Bacaterus / Vitamin E / 10 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Vitamin E untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juni 2019

Rutin konsumsi vitamin E? Atau tertarik untuk mulai mengkonsumsinya? Termasuk kedalam golongan vitamin larut minyak, vitamin E ini banyak terdapat dalam minyak nabati seperti, minyak jagung, kedelai, bunga matahari, juga di dalam padi-padian lengkap (whole grain).

Vitamin E dikenal dengan 4 bentuk tokoferol, yakni alfa-, beta-, gamma-, serta delta-tokoferol. Berdaya melindungi trombosit terhadap oksidasi, dengan demikian mencegah terjadinya trombi dan trombose sehingga melancarkan sirkulasi darah, menstimulir pernapasan sel dan menghambat pembentukan parut (bekas luka).

Ada banyak manfaat dari konsumsi vitamin E, baik dalam bentuk oral maupun topikal. Banyak yang bilang bahwa vitamin E ini paling banyak untuk manfaat kulit, eits..ada manfaat lainnya yang harus kamu ketahui juga, lho. Kira-kira apa saja manfaat vitamin E untuk tubuh? Yuk, simak penjelasan Bacaterus ini!

1. Melawan Radikal Bebas

Vitamin E

* sumber: vitagene.com

Fungsi inti dari Vitamin E sebagai Antioksidan yang digunakan untuk melawan radikal bebas. Perlukah radikal bebas di lawan? Radikal bebas dapat mengoksidasi tubuh yang membahayakan sel, jaringan, dan organ tubuh tertentu karena itulah perlu dilawan.

Deoksidasi misalnya, menjadi perlu atau organ akan berfungsi keliru dan mengarah ke jantung dan penyakit degeneratif lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa vitamin E secara signifikan meningkatkan kekebalan, karena itu membantu mencegah penyakit umum dan kondisi serius lainnya terbentuk, lho.

2. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Meningkatkan Kesehatan Kulit

* sumber: gethealthaccess.com

Seperti yang telah banyak diketahui Vitamin E bekerja sangat baik untuk kulit. Dalam sediaan minyak, ketika dioleskan Vitamin E membantu mencegah keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya. Dalam usahanya meningkatkan kesehatan kulit, Vitamin E juga menghentikan mutasi sel dan bertindak sebagai pertahanan terhadap polusi.

Vitamin E memperkuat dinding kapiler dan meningkatkan kelembaban dan elastisitas. Membantu proses penyembuhan di kulit, dimana vitamin E diserap oleh lapisan epidermis kulit dan dapat digunakan untuk mengobati kulit yang terbakar.

Karena vitamin E mempercepat regenerasi sel, dapat digunakan untuk mengobati bekas, jerawat, dan keriput, ini membuat kulit Anda terlihat lebih sehat dan lebih muda.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Mengurangi Resiko Kanker

* sumber: summithealthcare.net

Vitamin E adalah zat yang kuat, yang mengidentifikasi dan menghancurkan molekul berbahaya. Molekul berbahaya inilah yang umumnya dikenal dengan nama radikal bebas yang jika tidak segera diberantas dapat mempengaruhi DNA dan meningkatkan resiko kanker pada manusia.

Vitamin E kadang-kadang digunakan untuk mengurangi efek berbahaya dari perawatan medis, seperti radiasi dan dialisis untuk mengobati kanker. juga digunakan untuk mengurangi efek samping obat yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan rambut rontok atau kerusakan paru-paru.

4. Meningkatkan Imunitas

Meningkatkan Imunitas

* sumber: getkion.com

Dalam hal kekebalan tubuh atau imunitas, vitamin E membantu meningkatkan kekebalan tubuh untuk memperkuat pertahanan terhadap zat-zat eksternal yang berbahaya. Dapat juga meningkatkan energi Anda dan mengurangi tingkat stres oksidatif pada otot setelah Anda berolahraga lho.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa untuk peningkatan kekebalan dan efek antioksidan, isomer alpha-tocotrienol, gamma-tocotrienol dan tingkat yang lebih rendah delta-tocotrienol tampaknya menjadi yang paling efektif.

Tahukah Anda, bahwa dengan adanya peningkatan kekebalan memungkinkan peningkatan kesehatan mental dan fisik, meningkatkan daya tahan fisik dan mengurangi tingkat stress oksidatif.

5. Memicu Pembentukan Sel Darah

Memicu Pembentukan Sel Darah

* sumber: news.weill.cornell.edu

Vitamin E dapat mengkatalisasi pembentukkan sel darah dan menjaga sel darah dari pembusukkan awal. Hal ini juga membantu dalam penyerapan vitamin K yang menghentikan darah dari pembekuan berlebih.

Vitamin E juga dapat meningkatkan kekuatan otot Anda serta menghilangkan kelelahan dengan meningkatkan sirkulasi darah dan juga dapat memperkuat dinding kapiler dan menyehatkan sel-sel Anda.

6. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

* sumber: euobserver.com

Vitamin E ternyata sangat penting untuk kesehatan jantung. Karena dapat mempertahankan kolesterol yang sehat. Beberapa penelitian telah menyimpulkan bahwa vitamin E berfungsi sebagai antioksidan pelindung yang melawan oksidasi kolesterol.

Isomer vitamin E tertentu memiliki kemampuan antioksidan kuat yang memiliki kekuatan untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas, melawan peradangan, dan karenanya membantu memperlambat penuaan secara alami dalam sel-sel Anda dan melawan masalah kesehatan seperti penyakit jantung.

7. Membantu dalam PMS

Membantu dalam PMS

* sumber: www.ccrmivf.com

Ladies, sudah tahukah kalau Vitamin E telah terbukti bermanfaat dalam hal kesehatan menstruasi wanita nih. Dengan mempertahankan asupan yang cukup dapat membantu meredakan kecemasan dan kram sebelum dan sesudah menstruasi, lho.

Selain itu, vitamin E dapat mengurangi keparahan dan durasi nyeri, dan dapat mengurangi kehilangan darah menstruasi. Dilakukan dengan menyeimbangkan hormon Anda secara alami, yang kemudian membantu menjaga siklus menstruasi Anda teratur nih.

8. Memberikan Volume ke Rambut

Memberikan Volume ke Rambut

* sumber: www.matrix.com

Ingin rambut yang indah dan menakjubkan? Minyak Vitamin E adalah semua yang Anda butuhkan. Bekerja cepat dengan meningkatkan sirkulasi darah dan menghasilkan pertumbuhan rambut yang cepat.

Pertumbuhan yang cepat dapat meningkatkan volume rambut yang memberi Anda rambut panjang dan berkilau, yang juga melembabkan kulit kepala dan folikel. Minyak vitamin E dapat mempertahankan kelembaban alami di kulit Anda, yang membantu kulit kepala Anda agar tidak kering dan mengelupas.

9. Menjaga Kesehatan Otak

Menjaga Kesehatan Otak

* sumber: nutrinoche.com

Suplemen vitamin E dapat membantu orang dewasa yang lebih tua tetap waspada dan aktif secara mental. Selain itu, vitamin E dapat mencegah atau memperlambat penurunan fungsi mental dan penyakit Alzheimer.

Vitamin E dapat memperlambat memburuknya kehilangan memori dan penurunan fungsional pada orang dengan penyakit Alzheimer yang cukup parah atau gangguan neurodegeneratif lainnya.

Beberapa penelitian memberi sedikit bukti bahwa mengkonsumsi vitamin E dapat membantu orang sehat atau orang dengan masalah fungsi mental ringan untuk menjaga kesehatan otak.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin E Makanan

* sumber: hellosehat.com

Vitamin E dapat membantu meningkatkan penglihatan, membantu resiko degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab umum kebutaan. Nah, yang perlu Anda lakukan agar vitamin E lebih efektif adalah dikonsumsi dengan asupan vitamin C, beta-karoten, dan seng yang memadai.

Dalam penelitian telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi vitamin E dosis tinggi dan vitamin A setiap hari tampaknya meningkatkan penyembuhan penglihatan pada orang yang menjalani operasi laser.

Wah, memang banyaknya manfaat vitamin E ini untuk tubuh. Vitamin E adalah nutrisi yang terbilang penting lho untuk penglihatan, reproduksi, dan kesehatan darah, otak, serta kulit Anda. Karenanya disarankan untuk mengkonsumsi vitamin E sebanyak 15 miligram sehari untuk orang dewasa.

Namun, perlu diingat juga bahwa segala sesuatu yang berlebihan itu belum tentu baik, jadi, konsumsilah secukupnya dan bila perlu konsultasikan dengan ahli gizi. Sudah tahu kan manfaat apa saja yang bisa Anda dapatkan? Jangan lupa untuk membaca artikel manfaat Vitamin E untuk kesehatan rambut ini, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar