Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Maret 2019

Apa kamu tertarik mengonsumsi whey protein? Kebanyakan orang menggunakan whey sebagai suplemen, berdampingan dengan daya tahan latihan untuk membantu menambah sintesis protein dan pertumbuhan masa otot. Tapi, sudahkah kamu tahu apa itu Whey Protein?

Terdapat dua tipe protein yang ditemukan dalam susu yaitu whey dan casein. Whey protein adalah bagian protein yang dipisahkan dari casein pada proses koagulasi dalam susu pada pembuatan keju. Whey ini mengandung sekitar 20% protein pada keju yang tidak terkoagulasi oleh enzim rennet. Whey protein dianggap sebagai protein lengkap karena kandungan 9 asam amino essensialnya.

Selain itu, kandungan karbohidrat, vitamin dan mineral susu serta sedikit lemak membuat whey lebih populer. Whey sering digunakan menjadi komposisi produk minuman olahraga lho. Hal ini karena whey mengandung BCAA (Branched Chain Amino Acids), leusin, isoleusin dan valin yang tinggi. Nah, BCAA ini sangat penting dalam menjaga glikogen pada sel otot. Glikogen ini yang sering dibentuk oleh para olahragawan.

Whey memberikan asam protein yang lebih mudah diserap daripada tipe makanan atau suplemen lainnya, dan juga mudah untuk dicerna. Well, tidak mengherankan bukan jika whey menjadi suplemen protein yang populer dipasaran sekarang ini?

Whey Protein banyak ditambahkan pada produk pangan, seperti minuman olahraga, snack, produk olahan daging, formula makanan bayi, bakery, dan lain-lain. Jenis whey yang digunakan disesuaikan dengan tujuan penambahan whey pada produk tersebut. Yuk, lihat penjelasanya, apa saja yang bisa menjadi manfaatnya, ya?

7 Manfaat Whey Protein

1. Menambah Energi

* sumber: commitmentconnection.com

Whey protein dapat meningkatkan glikogen yang mana sebagai sumber energi saat kamu berolahraga ataupun melakukan aktivitas berat. Kamu juga perlu tahu kalau whey dapat meningkatkan efek dari leptin, yaitu hormon yang memengaruhi keseimbangan energi.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa whey dapat dengan mudah dicerna dan diterima oleh tubuh, maka whey berubah menjadi energi dengan cepat yang dengan alami membantu meningkatkan level energi kamu nih.

2. Meningkatkan Kekuatan dan Membangun Otot

Meningkatkan Fungsi Saraf dan Otot

* sumber: www.24life.com

Whey protein secara khusus mengandung 80%-90% protein, yang memberikan tubuh apa yang dibutuhkannya untuk membangun otot dan kekuatan, di saat yang sama memulihkan energi dengan cepat setelah latihan atau berolahraga. Menurut penelitian yang di publikasi dalam The Journal of Food Science dikatakan bahwa whey protein menstimulasi sintesis otot dengan kadar yang lebih besar daripada produk protein casein dan kedelai (Soy).

Whey protein ini menjadi protein yang paling populer untuk Atlet dan Bodybuilder karena berefek tingkatkan otot. Tetapi bukan hanya itu, whey protein juga mempercepat pemulihan, membantu dalam membangun dan memperbaiki otot setelah kamu berolahraga.

3. Membakar Lemak

Diet Sehat untuk Menjaga Berat Badan Ideal

Yap, burns fat, langkah paling tepat untuk kamu tambahan protein pada diet tanpa ekstra kalori dari karbohidrat dan lemak, dikarenakan kandungan proteinnya yang mencapai 80%-90%. Sudah jelas, bahwa mendapatkan cukup protein dalam diet yang kamu lakukan adalah hal yang penting. Whey protein membantu kamu menghilangkan lebih banyak lemak dan mempertahankan lebih banyak otot tanpa lemak dengan penurunan kalori.

4. Mengurangi Rasa Lapar

* sumber: www.ketovale.com

Whey protein dapat membantu orang merasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat atau lemak, sambil membakar lebih banyak kalori dalam prosesnya. Bagaimana bisa? Rupanya, whey protein ini memengaruhi ghrelin dan leptin, yaitu dua hormon yang membantu mengatur nafsu makan kamu.

Leptin terutama memengaruhi keseimbangan energi, yang membantu menekan jumlah makanan. Sementara ghrelin yang dikenal sebagai “hunger hormon” mengatur rasa lapar dan memainkan peran dalam asupan makanan.

Kedua hormon ini bekerja sama untuk memberitahu tubuh kapan tubuh butuh untuk makan. Nah, jadi whey ini membantu menyeimbangkan keluarnya leptin dan gherlin, dengan demikian dapat mengurangi rasa lapar dan membantu kamu berhenti makan berlebihan.

5. Meningkatkan Kekebalan (Immunity)

menjaga kebugaran dan kekebalan tubuh

Ternyata whey protein membantu meningkatkan produksi glutathione, yaitu master antioksidan yang terdapat dalam setiap sel di tubuh kamu lho. Terus apa hubungannya dengan kekebalan tubuh? Tentu saja karena glutathione ini bekerja untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Glutathione juga meningkatkan efektivitas dari antioksidan lain seperti vitamin C, CoQ10, ALA, dan vitamin E.

Glutathione membantu mengeliminasi radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel, kanker dan penyakit lanjut usia, semacam Parkinson dan Alzaimer. Selain itu, whey protein juga mengandung beberapa protein dan vitamin lainnya, seperti vitamin D yang secara positif memengaruhi fungsi imun dan menunjukkan aktifitas antimikroba. Menaikkan fungsi imun juga dilakukan oleh asam amino L-arginine dan L-lysine yang terkandung dalam whey lho.

6. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung

Whey protein dengan baik menurukan tekanan darah pada pasien dengan hipertensi dan risiko mereka terkena penyakit jantung atau stroke juga rendah. Penelitian menunjukkan bahwa whey protein menaikkan penurunan tekanan darah dan kekakuan nadi serta memperbaiki profil lipid (pengukuran kadar darah dari jumlah kolesterol, LDL kolesterol, HDL kolesterol dan trigliserida).

Hal itu bekerja untuk mengurangi faktor risiko cardiovascular dengan melindungi otot dan membantu kamu kehilangan bobot. Jangan salah lho, penurunan berat badan ini dapat mengurangi masalah yang berhubungan dengan obesitas seperti penyakit jantung.

7. Memperpanjang Rentang Kehidupan

* sumber: savealifeaday.org

Siapa sih yang tidak mau panjang umur tetapi tetap sehat di masa tua? Masa hidup seseorang memang tidak ada yang tahu, tetapi apa salahnya jika pola hidup kita sehat?

Sumber protein berkualitas tinggi dengan semua asam amino essensial yang diperlukan untuk kesehatan yang baik, itulah whey protein. Whey protein diketahui dapat meningkatkan rentang hidup dengan mengurangi pemborosan otot yang terkait dengan penuaan dan meningkatkan penyerapan nutrisi tanpa meningkatkan rasa lapar, wow!

Ini adalah hal yang penting, karena seperti yang kamu ketahui seiring bertambahnya usia, kamu akan kehilangan masa tulang, fungsi sel, fungsi pencernaan kamu juga akan menurun. Namun, rupanya whey telah terbukti mengurangi kehilangan di semua area ini, membuatnya menjadi makanan super yang luar biasa yang dapat memperlambat proses penuaan.

So, kamu sudah siap mengonsumsi whey protein setelah melihat manfaat di atas? Namun, perlu diperhatikan juga bagi seseorang yang memiliki alergi susu, karena mungkin juga alergi terhadap whey. Beberapa orang juga percaya bahwa ada risiko dari makanan bergizi sekalipun, karena keseimbangan nutrisi sangat dipengaruhi oleh protein.

Jika kamu masih bingung tentang manfaat suplemen bubuk protein seperti whey, perlu kamu ingat bahwa protein sangatlah penting untuk membangun kembali sel dan jaringan, menjaga keseimbangan cairan tubuh, melindungi fungsi enzim, mendukung saraf, dan kontraksi otot.

Menggunakan bubuk protein kualitas tinggi adalah langkah yang tepat karena bisa mengonsumsi lebih banyak protein tanpa menambahkan lebih banyak kalori atau karbohidrat. Kamu juga bisa nsultasi manfaat penggunaan whey dengan ahli gizi untuk kesehatan tubuh kamu tentunya.