Bacaterus / Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

Kenali 5 Manfaat Tamanu Oil untuk Kesehatan Kulit Wajah

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dewasa ini, ada banyak jenis minyak yang banyak diburu oleh konsumen, misalnya saja minyak esensial atau minyak aromatherapy. Namun, pernahkah kamu mendengar nama tamanu oil? Minyak tamanu ini juga nggak kalah populer dibanding minyak esensial atau minyak aromatherapy, lho.

Penasaran dengan minyak tamanu yang konon dapat memberikan manfaat untuk kulit wajah? Yuk, cari tahu lebih dalam seputar manfaat tamanu oil lewat artikel ini!

Apa Itu Tanamu Oil?

Tamanu

* sumber: en.wikipedia.org

Bagi kamu yang belum tahu tentang tamanu oil, ini merupakan minyak yang diekstrak dari biji buah pohon cemara atau yang dikenal dengan nama ilmiah Calophyllum inophyllum. Usut punya usut, minyak ini mulai banyak digunakan oleh masyarakat di Asia Tenggara untuk mengatasi berbagai masalah kulit, mulai untuk menghilangkan jerawat sampai bekas luka.

Tak banyak informasi mengenai penelitian tentang kandungan di dalam tamanu oil. Akan tetapi, minyak ini mengandung calophyllolide, zat anti-radang alami. Selain itu, minyak tamanu juga mengandung senyawa delta-tocotrienol (sejenis vitamin E) yang dilengkapi dengan antioksidan sehingga cocok untuk menjaga kesehatan kulit.

Manfaat Tamanu Oil untuk Kecantikan Wajah

Manfaat Tamanu Oil untuk Kecantikan Wajah

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Berbicara mengenai manfaat tamanu oil, minyak ini memang luar biasa. Bagaimana tidak, tamanu oil dapat memberikan efek yang positif untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Berikut adalah sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh saat mengaplikasikan minyak tamanu ini pada kulit wajah:

1. Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

* sumber: brisbanenaturalhealth.com

Buat kamu yang sedang struggle dalam mengatasi jerawat, cobalah menggunakan minyak tamanu. Minyak ini memiliki sifat anti-mikroba, anti-bakteri, dan anti-radang yang sangat efektif untuk menghilangkan jerawat. Tak hanya menghilangkan jerawatnya saja, minyak tamanu juga akan memudarkan bekas jerawatnya secara perlahan tapi pasti.

2. Pertolongan Pertama untuk Luka Bakar

Manfaat Tamanu Oil

* sumber: www.businessinsider.com

Saat kulit mengalami luka bakar, kamu membutuhkan pertolongan yang tepat untuk meredakan efek terbakar pada kulitmu. Tamanu oil mengandung antioksidan yang cukup tinggi untuk menenangkan kulit yang mengalami luka bakar. Jika dipakai secara teratur setiap hari, minyak ini akan mempercepat penyembuhan luka bakar.

3. Melembapkan Kulit

Melembapkan Kulit

* sumber: productnation.co

Punya problem masalah kulit wajah yang kering? Tenang saja, tamanu oil bisa menjadi pelembap wajah alami yang tidak menimbulkan efek samping, lho. Aplikasikan saja minyak tamanu ini secukupnya pada wajah setiap malam sebelum tidur. Keesokan paginya bilas wajahmu dengan air hangat dan cuci muka dengan sabun.

Apabila kamu rutin memakai minyak tamanu ini setiap hari, kulit wajahmu akan terasa lebih lembap dan kenyal. Kamu juga nggak perlu khawatir kulit wajahmu akan jadi berminyak. Asalkan kamu mengaplikasikan minyak tamanu ini secukupnya, maka kulit wajahmu tidak akan berubah menjadi oily.

4. Menyamarkan Kerutan Halus

Menyamarkan Kerutan Halus

* sumber: dermatologyalliancetx.com

Salah satu manfaat tamanu oil yang membuat minyak ini ‘diburu’ oleh banyak orang adalah kemampuannya untuk menyamarkan kerutan halus di area wajah. Kandungan asam lemak pada tamanu oil akan merangsang pembentukan kolagen dan GAG untuk melawan penuaan sekaligus membantu proses regenerasi kulit.

5. Menghilangkan Noda Hitam dan Bekas Luka

Menghilangkan Noda Hitam dan Bekas Luka

* sumber: www.lorealparisusa.com

Noda hitam atau bekas luka di wajah mungkin bisa disamarkan dengan concealer. Namun, kamu bisa menghilangkan noda hitam dan bekas luka secara permanen dengan menggunakan minyak tamanu secara teratur.

Menurut sejumlah penelitian, minyak tamanu memiliki kemampuan untuk memperbaiki kerusakan kulit, merangsang produksi kolagen, dan mengurangi peradangan. Dengan semua kemampuan tersebut, wajar saja jika tamanu oil dipercaya dapat mengatasi noda hitam dan bekas luka di wajah.

Rekomendasi Merk Tamanu Oil

Tertarik untuk menggunakan tamanu oil? Berikut adalah sejumlah merk tamanu oil yang bisa kamu beli di pasaran. Yuk, cek rekomendasinya di sini!

  • Organic Supply. Co Tamanu Oil

Organic Supply. Co Tamanu Oil

Cek Harga di Shopee

Dari sekian banyak merk tamanu oil yang dijual di pasaran, Organic Supply Co. Tamanu Oil ini adalah merk yang cukup terkenal. Produk ini sudah banyak dipakai untuk mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah, mulai dari menghilangkan jerawat, melembapkan kulit yang kering, sampai dengan mengatasi peradangan pada wajah.

  • Life Flo Pure Tamanu Oil

Life Flo Pure Tamanu Oil

Cek Harga di Shopee

Sama seperti tamanu oil dari Organic Supply Co., minyak tamanu dari Life Flo ini juga bersifat organik. Minyaknya sudah melalui proses cold pressed sehingga kemurniannya tetap terjaga. Minyak tamanu Life Flo sering dimanfaatkan untuk merawat wajah, terutama untuk menghilangkan bekas jerawat, bahkan bekas yang sudah bopeng sekalipun bisa diatasi dengan minyak ini.

  • Everpure Tamanu Oil

Everpure Tamanu Oil

Cek Harga di Shopee

Selain sudah melalui tahapan cold pressed, Everpure Tamanu Oil juga berasal dari Australia. Produk ini dijamin cruelty-free dan vegan. Minyak ini memberikan berbagai manfaat untuk kulit wajah, salah satunya untuk mencegah penuaan. Kandungan asam lemak di dalamnya akan membantu proses regenerasi kulit sehingga tampak lebih awet muda.

Semua manfaat tamanu oil ini bisa kamu dapatkan dengan mulai menggunakan minyak tamanu setiap hari. Apabila kamu memakainya secara rutin, kamu akan memperoleh manfaatnya untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah.

Untuk mendapatkan tamanu oil, langsung saja beli produknya melalui ! Kebetulan banget nih, kamu bisa mendapatkan tamanu oil atau produk-produk lain dengan harga terjangkau di Shopee, karena hari ini sedang berlangsung promo puncak Shopee 9.9 Super Shopping Day dengan promo Gratis Ongkir min. Belanja Rp0, Super Cashback Kilat 50%, dan 12X Flash Sale Mulai RP99.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *