Bacaterus / Manfaat Tanaman / Inilah 10 Manfaat Terong Yang Sangat Baik Untuk Tubuh

Inilah 10 Manfaat Terong Yang Sangat Baik Untuk Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Februari 2019

Mungkin bagi kebanyakan orang terutama orang Indonesia sudah tidak asing lagi dengan yang satu ini. Terong merupakan salah satu jenis makanan yang dapat diolah ke dalam berbagai variasi makanan. Terong dapat diolah menjadi sayur, balado, bahkan hanya digoreng saja pun masih terasa nikmat. Selain itu manfaat terong pun bermacam-macam.

Bagi yang menggemari memakan si ungu yang satu ini, bisa mendapatkan banyak manfaat. Gizi dan kandungan zat-zat baik banyak terkandung dalam terong. Terong juga disebut-sebut dapat mengatasi berbagai macam penyakit.

Terong juga bukanlah makanan yang mahal. Harga terong sangat terjangkau. Cara menanam terong pun tidka sulit mengingat Indonesia di anugerahi dengan tanah yang subur membuat terong mudah tumbuh. Karena itulah terong masih banyak memiliki penggemar.

Kali ini bacaterus akan mengulas tentang manfaat-manfaat kesehatan dari mengkonsumsi terong. Penasaran? Yuk simak ulasannya berikut ini:

Memberikan nutrisi serta menyehatkan otak

Fungsi Otak

Manfaat terong pertama yang bisa dirasakan dari memakan terong adalah manfaat nutrisi dan juga menyehatkan otak. Terong mengandung phytonutrisi atau yang disebut sebagai nasunin. Nasunin ini sangat bermanfaat dalam meberikan nutrisi pada otak manusia. Nasunin paling banyak berada di dalam kulit terong ungu.

Hal ini sangat berkhasiat dan bermanfaat untuk memberikan nutrisi otak manusia. Selain untuk memberikan nutrisi otak, nasunin juga ternyata mampu dalam hal melindungi membran sel otak dari radikal bebas. Dengan nasunin ini, otak kita akan menerima asupan nutrisi yang cukup dan baik serta memudahkan kita untuk berpikir.

Mengatasi, mencegah, mengobati jantung dari penyakit

Masih seputar kandungan nasunin dalam terong. Ternyata nasunin tidak hanya mampu membantu dalam memberikan nutrisi otak sehingga membuat kita dapat berpikir lebih baik dan lebih cepat. Nasunin juga bermanfaat untuk mencegah, mengobati, serta mengatasi penyakit jantung.

Kandungan nasunin yang ada pada terong sangat bermanfaat ketika mengikat zat besi dalam tubuh. Perlu diketahui bahwa zat besi pada tubuh sangat baik dalam menunjang imunitas serta dalam proses transport oksigen pada tubuh.

Namun, jika terlalu mendapatkan zat besi yang berlebihan, hal tersebut justru beresiko bagi tubuh kita dan menyebabkan serangan jantung dan stroke. Nah dengan mengkonsumsi terong ungu yang mengandung nasunin ini akan mengontrol zat besi yang ada pada tubuh.

Dan selain nasunin, ternyata dalam terong ungu ini mengandung fitronutrien yang bermanfaat bagi jantung. Lalu apa manfaatnya? Fitronutrein ini dapat mengatasi dalam hal relaksasi pembuluh darah yang ada pada jantung manusia. Maka dari itu manfaat terong sangatlah banyak, bukan?

Menurunkan berat badan

Manfaat Terong

Untuk Anda yang ingin melakukan diet sehat, mungkin Anda bisa melakukannya dengan cara mengkonsumsi terong. Manfaat terong lainnya ternyata kaya akan kadar airnya yang sangat tinggi. Namun, walaupun begitu, terong memiliki kadar kalori yang rendah.

Dengan kadar kalori yang rendah serta kadar air yang tinggi membuat terong menjadi salah satu makanan yang baik dan juga sehat bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan secara alami. Tekstur terong yang kenyang inilah yang menjadikan salah satu makanan yang baik jika dimakan dalam keadaan mentah.

Terong untuk makanan diet sehat sudah dibuktikan oleh seorang ilmuwan dari Jerman, Universitas Graz. Dalam penelitiannya ini, ia menemukan hasil bahwa manfaat terong terbukti mampu dalam pencegahan dan penghambatan tumbuhnya plak-plak lemak yang bisa menyebabkan penyakit ateroklerosis atau yang disebut dengan radang pembuluh darah.

Mencegah penyakit anemia

anemia

Bagi Anda yang memiliki atau menderita tekanan darah rendah atau anemia, mengkonsumsi terong bisa menjadi salah satu solusi mencegah datangnya penyakit tersebut. Mengapa terong? Seperti yang kita tahu, bahwa terong mengandung banyak sekali vitamin dan nutrisi.

Kandungan nutrisi, vitamin serta zat besi yang ada pada terong ternyata mampu dalam mengatasi dan melakukan pencegahan penyakit anemia. Pada umumnya orang yang menderita penyakit anemia biasanya kurangnya zat besi dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi terong inilah dapat mencegah anemia. Nah inilah manfaat terong untuk penderita anemia.

Anti bakteri

Tidak hanya nutrisi, zat besi, dan nasunin saja yang ada di dalam terong. Ternyata terong juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup baik. Dengan adanya vitamin C ini mampu memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita.

Salah satu manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C yang ada pada terong yaitu menjadi sumber anti virus serta anti bakteri yang sangat efektif. Bukan hanya itu saja, namun ternyata kandungan lainnya seperti folat, serta, vitamin B, mangan, tembaga, kalium, vitamin K, triptofan, dan magnesium juga membantu dalam pencegahan bakteri dan virus.

Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Nah, untuk manfaat terong berikutnya adalah mengontrol kadar gula darah yang ada pada tubuh. Terong mampu dalam hal mengontrol kadar gula darah yang ada dalam tubuh. Hal ini sangat baik untuk para penderita penyakit diabetes tipe 2.

Dengan kandungan serat yang tinggi serta rendahnya karbohidrat membuat terong dapat mengontrol gula darah yang berlebih. Terong mampu dan memiliki manfaat dalam penyerapan glukosa serta mengatur gula darah yang masuk ke dalam tubuh. Jadi bagi pengidap penyakit diabetes dianjurkan mengkonsumsi terong.

Mengatasi penuaan dini

penuaan dini Manfaat Terong

Selain untuk kesehatan dalam penyembuhan berbagai macam penyakit, ternyata terong juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini lho. Terong mampu meningkatkan dan melindungi kesehatan pada kulit manusia.

Selain zat-zat dan kandungan serta nutrisi yang telah disebutkan sebelumnya, terong juga mengandung vitamin E. seperti yang kita tahu bahwa vitamin E sangat baik untuk meremajakan kulit kita. manfaat yang dihasilkan yaitu mencegah penuaan dini serta keriput.

Meningkatkan gairah untuk pria dewasa

Nah, manfaat terong lainnya yaitu dapat meningkatkan gairah untuk pria dewasa. Ada mitos yang mengatakan bahwa dengan mengkonsumsi terong akan membuat para pria dewasa loyo. Namun ternyata mitos itu tidak tepat.

Dilansir bahwa manfaat terong justru mampu meningkatkan gairah pada pria. Dalam terong terdapat kandungan yang menyebabkan efek afrodisiak. Maka dari itu justru dengan mengkonsumsi terong mampu meningkatkan kesuburan untuk pria.

Mengobati kanker

Lagi-lagi kanker mampu diobati dengan cara yang alami. Jika sebelumnya kita mengulas bahwa kayu manis dapat mengobati kanker, nah ternyata manfaat terong juga mampu mengobati kanker usus besar. Hal ini dikarenakan terong memiliki kemampuan dalam penyerapan bahan-bahan kimia dan racun sehingga dapat mencegah terjadinya perkembangan kanker.

Menyehatkan kulit kepala

kulit kepala

Manfaat terong kali ini untuk menyehatkan kulit kepala. Bagi sebagian orang mungkin memiliki masalah dengan kulit kepala kering. Namun, dengan memanfaatkan terong kulit kepala bisa dapat lembab dengan cara yang alami dan tentunya tanpa perlu mengeluarkan biaya mahal.

Terong memiliki kandungan mineral serta vitamin yang mampu memberikan nutrisi untuk kulit kepala agar tetap lembab dan juga sehat.

Nah itu tadi 10 manfaat terong untuk kesehatan tubuh kita. Sebenarnya jika ingin sehat kita tak perlu mengeluarkan biaya mahal. Alam telah memberikan segalanya untuk kita olah secara maksimal untuk kesehatan, salah satunya dengan mengkonsumsi terong.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar