo Kurosaki jika tanpa Tite Kubo. Harus diakui bahwa kreativitasnya menciptakan Bleach adalah berkah bagi para pecinta manga. Pertama kali terbit di majalah Weekly Shonen Jump pada Agustus 2001, manga karyanya sudah terjual hingga 120 juta kopi. Angka tersebut tentu bisa terus bertambah.

Meski sempat berhenti sejak 2016, kini Tite Kubo siap kembali dengan karya dan inovasinya yang paling baru. Bleach pun menjadi salah satu manga terlaris di Jepang dan Amerika. Sebab itu jangan kaget mengetahui perkiraan kekayaan Mangaka yang satu ini. Tite Kubo diperkirakan memiliki kekayaan sekitar $ 50 Juta atau jika dirupiahkan menjadi sekitar Rp 709 Miliar.

9. Akira Toriyama ($ 45 – 50 Juta)

Mangaka terkaya di Jepang ini sekaligus salah satu yang populer hingga ke luar negeri. Kehadirannya bahkan dianggap sebagai inspirasi bagi Mangaka lainnya. Toriyama lahir di Nagoya pada 5 April 1955. Sebelum sukses dengan Dragon Ball, icon manga ini mengalami perjalanan karir yang perih. Beberapa karakter telah diciptakan, sayang belum kunjung menarik perhatian.

Perjalannya mulai mendapat titik terang pada tahun 1980. Ketika itu dia menciptakan Dr. Slump. Manga, karyanya tersebut terbit dalam 18 volume. Kesuksesan mulai membuntutinya ketika tahun 1984 Toriyama menciptakan Dragon Ball. Angka penjualannya pun mencapai 300 juta kopi. Sedangkan untuk kekayaan, Toriyama diperkirakan memiliki sekitar $ 45 - 50 Juta, sekitarRp 709 Miliar.

10.Eiichiro Oda ($ 230 Juta)

Eiichiro Oda diperkirakan sebagai Mangaka terkaya dengan kekayaan mencapai $ 250 Juta yang bila dikonversikan ke dalam rupiah, jumlahnya kira-kira mencapai Rp 3,5 triliun. Pengarang serial One Piece ini meraup untung dari penjualan manga yang mencapai angka 450 juta kopi. Angka tersebut menjadikan One Piece sebagai manga nomor satu, bukan hanya di Jepang melainkan juga dunia.

Manga karyanya beberapa kali memecahkan rekor penerbitan. Sejak dimuat oleh majalah Shonen Jump pada 1997, karyanya dicetak sebanyak jutaan kopi. Angka penjualannya pun menyentuh nilai yang fantastis. Tidak heran jika pria kelahiran 1 Januari 1975 ini menjadi Mangaka terkaya di dunia. 

Daftar Mangaka terkaya di atas, bukan isapan jempol belaka. Mereka wujud kerja keras dan pantang menyerah, wujud perjalanan bertahun-tahun yang pasti tidak selalu mulus dan menyenangkan. Berkat kegigihan serta kreativitasnya, saat ini Anda bisa dengan nyaman mengikuti cerita-cerita manga kesukaan. Bagaimana? Siapa Mangaka yang menjadi inspirasi Anda?

Tag: 
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram