Bacaterus / Manfaat Tanaman / 10 Manfaat Pohon Cendana Untuk Kesehatan dan Kecantikan

10 Manfaat Pohon Cendana Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 September 2019

Cendana adalah sebuah pohon hijau abadi (evergreen) yang disebutkan berasal dari kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Pohon yang hidup sebagai parasit melalui sistem perakarannya ini dapat tumbuh hingga tinggi 8 sampai 12 meter dan ketebalan 2,5 m.

Pohon cendana memiliki kulit yang halus dan berwarna abu-abu kecokelatan serta bunga-bunga kecil yang memiliki banyak tangkai pendek. Pohon yang menghasilkan kayu dan minyak esensial ini telah dimanfaatkan sejak berabad-abad lampau untuk berbagai keperluan.

Kayunya yang berkualitas tinggi merupakan salah satu bahan baku pembuatan perabotan rumah tangga. Sementara minyaknya yang wangi telah dijadikan obat luar dan dalam yang efektif dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan kecantikan dan wewangian. Berikut adalah beberapa manfaat pohon cendana dari kayu dan minyak esensialnya.

Manfaat Minyak Cendana

Minyak esensial pohon cendana diekstraksi melalui penyulingan uap kayu cendana dewasa yang berusia 40 hingga 80 tahun. Semakin tua pohon cendana, maka semakin baik cadangan minyaknya dan semakin kuat aromanya.

Karena termasuk barang yang tidak mudah didapat, minyak cendana adalah salah satu minyak atsiri paling mahal yang tersedia di pasaran saat ini. Sebagai informasi, sekitar 90% produksi minyak cendana dunia berasal dari India.

Berikut adalah beberapa manfaat minyak cendana untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Menghilangkan Rasa Cemas

* sumber: pixabay.com

Minyak cendana disebutkan memiliki efek sedatif yang mampu menenangkan peradangan, kecemasan, ketakutan, stres, dan kegelisahan. Lebih jauh lagi disebutkan kalau minyak cendana juga mampu menimbulkan relaksasi, ketenangan, konsentrasi, dan pikiran positif.

2. Anti-peradangan

* sumber: pixabay.com

Minyak cendana juga bisa menjadi agen anti-peradangan yang sangat efektif. Sebuah laporan mengungkapkan bahwa minyak cendana memiliki efek pendinginan yang bagus dan meringankan berbagai peradangan di otak, sistem pencernaan, saraf, peredaran darah, dan ekskresi yang dihasilkan dari infeksi, demam, efek samping dari antibiotik, keracunan, gigitan serangga, atau luka.

3. Membantu Merawat Kulit

* sumber: pixabay.com

Manfaat lain dari minyak cendana adalah membantu merawat kulit. Disebutkan kalau minyak cendana mampu menenangkan kulit, menghilangkannya dari peradangan dan iritasi, menyembuhkan infeksi dan membuat kulit terasa segar dan sejuk. Khasiat antiseptik minyak cendana juga dapat membantu menjaga kulit tetap bersih dan cerah.

4. Antiseptik

* sumber: pixabay.com

Selain aman untuk penggunaan luar, minyak cendana juga aman untuk penggunaan dalam. Ketika dicerna, khasiat antiseptik minyak cendana dapat membantu melindungi luka dan bisul di bagian dalam tubuh dari infeksi. Begitu juga saat digunakan pada kulit, minyak cendana membantu melindungi luka, koreng, bisul, dan jerawat dari pengembangan infeksi atau pembusukan.

5. Diuretik

* sumber: facty.com

Karena memiliki sifat anti-peradangan, minyak cendana juga dapat membantu meredakan peradangan dalam sistem urin, sehingga urin mengalir dengan mudah. Selain itu, khasiat minyak cendana yang ini juga membantu meningkatkan frekuensi buang air kecil dan volume urin serta mengobati infeksi dan peradangan dalam sistem kemih karena racun berbahaya dikeluarkan melalui urin.

6. Astringen

*Sumber: https://www.flickr.com/photos/[email protected]/

Minyak esensial cendana juga disebutkan memiliki beberapa sifat astringen yang menyebabkan kontraksi kecil di jaringan lunak tubuh, seperti gusi dan kulit. Karena sifatnya tersebut, minyak cendana terbukti bermanfaat dalam hal memperkuat gusi, mengencangkan kulit, hingga membersihkan kulit (seperti melawan jerawat dan flek hitam).

7. Sebagai Wewangian

Karena baunya wangi, minyak cendana juga sangat berguna dalam industri wewangian. Saat digunakan dalam proporsi yang lebih kecil dalam parfum, minyak cendana menjadi fiksatif yang sangat baik untuk meningkatkan wewangian lainnya. Sayangnya produk-produk wewangian dan kosmetik dari minyak cendana dibanderol dengan harga yang tergolong mahal.

8. Sebagai Aromaterapi

Bubuk Cendana

* sumber: www.indiamart.com

Kayu cendana telah sejak lama menjadi bagian dari sistem pengobatan tradisional Tiongkok dan ilmu penyembuhan India yang dikenal sebagai Ayurveda. Aromaterapi sendiri adalah praktik menggunakan minyak esensial untuk meningkatkan kesehatan psikologis atau fisik. Dalam hal ini, minyak cendana dapat dihirup atau dioleskan ke kulit.

Manfaat Kayu Cendana

Meskipun pada awal kehidupannya tumbuh sebagai parasit, setelah dewasa pohon cendana mampu tumbuh menjadi pohon besar dengan kayu yang bernilai tinggi alias sangat mahal, terutama kayu cendana wangi. Berikut adalah beberapa manfaat pohon cendana dari kayu berkualitas tinggi yang dihasilkannya.

1. Sebagai Bahan Baku Mebel

*Sumber: www.flickr.com/photos/kinshuksunil/

Karena kualitasnya yang sangat baik dan sangat dihargai, kayu cendana juga banyak dipilih sebagai bahan baku pembuatan mebel atau perabotan rumah tangga. Bahkan serbuk gergaji dari kayu inti cendana yang disiapkan untuk penyulingan juga masih cukup berharga, sehingga dikumpulkan untuk dijual untuk berbagai keperluan, seperti pewangi pakaian dan lemari.

2. Sebagai Bahan Baku Kerajinan Tangan

Kayu cendana juga tergolong berkualitas untuk dijadikan berbagai kerajinan tangan dan hiasan-hiasan. Tentu saja karena pohon cendana saat ini sudah termasuk pohon langka, maka harga kerajinan tangan dari kayu cendana terbilang mahal-mahal. Meskipun demikian, ada rasa bangga tersendiri jika memiliki kerajinan tangan kayu cendana.

Itulah beberapa manfaat minyak dan kayu cendana untuk kehidupan manusia. Mungkin masih ada lagi manfaat pohon cendana lainnya yang tidak disebutkan di sini.

Jika Anda memiliki minyak cendana, berikut adalah beberapa cara penggunaan minyak cendana yang dapat Anda lakukan:

  • Anda dapat meletakkan beberapa tetes minyak cendana pada ventilasi AC mobil untuk membantu Anda merasa tenang selama jam sibuk atau kemacetan.
  • Karena memiliki sifat antiseptik, Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak cendana ke dalam mesin cuci ketika hendak mencuci pakaian. Dalam hal ini minyak cendana dapat membantu mendisinfeksi mesin cuci, sehingga pakaian Anda terbebas dari kuman.
  • Anda juga dapat menambahkan minyak cendana ke dalam foot bath untuk meningkatkan relaksasi.

Wah! Ternyata banyak sekali ya manfaat dari pohon cendana untuk kesehatan dan kecantikan. Selain pohon cendana, pohon yang tidak kalah banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia adalah pohon damar. Untuk mengetahui manfaat apa saja yang dimiliki pohon damar, Anda bisa temukan informasi selengkapnya di sini.

Jika Anda menginginkan sejumlah informasi menarik lainnya, Anda dapat menemukannya di situs Maknawi.net. Di situs ini, Anda akan mendapatkan update informasi dan fakta-fakta penting dari segala bidang mulai dari pendidikan, kesehatan, kecantikan, seni budaya, kuliner, dan masih banyak lagi.

Kunjungi Maknawi.net dan temukan beragam artikel unik dan bermanfaat yang akan memperkaya ide dan menambah pengetahuan Anda dengan cara yang tidak membosankan.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar