Bacaterus / Tepung Terigu / 6 Manfaat Penggunaan Tepung Terigu yang Perlu Diketahui

6 Manfaat Penggunaan Tepung Terigu yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Januari 2020

Gandum memang menjadi komoditas pangan yang banyak dijadikan sebagai makanan pokok, tak terkecuali tepung terigu. Tepung terigu merupakan tepung atau bubuk halus hasil olahan dari penggilingan biji gandum. Maka tak heran jika makanan berbasis tepung terigu juga ikut bagian dalam menjadi makanan pokok di banyak negara.

Wayne Gisslen dalam bukunya “Professional Baking” menyebutkan bahwa komposisi utama tepung terigu terdiri dari pati, protein, moisture, gums, lemak, debu, dan pigmen, dimana pati mengambil bagian terbesar. Pati adalah molekul karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air.

Tepung terigu banyak dikonsumsi masyarakat sebagai pengganti karbohidrat. Ditambah lagi ketersediaan yang melimpah, kandungan protein tinggi, juga praktis saat diolah membuatnya populer dan cepat merambah di beragai negara. Namun, belum banyak yang tahu manfaat apa saja yang bisa didapatkan dari tepung terigu lho, simak ulasan berikut yuk!

1. Olahan Makanan

Olahan Makanan

Seperti yang banyak diketahui, tepung terigu ini umumnya memang dibuat sebagai bahan makanan seperti roti, kue-kue, cake, tart, hingga gorengan dan banyak olahan pangan lainnya. Tepung terigu memiliki tekstur yang halus serta kadar gluten dan kekenyalan tinggi yang membuatnya mudah di olah.

Gluten ini adalah sejenis protein dalam tepung terigu yang mana berdasarkan kadarnya dapat dibedakan menjadi tepung terigu protein tinggi, protein sedang, dan protein rendah. Sebenarnya, pembuatan biji gandum menjadi tepung terigu membuatnya kehilangan banyak kandungan nutrisi.

Dikarenakan prosesnya yang sedikit rumit juga pencampuran kimia, tepung terigu nyaris tidak memberi manfaat lain selain asupan karbohidrat, kalori, dan protein dari gluten pada tubuh. Berbeda dengan tepung gandum utuh yang tidak kehilangan kulit dan lembanganya, sehingga serat dan nutrisis yang di kandung masih banyak.

Karena itulah di beberapa bakery seringkali ditawarkan roti tawar putih dan roti tawar gandum. Ada baiknya untuk kamu yang menderita diabetes memilih roti gandum jika ingin mengkonsumsi roti, karena lebih lambat menjadi gula.

Selain yang sudah disebutkan diatas, tepung terigu ini juga sering ditambahkan sebagai bahan pengental sup, sebagai perekat mankanan, hingga campuran dalam pembuatan bakso.

2. Masker Wajah

Masker Wajah

Tak hanya buat perut kenyang, nyatanya tepung terigu juga bisa kamu terapkan dalam perawatan kulit, contohnya sebagai masker wajah. Ya, tepung terigu dapat membantu memulihkan sel-sel kulit dan membuatnya lebih cerah.

Bahkan, tepung terigu ini bisa digunakan untuk semua jenis kulit, baik itu kulit berminyak, kering, sensitif ataupun kombinasi. Cara alami ini ternyata sudah dilakukan turun-temurun lho, dan biasanya campuran untuk masker ini tidak hanya air dan tepung terigu saja.

Kamu bisa menambahkan yogurt, serbuk kunyit, hingga madu dan air mawar untuk kemudian kamu gunakan sebagai masker wajah. Cukup dioleskan secara merata pada permukaan wajah, diamkan selama kurang lebih 25 menit. Setelah kering, basuh dan bersihkan dengan air hangat.

Tertarik mencobanya di rumah? Cara alternatif ini sangat mudah, murah dan tanpa efek samping yang berarti, sehingga aman untuk kamu gunakan sebagai perawatan.

3. Pengganti Sampo Kering

Pengganti Sampo Kering

Pernahkah rambutmu terasa lepek dan berminyak? Tetapi kamu tak punya banyak waktu untuk keramas, biasanya solusi terbaik yang akan diambil adalah menggunakan dry shampoo. Sampo yang terbilang praktis digunakan apalagi saat keadaan darurat ini memang pilihan yang tepat.

Namun apa jadinya jika persediaan dry shampoo mu habis? Maka tepung terigu bisa jadi solusi yang kamu butuhkan. Bentuk tepung terigu yang halus menyerupai bedak ternyata mampu menyerap sebum. Teksturnya juga memudahkan kamu menggunakannya secepat kilat.

Kamu cukup taburkan tepung terigu di sekitar akar rambut, kemudian sisir secara merata, dan minyak akan diserap oleh tepung terigu sehingga rambut tidak akan terlihat berminyak lagi. Tepung terigu bisa jadi pilihan kamu yang tak sempat keramas karena jadwal padat sebagai pengganti sampo kering.

4. Mengembalikan Kilau Barang Logam

Mengembalikan Kilau Barang Logam

Di rumah kamu terdapat barang-barang yang terbuat dari logam? Biasanya barang-barang yang terbuat dari logam lama-kelamaan akan terlihat kusam jika umurnya sudah lama atau jika tidak rajin mengelapnya. Selain itu, kilau pada logam juga akan hilang.

Namun ternyata ada cara mudah dan murah lho untuk mengembalikan kilau barang logam milik kamu dirumah. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat pasta tepung. Kamu bisa membuat pasta tepung dari campuran tepung terigu, cuka, dan garam dengan jumlah perbandingan 1:1:1.

Setelah itu, barulah oleskan pasta tepung pada seluruh permukaan logam dan tunggu hingga pasta mengering. Barulah bersihkan dengan kain lap yang lembut, lakukan dengan perlahan ya. Dijamin deh, kilau pada barang logam kamu akan kembali.

5. Mempercepat Pematangan Buah

Mempercepat Pematangan Buah

Dalam tepung terigu diketahui terdapat kandungan ascorbic acid. Ascorbic acid dalam tepung ini memiliki fungsi yakni membantu pembentukan gluten juga mempercepat pematangan. Hal ini memang belum banyak diketahui, tetapi nyatanya terigu bisa membantu mempercepat proses pematangan buah alpukat.

Kamu hanya perlu menaruh buah alpukat yang belum matang ke dalam wadah berisikan tepung. Pastikan buah alpukat tenggelam dalam balutan tepung terigu, dengan begitu dapat membantu proses pematangan buah lebih cepat.

6. Lulur

Lulur

Satu lagi nih, perawatan kulit dari terigu yang bisa kamu coba aplikasikan. Lulur badan, ada banyak manfaat lulur untuk perawatan tubuh seperti menghaluskan dan mencerahkan kullit, selain itu sel-sel kulit mati yang menumpuk di kulit dapat berakibat pada berbagai masalah kulit.

Karena itulah lulur juga bermanfaat mengeksfoliasi kulit. Bingung cari produk lulur yang sesuai untukmu? Mungkin kamu harus coba lulur dari tepung terigu. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, selain tepung terigu dan air, kamu bisa menambahkan susu atau serbuk kunyit ke dalam lulur racikan milikmu.

Oleskan merata pada bagian tubuh, tunggu mengering, dan tinggal kamu bilas dengan air sampai bersih. Karena bahan-bahan yang alami, kamu tidak perlu khawatir akan bahaya terhadap tubuh.

Tepung terigu ini dapat digolongkan berdasarkan kandungan protein yang dimilikinya. Pertama ada Hard flour dengan kandungan protein 12% – 14%, kedua adalah Medium flour dengan kandungan protein 10,5%  – 11,5%, dan yang ketiga adalah Soft flour yang memiliki kandungan protein sebesar 8% – 9%.

Kadar protein inilah yang akan mempengaruhi gluten, dikarenakan makin tinggi proteinnya maka semakin banyak gluten yang akan didapat. Nah, itulah 6 poin manfaat kegunaan tepung terigu yang bisa kamu coba aplikasikan dalam kebutuhan kamu.

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi para pembacanya, selalu kunjungi Bacaterus.com untuk artikel menarik lainnya. Kamu punya info lain tentang manfaat terigu? Silahkan tulis pendapatmu di kolom komentar ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *