Bacaterus / Kesehatan / 10 Manfaat Pir Kuning, Buah Segar yang Tinggi Serat

10 Manfaat Pir Kuning, Buah Segar yang Tinggi Serat

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 November 2018

Siapa yang tak kenal buah pir? Buah yang mengandung kadar air yang cukup tinggi ini merupakan salah satu buah favorit masyarakat Indonesia, lho. Pir adalah buah yang cocok dinikmati saat cuaca panas. Kandungan air di dalam buah ini akan langsung terasa membasahi tenggorokan ketika Anda menggigit daging buahnya.

Di balik kesegaran yang ditawarkan, ternyata ada 10 manfaat buah pir bagi kesehatan, lho. Manfaat pir kuning ini jarang diketahui oleh banyak orang. Bacaterus akan membagikan 10 manfaat pir yang wajib Anda ketahui agar Anda semakin rajin menyantap buah segar yang satu ini.

10 Manfaat Pir Kuning

1. Bantu Melawan Radikal Bebas

Manfaat Pir Kuning

Sebagai buah yang kaya antioksidan, salah satu manfaat pir kuning yang wajib Anda ketahui adalah untuk membantu tubuh melawan radikal bebas. Untuk informasi, radikal bebas dapat menyebabkan kanker, penuaan diri, dan kerusakan sel.

Pir kuning adalah sumber antioksidan alami yang sangat baik. Konsumsi satu buah pir setiap hari dapat mencegah risiko penyakit kanker atau penyakit lain yang disebabkan oleh radikal bebas. Bahkan, kandungan antioksidan di dalam buah pir ini setara dengan antioksidan pada jeruk maupun apel, lho.

2. Memperkuat Sistem Imun

Memperkuat Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh memiliki peran penting untuk menentukan kesehatan seseorang. Sebagai contoh, orang yang daya tahan tubuhnya lemah tentu sangat mudah terserang penyakit. Sebaliknya, orang yang sistem imunnya kuat tidak mudah sakit meskipun menjalani aktivitas yang padat.

Manfaat pir kuning adalah untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Perpaduan antara Vitamin C dan Vitamin K yang terdapat di dalam buah pir dapat membantu penyerapan zat besi sehingga tubuh akan memproduksi sel darah merah dengan jumlah yang cukup untuk memperkuat sistem imun.

Dengan kata lain, konsumsi buah pir setiap hari dapat mencegah tubuh terserang penyakit. Namun, konsumsi buah pir saja tak cukup karena Anda harus mengimbanginya dengan konsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur.

3. Meningkatkan Kesehatan Otak

Meningkatkan Kesehatan Otak

Tak ada yang menyangka bahwa buah pir memiliki sejumlah manfaat penting untuk kesehatan tubuh, salah satunya untuk meningkatkan kesehatan otak. Pir kuning mengandung copper (mineral minor). Berdasarkan studi yang pernah dilakukan di University School of Medicine di Missouri, Amerika Serikat, copper berfungsi untuk memperbaiki kerusakan sistem saraf dan meningkatkan kinerja otak.

Satu buah pir menyediakan copper sebanyak 15% dari asupan harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, pir merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia yang ingin meningkatkan kinerja dan kesehatan otak.

4. Membantu Diet Sehat

Pir Kuning

Ketika diet, Anda harus membatasi makanan yang Anda konsumsi sehari-hari. Pasalnya, keberhasilan diet tergantung pada makanan yang Anda konsumsi. Pir kuning dapat menjadi makanan diet yang sehat dan tidak meningkatkan berat badan.

Jika Anda merasa lapar dan ingin snacking tapi khawatir berat badan meningkat, makan saja pir kuning. Selain nikmat dan segar, buah ini juga kaya serat alami, lho. Pencernaan jadi lancar setelah Anda mengkonsumsi buah pir. Yang paling penting, buah ini termasuk makanan yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi oleh pelaku diet.

5. Mengontrol Gula Darah

Makan Pir

Tak hanya pelaku diet saja yang harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi, penderita diabetes juga harus cermat dalam memilih makanan agar gula darahnya tidak meningkat. Nah, salah satu manfaat pir kuning adalah membantu jaga kadar gula darah darah.

Pir kuning adalah buah yang kaya serat dan termasuk makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sementara penderita diabetes memang disarankan untuk mengonsumsi makanan kaya serat dan indeks glikemiknya rendah. Selain itu, pir kuning juga merupakan buah yang rendah karbohidrat. Jadi, penderita diabetes tidak perlu ragu memasukkan pir kuning dalam menu makanan sehari-hari.

6. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung kini menjadi penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Namun, Anda dapat mengurangi risiko penyakit ini bila rutin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan menyantap satu buah pir setiap hari. Mengapa harus buah pir?

Buah pir mengandung serat larut bernama pectin. Serat ini bertugas untuk membuang zat-zat berbahaya di dalam usus dan menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang sudah kita ketahui, kolesterol adalah salah satu pemicu risiko penyakit jantung. Apabila Anda berhasil mengontrol kadar kolesterol dalam darah, tentu saja risiko penyakit jantung pun akan berkurang.

Tak hanya sampai di situ, manfaat pir kuning untuk mengurangi risiko penyakit jantung juga didukung dengan kandungan Vitamin C di dalam buah tersebut. Vitamin C dalam buah pir berperan sebagai antioksidan dari golongan quercetin yang berfungsi untuk mengurangi peradangan.

7. Melancarkan Pencernaan

Melancarkan Pencernaan

Problem yang selalu dialami oleh masyarakat yang hidup di zaman modern adalah sembelit. Konsumsi makanan rendah serat membuat kita sering mengalami gangguan pencernaan ini. Akibatnya, perut terasa begah dan tidak nyaman.

Konsumsi pir kuning dapat membantu melancarkan pencernaan. Buah yang tinggi serat alami ini akan membuat frekuensi buang air besar menjadi lebih teratur. Bahkan, jika Anda mengombinasikan buah pir dengan makanan tinggi serat lainnya, maka Anda akan terhindar dari masalah sembelit.

8. Mencegah Kolitis

Mencegah Kolitis

Sebagai buah yang kaya serat alami, manfaat pir kuning lainnya selain mencegah sembelit adalah mencegah kolitis. Kolitis adalah peradangan pada usus besar yang menyebabkan rasa nyeri, diare, dan pendarahan di anus. Usus besar meliputi area caecum (usus buntu), kolon ascendant, kolon transversum, kolon descendent, sigmoid, rektum, dan anus.

Kandungan serat yang tinggi di dalam pir kuning dapat mengurangi risiko kolitis. Tak hanya untuk mencegah, konsumsi setengah kilogram pir kuning yang sudah dikupas setiap hari selama seminggu juga dapat menyembuhkan gangguan pada usus besar.

9. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Buah Pir Kuning

Pir kuning mampu menyediakan asupan Vitamin K yang dibutuhkan tubuh. Dengan adanya kandungan Vitamin K yang tinggi, pir kuning diklaim menjadi buah terbaik untuk menjaga kesehatan tulang. Vitamin K dalam pir kuning ini dapat menurunkan risiko osteoporosis, rakhitis, sampai dengan kanker tulang.

10. Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga Kesehatan Mata

Mata minus atau penyakit mata tidak hanya disebabkan oleh penggunaan gadget. Kurangnya asupan nutrisi dan paparan radikal bebas juga bisa menjadi penyebab gangguan kesehatan mata. Nah, pir kuning adalah makanan sehat yang akan membantu menjaga kesehatan mata.

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam pir kuning dapat membantu jaga kesehatan mata. Di samping itu, buah ini mengandung Vitamin A yang cukup tinggi. Mulai saat ini, konsumsilah pir kuning secara teratur untuk menjaga kesehatan mata Anda.

10 manfaat pir kuning ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda yang selama ini lebih memilih buah-buahan lainnya dibanding buah pir. Yuk, mulai mengonsumsi buah pir kuning untuk memperoleh semua manfaat sehatnya. Jika Anda mencari manfaat dari buah lainnya yang kaya antioksidan, bacalah artikel manfaat buah acai berry berikut ini.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Linda is a day-dreamer and a night-thinker. She has been truly in love with writing since a very young age. She started to work as a writer in 2012. Until now, Linda has created content for Unilever's brand (SariWangi, Rinso, Sunlight and Molto), Tropicana Slim, AsmaraKu, and also Carisinyal.com.

Leave A Comment