Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Yuk, Ketahui 10 Manfaat Pisang untuk Tubuh Manusia Ini!

Yuk, Ketahui 10 Manfaat Pisang untuk Tubuh Manusia Ini!

Ditulis oleh - Diperbaharui 3 Desember 2018

Pisang merupakan sebutan atau nama umum pada sebuah tanaman yang relatif besar dan sudah tersebar di seluruh Indonesia. Tanaman pisang menghasilkan buah yang diberi nama sama yaitu buah pisang. Buah yang dihasilkan biasanya berkelompok membentuk susunan menjari. Buah pisang adalah sumber pangan yang kaya akan vitamin dan mineral terutama kalium.

Buah pisang yang matang pada umumnya berwarna kuning cerah, namun untuk beberapa jenis pisang memiliki perbedaan warna, seperti merah, jingga, hijau, ungu, bahkan hampir hitam. Selain tinggi akan manfaat, buah pisang biasanya memiliki rasa yang lezat. Tekstur dagingnya lembut dan manis sehingga pisang banyak disukai oleh banyak orang.

Pisang memiliki  beberapa jenis, di antaranya pisang ambon, pisang tanduk, pisang hijau dan pisang susu. Pisang kaya akan kandungan gizi yang berguna bagi tubuh dan bermanfaat bagi kehidupan. Apa saja, sih, manfaat dari pisang? Simak pemaparannya di bawah ini.

10 Manfaat Pisang untuk Tubuh

1. Menstabilkan Tekanan Darah

* sumber: m.merdeka.com

 

Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan kandungan kaliumnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia karena dapat membantu meredakan ketegangan pada pembuluh darah. Kalium yang terkandung pada buah pisang yaitu sekitar 420 miligram. Hal ini dapat menstabilkan tekanan darah.

Dengan tekanan darah yang stabil, maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit, misalnya adalah serangan jantung dan stroke. Semakin banyak kalium yang terkandung, maka risiko terkena serangan jantung dan stroke semakin rendah karena kalium berfungsi menyeimbangkan peran sodium di dalam tubuh kita agar tetap terjaga.

2. Menurunkan Berat Badan

* sumber: m.dream.co.id

 

Pisang adalah salah satu buah yang tinggi akan serat. Dengan mengonsumsi pisang, kita akan merasa cepat kenyang dalam jangka waktu yang cukup panjang. Hal ini dinilai akan berhasil menurunkan berat badan. Pisang juga dapat mengontrol nafsu makan kita sehingga menghindari dari makan secara berlebihan.

Pisang juga dapat dijadikan sebagai bahan makanan untuk program diet, lho. Caranya sangat sederhana yaitu sarapan pagi dengan minum air hangat terlebih dahulu lalu setelah berselang 1 jam, dilanjutkan dengan memakan buah pisang. Pisang yang dimakan harus pisang yang belum dicampur apapun. Untuk makan malam, berhentilah setelah jam 8 malam.

3. Mencegah Anemia

Mencegah Anemia

* sumber: www.sitkes.com

 

Anemia adalah suatu kondisi tubuh yang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. Penderita penyakit ini akan mengalami lemas, lesu, pusing, pucat dan merasa ngantuk. Untuk mengatasi anemia, maka kandungan zat besi sangat dibutuhkan oleh tubuh karena zat besi dapat menambah hemoglobin dalam tubuh.

Pisang bisa menjadi solusi untuk mengatasi anemia karena pisang juga mengandung zat besi yang baik bagi kesehatan. Hal ini cocok untuk kamu penderita anemia atau kurang darah. Jika mengonsumsi pisang secara rutin, maka jangan khawatir lagi dengan anemia karena pisang dapat membantu mencegahnya.

4. Penambah Energi

* sumber: cekqq.info

Seperti yang telah dijelaskan bahwa pisang mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna bagi tubuh. Salah satunya adalah kalium, serat, dan vitamin B yang dapat meningkatkan fungsi otot menjadi lebih baik lagi. Hal ini dapat menambah dan mengganti energimu yang terkuras karena telah melakukan banyak aktivitas.

Pisang juga dapat digunakan sebagai sarapan karena selain tinggi akan kandungan gizinya, pisang juga dapat dikonsumsi secara mudah dan praktis. Cocok untuk kamu yang sedang terburu-buru atau sibuk sehingga sulit untuk mengatur waktu sarapan.

5. Mengeluarkan Racun

Pisang

Mengeluarkan racun dalam tubuh atau yang sering disebut detoks merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan. Banyak sekali cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh salah satunya detoks secara alami dengan pisang karena pisang mengandung banyak asupan gizi positif dan mudah didapatkan.

Detoks pisang dapat dilakukan 3 hari sampai 10-12 hari. Untuk takarannya ditentukan berdasarkan batas kenyang pribadi masing-masing. kandungan gizi tinggi yang terkandung pada pisang dinilai mampu mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh sehingga tubuh semakin sehat dan segar.

6. Meringankan Gejala PMS

* sumber: kaltim.tribunnews.com

PMS atau premenstrual syndrome adalah gejala-gejala yang terjadi pada saat wanita mengalami masa haid. Gejala tersebut dapat berupa fisik, psikologi, maupun emosi. Gejala ini seringkali mengganggu beberapa aspek dalam kehidupan, seperti sakit perut, lelah, sakit kepala, dan nyeri otot juga sendi. Tentu saja kondisi tersebut adalah hal yang tidak menyenangkan bagi wanita.

Lalu bagaimanakah cara mengatasinya? Pisang adalah salah satu solusinya. Pisang mengandung vitamin B6 dan potasium yang dapat mencegah perut kembung, dan keram perut secara berlebihan saat masa menstruasi tiba. Jadi, ketika menstruasi tiba, untuk meredakan gejalanya kamu bisa mengonsumsi pisang secukupnya.

7. Mengatasi Depresi

* sumber: theconversation.com

Pisang ternyata juga bermanfaat dalam mengatasi depresi karena kandungan triptophannya yang diubah menjadi serotonin, yaitu suatu kandungan yang dapat mengubah suasana hati atau mood seseorang. Ketika stress atau mengalami suatu depresi, jantung akan memompa darah dan berdetak semakin cepat. Hal ini menyebabkan kalium dalam tubuh terbuang lebih banyak.

Dengan mengonsumsi pisang, maka kalium akan meningkat dan menstabilkan kembali sehingga melancarkan proses pengiriman oksigen menuju otak. Kadar glukosa dalam tubuh juga akan dijaga agar tetap stabil melalui vitamin B yang terkandung dalam buah pisang sehingga akan memperbaiki suasana hati atau mood seseorang.

8. Meningkatkan Metabolisme

* sumber: ibudanmama.com

 

Menjaga kesehatan tubuh salah satunya adalah menjaga metabolismenya. Untuk menjaga metabolisme, maka tubuh memerlukan asupan gizi yang baik seperti potasium, kalium, magnesium, mineral dan vitamin. Lalu, dari mana kita bisa mendapatkan semua kandungan itu? Ternyata kandungan tersebut dapat kita temukan dalam pisang.

Pisang adalah salah satu sumber dari potasium, kalium, magnesium, vitamin, dan juga mineral. Dengan mengkonsumsi pisang secara rutin, maka metabolisme tubuh akan meningkat baik sehingga menjadikan tubuh terus sehat.

9. Menjaga Kesehatan Jantung

* sumber: m.kaskus.co.id

 

Pisang sangat berguna bagi kesehatan jantung karena pisang dapat menormalkan denyut jantung, mencegah penyakit pada jantung, merawat kesehatan jantung, mencegah kambuhnya penyakit jantung, meredakan nyeri jantung, dan masih banyak lagi. Kandungan potasium yang terkandung dalam buah pisang ternyata sangat bermanfaat untuk semua itu.

Selain berguna untuk diet, pisang bisa digunakan untuk pencegahan terhadap penyakit jantung dengan cara mengonsumsinya secara rutin setiap hari kapanpun dan dimanapun karena memakan pisang sangatlah praktis. dengan mengonsumsi pisang secara rutin, maka jantung akan semakin sehat sehingga kita bisa menjalankan berbagai aktivitas dengan normal.

10. Menyehatkan Kulit

* sumber: www.adajerawat.com

Setiap orang pasti mengharapkan kulit sehat dan terawat. Kulit sehat dan terawat tak perlu didapatkan dari perawatan mahal di luar sana. Ternyata merawat kulit bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana dengan buah pisang yang juga bisa dimanfaatkan dalam merawat kulit agar tetap sehat dan terawat.

Vitamin dan nutrisi pada buah pisang bisa membantu melembabkan kulit yang telah kering dan kasar, mengatasi kulit berminyak, meredakan jerawat yang meradang, merawat kulit yang belang, dan mengatasi tumit yang kering. Selain itu, keunggulan dari pisang ini adalah mudah cara mendapatkannya sehingga praktis untuk merawat kesehatan kulit.

Caranya sangat mudah, yaitu cukup menghaluskan pisang lalu oleskan pada bagian permukaan kulit. Diamkan selama beberapa menit, lalu bilas dengan air. Selain itu pisang juga bisa dibuat menjadi masker dengan campuran madu dan lemon ataupun bahan lainnya lalu dioleskan pada permukaan kulit dengan merata. Wah, mudah sekali ya merawat kulit dengan pisang!

Ternyata pisang yang sering kita jumpai di sekeliling kita, tinggi akan kandungan gizi dan bermanfaat bagi kesehatan, ya? Banyak sekali manfaat yang dapat kita ambil dari mengkonsumsi pisang secara rutin. Berbagai macam penyakit juga ternyata dapat diredakan dengan mengonsumsi pisang. Selain menjaga kesehatan metabolisme tubuh, ternyata pisang sangat berguna untuk kecantikan. Jadi, jangan lupa mengkonsumsi pisang dengan rutin untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah wawasan serta ilmu pengetahuan dan menjadikan kita lebih memahami pentingnya kesehatan juga cara pencegahannya dimulai dari hal terkecil seperti mengonsumsi pisang. Jangan lupa bagikan informasi ini kepada orang-orang sekitar agar mereka juga tahu manfaat dari pisang sangatlah banyak.

Tapi, kalau kamu bosan dengan hanya mengonsumsi pisang saja, kamu bisa mengolah pisang untuk dijadikan makan yang lebih enak lho. Yuk, cari tahu di artikel 10 Olahan Pisang Kekinian yang enak dan lezat ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Saya adalah seorang pelajar yang masih duduk di bangku SMK Negeri di Cianjur. Cita-cita utama saya adalah ingin membahagiakan orang tua,menjadi pribadi yang bermanfaat bagi banyak orang, serta menjadi manusia yang memiliki akhlak dan budi pekerti yang baik. Sementara cita-cita untuk karir saya sangatlah banyak. Bisa dibilang saya ingin menggeluti berbagai macam profesi seperti menjadi pengusaha, photografer, jurnalis, content creator, dan masih banyak lagi karena saya menyukai hal-hal yang baru. Hobi saya adalah travelling dan memotret.

Leave A Comment