Bacaterus / Minuman / 8 Manfaat Wedang Uwuh yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

8 Manfaat Wedang Uwuh yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 20 Januari 2019

Mungkin di antara kamu ada yang belum mengenal minuman yang satu ini dan banyak pula yang bertanya “apa itu wedang uwuh?” Namun bagi masyarakat Jogja dan sekitarnya pasti tahu, dong, apa itu wedang uwuh? Ya, minuman yang satu ini sangatlah populer dan menjadi salah satu minuman khas unggulan kota Jogja, sejajar dengan makanan khas lainnya seperti gudeg dan bakpia.

Minuman ini menjadi salah satu minuman yang sangat diminati oleh masyarakat sekitar hingga para wisatawan, baik itu wisatawan lokal ataupun wisatawan asing. Sebelum mengenal lebih jauh tentang wedang uwuh, tak ada salahnya untuk mengetahui definisi dari wedang uwuh itu sendiri.

Kata wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa. Wedang artinya minuman, sedangkan uwuh artinya adalah sampah. Jika digabungkan wedang uwuh berarti minuman sampah. Aneh, bukan? Dengan namanya yang sedikit aneh tersebut bukan berarti minuman ini berbahan dasar sampah. Hanya saja minuman ini merupakan campuran beberapa bahan yang diseduh hingga menyerupai sampah dalam air.

Meskipun demikian, wedang uwuh ini memiliki rasa yang nikmat terlebih jika diminum saat musim hujan turun karena memiliki rasa manis dan pedas yang menghangatkan. Selain rasanya yang lezat, wedang uwuh ini digandrungi banyak orang karena aromanya yang sedap.

Rasa lezat serta aromanya yang sedap ini berasal dari bahan-bahan yang dicampurkan di dalamnya yaitu rempah-rempah khas Indonesia, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kayu secang, pala, kapulaga, dan akar sereh. Rempah-rempah khas Indonesia ini selain memiliki cita rasa yang khas, juga memiliki manfaat yang baik terhadap kesehatan.

Karena wedang uwuh ini dibuat dari bahan yang baik bagi kesehatan, maka tak diragukan lagi bahwa wedang uwuh membawa banyak manfaat yang baik bagi tubuh. Kira-kira apa saja, sih, manfaat yang bisa kita peroleh dengan mengonsumsi wedang uwuh ini? Yuk, baca terus ulasannya sampai akhir!

8 Manfaat Wedang Uwuh

1. Menghilangkan Rasa Lelah

* sumber: style.tribunnews.com

Aktivitas yang kita lakukan sehari-hari, seperti bekerja seharian atau melakukan aktivitas berat lainnya, memang sering kali menguras banyak energi sehingga membuat tubuh terasa lelah. Jika tubuh mulai terasa lelah, tentu saja kita tidak dapat melanjutkan aktivitas lainnya secara maksimal.

Namun jangan khawatir karena wedang uwuh dapat menjadi solusi untuk menghilangkan rasa lelah yang melanda tubuh. Bahan-bahan alami yang dicampurkan menjadi bahan dasar wedang uwuh ini dapat memberikan manfaat menetralisir rasa lelah dan mengembalikan energi yang terbuang saat melakukan aktivitas seharian.

Selain itu, kandungan jahe pada wedang uwuh dapat memberikan sensasi hangat pada tubuh sehingga tubuh akan terasa lebih rileks dan mampu melanjutkan berbagai aktivitas lainnya dengan kondisi tubuh yang fit.

2. Meredakan Rasa Nyeri

* sumber: kagamatp.com

Selain rasa lelah yang diakibatkan oleh aktivitas sehari-hari, terkadang rasa nyeri pada bagian tubuh tertentu, seperti punggung, pinggang, dan leher juga dapat ikut terasa. Jika gejala nyeri sudah mulai terasa, maka disarankan minum wedang uwuh karena salah satu bahan dasar pada wedang uwuh yaitu pala yang bermanfaat meredakan rasa nyeri.

Buah pala mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol yang bermanfaat meredakan rasa nyeri pada tubuh. Bukan hanya nyeri yang diakibatkan oleh aktivitas seharian, bahkan nyeri haid yang sering kali dikeluhkan oleh kaum wanita juga dapat diatasi dengan mengonsumsi wedang uwuh ini.

3. Melancarkan Peredaran Darah

* sumber: m.republika.co.id

Sistem peredaran darah merupakan suatu hal yang harus selalu kita perhatikan agar dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Jika aliran darah berfungsi secara normal, maka organ tubuh lainnya akan mendapatkan asupan oksigen dan sari makanan dengan baik.

Berbanding terbalik jika sistem peredaran atau sirkulasi darah tersumbat maka organ tubuh lainnya akan kekurangan oksigen dan sari makanan dengan baik. Sehingga, hal ini menyebabkan berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan, seperti gangguan pada jantung.

Untuk melancarkan sistem peredaran darah, kamu bisa memilih wedang uwuh sebagai solusinya karena wedang uwuh ini sudah dikenal dengan manfaatnya yaitu mampu memperlancar sistem peredaran darah.

4. Mencegah dan Meredakan Gejala Masuk Angin

* sumber: infosekitarkitas.blogspot.com

Jika kamu adalah seorang yang bekerja dalam sebuah ruangan dengan suhu yang cukup dingin atau telah melakukan sebuah perjalanan sehingga membuatmu masuk angin, tak ada salahnya untuk mengonsumsi wedang uwuh ini. Kenapa? Karena salah satu manfaat wedang uwuh ternyata dapat mencegah dan mengobati masuk angin.

Selain itu, kayu manis yang terdapat pada wedang uwuh bermanfaat meredakan gejala yang biasa mengganggu perut. Jahe yang menjadi salah satu bahan dasar wedang uwuh juga bermanfaat memberikan rasa hangat pada tubuh terutama perut sehingga mampu menyembuhkan masuk angin dan perut kembung.

5. Menurunkan Kolesterol

Mengontrol Kadar Kolestrol

Kolesterol merupakan salah satu penyakit yang sudah tak asing lagi di Indonesia. Cara sederhana mencegah dan mengobati kolesterol ini bisa kamu lakukan dimanapun dan kapanpun yaitu dengan mengonsumsi wedang uwuh. Wedang uwuh ini dipercaya mampu mengobati penyakit kolesterol karena berbahan dasar rempah alami yang menyehatkan.

Salah satu bahan dasar pada wedang uwuh yang dipercaya dapat menyembuhkan kolesterol adalah jahe. Jahe mengandung suatu zat yang bermanfaat sebagai pencegah terhadap pembekuan darah. Selain itu, penyerapan lemak yang terjadi pada hati juga dapat dicegah hanya dengan mengonsumsi wedang uwuh.

6. Meredakan Peradangan

Meredakan peradangan

* sumber: lifestyle.okezone.com

Beberapa bagian tubuh bisa mengalami peradangan. Salah satu bagian tubuh yang sering kali mengalami peradangan adalah tenggorokan. Peradangan yang terjadi di tenggorokan bisa disebabkan oleh berbagai faktor seperti kurang minum atau mengonsumsi makanan pedas dan juga panas.

Untuk terhindar dari masalah peradangan yang sering muncul dan mengganggu kesehatan, cobalah untuk mengonsumsi wedang uwuh. Sebab, wedang uwuh ini memiliki bahan dasar yang bermanfaat sebagai pengobatan terhadap radang dan meredakan nyeri yaitu batang secang dengan kandungan analgesiknya.

7. Mengobati Batuk

* sumber: www.theboxsceneproject.org

Musim penghujan telah tiba, namun jangan sampai perubahan cuaca membuatmu terserang berbagai macam penyakit, seperti batuk dan flu. Penyakit batuk dan flu biasanya menyerang dalam jangka waktu yang cukup lama. Tentu saja kita semua tak menginginkan hal tersebut terjadi karena dapat mengganggu aktivitas yang biasa kita lakukan.

Untuk terhindar dari berbagai penyakit yang muncul karena faktor perubahan cuaca atau yang sering kali dikenal dengan pancaroba maka kamu harus segera melakukan pencegahan dan antisipasi. Mengonsumsi wedang uwuh merupakan salah satu yang bisa kamu coba sebagai pencegahan terhadap datangnya penyakit, seperti batuk dan flu.

Kandungan jahe yang hangat dapat melegakan tenggorokan serta meredakan batuk membandel yang sulit disembuhkan. Dengan mengonsumsi wedang uwuh secara teratur, maka jangan khawatir lagi akan batuk dan flu yang muncul dan tak kunjung sembuh.

8. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: odishasuntimes.com

Jika kamu adalah salah satu orang yang sering sakit atau mudah terserang penyakit, maka kamu harus memperhatikan kondisi lingkunganmu karena penyakit tersebut bisa jadi berasal dari apa yang ada di dekatmu atau apa yang kamu konsumsi. Terkadang, kita kurang menyadari bahwa kuman dan bakteri bisa terdapat dimanapun.

Untuk mengatasi masalah tubuh yang sering sakit, maka yang harus kamu lakukan yaitu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Caranya sangat mudah yaitu cukup mengonsumsi wedang uwuh dengan teratur karena wedang uwuh ini sudah dipercaya oleh banyak orang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kita peroleh hanya dengan mengonsumsi minuman khas kota pelajar. Banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dari wedang uwuh menjadi salah satu alasan mengapa wedang uwuh ini sangat populer dan banyak diminati oleh masyarakat sekitar hingga para pelancong yang datang ke kota Yogyakarta.

Selain wedang uwuh, ada juga yang namanya wedang jahe. Nah, minuman wedang jahe ini juga tidak kalah manfaatnya dengan wedang uwuh. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, bisa baca artikel 10 Manfaat Wedang Jahe ini. Tahu minuman herbal yang bagus untuk kesehatan lainnya? Yuk, berbagi pengalaman di kolom komentar!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar