Bacaterus / Jahe / 11 Manfaat Menakjubkan dari Susu Jahe untuk Kesehatan

11 Manfaat Menakjubkan dari Susu Jahe untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2019

Apakah kamu suka minum susu jahe? Atau belum pernah mencobanya? Susu jahe adalah salah satu ramuan yang dapat menyembuhkan banyak penyakit atau untuk mencegah penyakit menyerang tubuh kita. Jahe memiliki manfaat seperti obat yang bersifat anti-inflamasi, antibakteri yang membunuh agen asing yang ada di dalam tubuh.

Disamping itu, menambahkan jahe ke dalam segelas susu membuat kita mendapatkan semua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi kamu yang belum pernah minum susu jahe, minuman ini dapat menghangatkan tubuh, lho. Namun, selain dapat menghangatkan tubuh, Bacaterus juga sudah merangkum sejumlah manfaat lain susu jahe untuk kesehatan.

1. Meningkatkan Sistem Imun

Susu Jahe

* sumber: www.fimela.com

Susu jahe dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Karena jahe membuat tubuh kamu secara otomatis membunuh kuman berbahaya dan meningkatkan daya tahan tubuh. Antioksidan yang terkandung dalam susu jahe dapat melindungi dari radikal bebas yang ada di dalam tubuh.

Radikal bebas yang berada di udara dapat mempengaruhi bagian dalam dan luar tubuh kita. Bahkan dapat menyebabkan penyakit mematikan seperti kanker dan serangan jantung. Dengan rutin minum susu jahe  membuat kita tetap sehat dan terlindungi.

2. Mengatasi Sakit Tenggorokan

Mengatasi Sakit Tenggorokan

* sumber: www.theswanseabay.co.uk

Sakit tenggorokan disebabkan oleh beberapa bakteri atau kuman di dalam tenggorokan. Atau bisa juga disebabkan oleh penyakit lain seperti pilek atau flu. Jika kamu mengalami pilek atau flu biasanya akan membuat tenggorokan sakit dan membuat kamu sulit menelan makanan bahkan berbicara.

Obat alami terbaik untuk mengatasi sakit tenggorokan adalah mengonsumsi susu jahe. Karena susu jahe memberikan kelegaan yang luar biasa bagi penderita sakit tenggorokan. Segelas susu jahe membantu kamu meredakan sakit tenggorokan karena memiliki sifat anti-inflamasi.

3. Mencegah Morning Sickness

Mencegah Morning Sickness

* sumber: www.parents.com

Morning sickness adalah kondisi umum yang dialami oleh wanita hamil seperi mual dan muntah pada pagi hari. Biasanya dialami oleh wanita hamil pada trimester pertama. Morning sickness timbul karena perubahan hormon dalam tubuh wanita hamil sehingga obat alami yang dapat menyembuhkan kondisi ini adalah mengonsumsi susu jahe.

Susu jahe akan membuat tubuh kamu lebih rileks dan dapat membuat kamu terhindar dari mual atau muntah. Selain itu dapat membuat mulut terasa lebih enak.

4. Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

Mengatasi Sakit Saat Menstruasi

* sumber: flo.health

Beberapa wanita akan merasakan sakit ketika sedang menstruasi. Hal itu normal dan tidak terjadi hanya pada 1 atau 2 wanita di dunia. Sebagian orang yang sedang menstruasi tidak bisa menjalani aktivitas dengan lancar. Tidak hanya mengganggu aktivitas, menstruasi juga dapat menurunkan suasana hati.

Salah satu solusi untuk mengendalikannya adalah mengonsumsi susu jahe. Karena jahe dan susu mengandung ibuprofen alami yang merupakan obat penghilang rasa sakit alami. Selain itu susu jahe juga membantu menekan rasa sakit saat menstruasi, sehingga minuman hangat ini adalah cara mudah untuk menyembuhkan rasa sakit tersebut.

5. Mencegah Osteoporosis

Susu Jahe Panas

* sumber: cooksnack.com

Mengonsumsi susu jahe secara rutin dapat membuat proses osteoporosis berjalan lebih lambat. Biasanya proses osteopororsis dimulai pada usia 30 – 40 tahun. Dan hal itu tidak bisa dicegah karena itu adalah proses alami yang terjadi pada tubuh kita. Tetapi kamu bisa menghambat atau membuatnya lebih lambat. Susu jahe membantu meningkatkan kekuatan tulang secara alami.

Karena susu mengandung banyak kalsium, kalium, dan magnesium untuk mencegah kelemahan tulang. Sedangkan jahe berfungsi membuat tulang terhindar dari kelelahan yang disebabkan oleh infeksi, peradangan, dan lain-lain. Itulah sebabnya mengonsumsi susu jahe secara teratur setelah usia 40 tahun akan menjauhkan kamu dari osteoporosis.

6. Mengatasi Flu

Mengatasi Flu

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Flu adalah salah satu penyakit paling umum dialami oleh orang-orang diseluruh dunia. Tapi tahukah kamu apa penyebabnya? Biasanya flu disebabkan oleh cuaca yang terlalu dingin, seperti saat musim hujan, berada di ruangan AC yang terlalu lama, atau akibat menahan gas di dalam perut dalam waktu yang lama.

Flu bukanlah penyakit yang berbahaya tetapi perlu disembuhkan karena akan membuat tubuh menjadi tidak nyaman. Sebaiknya konsumsi susu jahe untuk mengatasinya. Karena jahe akan membuat tubuh kamu hangat dan membuat tubuh lebih rileks.

7. Melindungi dari Penyakit Alzheimer

Mencegah Alzheimer

* sumber: getmedurgentcare.com

Alzheimer adalah suatu kondisi ketika otak kehilangan fungsinya. Seiring berjalannya waktu, alzheimer dapat menjadi buruk. Pada kasus yang paling parah, penyakit ini dapat menyebabkan kelumpuhan. Penyakit ini muncul disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia lanjut, gaya hidup tidak sehat, memiliki keluarga yang pernah sakit jantung atau mengalami luka serius di kepala.

Sebelum mengobati dengan cara medis, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi susu jahe. Karena penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu memperlambat hilangnya sel-sel otak yang mengarah pda alzheimer. Jika mengonsumsinya secara rutin, maka kamu akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

8. Meredakan Kepala Pusing

Meredakan Kepala Pusing

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Jika kamu sedang merasa stres, kebasahan akibat kehujanan di jalan, atau kepala terbentur, biasanya hal tersebut akan membuat kepala menjadi pusing. Untuk mengurangi rasa pusing, kamu bisa minum segelas susu jahe hangat yang dapat membuat tubuh lebih rileks, tenang, dan membuat aliran darah ke otak menjadi lebih maksimal.

9. Mengatasi Nyeri Otot

Mengatasi Nyeri Otot

* sumber: www.yogajournal.com

Memiliki aktivitas yang padat terkadang membuat otot di tubuh menjadi pegal. Salah satu solusinya adalah mengonsumsi susu jahe. Minuman tersebut mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi nyeri otot kamu.

Selain itu jahe mengandung minyak atsiri yang memiliki analgesik dan rasa sakit. Tidak hanya itu susu jahe juga dapat menyembuhkan otot yang pegal akibat olahraga.

10. Meningkatkan Sistem Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

* sumber: foodrevolution.org

Susu jahe berguna untuk melindungi dan membantu sistem pencernaan supaya lebih baik. Minuman ini dapat melindungi dari sembelit, sakit perut, dan refluks asam. Terutama jika diminum saat sarapan dapat membuat kamu jauh dari masalah pencernaan. Selain itu susu jahe juga memiliki kekuatan untuk menurunkan berat badan berlebih.

Jadi jika kamu sedang diet, susu jahe bisa kamu jadikan menu harian yang sehat. Dengan begitu, secara keseluruhan susu jahe ini membantu menjaga perut kembung juga.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar