Bacaterus / Serba Serbi / Binatang / 10 Manfaat Undur-undur yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Undur-undur yang Bagus untuk Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 November 2018

Apakah Anda tahu binatang undur-undur? Ya, undur-undur merupakan hewan yang hidup di daerah berpasir dan berdebu. Disebut sebagai undur-undur karena memang binatang ini berjalan mundur, namun hal ini hanya berlaku untuk undur-undur yang masih kecil. Sedangkan, undur-undur dewasa akan berjalan maju dan terbang layaknya capung. Unik, kan?

Keunikan hewan yang masuk dalam jenis serangga ini tidak sampai hanya di situ saja. Pasalnya, binatang yang kecil ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia. Ada yang bisa menyembuhkan penyakit kuning, menurunkan kolestrol, hingga menyembuhkan asma lho. Ingin tahu beberapa manfaat undur-undur untuk kesehatan lainnya? Baca terus artikel ini sampai akhir, ya!

10 Manfaat Undur-undur

1. Menyembuhkan Penyakit Kuning

Menyembuhkan Penyakit Kuning

Manfaat undur-undur yang pertama adalah menyembuhkan penyakit kuning. Seperti yang diketahui, penyakit yang satu ini berhubungan dengan organ hati. Penyebab timbulnya penyakit kuning yakni adanya penimbunan zat kuning, bilirubin, di dalam darah.

Bilirubin dapat muncul karena sel darah merah yang terurai. Disinyalir, undur-undur mampu mengatasi penyakit kuning karena dapat mencegah terurainya sel darah merah. Oleh karena itulah, penyakit kuning bisa teratasi dengan mudah dan terkontrol dalam tubuh dengan baik.

2. Menurunkan Kolestrol

Mengontrol Kadar Kolestrol

Ada dua hal yang menyebabkan seseorang memiliki kolestrol tinggi, yakni makanan dan produksi zat lipid berlebih. Untuk manfaat undur-undur kali ini mampu menurunkan kolestrol akibat produksi zat lipid yang berlebihan dari dalam tubuh.

Pasalnya, undur-undur ini dipercaya mampu menghimpit produksi zat lipid yang ada di dalam hati. Dengan begitu, kolestrol yang tinggi pun dapat berkurang secara berkala. Tentu saja, Anda harus mengonsumsi undur-undur dengan trik yang benar dan takaran yang tepat.

3. Mengobati Stroke

* sumber: arditor.com

Selain menurunkan kolestrol dan menyembuhkan penyakit kuning, ternyata manfaat undur-undur juga dapat dirasakan untuk mereka yang memiliki riwayat penyakit stroke. Sedikit informasi, stroke sendiri merupakan penyakit akibat desakan darah yang terlalu tinggi. Sehingga, darah tersebut menyebabkan pembuluh darah pecah.

Jika sudah pecah, tentu saja kesehatan syaraf pun akan terganggu dan menimbulkan gejala kelumpuhan, gangguan emosional, hilangnya indera perasa, hingga perubahan mental. Dilansir berdasarkan Palembang.tribunews.com, undur-undur mampu mencegah desakan darah yang hebat. Maka dari itulah, stroke akan teratasi dengan baik dan juga mampu melindungi kesehatan syaraf.

4. Menguatkan Sistem Kekebalan Tubuh

kekebalan tubuh

Sistem imun atau kekebalan dalam tubuh memang sangatlah penting untuk mencegah timbulnya penyakit dari luar. Oleh karena itu, banyak orang yang mengonsumsi macam-macam vitamin agar sistem kekebalan tubuh semakin kuat dan tidak mudah diserang penyakit.

Jika Anda merasa malas untuk meminum obat-obatan dan ingin menguatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara alami, maka manfaatkan undur-undur. Daging yang ada di dalam undur-undur ini nyatanya kaya akan protein yang bisa menguatkan sistem kekebalan dalam tubuh manusia lho.

5. Menyembuhkan Sakit Kepala

penyebab sakit kepala sebelah

Jangan sedikit-sedikit minum obat jika Anda mengalami sakit kepala. Sebab, manfaat undur-undur kali ini dipercaya mampu untuk mengobati sakit kepala. Tak hanya sakit kepala biasa, karena migrain dan sakit kepala hingga pusing berat pun mampu ditangani dengan baik jika Anda mengonsumsi undur-undur dengan tepat.

6. Melindungi Kesehatan Jantung

Menjaga kesehatan jantung

Kerja jantung yang terlalu berat, tentu akan memperburuk kesehatan dari jantung itu sendiri. Maka dari itulah, Anda perlu melindungi kesehatan jantung dengan cara mengontrol kerja jantung agar tidak terlalu berlebihan.

Selain itu, kandungan kolestrol dalam darah juga bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit jantung. Karena undur-undur bisa menurunkan kolestrol, maka kerja jantung pun akan lebih ringan. Alhasil, kerja jantung tidak berlebihan dan dapat bekerja secara normal juga sehat.

7. Menyembuhkan DiabetesMenurunkan risiko diabetes

Kadar gula yang berlebih dan kekurangan zat insulin, tentu akan berpotensi menyebabkan penyakit diabetes. Penyakit ini tergolong berbahaya sesuai dengan tingkatannya. Untuk mencegah penyakit diabetes, tentunya Anda harus mengontrol gula darah dalam tubuh.

Selain dari makanan dan berolahraga, Anda juga bisa mengonsumsi undur-undur untuk pencegahan diabetes. Pasalnya, undur-undur ini punya kandungan zat sulfonylurea yang bisa memperlancar pankreas untuk menghasilkan insulin. Jika insulin diproduksi dengan baik, otomatis gula darah dalam tubuh pun akan terkontrol dengan baik.

Oh iya, kalau di Tiongkok, mereka mengatasi diabetes dengan undur-undur yang sudah diproses menjadi serbuk. Undur-undur yang sudah menjadi serbuk itu akan dibungkus ke dalam kapsul. Setelahnya, kapsul tersebut bisa langsung diminum layaknya minum obat.

8. Menyembuhkan Rematik

Rematik Manfaat Kayu Manis

Sendi yang terasa nyeri dan pegal bisa disebabkan oleh penyakit yang menyerang ruang persendian dan tulang Anda, rematik. Biasanya, rematik akan muncul ketika sistem kekebalan tubuh Anda sedang melemah. Nah, sebelumnya sudah dijelaskan bahwa undur-undur ini bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh, bukan?

Maka dari itu, dengan mengonsumsi undur-undur secara tepat dan takaran yang pas maka Anda bisa terhindar dari penyakit rematik. Sebab, sistem kekebalan dalam tubuh Anda akan lebih kuat sehingga penyakit rematik pun bisa dihindari dengan baik. So, say goodbye pada rematik!

9. Mencegah Degenerasi Makula

* sumber: hellosehat.com

Untuk penyakit yang satu ini biasa dialami oleh mereka yang berusia lanjut, 50 tahun ke atas. Namun, tak menutup kemungkinan untuk para pemuda terserang penyakit degenerasi makula. Degenerasi makula sendiri adalah penyakit yang merusak penglihatan pada bagian tengah retina. Jika terus memburuk, maka akan menyebabkan kebutaan.

Untuk mencegah terjadinya penyakit ini, ada beberapa cara dan salah satunya adalah mengonsumsi undur-undur. Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2008 silam menyebutkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 akan menurunkan risiko kebutaan akibat degenerasi makula. Dan kabar baiknya, undur-undur kaya akan omega-3 lho!

10. Menyembuhkan Asma

Meringankan gejala asma

Penyakit sesak nafas, asma, disebabkan oleh pembengkakan paru-paru dan adanya penyempitan jalur pernafasan akibat terhalangnya lendir di dalam pernafasan itu. Dengan mengonsumsi undur-undur, dipercaya juga mampu mengobati sesak nafas tersebut.

Pasalnya, undur-undur bisa menangani pembengkakan pada paru-paru dengan baik. Dengan begitu, para pengidap asma pun bisa bernafas lebih baik. Bahkan, beberapa juga menyebutkan bahwa undur-undur mampu untuk menghilangkan kambuhnya penyakit asma. Hebat, ya?

Cara Mengonsumsi Undur-undur

manfaat undur-undur

Dikatakan bahwa mengonsumsi undur-undur secara hidup-hidup akan lebih baik. Sebab, jika Anda memasaknya atau mengolahnya terlebih dahulu maka khasiat undur-undur akan hilang. Alhasil, Anda tidak bisa mendapatkan manfaat apa-apa dari undur-undur.

Cara mengonsumsinya, Anda bisa mencuci undur-undur kecil terlebih dahulu. Kemudian, masukan undur-undur yang sudah bersih ke dalam kapsul kosong. Kapsul ini bisa Anda beli di apotek terdekat. Setelah itu, minumlah kapsul berisi undur-undur seperti Anda meminum obat.

Catatan: Cara ini juga bisa diaplikasikan untuk mengobati penyakit yang sudah disebutkan di atas. Namun, Anda harus mengonsumsinya dengan tepat agar manfaatnya bisa dirasakan secara maksimal. Konsultasikan ke dokter sebelum mencoba mengonsumsi undur-undur.

Seperti itulah 10 manfaat undur-undur yang bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Dengan banyaknya khasiat yang ada pada undur-undur, Anda bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Namun, tetap Anda harus mengonsultasikan pada dokter sebelum mencobanya, ya.

Bagi para pembaca yang punya masukan lainnya mengenai undur-undur, jangan segan untuk membagikannya pada kami dan pembaca lain di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Listiorini Ajeng Purvashti, penulis aktif sejak tahun 2017. Selain aktif menulis di carisinyal.com dan bacaterus.com, juga menjadi penulis lepas untuk review.bukalapak.com. Saat ini, bidang yang digeluti adalah tema penulisan seputar aplikasi, game, gadget, laptop, hardware, software, tutorial, dan entertainment. Selain menulis, Saya juga tertarik untuk mempelajari hal baru terutama mempelajari budaya-budaya dari negara lain. Salah satu budaya yang digemari adalah Korean Culture sehingga menjadikan Saya seorang KPOPers sejak zaman kuliah.

Leave A Comment