Bacaterus / Manfaat Tanaman / Ini Dia 10 Manfaat Wortel untuk Wajah dan Kecantikan

Ini Dia 10 Manfaat Wortel untuk Wajah dan Kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bila ditanya mengenai manfaat wortel, Anda pasti menjawab wortel sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan melancarkan buang air besar. Faktanya, manfaat wortel tidak hanya sebatas itu saja, lho. Masker alami dari wortel ternyata memberikan sejumlah manfaat yang menguntungkan untuk kulit wajah Anda.

Masih malas memakai masker wortel alami? Nampaknya Anda harus mengetahui sejumlah manfaat wortel untuk wajah. Bacaterus sudah merangkum daftar manfaat wortel untuk mempercantik dan menyehatkan kulit wajah. Penasaran? Langsung saja simak ulasan selengkapnya berikut ini!

10 Manfaat Wortel untuk Wajah

1. Mencegah penuaan dini

Mencegah penuaan dini

Garis harus dan kerutan adalah tanda-tanda penuaan yang biasanya diwaspadai oleh para wanita. Nah, manfaat wortel untuk wajah yang berikut ini bisa membantu Anda untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini tersebut, lho. Buatlah masker alami anti-aging sendiri dari wortel.

Yang Anda perlukan adalah setengah batang wortel yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan madu murni, 2 kapsul Vitamin C yang sudah dihaluskan dan sedikit air. Campurlah semua bahan ini sampai menjadi pasta yang kental, lalu gunakan pasta ini sebagai masker pada wajah dan leher Anda.

2. Mengatasi masalah jerawat

Mengatasi jerawat

Masalah jerawat memang seolah tidak ada habisnya, seperti mati satu tumbuh seribu. Sudah mencoba berbagai macam merk produk perawatan kulit wajah berjerawat, tapi hasilnya tetap sama yakni jerawat kembali lagi. Masker alami dari wortel ternyata dapat mengatasi masalah jerawat sekaligus mencegahnya datang kembali.

Tak perlu mencampur bahan apa pun, cukup gunakan wortel segar yang sudah dihaluskan. Masker dari wortel ini harus dipakai selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan sisa masker wortel dari wajah dengan membilas pakai air hangat.

3. Melembabkan kulit wajah yang kering

Melembabkan Kulit yang Kering

Punya kulit wajah yang kering? Kulit wajah yang kering akan membuat kulit Anda terasa seperti ditarik. Di samping itu, kulit wajah yang kering juga menyebabkan kulit mengalami pengelupasan. Manfaatkan wortel sebagai pelembab alami untuk kulit wajah kering Anda.

Campurkan 1 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan dengan 10 tetes minyak almond dan 1 sendok makan mentimun yang sudah diparut. Aplikasikan masker alami buatan Anda ini ke seluruh bagian wajah dan diamkan selama 15 menit. Gunakan masker wortel ini sebagai pelembab alami setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. Setelah memasker wajah, Anda tetap diperkenankan untuk menggunakan produk pelembab wajah lainnya.

4. Menyerap minyak berlebih pada wajah

Mengatasi Wajah Berminyak dan Berjerawat

Bukan hanya untuk melembabkan wajah saja, tetapi ada juga manfaat wortel untuk wajah yang berminyak, lho. Masker wortel ternyata dapat menyerap minyak berlebih pada wajah. Tentu saja Anda harus menambahkan beberapa bahan lainnya untuk membuat masker wortel khusus wajah berminyak.

Bahan yang diperlukan adalah 1 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan, 1 sendok makan jus buncis, dan 1 sendok makan air perasan lemon. Setelah semua bahan sudah tercampur rata, aplikasikan masker ini ke wajah dan leher. Diamkan masker selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

5. Mempercepat proses penyembuhan luka

bekas luka di wajah

Luka di wajah bisa disebabkan karena jerawat atau goresan. Agar luka segera sembuh secara alami dan tidak meninggalkan bekas, mulailah merawat wajah Anda dengan masker wortel. Pada dasarnya, wortel memiliki sifat anti-inflamasi dan Vitamin E yang senantiasa mempercepat proses penyembuhan luka.

Penanganan bekas luka menggunakan wortel ini bisa mencegah timbulnya keloid atau jaringan parut yang ditinggalkan oleh luka Anda. Jadi, Anda tidak perlu memakai krim untuk memudarkan bekas luka, rawat saja kulit wajah Anda memakai masker wortel setiap 1-2 kali dalam seminggu.

6. Mencerahkan kulit wajah

Mencerahkan Kulit

Dewasa ini, sudah banyak produk pencerah kulit wajah yang dijual di pasaran. Bahkan, jumlah konsumen produk pencerah wajah terus bertambah setiap harinya. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara yang lebih aman untuk mencerahkan kulit wajah? Tentu saja ada, dengan masker wortel Anda bisa memiliki wajah yang lebih cerah dan segar tanpa harus memakai produk apa pun.

Buatlah masker pencerah wajah dari 3 sendok makan wortel yang sudah dihaluskan, 2 sendok makan susu bubuk, dan air secukupnya. Ketika sudah menjadi pasta kental, aplikasikan masker ini di wajah dan leher dan diamkan selama 30 menit sebelum dibilas air.

7. Menenangkan kulit wajah

Menenangkan kulit wajah Manfaat Wortel untuk Wajah

Aktivitas sehari-hari, debu, kotoran, keringat, dan polusi bisa membuat kulit wajah Anda stres dan kehilangan cerah alaminya. Kembalikan kesegaran alami wajah Anda dengan memakai masker wortel untuk menenangkan kulit wajah yang stres. Siapkan satu batang wortel, lalu haluskan di dalam blender jika sudah dikupas.

Campurkan wortel yang sudah dihaluskan dengan air mawar. Kemudian, aplikasikan sebagai masker di wajah dan leher Anda. Treatment ini bisa dilakukan setiap seminggu sekali agar kulit wajah lebih rileks dan segar.

8. Meregenerasi sel-sel kulit mati

Meregenerasi sel-sel kulit mati

Anda pasti tahu bahwa wortel mengandung Vitamin A yang tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mata, bukan? Nah, manfaat wortel untuk wajah yang satu ini juga disebabkan oleh kandungan Vitamin A yang cukup tinggi di dalam wortel. Ya, Vitamin A mampu membantu proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Proses regenerasi sel kulit ini tentu saja tidak hanya membuat kulit lebih sehat, tapi juga lebih kenyal dan halus. Untuk memanfaatkan wortel sebagai bahan alami untuk meregenerasi sel kulit mati, Anda hanya perlu menghaluskan wortel dan melumuri wajah Anda dengan wortel ini setiap 2 kali dalam seminggu.

9. Mengencangkan kulit wajah

Mengencangkan kulit wajah

Setiap wanita tentu mendambakan kulit wajah yang selalu kencang agar tampak lebih awet muda. Berbagai produk kecantikan wajah mungkin sudah Anda coba, tapi hasilnya belum tentu seperti yang Anda inginkan.

Cobalah untuk mengencangkan kulit dengan masker wortel. Pasalnya, masker wortel ini mengandung Vitamin C yang tinggi untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat memelihara kekencangan dan kekenyalan kulit. Di samping itu, masker wortel juga tidak menimbulkan efek samping apa pun.

10. Menghilangkan flek hitam di kulit wajah

Menghilangkan noda hitam di wajah

Nampaknya wortel memang memberikan perawatan yang lengkap untuk kulit wajah Anda. Pasalnya, wortel juga dapat menghilangkan noda hitam di kulit wajah. Bukan sekedar menyamarkan noda hitam seperti make up, wortel akan menghilangkan flek hitam di wajah Anda secara permanen.

Tidak hanya itu saja, selain dapat menghilangkan flek hitam pada kulit wajah, wortel dapat meratakan warna kulit yang selama ini tidak merata. Tunggu apalagi, segera gunakan masker wortel sekarang juga.

Inilah 10 manfaat wortel untuk wajah yang wajib Anda ketahui. Selain lebih ekonomis, merawat kecantikan wajah dengan wortel juga lebih minim efek samping, lho. Khasiat yang ditawarkan wortel juga sama dengan produk kecantikan yang dijual di pasaran. Tak perlu menunggu lama lagi, segera mulailah perawatan alami untuk mempercantik wajah Anda dengan wortel. Dengan masker wortel, Anda tak perlu lagi pergi ke klinik kecantikan.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

One Response

  1. kirain hanya untuk mata saja wortel nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *