Bacaterus / Olahraga / 10 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Tidak Anda Duga Sebelumnya

10 Manfaat Renang Bagi Tubuh yang Tidak Anda Duga Sebelumnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 27 Februari 2019

Ada yang bilang jika olahraga yang terbaik adalah berenang. Mengapa berenang diklaim sebagai olahraga terbaik? Pasalnya, pada saat berenang semua bagian tubuh akan bergerak. Tentu saja gerakan dari semua bagian tubuh ini membawa dampak besar bagi kesehatan. Selain itu, berenang juga bisa menjadi sarana untuk refreshing dari rutinitas sehari-hari.

Beberapa waktu lalu Bacaterus sempat mengulas beberapa manfaat renang bagi tubuh. Kali ini, kami akan menambahkan beberapa manfaat renang untuk tubuh yang mungkin tidak Anda duga sebelumnya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

10 Manfaat Renang Bagi Tubuh

1. Menjaga kebugaran jantung

Menjaga kebugaran jantung Manfaat Renang Bagi Tubuh

Apakah Anda berpikir bahwa hanya cardio di alat treadmill saja yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan jantung? Anda salah karena salah satu manfaat renang bagi tubuh yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya adalah untuk menjaga kebugaran jantung.

Berenang akan membantu melancarkan sirkulasi jantung. Gerakan yang Anda lakukan saat berenang akan memacu jantung untuk memompa darah dan mengirimkannya ke seluruh bagian tubuh. Di damping itu, berenang juga merupakan salah satu latihan cardio. Orang-orang yang rutin menjalani aktivitas renang selama 12 minggu mengalami peningkatan pada jumlah darah yang dipompa hingga 18 persen.

2. Mengurangi risiko arthritis

Mengurangi risiko arthritis

Jika Anda belum tahu apa itu arthritis, ini adalah sebuah penyakit yang menyebabkan sendi menjadi kaku. Sementara itu, berenang adalah olahraga terbaik untuk mengurangi risiko arthritis.

Mengapa? Karena berenang adalah olahraga yang menggerakkan seluruh bagian tubuh termasuk sendi, tapi tidak memberikan beban berlebihan pada sendi-sendi Anda. Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, penderita rheumatoid arthritis disarankan untuk rutin berenang agar rasa sakit di persendiannya jadi lebih berkurang.

3. Menurunkan risiko diabetes

Menurunkan risiko diabetes

Siapa tak kenal dengan penyakit diabetes? Silent killer yang satu ini cukup ditakuti semua orang. Diabetes mungkin tidak akan membuat penderitanya langsung meninggal saat itu juga. Namun, komplikasi yang ditimbulkan dari diabetes ini dirasa cukup berat. Belum lagi jika Anda harus hidup dengan penyakit ini, makan dan minum pun semuanya jadi dibatasi.

Cara terbaik untuk terhindar dari risiko diabetes adalah berenang. Ketika berenang, semua kalori dan lemak terbakar. Hal ini juga berimbas pada penurunan kadar gula dalam darah. Semakin sering Anda berenang, maka semakin jauh juga Anda dari risiko diabetes dan penyakit lainnya.

4. Menurunkan kolesterol

Menurunkan kolesterol

Ketika Anda memeriksakan darah di laboratorium dan mendapati bahwa kadar kolesterol Anda di atas normal, cobalah untuk menurunkan kolesterol tanpa obat-obatan. Anda bisa rutin melakukan olahraga berenang untuk menurunkan kolesterol. Selain dapat menurunkan kolesterol buruk (LDL), berenang juga dapat meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Tak hanya itu saja, berenang berfungsi untuk menjaga endothelium agar tetap berfungsi dengan baik. Sekedar informasi, endothelium adalah lapisan sel-sel tipis yang melapisi arteri Anda. Fungsi endothelium ini antara lain untuk membuat tubuh Anda jadi lebih fit dan mampu bergerak bebas meskipun usia sudah tidak muda lagi.

5. Memperpanjang usia

Memperpanjang usia

Tak ada yang menduga bahwa salah satu manfaat berenang bagi tubuh adalah untuk memperpanjang usia. Nampaknya, hal ini bukan sekedar isapan jempol belaka karena berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of South Carolina, orang yang rutin melakukan berenang cenderung lebih sehat dan risiko kematian karena penyakit juga berkurang hingga 50 persen.

Bahkan, jika sedari muda Anda sudah rutin berenang, maka bukan suatu hal yang mustahil jika Anda tetap sehat dan mampu melakukan olahraga ini pada saat usia mencapai angka 100 tahunan.

6. Melatih perkembangan motorik

Melatih perkembangan motorik

Dewasa ini, sudah ada beberapa kelas berenang yang dibuka untuk bayi. Hal ini membuktikan bahwa berenang tidak hanya bermanfaat bagi orang dewasa saja, tetapi juga untuk bayi dan anak-anak. Pada bayi, berenang bermanfaat untuk melatih perkembangan motorik anak.

Tak hanya itu saja, anak-anak usia di atas 5 tahun juga disarankan untuk melakukan olahraga renang untuk melatih saraf-saraf motoriknya. Jika perkembangan motorik terus dilatih dengan berenang, maka bayi pun lebih cepat bergerak atau merespon sesuatu dengan anggota tubuhnya.

7. Mengoptimalkan kecerdasan anak

Mengoptimalkan kecerdasan anak

Tak ada yang menduga bahwa berenang dapat mengoptimalkan kecerdasan bayi dan anak. Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ketika mereka berenang, secara alami potensi kecerdasan, konsentrasi, kewaspadaan, dan kemampuan perseptual akan memberi respon.

Secara alami, otak anak akan memimpin anggota tubuhnya agar bisa survive di dalam air meskipun ada orang tua atau therapist yang memegang tubuh anak agar tidak tenggelam. Manfaat renang bagi tubuh anak ini memang tidak terduga. Jika Anda ingin mencoba hal ini, pastikan terlebih dahulu bahwa anak-anak masih berada dalam usia bawah 12 tahun.

8. Meredakan stres

Belajar mengelola stres

Apakah berendam di dalam air bisa meredakan stres? Tentu saja tidak. Berenang diklaim dapat meredakan stres karena gerakan yang Anda lakukan di dalam air ini dapat meningkatkan hormon endorfin, hormon yang sangat mempengaruhi suasana hati.

Semakin banyak kadar hormon endorfin dalam tubuh, maka Anda semakin bahagia. Di samping itu, berendam di dalam air memang dapat membuat Anda merasa lebih rileks. Jadi, ketika Anda merasa stres datang melanda, cobalah untuk meredakannya dengan berenang.

9. Menambah nafsu makan dan meningkatkan kualitas tidur anak

Menambah nafsu makan dan meningkatkan kualitas tidur anak

Tidak ada salahnya jika Anda membiasakan si kecil untuk berlatih renang setiap hari. Pasalnya, berenang memiliki manfaat untuk menambah nafsu makan dan meningkatkan kualitas tidur anak. Meskipun tidak ada penjelasan yang lebih lengkap untuk menjabarkan manfaat ini, tetapi jika diteliti lebih lanjut berenang bisa membuat Anda merasa lelah.

Ketika lelah, anak menjadi mudah merasa lapar, maka nafsu makan anak juga turut meningkat. Sementara itu, setelah melakukan aktivitas berenang, anak akan merasa capek dan tidur lebih cepat. Hal ini sangat bagus bagi anak-anak yang memiliki kebiasaan begadang hingga larut malam.

10. Mencegah kelahiran prematur pada wanita hamil

Mencegah kelahiran prematur pada wanita hamil

Inilah alasan mengapa banyak wanita hamil yang dianjurkan untuk memilih olahraga berenang saja. Selain tidak terlalu berat, biaya yang dikeluarkan juga relatif terjangkau. Berenang dapat mencegah risiko kehamilan secara prematur.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, wanita hamil memang dianjurkan untuk tetap berolahraga meskipun tidak terlalu berat. Berenang, yoga, dan pilates adalah sejumlah olahraga terbaik untuk wanita hamil. Dengan rutin berenang setiap beberapa kali dalam seminggu, wanita yang akan bersalin juga konon akan mendapatkan kelancaran atas persalinannya.

manfaat renang bagi tubuh

10 manfaat renang bagi tubuh ini pasti tidak pernah Anda duga sebelumnya. Tak ada alasan untuk tidak memilih renang sebagai olahraga favorit. Jika sampai saat ini Anda belum bisa berenang, tak ada salahnya untuk memulai dari saat ini. Lebih baik terlambat mencoba dari pada tidak mencoba sama sekali, bukan? Yuk, segera ajak orang terdekat Anda untuk berenang bersama.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar