Bacaterus / Vitamin C / 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh yang Lebih Sehat dan Bugar

10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh yang Lebih Sehat dan Bugar

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Agustus 2019

Vitamin sangat dibutuhkan untuk tubuh manusia karena vitamin adalah zat yang sangat penting dalam membantu perkembangan mental dan fisik manusia. Vitamin termasuk dalam zat gizi mikro karena dibutuhkan dalam jumlah yang sedikit. Meski sedikit, vitamin adalah nutrisi yang sangat membantu. Akan tetapi tubuh manusia tidak bisa memproduksi vitamin sendiri. Maka dari itu, asupan-asupan yang mengandung vitamin sangat penting untuk dikonsumsi, salah satunya adalah vitamin C.

Vitamin yang terkenal di dalam buah jeruk ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh, seperti meningkatkan kekebalan tubuh hingga mampu menurunkan resiko kanker. Penasaran? yuk simak artikel ini sampai habis!

1. Menyehatkan Kulit Tubuh

Memperbaiki Kondisi Kulit

* sumber: www.besthealthmag.ca

Siapa yang tidak ingin mempunyai kulit tubuh yang sehat? Semua orang pasti menginginkannya. Dengan mengonsumsi asupan vitamin C secara rutin, kulit kalian akan lebih sehat. Hal tersebut disebabkan karena vitamin C mengandung zat antioksidan yang cukup banyak.

Zat tersebut berfungsi untuk menangkal dan menghilangkan zat-zat radikal yang ada di dalam kulit. Zat radikal sendiri berasal dari polusi udara, makanan yang tidak baik, dan pancaran sinar matahari yang berlebih. Vitamin C juga dapat mencegah dari penuaan dini lho! Jadi, kalau mau awet muda, bisa andalkan vitamin C.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Memelihara Kesehatan Mata

* sumber: www.moneycontrol.com

Vitamin C dipercaya dapat membuat mata lebih sehat. Dokter menyelidiki bahwa kandungan antioksidan yang ada di dalam mata dapat menghambat risiko terjadinya katarak. Selain itu, jika dikombinasikan dengan vitamin E maka akan menurunkan resiko penyakit degenerasi makula, suatu penyakit yang menyebabkan penglihatan semakin memburuk. Hal ini juga berlaku untuk masalah rabun dan penyakit mata lainnya. Dengan begitu, mata kalian akan lebih jernih dan lebih sehat.

3. Mencegah Penyakit Asma

Memicu Asma

Hidup di daerah yang tingkat polusi udaranya berlebihan membuat tubuh rentan terkena asma. Nah, agar tubuh lebih kuat dan dapat menangkal penyakit asma, dibutuhkanlah vitamin C. Vitamin C sendiri mampu meningkatkan kekebalan tubuh sehingga bisa mencegah terjadinya asma. Selain mencegah, Vitamin C juga diyakini dapat melawan penyakit asma. Maka dari itu, mengonsumsi asupan vitamin C setiap hari sangat diperlukan terutama untuk kalian yang tinggal berdampingan dengan polusi udara.

4. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka

Mengobati Luka Luar

* sumber: www.tokoaryanto.com

Vitamin C mampu mempercepat proses penyembuhan luka. Pasalnya, vitamin C membentuk kolagen untuk menyembuhkan luka dan cedera. Kolagen sendiri berfungsi untuk membangun kembali jaringan perkembangan kulit. Dengan ini, luka yang terjadi di permukaan kulit, seperti robek atau tergores, dapat dipulihkan kembali dengan cepat dan alami.

5. Menguatkan Tulang

Memperkuat Tulang

* sumber: www.ezfit.sg

Tubuh mudah memar dan suka nyeri otot? Mungkin kamu kekurangan vitamin C! Kolagen yang terbentuk dari vitamin C juga memberikan dampak yang baik pada tulang. Kolagen dapat memperkuat struktur tulang dan persendian. Bahkan ketika cedera akibat olahraga, kolagen mendorong massa otot untuk meregenerasi hingga dapat pulih. Selain itu juga kolagen mampu meringankan nyeri rematik. Yuk konsumsi Vitamin C supaya tulang kita lebih kuat!

6. Menyembuhkan Pilek dan Radang

Flu (Copy)

Jeruk hangat sering dikonsumsi ketika pilek. Begitupun dengan jeruk nipis yang dapat membantu untuk mengurangi sakit radang. Di dalam minuman tersebut mengandung vitamin C yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Vitamin C juga mudah menyerap zat besi sehingga membuat kekebalan tubuh semakin kuat. Bahkan, Vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit flu dan pilek yang parah, seperti infeksi paru dan pneumonia.

7. Meningkatkan Mood

Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Jika kamu sedang mengalami mood yang buruk, atasilah dengan Vitamin C! Kandungan antioksidan kuat yang terdapat di dalam vitamin C mampu melawan radikal bebas karena ketika Bad mood tiba maka radikal bebas yang terdapat di dalam tubuh akan diproduksi lebih banyak dari biasanya. Vitamin C juga mampu mengendalikan kortisol atau hormon stress ke tingkat normal.

Sebuah penelitian medis menemukan bahwa vitamin C yang diberikan kepada pasien akut di rumah sakit dapat meningkatkan mood. Ternyata buah-buahan yang mengandung vitamin C, seperti kiwi, lemon, stroberi dan jeruk memiliki warna cerah yang dapat meningkatkan mood ketika melihatnya juga lho!

8. Mencegah Penyakit Stroke

Mengurangi Risiko Stroke

* sumber: thirdforcenews.org.uk

Stroke adalah kondisi ketika salah satu anggota badan tidak bisa digerakkan atau tidak berfungsi. Secara medis diartikan sebagai penyumbatan pasokan darah ke otak terganggu atau pecahnya pembuluh darah, akibatnya otak tidak mampu berfungsi dengan baik. Biasanya stroke dialami oleh orang-orang yang sudah tua. Stroke juga merupakan pembunuh terbesar di Indonesia. Lebih dari 15% kematian disebabkan oleh stroke.

Untuk itu mengonsumsi vitamin C sangatlah penting. Vitamin C yang terdapat di buah-buahan dan sayuran mampu mengurangi risiko terjadinya stroke di kemudian hari. Vitamin C bisa menormalkan tingkatan darah dan mencegah naiknya tekanan darah. Sehingga memungkinkan terhindar dari penyakit stroke dan hipertensi. Mulai dari sekarang sehatkan tubuhmu dengan mengkonsumsi vitamin C ya!

9. Mencegah dan Menurunkan Penyakit Diabetes

Mencegah Diabetes

* sumber: theconversation.com

Perlu diketahui bahwa Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah (glukosa) tinggi atau di atas normal. Jika Diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat menimbulkan komplikasi yang membahayakan nyawa penderita. Menjaga asupan dengan sayuran dan buah-buahan adalah hal yang penting untuk mencegah penyakit tersebut. Manfaat vitamin C sangat dibutuhkan untuk mengatur kadar gula darah.

Penelitian di Australia mengungkapkan bahwa orang-orang yang terkena diabetes tipe 2, mengkonsumsi suplemen vitamin C dua kali sehari dapat menurunkan kadar gula darah mereka. Asupan vitamin C juga dapat menyeimbangkan gula darah hingga terjaga baik di dalam tubuh. Selain itu vitamin C juga mampu menurunkan kadar kolestrol LDL.

10. Melawan Sel Kanker

kanker

Mengonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran telah terbukti menjaga tubuh dari sel-sel kanker, begitupun dengan mengonsumsi asupan vitamin C. Vitamin C juga yang mempunyai peran utama dalam melawan sel kanker lho. Pasalnya, vitamin C mempunyai antioksidan yang tinggi dan membangun kekebalan tubuh membuat sel-sel ganas sulit untuk berkembang di dalam tubuh. Sehingga, dengan mengonsumsi Seperti terhindar dari risiko kanker paru-paru, mulut dan usus besar.

Selain itu, kadar jumlah vitamin C dari tiap orang pastinya berbeda-beda. Dilihat dari faktor usia dan kondisi tubuh, seperti halnya orang dewasa memerlukan vitamin C lebih banyak dibanding dengan anak-anak. National Institutes of Health (NIH) menyampaikan bahwa laki-laki membutuhkan 90 mg per hari dan wanita, 75 mg per hari. Sedangkan Anak-anak berusia 4-8 tahun, 25 mg per hari dan anak-anak berusia 9-13 tahun membutuhkan 45 mg per hari.

Vitamin C didapat dari mengonsumsi buah dan sayur setiap hari. Untuk mengetahui makanan dan buah apa saja yang mengandung vitamin C, silakan lihat di sini. Vitamin C juga merupakan vitamin yang paling populer di antara yang lainnya. Untuk itu, banyak produk-produk terkenal yang membuat suplemen khusus vitamin C. Jika kalian ingin mengetahui apa saja produk tersebut, silahkan lihat di artikel Merk Vitamin C yang Bagus ini.

Selesai sudah 10 manfaat Vitamin C untuk tubuh versi Bacaterus. Pasalnya, semua vitamin itu sangat penting dan baik untuk tubuh kita. Maka dari itu, teruslah menjaga dan kesehatan tubuh sebaik mungkin ya! Dan apa kalian tahu manfaat vitamin C selain yang disbutkan diatas? Jika ada, yuk beritahu kami dengan meninggalkan komentar dibawah ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar