Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Sebelum Konsumsi, Mari Kenali 10 Manfaat Sari Kurma Ini

Sebelum Konsumsi, Mari Kenali 10 Manfaat Sari Kurma Ini

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Mendengar nama sari kurma, apa yang ada dalam benak Anda? Tentu saja Anda akan berpikir bahwa sari kurma merupakan ekstrak buah kurma. Sari kurma ini cukup banyak dikonsumsi karena memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Jika Anda belum mengetahui manfaat sari kurma, ini adalah saat yang tepat untuk mencari tahu lebih banyak seputar manfaat dari sari kurma.

Dewasa ini, banyak produk sari kurma yang dijual di pasaran. Promosi setiap produknya mengusung manfaat sari kurma bagi kesehatan maupun kecantikan. Namun, benarkah sari kurma memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan? Temukan jawabannya dari ulasan Bacaterus berikut ini.

10 Manfaat Sari Kurma

1. Menjaga Kesehatan Usus

Manfaat Sari Kurma

Sari kurma yang diekstrak dengan cara yang tepat akan menghasilkan produk yang sama berkualitasnya dengan buah asli. Bahkan, sari kurma yang berkualitas pasti mengandung serat alami. Kandungan serat di dalam sari kurma dapat mencegah penyerapan kolesterol LDL oleh usus.

Tak cukup sampai di situ saja, serat alami yang terdapat pada sari kurma mampu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat bahan-bahan kimia atau beracun yang terdapat dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Alhasil, risiko kanker usus besar pun semakin menurun.

2. Mempercepat Pemulihan Demam Berdarah

Mempercepat Pemulihan Demam Berdarah

Butuh waktu berhari-hari bagi pasien demam berdarah untuk bisa kembali pulih. Lama proses pemulihan tergantung pada pengobatan dan daya tahan tubuh pasien. Nah, salah satu manfaat sari kurma bagi pasien demam berdarah adalah mempercepat proses recovery agar pasien kembali pulih dan mampu beraktivitas kembali.

Kandungan nutrisi di dalam sari kurma lah yang akan membantu tubuh melawan virus demam berdarah secara lebih cepat. Selain itu, glukosa dan fruktosa yang terdapat dalam sari kurma akan meningkatkan energi pasien demam berdarah sehingga lebih kuat.

3. Mengurangi Risiko Kanker

Mengurangi Risiko Kanker

Hingga saat ini, kanker dianggap sebagai penyakit menakutkan yang dapat mengancam penderitanya. Apapun jenis kankernya pasti membuat orang merasa ngeri dan khawatir bilamana merekalah yang terkena kanker.

Jika Anda ingin mengurangi risiko kanker, mulailah mengonsumsi sari kurma dari sekarang. Manfaat sari kurma untuk mencegah kanker didukung dengan kandungan vitamin A dalam buah kurma yang berperan sebagai antioksidan.

Kurma termasuk buah yang mengandung polifenol. Jenis antioksidan ini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar Anda terhindar dari risiko penyakit kanker maupun penyakit lainnya.

4. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan

Sembelit mungkin terlihat seperti masalah pencernaan sepele. Akan tetapi, jika sembelit dibiarkan begitu saja tentu lama kelamaan akan mengganggu kenyamanan orang yang mengalaminya. Konsumsi makanan atau minuman tinggi serat bisa menjadi solusi yang tepat untuk melancarkan pencernaan.

Sari kurma adalah minuman yang baik untuk melancarkan pencernaan. Bahkan, kurma dianggap sebagai pencahar alami yang aman untuk dikonsumsi. Kandungan serat larut yang terdapat dalam sari kurma tidak hanya sekedar melancarkan pencernaan, tapi juga untuk membersihkan saluran pencernaan dan meningkatkan fungsinya.

5. Obat Anemia Alami

Obat Anemia Alami

Manfaat sari kurma sebagai obat anemia alami ini bukan statement sembarangan belaka, lho. Faktanya, kurma memang merupakan sumber zat besi yang baik. Untuk informasi, zat besi adalah komponen dari hemoglobin yang berperan untuk memproduksi sel darah merah dan meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

Apabila saat ini Anda merupakan penderita anemia yang sering mengalami gejala letih, lemah, lesu, dan lunglai, mungkin Anda bisa mencoba untuk mengonsumsi sari kurma. Sekalipun Anda tidak memiliki anemia, tak masalah jika Anda turut mengonsumsi sari kurma untuk meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

6. Memperkuat Tulang dan Gigi

Sari Kurma

Percayakah Anda bahwa di dalam sari kurma terdapat sejumlah mineral seperti selenium, mangan, tembaga, dan magnesium? Semua jenis mineral ini membuat sari kurma menjadi minuman yang tepat untuk memperkuat tulang dan gigi.

Konsumsi sari kurma sejak dini akan memberikan hasil yang optimal untuk kesehatan dan kekuatan tulang maupun gigi. Bahkan, sari kurma juga disarankan untuk dikonsumsi oleh lansia yang sering memiliki masalah pada tulang seperti osteoporosis.

7. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Ternyata manfaat sari kurma tidak hanya berkutat pada kesehatan saja, tetapi juga pada kecantikan. Setiap orang pasti mendambakan kulit yang sehat dan cantik. Namun, tidak semua produk perawatan kulit mampu memberikan apa yang Anda butuhkan. Sari kurma adalah pilihan yang terbaik untuk bantu menjaga kesehatan kulit Anda.

Antioksidan di dalam sari kuma inilah yang menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Kulit jadi lebih sehat dan terlindungi berkat adanya antioksidan dalam sari kurma. Selain itu, sari kurma turut mengandung vitamin E yang akan menutrisi kulit secara alami. Nah, bagi Anda yang ingin memiliki kulit yang cantik dan sehat, silakan mengonsumsi sari kurma secara teratur.

8. Meningkatkan Kualitas ASI

Sari Kurma 1

Ibu menyusui pun dapat merasakan manfaat sari kurma, lho. Apalagi jika ibu tersebut memiliki permasalahan pada kurangnya produksi ASI. Sari kurma menawarkan manfaat untuk meningkatkan kualitas dan produksi ASI bagi ibu menyusui.

Manfaat sari kurma untuk meningkatkan produksi dan kualitas ASI ini didukung dengan kandungan hormon oksitosin di dalamnya yang berfungsi untuk merangsang produksi air susu. Bila ibu menyusui mengonsumsi sari kurma dan makanan-makanan sehat lainnya, tentu saja produksi dan kualitas ASI akan menjadi semakin baik.

9. Memelihara Kesehatan Jantung

Memelihara Kesehatan Jantung

Sari kurma adalah minuman yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya mampu menjaga kesehatan satu organ tubuh saja, sari kurma dapat memelihara kesehatan sejumlah organ tubuh termasuk jantung.

Kalium yang terkandung di dalam sari kurma merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah. Di samping itu, antioksidan yang terdapat di dalam sari kurma juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Konsumsi sari kurma setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Namun, usaha mencegah penyakit jantung dengan mengonsumsi sari kurma ini akan menjadi lebih optimal jika Anda turut mengimbanginya dengan olahraga dan konsumsi makanan sehat lainnya.

10. Mengurangi Gejala Alergi

Mengurangi Gejala Alergi

Setiap orang berpotensi mengalami alergi. Akan tetapi, gejala alergi dapat diatasi dengan konsumsi sari kurma. Sari kurma mengandung sulfur organik yang berfungsi untuk mengurangi reaksi alergi musiman. Jadi, apabila Anda memiliki alergi dan selalu merasa tidak nyaman ketika mengalami gejala alergi, konsumsi lah sari kurma secara teratur untuk mengurangi gejala alergi.

Zat sulfur organik dalam sari kurma ini sangat sulit ditemukan di sejumlah makanan lain. Oleh karena itu, sari kurma adalah solusi yang tepat bagi Anda yang kerap kali mengalami alergi musiman dengan gejala yang sangat mengganggu.

Dengan mengetahui 10 manfaat sari kurma ini Anda pun jadi mengetahui bahwa bukan hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi sarinya pun memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Selain sari kurma, Anda juga harus mengetahui khasiat kurma muda dengan membaca artikel manfaat kurma muda.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment