Bacaterus / Kecantikan / Perawatan Wajah / 10 Jenis dan Manfaat Serum Wajah dalam Rutinitas Skincare

10 Jenis dan Manfaat Serum Wajah dalam Rutinitas Skincare

Sudahkah Anda mengetahui produk perawatan kulit yang satu ini? Serum sebenarnya sudah diketahui oleh semua orang. Tapi, belum banyak orang yang menganggap kalau serum itu wajib dimiliki. Mungkin karena belum banyak yang memahami manfaat dari serum itu sendiri.

Sebenarnya, jika Anda rutin menggunakan serum, pelembab, face lotion, dan lain-lainnya tidak terlalu diperlukan lagi, karena serum telah mencangkup seluruhnya. Pasalnya, serum wajah memiliki tingkat kelembaban lebih tinggi daripada pelembab wajah.

Hal ini dikarenakan serum dapat lebih cepat diserap kulit daripada krim pelembab biasa. Komposisi serum pun lebih ringan daripada pelembab biasa, sehingga tidak akan menumpuk di pori-pori tentunya. Sebelum Bacaterus membahas manfaat serum wajah, ketahuilah bahwa serum itu ada bermacam-macam jenisnya. Ingin tahu ada apa saja? Simak pembahasannya di bawah ini.

Jenis-jenis Serum Wajah

1. Vitamin A

Vitamin A manfaat serum wajah

Jenis serum yang pertama ada serum Vitamin A. Kandungan Vitamin A dapat membantu meningkatkan produksi kolagen, mengembalikan kondisi kulit setelah terbakar matahari, hingga meratakan warna kulit. Biasanya kandungan Vitamin A terdapat pula pada serum anti-aging.

2. Vitamin C

Vitamin C manfaat serum wajah

Serum Vitamin C adalah jenis serum yang paling populer. Semua orang tahu kalau Vitamin C itu sangat bagus untuk kulit, makanya orang-orang lebih memilih serum ini daripada yang Vitamin A. Manfaat serum Vitamin C adalah bekerja sebagai anti-oksidan. Vitamin C juga dapat bekerja sebagai sintesa kolagen yang dapat menghambat proses penuaan pada kulit.

Serum yang mengandung Vitamin C juga berfungsi sebagai anti-radang, di mana dapat mengobati kulit yang terluka karena terpapar matahari, jerawat, dan sebagainya. Jika Anda mengalami masalah seperti pigmentasi, kulit kusam, dan ciri-ciri penuaan dini, alangkah baiknya jika menggunakan serum Vitamin C dari sekarang.

Jika Anda ingin mendapatkan kulit cerah, gunakan serum dengan Vitamin C rendah (tidak lebih dari 15%). Sebaliknya jika Anda ingin mendapatkan pengobatan untuk kulit rusak, gunakan serum dengan kandungan Vitamin C tinggi (lebih dari 20%).

3. Vitamin E

Vitamin E 

Selain serum Vitamin C, serum Vitamin E merupakan jajaran serum yang paling difavoritkan orang. Sudah menjadi rahasia umum kalau Vitamin E sangat baik untuk kulit, terutama kulit wajah. Serum Vitamin E juga mengandung anti-oksidan yang tinggi. Kandungan ini akan membentuk lipfuscin, yaitu lemak yang dapat menunda penuaan dini.

Serum Vitamin E juga dapat menahan kelembaban alami kulit, sehingga kulit Anda akan lembab seharian. Kulit Anda juga akan terlindungi dari polusi seperti asap rokok, asap kendaraan, radiasi, hingga sinar matahari. Jadi, selain membuat kulit tetap cantik, serum Vitamin E juga akan menangkal radikal bebas, sehingga Anda pun terhindar dari bahaya kanker kulit.

4. Anti Aging

Anti Aging

Orang-orang di atas usia 30 tahun harus sudah melirik yang namanya serum anti aging. Serum ini dikenal juga sebagai serum kolagen. Seiring bertambahnya usia, kolagen dalam tubuh manusia akan berkurang. Makanya, serum kolagen dibutuhkan untuk membuat dan menjaga kulit agar kencang.

5. Anti Inflammatory

Jenis serum yang selanjutnya adalah serum inflammatory. Biasanya serum ini mengandung bahan-bahan “penenang kulit rusak” seperti lidah buaya, green tea, dan hyaluronic acid. Maka dari itu, fungsi serum inflmammatory adalah untuk mengobati kulit yang terbakar, rusak, atau iritasi.

6. Anti Acne

Anti Acne

Serum anti acne juga sering dicari orang-orang. Serum anti jerawat ini sangat efektif untuk membersihkan wajah dari jerawat. Bahkan serum anti acne juga dibutuhkan sebagai pencegahan agar jerawat tidak kembali lagi.

7. Moisturizing

Moisturizing

Bisa dibilang kalau moisturizing serum adalah serum harian, karena biasanya serum ini dipakai setiap hari sebelum menggunakan make up. Karena berfungsi untuk melembabkan, serum ini biasanya mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya, Vitamin E, dan essential oil.

8. Hydrating

Hydrating

Hydrating serum merupakan versi upgrade-nya moisturizing serum. Bisa dibilang serum ini juga melembabkan, tapi lebih kuat. Hydrating serum biasanya dibuat dengan kandungan moisturizer tinggi seperti minyak argan dan minyak bunga mawar.

9. Whitening

Whitening

Orang Indonesia pasti banyak yang tergiur mendengar kata pemutih. Makanya, serum whitening ini merupakan salah satu yang laris manis di negara ini. Whitening serum dapat mencerahkan sekaligus memberantas kulit kusam, membuat kulit jadi lebih berkilau alami.

10. Exfoliating

Exfoliating 

Jenis serum yang terakhir dibahas adalah exfoliating serum. Berbeda dengan serum-serum sebelumnya, serum yang satu ini sangat spesial karena fungsinya berbeda. Serum ini akan mengangkat kotoran, mengurangi kerutan, memperbaiki pigmentasi, serta membuat kulit mulus dan lembut. Serum ini sangat baik untuk orang yang jarang lulur wajah, serta kulit wajah yang kering dan pecah-pecah.

Sebenarnya ada beberapa jenis serum lagi, tapi kurang lebih sepuluh jenis serum di atas sudah mencangkup mayoritas serum yang perlu Anda ketahui. Sekarang, mari ketahuilah manfaat menggunakan serum wajah dalam rutinitas setiap hari.

10 Manfaat Serum Wajah

1. Melembabkan dan Menutrisi

Melembabkan dan Menutrisi

Serum wajah merupakan benda yang sangat wajib ada dalam skin care harian Anda. Serum wajah biasanya dibuat dari ekstrak buah, sayur, dan mineral alami, sehingga dapat menutrisi sekaligus melembabkan kulit dengan baik.

2. Mengenyalkan dan Mengencangkan

Mengenyalkan dan Mengencangkan

Manfaat serum wajah yang selanjutnya adalah mengenyalkan sekaligus mengencangkan wajah. Kulit yang kenyal dan kencang adalah tanda-tanda kulit sehat. Serum wajah biasanya mengandung kolagen yang dapat membuat kulit wajah menjadi kencang dan kenyal.

3. Menghaluskan

Menghaluskan

* sumber: www.youtube.com

Wajah Anda kasar, kering, dan kusam? Coba menggunakan serum wajah secara rutin, maka Anda akan mendapatkan kulit wajah yang sangat halus seperti kulit bayi.

4. Mencerahkan

Beberapa serum wajah didesain khusus untuk mencerahkan. Biasanya serum yang mengandung Vitamin C dan Alfa Arbutin-lah yang bekerja sebagai pencerah kulit wajah.

5. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat serum wajah yang selanjutnya adalah sebagai penunda penuaan kulit. Serum, khususnya serum anti aging, dapat mengatasi masalah penuaan dini seperti garis-garis halus, kerutan, pigmentasi, dan lain sebagainya. Kulit wajah Anda bisa terlihat bertahun-tahun lebih muda jika rutin menggunakan serum.

6. Menyamarkan Bintik Hitam

Menyamarkan Bintik Hitam

* sumber: motto.time.com

Bintik hitam merupakan salah satu masalah kulit yang akan dialami ketika orang menginjak usia 25 tahun ke atas. Untuk menyamarkan noda hitam, Anda perlu menggunakan serum setidaknya sebelum menggunakan make up dan saat akan tidur.

7. Anti Polusi dan Radiasi

Manfaat serum wajah yang selanjutnya adalah sebagai anti polusi dan radiasi. Dunia sekarang ini sudah penuh oleh polusi. Cahaya matahari pun sudah tergolong “jahat” untuk kulit. Makanya, Anda perlu menggunakan serum sebelum keluar rumah agar terhindar dari polusi, radikal bebas, dan radiasi.

8. Bagus untuk Kulit Berminyak

Bagus untuk Kulit Berminyak

* sumber: www.self.com

Mungkin Anda berpikir karena serum teksturnya mirip seperti minyak, maka serum tidak bagus untuk kulit berminyak. Sebaliknya, kulit berminyak tetap membutuhkan serum. Pelembab wajah pada umumnya cenderung lebih lama diserap kulit dan kadang tidak bisa tercampur rata dengan make up.

Dan, serum merupakan sebuah pelembab wajah yang ringan dan lebih cepat terserap masuk ke dalam kulit. Serum membuat kulit terhidrasi sekaligus lembab tanpa membuat wajah jadi lebih berminyak. Justru serum dapat mengontrol keluarnya minyak karena kulit sudah cukup terhidrasi.

9. Bagus untuk Kulit Sensitif

Bagus untuk Kulit Sensitif

Selain kulit berminyak, kulit sensitif juga sangat dianjurkan untuk menggunakan serum. Kulit sensitif di sini mencangkup sensitif ketika terkena sinar matahari berlebih, sensitif ketika terkena kosmetik yang tidak cocok, hingga acne dan breakout-prone skin.

10. Make Up Tahan Lama

Make Up Tahan Lama

Manfaat serum wajah yang terakhir adalah dapat membuat makeup bertahan lebih lama. Hal ini dikarenakan serum dapat menahan terjadinya breakout yang menjadi cikal bakal kosmetik jadi cakey, luntur, dan berantakan.

Nah, itu dia jenis dan manfaat serum wajah. Setelah membaca penjelasan tentang serum dari Bacaterus ini, apakah Anda sudah paham kenapa Anda harus memasukkan serum ke dalam list skincare Anda? Jika Anda ingin tahu merk serum yang bagus, kami telah merangkumnya di sini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment