Bacaterus / Manfaat Tanaman / 7 Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan dan kecantikan

7 Manfaat Rumput Fatimah untuk Kesehatan dan kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Januari 2019

Obat herbal memang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tak jarang, kebanyakan orang lebih memilih untuk mengonsumsi obat-obatan alami dibandingkan obat berbahan kimia yang katanya akan menyebabkan efek yang tidak baik untuk tubuh. Salah satu obat herbal yang cukup banyak diminati masyarakat kita adalah rumput Fatimah.

Rumput Fatimah sendiri merupakan tanaman yang mudah ditemukan di negara Asia seperti Malaysia dan Arab. Banyak yang percaya bahwa rumput Fatimah ini punya berbagai macam khasiat yang baik untuk wanita hamil yang akan melahirkan. Selain bagus untuk ibu hamil, ternyata banyak manfaat rumput Fatimah lainnya untuk kecantikan lho. Penasaran? Baca ulasannya di sini, ya.

Manfaat Rumput Fatimah

1. Melancarkan Proses Melahirkan

manfaat rumput fatimah Melancarkan Proses Melahirkan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Malaysia pada tahun 1998 ini menyebutkan bahwa manfaat rumput Fatimah bisa untuk membantu proses melahirkan. Saat melahirkan, terjadinya kontraksi memang dibutuhkan untuk wanita hamil. Namun terkadang, kontraksi tidak terangsang dengan baik sehingga akan menyulitkan proses kelahiran bayi.

Dengan ramuan herbal rumput Fatimah, proses melahirkan pun akan lancar. Sebab, rumput Fatimah ini punya kandungan oksitosin dan senyawa fitokimia yang bisa merangsang munculnya kontraksi pada ibu hamil. Maka dari itu, jika ibu hamil mengonsumsi ramuan herbal rumput Fatimah ini, otomatis akan mempermudah proses melahirkan.

2. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

* sumber: www.confusedsandals.com

Cewek mana, sih, yang tidak ingin awet muda dengan kulit tetap kencang? Pasti semua wanita menginginkannya. Nah, manfaat rumput Fatimah lainnya adalah mencegah penuaan dini. Ya, dengan mengonsumsi rumput Fatimah ini dipercaya mampu menghindari kerutan halus di wajah.

Catatan penting juga, Anda tidak bisa sembarangan mengonsumsinya karena dosis rumput Fatimah yang akan dikonsumsi tetap harus takaran yang direkomendasikan oleh dokter. Jadi, jika Anda berencana untuk memanfaatkan rumput Fatimah ini, konsultasikan dulu ke ahlinya, ya.

3. Menjaga Elastisitas Kulit

Facial Wajah

Kalau menghindari kerutan halus saja bisa, artinya rumput Fatimah ini juga bisa menjaga elastisitas pada kulit. Beberapa orang percaya bahwa mengonsumsi rumput Fatimah secara rutin dengan takaran yang tepat, mampu untuk menghindari kulit kendur dan lembek. Jadi, tidak perlu ke salon kecantikan mahal untuk menjaga kulit tetap kencang dan elastis, ya.

4. Membuat Rambut Lebih Tebal

rambut rontok

Perubahan iklim yang mendadak terkadang membuat rambut rontok juga rusak. Maka dari itulah, rambut harus dirawat dengan baik agar tidak terjadi kebotakan atau kerusakan. Untuk mencegahnya, Anda bisa memanfaatkan rumput Fatimah karena tumbuhan ini punya kandungan estrogen yang bisa membuat rambut lebih tebal, halus, sehat, dan juga indah. Mau coba?

5. Membersihkan Organ Kewanitaan

Keputihan

* sumber: www.alodokter.com

Masih ada lagi manfaat rumput Fatimah yang bisa digunakan oleh wanita, yakni membantu untuk membersihkan organ kewanitaan. Anda tidak perlu khawatir dengan kebersihan organ kewanitaan karena rumput Fatimah ini punya khasiat yang bagus untuk membersihkan organ kewanitaan.

Di dalam rumput Fatimah mengandung Labisia Pumila di mana senyawa ini mampu menghilangkan bakteri yang bersarang di organ kewanitaan. Selain ampuh untuk menghilangkan bakteri, ternyata senyawa tersebut juga bisa menyeimbangkan kadar pH yang ada di dalam organ kewanitaan lho.

6. Mampu Mengatasi Keputihan

keputihan

Jika rumput Fatimah bisa membantu untuk membersihkan organ kewanitaan, artinya ada manfaat rumput Fatimah lainnya. Apa itu? Ya, dengan tanaman herbal ini dipercaya juga untuk mengatasi keputihan pada wanita.

Jika Anda punya masalah keputihan dan sering mengeluarkan lendir dengan bau tidak sedap pada organ kewanitaan Anda, maka bisa diatasi dengan mengonsumsi rumput Fatimah. Dengan begitu, masalah keputihan dan bau tidak sedap bisa teratasi. Namun, tetap dalam pengawasan dokter, ya.

7. Mengurangi Gejala PMS

Mengurangi rasa kram saat menstruasi

Sudah hal yang biasa jika wanita yang datang bulan mengalami PMS atau Pra Menstruasi Syndrom. Gejala PMS ini akan meningkatkan hormon wanita yang memengaruhi fisik, psikologis, hingga emosi wanita menjadi kurang stabil. Terkadang, wanita yang mengalami PMS akan merasa sangat emosional, nyeri pada perut, pusing, lelah, dan sampai ada yang pingsan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut maka beberapa orang menyarankan untuk mengonsumsi rumput Fatimah. Pasalnya, tanaman ini dipercaya mampu menghilangkan gejala-gejala PMS yang bisa menganggu aktivitas harian Anda.

Efek Samping Rumput Fatimah

1. Menyebabkan Kontraksi Paksa

Menyebabkan Kontraksi Paksa

Meski beberapa orang percaya akan khasiat rumput Fatimah untuk memperlancar proses persalinan, sayangnya hal ini tidak diamini oleh dr.Ali Sungkar, Sp.oG. Seperti yang dikutip dari Kompas.com bahwa rumput Fatimah ini punya efek samping yang cukup membahayakan.

Pasalnya, hingga saat ini tidak diketahui takaran rumput Fatimah yang pas untuk merangsang kontraksi tersebut. Sehingga, kontraksi yang ditimbulkan bisa saja membuat janin kekurangan oksigen. Jadi, menurut dr.Ali Sungkar, Sp.oG, alangkah baiknya jika melakukan induksi untuk merangsang kontraksi.

Nah, kalau Anda mau menggunakan rumput Fatimah untuk melancarkan proses persalinan, sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan terlebih dahulu, ya.

2. Menyebabkan Pendarahan

Menyebabkan Pendaharaan

Satu lagi efek berbahaya bagi wanita hamil, yakni pendarahan. Disinyalir, wanita hamil yang mengonsumsi rumput Fatimah dengan olahan kurang tepat maka akan menimbulkan pendarahan dan beresiko menyebabkan keguguran.

Ketika rumput Fatimah direndam dalam air terlalu lama, maka berpotensi mengubah khasiat menjadi racun. Maka dari itulah, beberapa orang juga tidak menyarankan ibu hamil untuk mengonsumsi rumput Fatimah. Namun, jika Anda tetap ingin mengonsumsinya, sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter.

3. Menyebabkan Ketuban Pecah

menyebabkan ketuban pecah

Dalam beberapa kondisi yang kurang tepat, ternyata mengonsumsi rumput Fatimah justru membuat kontraksi paksa hingga menyebabkan ketuban pecah. Dalam kondisi inilah, tentunya ibu dan janin mengalami risiko kematian. Untuk itu, konsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi rumput Fatimah memang sangat diperlukan.

4. Membuat Rahim Sobek

Untuk Mengurangi Resiko Komplikasi Pada Kehamilan

Masih ada kaitannya dengan kontraksi paksa tadi, jika ibu hamil belum sepenuhnya mengalami kontraksi maka tidak disarankan untuk mengonsumsi rumput Fatimah. Sebab, rumput Fatimah ini memang harus dikonsumsi saat yang tepat dengan pengolahan yang baik.

Kontraksi yang terlalu kuat justru akan memicu kerobekan pada rahim. Sehingga, kerobekan pada rahim tersebut memicu pendarahan yang sulit dikendalikan. Oleh sebab itulah, beberapa orang menyarankan untuk melakukan induksi dibandingkan dengan mengonsumsi rumput Fatimah.

Meskipun ada berbagai macam risiko yang mengerikan, namun rumput Fatimah ini masih tergolong aman untuk kecantikan. Walaupun begitu, pihak profesional dan dokter memang harus terlibat untuk mengatur takaran yang pas agar tidak menimbulkan efek yang berbahaya. Nah, jika Anda punya masukan lain mengenai manfaat rumput Fatimah, bisa ditulis di kolom komentar, ya.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar