Bacaterus / Manfaat Tanaman / 10 Manfaat Ubi Ungu yang Belum Banyak Diketahui Orang

10 Manfaat Ubi Ungu yang Belum Banyak Diketahui Orang

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 Januari 2019

Tahukah Anda, kalau karbohidrat tidak hanya bisa Anda dapatkan dari nasi, tapi juga dari umbi-umbian seperti ubi ungu? Selain bisa dijadikan aneka camilan dan gorengan, ubi juga bisa dijadikan sebagai sumber karbohidrat utama bagi yang sedang diet beras.

Ubi ungu mengandung banyak manfaat seperti karbohidrat kompleks, beta-karoten, serat, dan juga kadar mikronutrien yang seimbang. Selain enak, ubi ungu juga memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, loh! Ingin tahu sepuluh manfaat ubi ungu yang belum banyak diketahui orang? Berikut diantaranya:

10 Manfaat Ubi Ungu bagi Tubuh

1. Sumber Karohidrat

Sumber Karohidrat manfaat ubi ungu

* sumber: dailyburn.com

Ubi ungu atau purple sweet potato atau purple yam merupakan sumber karbohidrat pengganti beras yang sangat baik. Ya, manfaat ubi ungu yang pertama adalah sebagai sumber karbo untuk tubuh kita. Ubi ungu mengandung karbohidrat dalam jumlah tinggi. Ubi, mau yang kuning atau pun yang ungu mengandung 112 kalori (tanpa lemak dan kolesterol sodium!).

Di Indonesia, biasanya ubi ungu dibuat menjadi camilan atau makanan manis seperti keripik, kolak, atau cukup dikukus saja karena rasanya sudah manis secara alami. Tapi, ubi ungu bisa juga dijadikan aneka makanan, loh! Warna ungu alami purple yam ini sangat cantik, sehingga bisa juga dipakai untuk bahan pewarna makanan agar kita jadi lebih semangat makan.

2. Untuk Berat Badan Ideal

Untuk Berat Badan Ideal

* sumber: id.pinterest.com

Anda sedang berjuang untuk mendapatkan berat badan yang ideal? Maka konsumsilah ubi ungu! Purple sweet potato sangat baik dikonsumsi oleh orang-orang yang kelebihan maupun kekurangan berat badan.

Telah terjadi penelitian dimana pasien obesitas menambahkan 2 ubi ungu dalam porsi makan mereka selama satu bulan, dan ternyata ubi ungu tidak menambah berat badan mereka. Justru tekanan darah mereka jadi turun. Bayangkan jika pasien obesitas benar-benar diet karbohidrat dan hanya mengonsumsi ubi ungu? Mungkin saja berat badannya bisa jadi ideal dengan tubuhnya.

Lalu, manfaat ubi ungu untuk orang yang terlalu kurus adalah dapat menambah bobot tubuh. Mungkin Anda merasa kebingungan, katanya ubi ungu bisa membuat kurus, tapi bisa juga membuat gemuk. Jadi, Bacaterus tekankan sekali lagi kalau ubi ungu dapat membuat berat badan menjadi ideal, yaitu sesuai dengan tinggi dan kebutuhan tubuh.

Purple yam terdiri dari karbohidrat kompleks dan mengandung rasa manis, sehingga dapat menambah bobot tubuh untuk orang yang terlalu kurus. Imbangi konsumsi ubi manis dan olahraga teratur agar otot dan berat badan bisa bertambah. Anda bisa juga mengonsumsi susu penambah berat badan atau masa otot jika Anda mau.

3. Baik Untuk Pencernaan

Baik Untuk Pencernaan

Manfaat ubi ungu yang selanjutnya adalah untuk pencernaan. Ubi ungu mengandung serat dan pektin yang sangat bermanfaat untuk melacarkan proses pencernaan dalam tubuh. Dengan mengonsumsi ubi ungu, Anda akan terhindar dari masalah pencernaan seperti konstipasi, wasir, hingga kanker.

4. Anti Radang (Antiinflamasi)

Antiradang (Antiinflamasi)

* sumber: id.pinterest.com

Anti radang atau antiinflamasi merupakan manfaat ubi ungu yang lainnya. Jika Anda tidak familar dengan istilah ini, inflamasi adalah respon biologis kompleks dari jaringan vaskuler atas adanya bahaya, seperti pathogen, kerusakkan sel, atau iritasi. Nah, telah teruji klinis kalau ubi ungu dapat menjauhkan manusia dari risiko peradangan dan kerusakan DNA. Jadi, jangan ragu untuk makan ubi ungu setiap hari, ya!

5. Antibakteri

Antibakteri

* sumber: www.theloop.ca

Purple yam juga berguna sebagai anti bakteri, loh. Antibakteri adalah zat yang dapat mengganggu pertumbuhan atau bahkan mematikan bakteri dengan cara “menghajar” metabolisme mikroba yang merugikan dalam tubuh. Mungkin sudah Anda ketahui kalau mikroorganisme dalam tubuh dapat menyebabkan kerugian karena dapat menginfeksi dan menimbulkan penyakit.

Nah, antibakteri merupakan kedalam antimikroba yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan bakteri jahat tersebut. Kandungan antibakteri di dalam ubi ungu mencapai 3,2 kali lebih tinggi dari buah blueberry, loh! Kelebihan lainnya, selain lebih mudah ditemukan di Indonesia, ubi ungu juga lebih murah harganya dari pada blueberry.

6. Melancarkan Peredaran Darah

Melancarkan Peredaran Darah

* sumber: www.epicurious.com

Manfaat ubi ungu yang ke-6 adalah dapat melancarkan peredarah darah. Pigmen (warna) ungu dalam ubi ini berhubungan dengan kelancaran peredarah darah. Warna ungu dalam ubi ini disebut antosianin, yaitu pigmen larut air yang terdapat pada banyak jenis tumbuhan, salah satunya adalah ubi ungu.

Fungsi antosianin diantaranya adalah untuk mencegah aterosklerosis, yaitu penyakit penyumbatan pembuluh darah dan melindungi sel endotel yang melapisi dinding pembuluh darah. Antosianin juga berfungsi untuk melindungi lambung dari kerusakan, menghambat sel tumor, meningkatkan kemampuan penglihatan mata, serta sebagai senyawa anti-inflamasi yang melindungi otak dari kerusakan.

7. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

* sumber: rachaelsgoodeats.com

Menurut penelitian, mengonsumsi ubi ungu dapat mengurangi tekanan darah serta menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke pada penderita hipertensi. Hal ini dikarekanan semua sayuran, buah, dan umbi yang berwarna ungu mengandung banyak antioksidan seperti karoteniod, asam felonik, dan antosianin yang baru kita bahas di atas.

Kandungan antioksidan inilah yang dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit stroke dan jantung. Selain mengandung antioksidan, ubi ungu juga memiliki kadar asam klorogenik yang tinggi. Zat ini mampu menurunkan tekanan darah tinggi.

8. Anti Kanker

Anti Kanker

* sumber: spoonuniversity.com

Ubi, terutama yang berwarna ungu, memiliki kandungan antikanker yang tinggi. Semua ini masih berkat kandungan antosianin dalam warna ungu yang ada pada ubi. Lalu, ubi ungu juga mengandung turunan antosianin, yaitu sianidin dan peonidin, yang mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

9. Mengatasi Asma

Mengatasi Asma

* sumber: ahouseinthehills.com

Siapa yang punya masalah dengan pernapasannya, seperti asma misalnya? Kabar baik, karena manfaat ubi ungu yang selanjutnya adalah untuk mengatasi asma. Ya, hanya mengatasi saja, karena asma merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Tapi, ubi ungu dapat mengurangi kambuhnya asma.

Asma terjadi karena paru-paru sulit berkembang dan terjadinya penghambatan dalam saluran paru-paru. Dengan mengonsumsi purple yam secara rutin, asma akan berangsur-angsur berkurang dan mungkin saja tidak akan pernah kambuh lagi. Imbangi dengan olahraga teratur supaya tubuh dan pernapasan tetap sehat dan kuat, ya!

10. Baik Untuk Penderita Diabetes

Baik Untuk Penderita Diabetes

* sumber: strengthandsunshine.com

Manfaat ubi ungu yang terakhir adalah ramah untuk pasien diabetes. Sepertinya semua orang tahu kalau penderita diabeters pasti diharuskan untuk menjaga asupan makanannya, seperti menghindari makanan manis dan membatasi nasi. Nah, sebagai alternatif, para pasien diabet bisa mengonsumsi ubi ungu.

Ubi ungu terasa manis dan bisa menjadi pengganti nasi. Bahkan, ubi ungu (dan ubi kuning juga) mengandung indeks glikemik yang lebih sedikit dari roti dan nasi, sehingga sangat baik untuk penderita diabet. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan potensi peningkatan gula darah dari karbohidrat yang ada pada makanan.

Istilah mudahnya, indeks glikemik merupakan daftar yang menunjukkan cepat-lambatnya suatu makanan dapat menaikkan konsentrasi gula darah dalam tubuh. Nah, ubi ungu ini memiliki indeks glikemik yang sangat rendah. Makanya, ubi ungu sangat recommended untuk para penderita diabet.

Nah, itu dia sepuluh manfaat ubi ungu yang belum banyak diketahui orang versi Bacaterus. Semua ini berlaku jika ubi ungunya dalam keadaan segar, ya, bukan ubi yang sudah disimpan hingga berbulan-bulan. Lalu, apakah Anda tahu kalau ubi ungu lebih baik jika dimakan bersama kulitnya? Ayo mulai hidup sehat dengan mulai rutin mengonsumsi ubi ungu dari sekarang!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar