Bacaterus / Susu / Suka Minum Susu Kedelai? Ini 10 Manfaat yang Bakal Diperoleh

Suka Minum Susu Kedelai? Ini 10 Manfaat yang Bakal Diperoleh

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2019

Susu tidak hanya bisa diproduksi dari hewan saja. Bagi kamu yang merupakan vegetarian atau alergi terhadap susu hewan, kamu bisa mengkonsumsi susu yang berasal dari tumbuhan, salah satunya adalah susu kedelai. Rasa susu kedelai tak kalah enak jika dibandingkan dengan susu sapi, lho. Bahkan, susu kedelai menyimpan beragam manfaat positif untuk tubuh.

Jika kamu belum pernah mencicipi susu kedelai, coba deh untuk mencicipinya. Dijamin, kamu pasti langsung menyukainya. Selain enak, susu kedelai juga menawarkan berbagai manfaat, lho. Apa saja nih manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi susu kedelai? Simak ulasan lengkap dari Bacaterus ini, yuk!

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

* sumber: www.vox.com

Susu kedelai mengandung cukup banyak protein yang berfungsi sebagai sumber nutrisi dan pertumbuhan. Protein ini terbentuk dari asam amino. Nah, kandungan asam amino dan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai ternyata memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol.

Sebagaimana yang kita tahu, kolesterol merupakan salah satu faktor penyebab penyakit jantung. Oleh karena itu, orang yang mempunyai kolesterol tinggi sangat berisiko terkena penyakit jantung.

Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat membantu menurunkan kolesterol secara bertahap. Apalagi sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa susu kedelai dapat menurunkan tekanan darah. So, kolesterol dan tekanan darahmu jadi lebih terkontrol dengan konsumsi susu kedelai setiap hari.

2. Membantu Diet Sehat

* sumber: theskincareedit.com

Saat diet kamu jadi harus memperhatikan setiap makanan dan minuman yang kamu konsumsi. Pasalnya, jika kamu terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak dan kalori, diet sehat yang sedang kamu jalani ini tidak akan berhasil.

Susu kedelai adalah minuman yang tepat dikonsumsi oleh pelaku diet. Mengapa? Karena susu kedelai tidak mengandung asam lemak jenuh. Minuman ini justru mengandung asam lemak tak jenuh yang mencegah penyerapan lemak pada usus sehingga berat badanmu tidak meningkat.

3. Mencegah Osteoporosis

* sumber: www.gulalives.co

Osteoporosis hanya bisa dialami oleh orang tua saja, benarkah? Kepadatan tulang memang menurun seiring bertambahnya usia. Jika kita tidak memelihara kesehatan tulang sejak usia muda, bukan suatu hal yang tidak mungkin jika kita akan mengalami pengeroposan tulang (osteoporosis) di kemudian hari.

Untuk mencegah risiko osteoporosis, terutama pada wanita yang memasuki masa menopause, perbanyak konsumsi kalsium. Susu kedelai merupakan sumber kalsium yang baik untuk memelihara kesehatan dan kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi susu kedelai secara rutin, risiko osteoporosis di kemudian hari pun jadi berkurang.

4. Menghambat Penuaan Dini

* sumber: www.gyanherbal.in

Setiap orang tentu ingin selalu awet muda. Sayangnya, seiring bertambahnya usia maka tanda-tanda penuaan akan muncul dengan sendirinya. Alhasil, produk anti-aging jadi laris diburu oleh konsumen yang ingin menghambat tanda-tanda penuaan tersebut.

Resep rahasia untuk tampak awet muda sebenarnya ada pada susu kedelai. Kandungan fitoestrogen yang terdapat dalam susu kedelai inilah yang menghambat penuaan dini. Tak hanya itu saja, fitoestrogen dipercaya dapat membuat suasana hati jadi lebih baik sehingga kamu tidak mudah stres atau depresi.

5. Melancarkan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

* sumber: foodrevolution.org

Pada umumnya, jenis makanan dan minuman yang dapat melancarkan perncernaan selalu terbuat dari buah dan sayur. Hal tersebut dikarenakan buah dan sayu memang mengandung serat yang cukup tinggi untuk melancarkan sistem pencernaan.

Selain buah dan sayur, susu kedelai ternyata juga direkomendasikan sebagai minuman yang dapat melancarkan pencernaan. Susu kedelai mengandung isoflavon yang bekerja dengan meningkatkan absorpsi usus sehingga sistem pembuangan di dalam saluran pencernaan jadi lebih lancar.

6. Bertindak Sebagai Antioksidan

* sumber: aaptiv.com

Susu kedelai mengandung isoflavon, senyawa antioksidan yang dapat melawan berbagai penyakit kronis maupun radikal bebas. Antioksidan yang terkandung dalam susu kedelai juga berfungsi sebagai pelindung organ hati dan bertindak menurunkan stres oksidatif. Sekadar informasi, stres oksidatif sedikit banyak memiliki peran penting dalam meningkatkan risiko kanker dan penyakit jantung.

Kandungan antioksidan di dalam susu kedelai ini bermanfaat pula untuk wanita yang akan memasuki masa menopause. Di masa menopause, wanita lebih mudah mengalami perubahan suasana hati dan rentan mengalami depresi. Peranan antioksidan di sini sudah tentu untuk mencegah wanita menopause ini mengalami stres atau depresi yang dapat berujung pada penyakit kronis.

7. Memulihkan Energi Pasca Berolahraga

* sumber: time.com

Setelah berolahraga, tubuh akan kehilangan energi. Nah, kamu harus menggantikan energi yang hilang saat berolahraga ini. Energi bisa diperoleh dari makanan yang berkalori. Akan tetapi, konsumsi kalori yang berlebihan dapat menyebabkan obesitas atau diabetes.

Solusi untuk memulihkan energi yang hilang pasca berolahraga adalah dengan minum susu kedelai. Minuman yang satu ini diperkaya dengan riboflavin yang akan memulihkan seluruh energimu yang hilang setelah berolahraga.

8. Merangsang Pertumbuhan Rambut

* sumber: buyhatke.com

Sudah menjadi rahasia umum jika protein adalah salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh rambut. Jika kamu mendambakan rambut yang sehat dan tidak mudah rontok, kamu harus memperbanyak konsumsi protein. Nah, asupan protein untuk rambut sehat bisa kamu dapatkan dari susu kedelai.

Protein yang berasal dari susu kedelai dapat merangsang pertumbuhan rambut. Tak hanya itu saja, protein tersebut juga dapat membuat rambut jadi lebih mudah diatur. Terlebih protein dari susu kedelai ini sangat aman bagi kesehatan karena bukan berasal dari protein hewani.

9. Alternatif Pengganti Susu

* sumber: milklife.com

Tidak semua orang bisa mengkonsumsi susu sapi atau jenis susu hewani lainnya. Beberapa orang yang memiliki intoleransi laktosa terpaksa harus menghindari susu sapi. Nah, di sini susu kedelai dapat menggantikan susu sapi yang tidak bisa dikonsumsi oleh orang-orang intoleransi laktosa.

Dibanding jenis susu nabati lainnya, susu kedelai dianggap yang paling sehat karena mengandung isoflavon dan nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan tubuh. Selain itu, cita rasa susu kedelai juga tidak kalah lezat dengan susu sapi atau susu hewani lain.

10. Mencegah Anemia

* sumber: www.halodoc.com

Tahukah kamu bahwa susu kedelai sangat kaya akan Vitamin B12? Vitamin B12 diperlukan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Selain susu kedelai, sumber Vitamin B12 terbaik lainnya bisa berasal dari telur. Namun, kamu tidak disarankan untuk mengkonsumsi telur dalam jumlah banyak agar kolesterolmu tidak meningkat.

Apabila kamu memiliki riwayat penyakit anemia atau saat ini sedang merasakan gejala anemia, cobalah untuk mengkonsumsi susu kedelai secara teratur. Minuman ini akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah lebih banyak agar kamu tidak mengalami gejala-gejala anemia.

10 manfaat susu kedelai ini bisa kamu peroleh jika kamu mengkonsumsinya secara teratur. Akan tetapi, segala sesuatu memang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan agar tidak menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Konsumsi susu kedelai secukupnya saja setiap hari.

Konsumsi susu kedelai tidak lantas membuat kamu sehat. Kamu pun tetap harus menjaga kesehatan sendiri dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat, dan mengubah gaya hidupmu jadi lebih sehat. Yuk, minum susu kedelai dan mulailah gaya hidup sehat sejak hari ini!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar