Bacaterus / Komik / Suka Cerita Romantis? Yuk, Baca 10 Manga Shoujo Terbaik Ini

Suka Cerita Romantis? Yuk, Baca 10 Manga Shoujo Terbaik Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Agustus 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para penggemar komik-komik Jepang pasti sudah tidak asing mendengar yang namanya manga shoujo. Tapi untuk kalian yang belum mengetahuinya, istilah tersebut merupakan sebuah komik yang ditujukan bagi para pembaca remaja perempuan. Ciri-ciri manga shoujo terletak pada ceritanya yang berfokus dalam genre drama romantis ala percintaan anak-anak remaja.

Supaya semakin menarik untuk dibaca, beberapa manga shoujo kerap kali menawarkan cerita yang dibalut dengan tema fantasi, drama sejarah hingga fiksi ilmiah. Meski begitu, unsur romantis tetap menjadi bumbu utama dari keseluruhan manga shoujo yang telah ada hingga saat ini.

Judul-judul manga shoujo kini telah banyak beredar di toko-toko buku, dan sebagian diantaranya ada yang berhasil diangkat menjadi sebuah film layar lebar. Nah, untuk pembahasan kali ini Bacaterus akan memberikan daftar rekomendasi dari manga tersebut yang nantinya bisa kalian baca. Langsung saja simak ulasan selengkapnya di bawah ini ya.

1. Kiss Me at the Stroke of Midnight

Kiss Me at the Stroke of Midnight

* sumber: mangathrill.com

Kiss Me at the Stroke of Midnight atau dalam bahasa Jepangnya berjudul Gozen 0 ji, Kiss Shi ni Kite yo merupakan manga hasil karya dari Rin Mikimoto. Manga ini pertama kali diterbitkan pada tahun 2015 di sebuah majalah bernama Bessatsu Friend.

Ceritanya sendiri berfokus pada seorang gadis remaja bernama Hinana yang di sekolahnya terkenal rajin belajar. Ia tidak tertarik dalam hal percintaan, namun di satu sisi dirinya juga mendambakan untuk mempunyai pacar yang tampan.

Suatu hari seorang aktor terkenal bernama Kaede datang ke sekolahnya untuk syuting film. Hinana lalu terlibat dalam pembuatan film tersebut dan setelah proses syutingnya selesai mereka lambat laun semakin dekat. Namun, seorang aktris cantik yang merupakan mantan kekasih Kaede mulai muncul dalam kehidupan mereka berdua.

2. Futsuu no Koiko-chan (What an average way Koiko goes!)

Futsuu no Koiko-chan (What an average way Koiko goes)

* sumber: myanimelist.net

Seri manga ini dibuat oleh seorang komikus yang sekarang berusia 44 tahun bernama Nanaji Nagamu. Ceritanya mengisahkan tentang seorang gadis remaja bernama Koiko yang tidak mempunyai hubungan harmonis dengan keluarganya. Dengan kondisi seperti itu, ia menjadikan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dari rumitnya hubungan antara dirinya, ibu dan adiknya.

Koiko mempunyai seorang pacar dan menjalani kehidupan remaja pada umumnya. Meski terlihat ceria, namun dirinya selalu berhadapan dengan kehidupan dan kisah percintaan yang biasa-biasa saja. Ia tetap menerima kondisi seperti itu asalkan bisa melupakan kerumitan hubungan dalam keluarganya.

Di suatu waktu, salah satu siswa populer yang ada di sekolahnya bernama Tsurugi mulai memperhatikan kehidupan Koiko. Ia kemudian memberitahu kepada Koiko bahwa pacarnya telah berselingkuh. Dari situlah cerita Kehidupan Koiko penuh dengan drama dan konflik.

3. Kirameki no Lion Boy

Kirameki no Lion Boy

* sumber: coolxsweet.blogspot.com

Dikisahkan seorang gadis yang bernama Miwa sangat suka membaca salah satu manga shoujo, dan ia pun mengidolakan karakter Rei dari komik yang ia baca tersebut. Saking suka terhadap ceritanya, Miwa merasa seolah-olah berada dalam dunia manga yang dibacanya dengan sosok Rei yang selalu menyemangati dirinya setiap hari.

Meskipun hal tersebut merupakan imajinasi belaka, namun Miwa tanpa disadari bertemu dengan seorang pemuda bernama Nakajou Kiriatsu yang mirip dengan sosok Rei. Pemuda tersebut tampan dan memiliki sifat mirip Rei yaitu bersikap dingin dan sedikit keras kepala.

Kini apa yang ia dambakan seolah menjadi kenyataan setelah melihat sosok Nakajou yang mirip dengan Rei ada di dunia nyata. Akan tetapi, seseorang yang misterius bernama Inokuro berniat untuk melakukan tindakan jahat kepada Miwa.

4. AAA

AAA

* sumber: www.zerochan.net

Ogata Aoi merupakan seorang siswi dan juga ketua dewan siswa di sebuah sekolah yang bernama AAA. Sekolah tempat ia belajar tersebut merupakan salah satu sekolah terbaik yang ada di Jepang. Ia sengaja masuk ke sekolah AAA sebenarnya hanya ingin mencari tahu keberadaan cinta pertamanya. Namun, sosok yang ia cari ternyata tidak bersekolah di tempat yang sama dengan dirinya.

Tanpa disangka, Aoi bertemu dengan seorang siswa dari sekolah CCC bernama Hayato Kurada yang merupakan pimpinan kelompok geng di tempat tersebut. Aoi merasa jika dia adalah sosok yang dicarinya karena memiliki nama yang sangat mirip. Meski kepribadiannya terlihat berbeda, Aoi berusaha untuk dekat dengannya sambil mencari lebih banyak informasi tentang Hayato Kurada.

5. Kimi ni Todoke

Kimi ni Todoke

* sumber: www.zerochan.net

Di Hokkaido, Gadis remaja bernama Sawako Kuronuma menjalani hari-harinya sebagai seorang siswi di sebuah sekolah menengah atas. Sawako memiliki rambut panjang lurus yang mirip dengan sosok hantu di film The Ring, Sadako. Karena hal tersebut, dirinya sering diledek oleh teman-teman sekelasnya dan digosipkan jika ia bisa mengutuk orang-orang.

Meski terlihat menyeramkan dari luar, Sawako sebenarnya adalah seorang gadis yang manis dan baik hati. Ia merupakan remaja sederhana yang hanya ingin berteman, namun ia tidak bisa merasakan hal tersebut karena penampilannya yang misterius.

Kazehaya, siswa populer yang merupakan teman sekelas dari Sawako mulai menaruh rasa penasaran terhadapnya. Ia kemudian berusaha menjalin pertemanan dengan Sawako dan mengajaknya untuk lebih terbuka berteman dengan yang lain. Sawako lalu bisa mempunyai banyak teman dan lebih percaya diri. Di saat itu juga, keduanya perlahan-lahan mulai menaruh perasaan suka yang sama.

Baca juga: Anime Shoujo Terbaik yang Bisa Menghiburmu Saat Penat

6. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride

* sumber: honestlinn.wordpress.com

Di bangku SMP Yoshioka Futaba mempunyai sifat pemalu yang justru membuatnya malah disukai banyak siswa di sekolahnya. Karena hal tersebut, teman-teman perempuannya merasa iri kepadanya. Futaba tidak menyukai siswa-siswa yang dekat dengannya karena mereka terlalu menyebalkan dan berisik. Satu-satunya yang mampu menarik perhatiannya adalah seorang siswa bernama Tanaka Kou.

Futaba merasa Kou merupakan sosok berbeda dengan senyum hangatnya yang bisa membuat jantung di dadanya berdetak dengan kencang. Rasa suka terhadap dirinya harus pupus setelah Kou memutuskan pindah sekolah ke kota lain.

Kini, Futaba beranjak di bangku SMA dan berubah menjadi gadis yang tomboy. Ia tidak lagi menjadi pemalu dan menikmati indahnya kehidupan remaja di masa-masa SMA. Akan tetapi, sosok Kou yang selama ini ada dalam pikirannya muncul kembali di sekolah yang sama. Namun, ia mengganti namanya sebagai Mabuchi Kou dan berubah menjadi sosok yang dingin.

7. Bokura ga Ita

Bokura ga Ita

* sumber: www.zerochan.net

Bokura ga Ita atau We Were There adalah sebuah seri manga shoujo yang ditulis dan diilustrasikan oleh Yuki Obata. Ceritanya sendiri berfokus pada lika-liku kehidupan percintaan antara Motoharu Yano dan Nanami Takahashi. Kisah cinta keduanya dijabarkan mulai dari masa-masa remaja hingga mereka tumbuh menjadi orang dewasa.

Pada tahun 2015, seri ini memenangkan Shogakukan Manga Award ke-50 dalam kategori manga shoujo. Bokura ga Ita lalu diadaptasi menjadi serial anime berjumlah 26 episode yang ditayangkan di Jepang dari 3 Juli hingga 25 Desember 2006. Manga ini kemudian sukses menjadi film live action layar lebar dengan dibintangi oleh Toma Ikuta dan Yuriko Yoshitaka.

8. Tonari no Kaibutsu-Kun

Tonari no Kaibutsu-Kun

* sumber: www.mangatown.com

Mizutani Shizuku merupakan siswi yang pandai dan selalu rajin belajar agar dapat memperoleh masa depan yang diinginkannya. Karena terlalu rajin, ia jarang bersosialisasi dengan teman-teman sekolahnya dan tidak mempunyai sahabat karib.

Sebagai seorang siswi yang rajin, ia kemudian ditugaskan untuk mengantarkan catatan pelajaran kepada teman sekelasnya yang jarang masuk sekolah bernama Haru Yoshida. Lewat pertemuan tersebut, Shizuku mulai berteman dengan Yoshida yang memiliki sifat nakal dan sering bolos sekolah.

Meski begitu, Shizuku melihat bahwa Yoshida adalah tipe orang yang sangat ekspresif dengan memiliki banyak teman. Keduanya memang memiliki dua kepribadian yang berbeda, namun siapa sangka mereka sebenarnya menaruh perasaan suka satu sama lain.

9. Dengeki Daisy

Dengeki Daisy

* sumber: www.zerochan.net

Teru Kurebayashi mempunyai seorang kakak laki-laki yang telah meninggal. Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, sang kakak memberikan handphone kepada Teru yang didalamnya berisikan sebuah kontak alamat bernama Daisy. Ia mengatakan kepada Teru, bahwa Daisy akan menjaga dan menjadi malaikat pelindung bagi dirinya.

Selama beberapa waktu selanjutnya, Teru hidup lebih tegar karena Daisy selalu menelponnya untuk memberikan semangat dan motivasi. Namun di satu sisi, Teru mulai mempertanyakan identitas asli dari sosok yang bernama Daisy tersebut.

Di suatu hari saat berada di sekolahnya, Teru dihukum karena telah memecahkan jendela dan harus bekerja kepada petugas kebersihan bernama Tasuku Kurosaki yang berusia 24 tahun. Karena perbedaan usia, mereka semakin dekat dan saling menyukai. Akan tetapi, Kurosaki ternyata menyimpan rasa penyesalan karena dia merasa adalah orang yang menyebabkan kematian kakaknya Teru.

10. Akagami no Shirayukihime

Akagami no Shirayukihime

* sumber: renacheneveryday.blogspot.com

Manga ini bercerita tentang seorang gadis biasa bernama Shirayuki yang mempunyai warna rambut merah. Ia tinggal di sebuah wilayah yang dikuasai oleh kerajaan Tanbarun. Pangeran dari kerajaan tersebut, Raji, meminta kepada Shirayuki untuk menjadi selirnya. Ia lantas menolaknya dengan memotong rambut panjangnya dan melarikan diri ke Kerajaan Clarines.

Saat dalam perjalanan, ia kemudian berhasil menyembuhkan seorang pangeran yang bernama Zen beserta kedua pengawalnya dari keracunan sebuah makanan. Setelas sembuh, Shirayuki setuju untuk ikut rombongan Pangeran Zen menuju kerajaan Clarines.

Di dalam kerajaan tersebut, kehidupan Shirayuki berubah total dengan mengikuti sebuah ujian untuk posisi herbalis (apoteker). Lewat kegigihan dan dukungan dari Pangeran Zen, Shirayuki berusaha agar mendapatkan tempat di hati masyarakat Kerajaan Clarines dengan menjadi seorang apoteker istana.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Manga Jepang memang selalu menghadirkan tema-tema cerita yang menarik dan seru untuk dibaca. Ulasan manga shoujo di atas tentunya bisa menjadi bahan referensi bacaan baru bagi kalian khususnya remaja perempuan yang ingin dekat dengan kisah-kisah percintaan ala remaja Jepang. Selamat membaca!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *