Bacaterus / Yoghurt / Inilah 10 Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan dan Kesehatan

Inilah 10 Manfaat Yoghurt untuk Kecantikan dan Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Agustus 2019

Yoghurt merupakan olahan hasil fermentasi susu yang sangat populer di kalangan banyak orang, baik anak-anak maupun orang dewasa. Teksturnya yang kental, lembut, dengan rasa asam yang bikin nagih menjadikan yoghurt favorit banyak orang. Tidak hanya lezat, kandungan bakteri baik yang ada pada yoghurt memiliki sangat banyak manfaat, membuatnya sering dikaitkan dengan gaya hidup sehat.

Berbagai macam manfaat yoghurt tak lepas dari peran bakteri asam laktat. Jenis bakteri yang paling sering digunakan untuk yoghurt adalah Lactobaccillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Dalam fermentasi, bakteri-bakteri tersebut mengubah susu menjadi yoghurt dan bekerja sama untuk menciptakan tekstur dan cita rasa yoghurt yang pas dan tidak terlalu asam.

Karena terbuat dari fermentasi susu, yoghurt mengandung protein hewani sekitar 1,5 gram protein per onsnya. Selain itu, berbagai vitamin dan mineral yang diketahui banyak terdapat dalam susu juga masih ditemukan dalam yoghurt, seperti kalsium, vitamin B2, B12, fosforus, potasium, dan magnesium. Beberapa jenis yoghurt juga diketahui mengandung vitamin tambahan yaitu vitamin D.

Yoghurt sendiri digolongkan makanan probiotik, probiotik atau “bakteri yang baik” adalah organisme hidup yang jika dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai akan memberikan manfaat kesehatan, khususnya bagi pencernaan. Walaupun dikatakan baik untuk kesehatan pencernaan, manfaat yoghurt tidak hanya untuk pencernaan loh!

Nah, buat kamu yang ingin tahu apa saja manfaat mengonsumsi yoghurt simak baik-baik penjelasan di bawah ini ya!

1. Menyehatkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, yoghurt sangat baik untuk pencernaan. Kandungan probiotiknya itu yang membuat  yoghurt dipercaya dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan.

Tubuh manusia sebenarnya sudah memproduksi bakteri baik secara otomatis, namun dengan mengonsumsi yoghurt bakteri baik tersebut dapat mengalami perubahan yang positif.

2. Menjaga Kesehatan Kulit Wajah

Meremajakan Kulit

* sumber: makeupandbeauty.com

Jerawat yang merupakan salah satu masalah wajah yang sangat mengganggu bagi para wanita dan pria ini juga bisa diatasi dengan yoghurt loh! Dengan kandungan vitamin dan mineral yang dapat ditemukan di yoghurt dipercaya bisa mengusir jerawat dan mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah.

Kamu tidak perlu repot memikirkan bagaimana penggunaan yoghurt untuk wajah. Kamu bisa langsung mengonsumsinya seperti biasa atau juga bisa menggunakan yoghurt sebagai masker.

Dengan rutin menggunakan yoghurt dicampur minyak zaitun sebagai masker juga dapat menyamarkan noda hitam dan garis halus pada wajah. Selain itu, yoghurt juga dikenal ampuh menangkal radikal bebas menjadikan yoghurt bisa menjadi barrier antara kulit kamu dengan polusi yang berada di udara.

3. Mengatasi Kulit Kering

Kulit Menjadi Kering

Dan buat kamu yang memiliki masalah kulit kering, kamu juga bisa mencoba mengatasinya dengan yoghurt. Sebab, kandungan lactic acid dan hydroxyl pada yoghurt menjadi exfoliator alami yang bisa melembutkan dan membuat kulit menjadi lebih elastis sehingga kelembapannya selalu terjaga.

4. Mengurangi Lemak Tubuh

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Dalam proses diet, kamu dianjurkan tidak memakan beberapa makanan dan dianjurkan memperbanyak beberapa makanan lain yang membantu dalam proses diet. Jika kamu ingin mengonsumsi camilan saat sedang diet tapi tidak banyak yang bisa menjadi pilihan, kamu bisa mengonsumsi yoghurt sebagai alternatif camilan sehat.

Efek kenyang yang lebih lama dari mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi keinginan kamu untuk makan lagi. Selain itu, yoghurt juga bisa membantu untuk mengatasi lemak jahat yang ada di dalam tubuh karena kandungan mineral dan senyawa baik lainnya yang terkandung dalam yoghurt.

5. Mencegah Tekanan Darah tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Rutin mengonsumsi yoghurt juga dapat menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Konsumsi yoghurt rendah lemak sangat dianjurkan agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

Kandungan kalium dalam yoghurt yang membuat manfaat ini dapat dirasakan karena kalium memiliki kemampuan membersihkan kelebihan natrium dalam tubuh kamu. FYI, natrium adalah mineral yang berperan dalam meningkatkan tekanan darah dan banyak ditemukan pada makanan yang mengandung garam tinggi.

6. Mencegah Osteoporosis

* sumber: www.gulalives.co

Dua mikronutrien yang baik untuk tulang, yaitu kalsium dan vitamin D yang terkandung dalam yoghurt. Nah, itulah yang membuat yoghurt dapat mencegah osteoporosis karena dengan bantuan vitamin D maka tubuh dapat menyerap kalsium dengan lebih baik.

Tidak hanya untuk tulang, yoghurt juga sangat baik untuk gigi karena yoghurt tidak akan mengikis bagian email gigi. Selain itu, kandungan asam laktat pada yoghurt juga dapat melindungi gusi kamu dari infeksi.

7. Baik untuk Ibu Hamil

Menjaga Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

* sumber: www.nordicnaturals.com

Bagi wanita yang sedang hamil dan menginginkan berat badannya tetap ideal, sepertinya harus mencoba dan mendapatkan manfaat yoghurt. Pasalnya, apabila berat badan kurang saat hamil justru dapat menyebabkan bayi lahir prematur.

Dengan teratur mengonsumsi yoghurt maka hal itu dapat mengurangi risiko komplikasi yang mungkin terjadi selama kehamilan, seperti alergi dan diabetes. Yoghurt dicampur buah-buahan bisa menjadi camilan sehat yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil.

8. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Yoghurt mengandung triptofan, sejenis asam amino yang membantu memproduksi senyawa bernama serotonin dan melatonin yang dapat membuat rileks dan membantu proses tidur.

Kamu yang memiliki masalah insomnia bisa nih cobain konsumsi yoghurt sebelum tidur. Bisa dicoba juga buat kamu yang laktosa intoleran karena bakteri asam laktat dalam yoghurt akan mengonversi laktosa menjadi asam laktat dan mengurangi kandungan laktosa dalam yoghurt.

9. Membantu Membentuk Otot

Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot

* sumber: www.core3training.com

Seperti yang sudah kita tahu protein sangat bagus untuk pembentukan otot dan yoghurt memiliki protein dengan kualitas baik yang mengandung asam amino. Asam amino sangat dibutuhkan dalam pembentukan otot. Jadi, buat kalian yang ingin punya otot bagus boleh nih dicoba mengonsumsi yoghurt.

10. Mengganti Energi Setelah Berolahraga

Rajin Berolahraga

Merasa lapar setelah berolahraga? Yoghurt bisa menjadi pilihan kamu untuk mengganjal perut untuk menghindari makan berlebihan setelah olahraga. Kombinasi protein dan karbohidrat pada yoghurt dapat mengembalikan energi yang terkuras selama kamu olahraga.

Bila ditambah dengan meminum segelas air maka proses rehidrasi dalam tubuh kamu akan kembali lebih cepat. Jadi, daripada mengonsumsi makanan berat setelah olahraga dan olahraga kamu jadi sia-sia, mending kamu ganjal perut pake yoghurt saja, ya!

Gimana nih? Banyak banget kan manfaat mengonsumsi minuman fermentasi susu satu ini. Jadi, buat kalian yang ingin mencoba hidup lebih sehat bisa dimulai dari mengonsumsi yoghurt. Tapi jangan berlebihan, karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Kalau kalian sudah merasakan manfaat baik dari yoghurt boleh bagikan di kolom komentar, ya!

Oh iya, kalau kamu masih bingung mau makan yogurt atau kefir, mungkin kamu bisa cari tahu perbedaan antara keduanya di artikel Perbedaan Kefir dan Yoghurt ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar