Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2018

Sudah bukan rahasia lagi kalau susu kambing memiliki sejuta manfaat. Bahkan, susu kambing disebut-sebut sebagai susu terbaik setelah ASI karena begitu banyak manfaat yang dikandungnya. Sebut saja lemak baik, protein, enzim, vitamin serta mineral, semuanya terdapat pada susu kambing.

Tapi, ternyata susu kambing tidak hanya baik untuk dikonsumsi, loh! Tahukah Anda, kalau susu kambing dapat Anda manfaatkan untuk kecantikan? Susu kambing dapat Anda gunakan untuk perawatan mulai dari rambut hingga kaki. Yuk, ketahui tujuh manfaat susu kambing untuk kecantikan versi Bacaterus berikut ini:

7 Manfaat Susu Kambing Untuk Kecantikan

1. Pencuci Wajah

Manfaat susu kambing untuk kecantikan pencuci wajah

Manfaat susu kambing untuk kecantikan yang pertama adalah dengan mengganti facial wash Anda menjadi susu kambing. Terdengar aneh, memang, mencuci muka menggunakan susu kambing. Tapi, ternyata hal ini tidak berefek buruk untuk dicoba.

Justru, dengan mencuci muka setiap hari menggunakan susu kambing, wajah Anda bisa menjadi lebih sehat dan cantik. Hal ini dikarenakan kandungan susu kambing yang kaya akan anti bakteri dan vitamin, sehingga susu kambing sangat baik untuk kulit, apalagi kulit yang mudah berjerawat dan kulit sensitif.

Seperti ketika Anda mencuci muka menggunakan facial wash, Anda wajib menghapus make up terlebih dahulu sebelum mulai mencuci muka dengan susu kambing. Setelah wajah Anda bersih dari kosmetik, tuang secukupnya susu kambing pada mangkuk kecil, lalu tuangkan perlahan-lahan pada wajah Anda. Pijat lembut wajah Anda selama beberapa menit, lalu bilas dengan air bersih.

2. Dijadikan Masker

Dijadikan Masker Wajah

Susu kambing dapat Anda manfaatkan juga sebagai masker wajah. Mungkin akan jadi lebih mudah jika Anda menggunakan susu kambing bubuk, karena teksur powder dapat lebih mudah dipadukan dengan material lainnya. Tapi, tidak ada salahnya juga jika Anda menggunakan susu kambing cair.

Anda bisa mencampurkan susu kambing dengan masker favorit Anda atau dengan bahan-bahan alami seperti yoghurt, pisang, stroberi, pepaya, dan buah-buahan lainnya. Anda bisa juga mencampurkan masker wajah tersebut dengan oat, bubuk nutmeg atau bubuk almond.

3. Scrub

Scrub

Manfaat susu kambing untuk kecantikan yang selanjutnya adalah dengan menjadikan susu kambing sebagai scrub. Anda bisa membuat scrub wajah dan scrub badan Anda menjadi lebih kaya manfaat dengan mencampurkan susu kambing.

Anda bisa langsung mencampur susu kambing cair atau pun bubuk ke dalam scrub favorit Anda. Atau, Anda bisa meracik scrub Anda sendiri dengan mencampurkan susu kambing dengan gula, oat, atau bubuk kopi.

4. Keramas

Keramas 

Ya, susu kambing juga bagus sekali untuk rambut. Anda bisa mengganti sampo Anda menggunakan susu kambing. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang memiliki rambut keriting alami.

Sampo-an dengan susu kambing dapat membuat rambut keriting menjadi lebih mudah diatur dan sangat lembut. Walaupun begitu, orang yang rambutnya lurus juga bisa melakukan cara ini.

5. Mandi Susu

Mandi Susu

Siapa yang tidak kenal dengan bentuk perawatan mandi susu? Rasanya teknik ini sudah sangat terkenal, apalagi dikalangan para wanita. Biasanya perawatan mandi susu bisa ditemukan di salon atau spa besar.

Konon katanya, mandi susu merupakan jenis perawatan rutin yang biasa dilakukan oleh Ratu Cleopatra untuk menjaga kecantikan kulitnya. Apakah Anda ingin cantik seperti Ratu Cleo juga?

6. Diminum

Diminum

Tubuh yang sehat akan terefleksi dengan sendirinya pada kecantikan tubuh. Untuk itu, konsumsilah susu kambing dengan jumlah yang secukupnya. Anda akan mulai merasakan manfaat dari susu kambing ini setelah meminumnya secara rutin.

7. Dijadikan Sabun Mandi

Dijadikan Sabun Mandi

Buat kreasi, yuk, di rumah! Jika Anda memiliki waktu senggang, daripada dipakai untuk menonton tv dan bermalas-malasan, bagaimana kalau Anda membuat sabun dari susu kambing saja? Sabun dari susu kambing dapat menenangkan, memperbaiki dan menutrisi kulit Anda dengan sangat baik, loh. Berikut adalah langkah membuat sabun mandi dari susu kambing:

Bahan:

  • 600 mL minyak kelapa
  • 600 mL minyak buah zaitun
  • 150 mL minyak alpukat
  • 110 mL minyak jarak/kastrol (minyak nabati yang diperoleh dari ekstraksi biji tanaman jarak)
  • 150 mL bekatul (bagian terluar bulir beras/gandum yang terbungkus oleh sekam)
  • 150 mL shea butter
  • 150 mL sweet almond oil
  • 250 mL lindi (cairan hidroksida logam yang secara tradisional diperoleh melalui proses pelindian abu atau alkali kuat yang ketika larut dalam air akan menghasilkan larutan basa kaustik). Benda ini dapat Anda temukan di toko bahan kimia.
  • 550 mL susu kambing

Cara Membuat:

1. Siapkan air es/air dingin di dalam baskom untuk melarutkan lindi. Campurkan 1/4 lindi ke dalam air, lalu aduk hingga tercampur rata. Setelah tercampur rata, baru masukkan lagi lindi sedikit demi sedikit, aduk terus hingga lindi larut sempurna. Hal ini dilakukan karena jika Anda menunangkan seluruh lindi secara bersamaan, maka lindi akan menggumpal.

2. Lalu, campurkan cairan lindi tadi dengan susu kambing. Nanti ada kemungkinan bahwa susu akan berubah warna menjadi agak kekuningan, dan itu normal. Jadi, jangan kaget ketika susu kambing berubah warna, ya.

3. Selagi mencampur susu kambing dengan lindi, Anda bisa menyiapkan bahan-bahan lainnya, yaitu aneka minyak. Campurkan semua bahan-bahan minyak menjadi satu di dalam wadah baru. Anda bisa menambahkan fragrance favorit Anda ke dalam larutan minyak untuk membuat sabun mandi menjadi lebih wangi.

4. Campurkan larutan susu + lindi ke dalam larutan minyak, lalu aduk rata menggunakan spatula.

Dijadikan Sabun Mandi

5. Setelah itu, sabun telah siap. Masukkan cairan sabun ke dalam cetakan dengan bentuk favorit Anda. Biarkan selama 24 jam hingga sabun mengeras, lalu potong sesuai selera (jika cetakannya besar dan panjang). Walaupun sabunnya telah mengeras, kemungkinan besar akan tercium bau amonia. Jadi, biarkan selama 4 hari, baru sabun dari susu kambing bisa Anda gunakan.

Nah, itu dia tujuh manfaat susu kambing untuk kecantikan versi Bacaterus. Susu kambing sejatinya sangat baik untuk kesehatan tubuh, rambut dan kulit. Terutama jika Anda memiliki masalah seperti kulit sensitif dan mudah berjerawat.

Semoga informasi ini berguna untuk Anda, selamat mencoba. Oh, iya. Jika Anda memiliki cara lain untuk memanfaatkan susu kambing dalam kecantikan, beritahu kami di kolom komentar, ya.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .