Bacaterus / Manfaat Buah / 10 Manfaat Terong Belanda untuk Tubuh yang Lebih Sehat

10 Manfaat Terong Belanda untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2019

Terong belanda atau tamarillo adalah buah dari keluarga terong-terongan yang diketahui berasal dari daratan Amerika Selatan. Buah ini dibawa ke Indonesia oleh orang Belanda sehingga dikenal dengan sebutan terong belanda.

Meskipun di Indonesia bukan termasuk buah yang populer, terong belanda cukup mudah ditemukan ketika musim panen. Karena tanamannya tumbuh baik di dataran-dataran tinggi, buah ini umumnya hanya bisa ditemukan di daerah-daerah pegunungan saja di mana petani biasa menjualnya di sisi-sisi jalan dengan cara digantung.

Buah yang lezat ini memiliki rasa manis (kadang masam) yang menyegarkan. Cara populer mengkonsumsinya adalah dengan dimakan langsung sebagai camilan atau dibuat jus.

Terong belanda diketahui mengandung sejumlah nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan. Info lebih lanjut mengenai nutrisi dan manfaat buah ini dapat Anda temukan di bawah ini.

Kandungan Nutrisi Terong Belanda

* sumber: commons.wikimedia.org

Terong belanda mengandung sejumlah vitamin, mineral, dan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan. Berikut adalah kandungan nutrisi terong belanda per 100 gram sajian (sumber: di sini).

  • Energi: 31 Kkal
  • Karbohidrat: 3,8 gram
  • Protein: 2 gram
  • Serat Makanan: 3,3 gram
  • Folat: 4 mikrogram
  • Niasin: 0,271 miligram
  • Pyridoxine: 0,198 miligram
  • Thiamin: 0,043 miligram
  • Vitamin A: 189,17 mikrogram
  • Vitamin C: 29,8 miligram
  • Vitamin E: 2,09 miligram
  • Sodium: 1,44 miligram
  • Kalium: 321 miligram
  • Kalsium: 10,7 miligram
  • Tembaga: 0,051 miligram
  • Zat besi: 0,57 miligram
  • Magnesium: 20,6 miligram
  • Mangan: 114 mikrogram
  • Fosfor: 38,9 miligram
  • Seng: 0,15 miligram

Manfaat Terong Belanda untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat terong belanda untuk kesehatan tubuh yang perlu diketahui.

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: www.needpix.com

Selain rasanya yang menyegarkan tubuh, terong belanda juga sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Hal ini tidak lepas daripada terkandungnya vitamin C dalam jumlah yang cukup banyak, yang membuat terong belanda sebagai salah satu sumber alami vitamin C yang sangat baik.

Dengan imunitas yang kuat, tubuh jadi tidak mudah terkena penyakit maupun infeksi. Selain iut, tubuh juga akan terasa lebih bugar dan tidak mudah lelah. Jadi, jika Anda merasa bosan dengan buah bervitamin C lainnya, Anda dapat mencoba terong belanda karena rasanya sangat lezat.

2. Meremajakan Kulit

* sumber: pixabay.com

Selain vitamin C, di dalam terong belanda juga terkandung berbagai vitamin lainnya, termasuk vitamin A dan E. Vitamin C sendiri merupakan antioksidan yang dapat membantu mengurangi faktor-faktor penyebab terjadinya masalah penuaan dini. Sebagai hasilnya, kulit tidak akan rentan terhadap bintik-bintik penuaan, keriput, garis-garis halus, dan kendur.

Di sisi lainnya vitamin E juga membantu meningkatkan elastisitas kulit dengan memproduksi kolagen, membuat kulit jadi terlihat lebih muda. Selain itu, hadirnya senyawa fenol, anthocyanin dan flavonoid dalam terong belanda juga berkontribusi terhadap kesehatan kulit.

3. Membantu Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Tingginya kandungan serat makanan yang terdapat dalam buah ini dapat membantu meringankan berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit dan kembung. Sedangkan mengkonsumsinya secara teratur dapat membantu meningkatkan sistem pencernaan dan membantu tubuh menyerap nutrisi.

Terong belanda juga disebutkan mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus dan menyingkirkan bakteri jahat secara efektif. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat mengatasi masalah pergerakan usus yang tidak teratur dengan cepat dan aman.

4. Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Terong belanda juga merupakan makanan alami dan sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Manfaat ini tidak lepas dari rendahnya kalori dan tingginya kandungan air dan serat di dalam buah. Jadi, dengan mengkonsumsi buah ini Anda dapat merasa kenyang lebih lama sehingga tidak memerlukan banyak asupan makanan lain berkalori tinggi.

Selain itu, terong belanda juga dikatakan mampu mengurangi sel-sel lemak di dalam tubuh sehingga proses menurunkan berat badan bisa berjalan dengan baik. Anda dapat mengkonsumsi buah ini dengan cara dimakan langsung sebagai camilan atau dibuat jus lezat dan menyegarkan.

5. Mengontrol Gula Darah

kadar gula darah

Kandungan serat yang tinggi dalam terong belanda disebutkan dapat membantu menjaga kadar gula dalam darah. Terong belanda juga termasuk buah yang memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga mengkonsumsinya tidak meningkatkan kadar gula dalam darah.

Selain itu, asam klorogenik dalam terong belanda juga membantu menunda terjadinya diabetes dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

6. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker

* sumber: depositphotos.com

Terong belanda mengandung sejumlah antioksidan, seperti klorogenik, flavonoid, antosianin, polifenolik, dan lain sebagainya yang dapat membantu melawan radikal bebas. Seperti diketahui, radikal bebas merupakan zat berbahaya yang dapat memicu timbulnya penyakit kanker.

Tubuh memerlukan asupan antioksidan secara teratur untuk mencegah masalah kesehatan yang diakibatkan oleh radikal bebas dan mencegah tubuh dari kerusakan oksidatif. Selain itu, antioksidan dalam terong belanda juga berfungsi meremajakan sel-sel dan jaringan organ yang mati.

7. Mencegah Penyakit Anemia

* sumber: www.halodoc.com

Kandungan zat besi yang cukup tinggi dalam terong belanda dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah dalam tubuh. Dengan demikian, hal itu dapat mencegah terjadinya penyakit anemia. Selain itu, sel-sel darah merah juga bertanggung jawab untuk mentransfer oksigen dan berbagai nutrisi ke seluruh tubuh.

Anemia sendiri merupakan suatu kondisi ketika darah tidak memiliki sel darah merah sehat yang cukup. Orang yang menderita anemia biasanya ditandai dengan tubuh yang lemah, sering merasa lelah, pusing, dan lain-lain.

8. Menjaga Kesehatan Mata

* sumber: www.health.mil

Kandungan vitamin A dan senyawa karotenoid dalam terong belanda juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Selain itu, mengkonsumsi buah ini secara teratur dipercaya mampu membantu memperlambat terjadinya penyakit mata yang disebabkan oleh faktor usia, seperti katarak dan degenerasi makula.

Sebagai informasi, degenerasi makula merupakan sejenis penyakit yang umumnya menyerang orang-orang yang telah berusia senja (60 tahunan ke atas). Selain dapat menyebabkan kehilangan penglihatan, penyakit ini juga tidak dapat disembuhkan (perawatan masih dapat membantu).

9. Menjaga Kesehatan Jantung

* sumber: pixabay.com

Manfaat lain dari terong belanda adalah membantu menjaga kesehatan jantung. Mineral dan vitamin dalam buah ini diketahui dapat menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi.

Selain itu, nutrisi buahnya juga dapat membantu memperlebar arteri yang memungkinkan darah mengalir dengan lancar dan mencegah terjadinya pembekuan darah. Mangan dan kalium yang terkandung dalam terong belanda sangat diperlukan tubuh untuk mempertahankan detak dan ritme jantung.

10. Mengobati Radang Amandel

ciri-ciri amandel

Terong belanda juga dipercaya dapat membantu mengobati penyakit radang amandel atau tonsilitis. Bahkan penduduk di beberapa negara di Amerika Selatan seperti Ekuador dan Kolombia sering memanfaatkan daun dan buah ini untuk menyembuhkan amandel yang meradang (sebagai obat luar).

Nah, itulah beberapa manfaat terong belanda untuk kesehatan dan mungkin masih ada manfaat lainnya yang belum disebutkan di sini. Sebelum memasukkannya ke dalam diet harian, Anda disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara rinci asupan yang diperlukan.

Berkonsultasi dengan dokter sangat penting dilakukan agar Anda terhindar dari masalah-masalah kesehatan lain yang mungkin terjadi karena asupan yang berlebihan, alergi, dan lain sebagainya. Sekali lagi, jangan lupa untuk bertanya kepada profesional medis sebelum menyertakan buah terong belanda dalam diet harian Anda.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar