Bacaterus / Manfaat Tanaman / Inilah 10 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Inilah 10 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Anda pasti pernah makan ubi jalar, bukan? Nah, umbi-umbian yang satu ini ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Meskipun harganya murah meriah, tapi manfaat yang ditawarkan cukup mahal, lho. Makanan ini juga bisa menjadi sumber karbohidrat yang cukup baik untuk menggantikan nasi.

Di Indonesia, ada 2 jenis ubi jalar, yakni yang dagingnya berwarna kuning dan ungu. Keduanya sama-sama bagus untuk kesehatan. Penasaran dengan manfaat ubi jalar bagi kesehatan tubuh? Baca penjelasan lengkap yang sudah dirangkum Bacaterus ini, yuk!

10 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

kekebalan tubuh

Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh sehat dan tidak mudah sakit? Manfaat ubi jalar yang pertama ini berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh. Konsumsi ubi jalar ternyata dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Mengapa?

Terdapat kandungan beta-karoten di dalam ubi jalar yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imunitas Anda. Tak tanggung-tanggung, beta-karoten di dalam ubi jalar ini dapat mengurangi risiko penyakit jantung, asma, sampai dengan kanker.

2. Baik untuk kesehatan mata

Baik untuk kesehatan mata

Yang satu ini adalah manfaat ubi jalar yang penting sekali untuk Anda yang kerap kali bekerja sambil menatap layar komputer dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar dari komputer dapat mengakibatkan kerusakan mata atau bertambahnya minus mata. Mari jaga kesehatan mata Anda dengan mengonsumsi ubi jalar.

Kandungan beta-karoten, zat pewarna alami, di dalam ubi jalar akan diubah menjadi Vitamin A saat berada di dalam tubuh. Sudah menjadi rahasia umum jika Vitamin A sangat baik untuk menjaga kesehatan mata.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Masalah Pencernaan

Punya masalah susah buang air besar alias sembelit? Yuk, perbanyak konsumsi tela rambat setiap hari. Kandungan serat di dalam ubi jalar ternyata lebih tinggi dibanding kentang, lho. Banyaknya serat di dalam ubi jalar memudahkan makanan ini lebih mudah dicerna di dalam usus, sehingga frekuensi buang air besar jadi lebih lancar.

Di samping itu, ubi jalar juga mengandung Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Kalium, Kalsium, dan beta-karoten yang dapat meringankan radang perut. Bagi Anda yang memiliki masalah pada lambung, seperti penyakit maag atau tukak lambung, ubi jalar adalah makanan yang tepat untuk Anda karena ubi jalar mengandung anti-inflamasi dan zat penenang alami untuk meredakan rasa sakit karena peradangan atau asam lambung tinggi.

4. Menghambat pertumbuhan kanker

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Seseorang yang divonis kanker tentu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Akan tetapi, ubi jalar termasuk makanan yang aman dan baik bagi para penderita kanker. Kolin yang terdapat pada ubi jalar berfungsi untuk menangkal radikal bebas.

Sementara itu, beta-karoten juga diklaim dapat mencegah risiko kanker. Bahkan, bagi pasien yang menderita kanker usus besar dan kanker prostat, beta-karoten pada ubi jalar ini bermanfaat untuk menurunkan perkembangan kanker dan menghambat penyebarannya ke organ tubuh lainnya.

5. Memperkuat tulang

Menjaga kesehatan tulang

Memiliki tulang yang kuat adalah impian semua orang, terutama para lansia yang rentan mengalami osteoporosis. Dengan tulang yang kuat, kita lebih bebas bergerak dan beraktivitas. Jika ingin memiliki tulang yang kuat, mengapa tak coba mengonsumsi ubi jalar saja?

Makanan yang juga dikenal dengan nama tela rambat ini mengandung Mangan sejumlah 44% AKG. Perlu Anda ketahui, Mangan adalah mineral yang berperan penting dalam membantu proses metabolisme tulang. Selain itu, ubi jalar juga mengandung sejumlah kalsium dan kalium yang juga merupakan mineral terbaik untuk memperkuat tulang kini dan nanti.

6. Sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi

Sumber karbohidrat terbaik pengganti nasi

Bagi para penderita diabetes, manfaat ubi jalar yang satu ini pasti benar-benar penting. Ketika Anda divonis diabetes, tentu saja Anda harus memperhatikan setiap makanan yang Anda konsumsi. Sayangnya, nasi putih yang biasa kita makan sehari-hari ternyata mengandung kalori yang cukup tinggi untuk penderita diabetes.

Ubi jalar bisa menjadi opsi pengganti nasi putih agar Anda tetap memperoleh asupan karbohidrat. Kandungan kalori pada nasi putih adalah 130 kcal, sedangkan ubi jalar hanya 85 kcal. Bila bosan menyantap kentang, ganti saja sumber karbohidrat Anda dengan ubi jalar.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Jangan anggap remeh masalah tekanan darah tinggi. Bila dibiarkan begitu saja, hipertensi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, dan komplikasi penyakit lainnya. Saatnya, menurunkan tekanan darah tinggi secara alami tanpa mengonsumsi obat.

Konsumsi makanan yang kaya akan kalium dapat membantu proses penurunan tekanan darah. Ubi jalar adalah makanan yang tinggi kalium. 100 gram ubi jalar mengandung 337 mh kalium. Tentu saja sejumlah kalium dalam ubi jalar ini dapat mempercepat usaha Anda dalam menurunkan tekanan darah.

8. Menstabilkan kadar gula darah

kadar gula darah

Tidak banyak yang mengetahui seputar manfaat ubi jalar yang satu ini. Ubi jalar mengandung Magnesium, mineral yang dapat membantu untuk menstabilkan kadar gula darah. 100 gram ubi jalar memberikan 25 mg Magnesium.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi Magnesium dapat menurunkan risiko penyakit diabetes tipe 2. Tentu saja ini merupakan kabar baik bagi para penderita diabetes atau Anda yang berusaha untuk mengontrol gula darah Anda.

9. Sumber energi yang baik

Olahraga secara teratur

Tubuh kita memerlukan energi untuk dapat kuat menjalani berbagai aktivitas sehari-hari. Zat besi dan Magnesium adalah dua jenis mineral yang berkontribusi dalam menyediakan energi bagi tubuh manusia. Zat besi juga merangsang produksi sel darah merah di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, zat besi turut bekerja dengan meningkatkan distribusi oksigen ke seluruh bagian tubuh, sehingga manusia dapat tetap bergerak aktif dan tidak mudah kelelahan.

Itulah sebabnya mengapa banyak para atlet atau olahragawan yang memilih ubi jalar sebagai sumber karbohidratnya sehari-hari. Selain dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama, ubi jalar juga bermanfaat untuk menyediakan energi bagi tubuh kita.

10. Menjaga kesehatan gigi dan gusi

Menjaga kesehatan gigi dan gusi Manfaat Ubi Jalar

* sumber: farmasi.stikesmadani.ac.id

Ubi jalar kuning ternyata menyediakan sejumlah besar Vitamin C yang tentu saja bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat Vitamin C pada ubi jalar adalah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

Sejumlah permasalahan seperti gigi longgar atau gusi yang mudah berdarah dapat diredakan dengan mengonsumsi ubi jalar sehari-hari. Bahkan bagi Anda yang belum pernah mengalami permasalahan pada gigi dan mulut, konsumsi ubi jalar dapat mencegah permasalahan tersebut dan memberikan 70% Vitamin C dari nilai yang dibutuhkan oleh tubuh Anda sehari-hari.

Fakta seputar manfaat ubi jalar memang cukup mengejutkan. Apalagi makanan ini memang tidak sepopuler singkong atau kentang. Namun, bila Anda ingin merasakan sejumlah manfaat di atas tidak ada salahnya jika Anda mulai mengonsumsi ubi jalar mulai saat ini.

Konsumsi ubi jalar dengan cara direbus agar Anda bisa memperoleh manfaatnya. Hindari mengonsumsi ubi jalar yang digoreng karena justru dapat meningkatkan kadar kolesterol Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

2 pemikiran pada “Inilah 10 Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan Tubuh”

  1. gan.adakah manfaatnya rambutan?.terima kasih

    • Terima kasih atas pertanyaannya. Mohon maaf, saat ini kami belum ada artikel terkait manfaat rambutan. Kedepannya mungkin akan menjadi pertimbangan sebagai topik penulisan artikel. 🙂

Tinggalkan komentar