Bacaterus / Manfaat Tanaman / Abaikan Baunya! Inilah 10 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Abaikan Baunya! Inilah 10 Manfaat Petai untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 10 Desember 2018

Petai adalah sayuran khas Nusantara yang baunya sangat menyengat seperti jengkol. Meskipun bau, ternyata petai atau pete ini memiliki banyak penggemar, lho. Beberapa jenis makanan rasanya kurang sedap jika tidak dicampur dengan pete, salah satunya sambal goreng ati.

Bagi sebagian orang, petai adalah makanan favorit. Sayangnya, sebagian orang lainnya menganggap bahwa petai adalah makanan yang harus dihindari. Nah, masihkah Anda ingin menghindari petai jika ternyata ada 10 manfaat petai bagi kesehatan? Yuk, cari tahu manfaat pete dalam tulisan berikut ini.

10 Manfaat Petai untuk Kesehatan

1. Mencegah Depresi

Mencegah Depresi Manfaat Petai

* sumber: jogjaupdate.com

Depresi adalah gangguan psikis yang dapat dialami oleh siapa saja. Siapapun yang mengalami depresi pasti tidak dapat makan dan tidur dengan nikmat. Bagi Anda yang gemar menyantap petai, Anda dapat mencegah depresi dengan petai, lho.

Sebuah studi melakukan penelitian untuk mengetahui manfaat petai untuk mengatasi depresi. Hasilnya, petai ternyata mengandung triptofan, senyawa yang akan diubah tubuh menjadi serotonin. Konsumsi makanan yang menghasilkan serotonin dapat membuat seseorang menjadi lebih rileks, bahagia, dan memiliki mood yang lebih baik.

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Meningkatkan Fungsi Kognitif Otak

Petai mengandung kalium yang merupakan mineral penting bagi tubuh. Kalium dibutuhkan tubuh untuk menjaga cairan tubuh dan keseimbangan elektrolit. Peningkatan kadar nutrisi memungkinkan oksigen dapat mencapai otak sehingga fungsi kognitif otak dan aktivitas saraf menjadi lebih optimal.

Dengan mengonsumsi petai maka kemampuan mengingat, kemampuan melakukan rekognisi pola, dan kemampuan untuk mempersepsikan indera mengalami peningkatan. Manfaat petai untuk meningkatkan fungsi kognitif otak juga sudah diuji di Inggris. Terbukti para siswa yang mengonsumsi pete saat makan siang dapat mengerjakan soal latihan secara lebih mudah.

3. Mencegah Anemia

Pete Mencegah Anemia

* sumber: youmasak.blogspot.com

Di balik aromanya yang sangat menyengat ternyata ada manfaat pete yang sangat berguna bagi Anda yang memiliki anemia. Petai mengandung zat besi yang sangat tinggi sehingga dapat merangsang pembentukan hemoglobin di dalam darah.

Orang yang memiliki anemia sangat disarankan untuk mengonsumsi petai. Pasalnya, sayuran ini dapat mencegah kekurangan darah. Abaikan saja baunya yang menyengat karena Anda bisa memperoleh manfaatnya yang luar biasa!

4. Membuat Kualitas Tidur Lebih Baik

Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Sama seperti manfaat petai untuk mencegah depresi, kandungan triptofan di dalam pete dapat membuat kualitas tidur Anda jadi lebih baik. Suasana hati yang lebih baik tentu akan membuat tidur jadi lebih nyenyak. Jika selama ini Anda sering mengalami insomnia, cobalah untuk mulai mengonsumsi pete agar tidur jadi lebih nyenyak.

Tak hanya mengandung triptofan, petai juga memiliki kandungan asam amino esensial yang cukup tinggi. Nah, makanan yang mengandung asam amino esensial seperti pete ini dapat memberikan efek relaksasi, menginduksi tidur, dan mengatasi kecemasan. Alhasil, kualitas tidur pun jadi lebih baik.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

* sumber: extreme-facts2.blogspot.com

Tekanan darah tinggi alias hipertensi bukan masalah kesehatan yang sepele. Jika dibiarkan begitu saja, hipertensi dapat menjadi penyebab penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, pemilik hipertensi sangat disarankan untuk mengonsumsi petai. Mengapa harus petai?

Petai adalah makanan dengan kadar potasium yang tinggi tapi rendah garam. Makanan dengan potasium yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah. Bahkan, manfaat pete untuk hipertensi ini juga sudah diuji oleh Badan Pangan dan Obat Amerika Serikat (FDA). Jika Anda berhasil menjaga tekanan darah tetap stabil, maka risiko penyakit stroke akan berkurang.

6. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh Manfaat Okra Merah

Daya tahan tubuh setiap orang tentu berbeda-beda. Orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah tentu akan mudah terserang penyakit. Konsumsi makanan yang kaya antioksidan, seperti petai, dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Petai adalah makanan tinggi antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh secara alami. Kandungan antioksidan di dalam petai dapat menangkal radikal bebas sehingga Anda terhindar dari risiko sejumlah penyakit. Nah, setelah mengetahui manfaat petai yang satu ini, apakah Anda masih ragu untuk menyantapnya?

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Tak ada yang menduga bahwa salah satu manfaat pete adalah untuk menjaga kesehatan jantung. Bukan hoax semata, ternyata manfaat pete untuk kesehatan jantung ini sudah diklaim oleh Organisasi Kesehatan Dunia atau yang dikenal dengan nama World Health Organization (WHO).

WHO menyatakan bahwa kandungan kalium yang terdapat di dalam petai dapat mempercepat proses penurunan darah tinggi dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Petai memang dapat menjaga kesehatan jantung, tetapi Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari agar kolesterol dan tekanan darah tidak meningkat.

8. Meredakan Gangguan PMS

Meredakan Gangguan PMS

Premenstrual Syndrome atau yang lebih akrab dikenal sebagai PMS adalah gejala yang dialami sebagian wanita menjelang haid. Gejala ini meliputi kram pada area perut, nyeri pada payudara, mudah lelah, perubahan suasana hati secara drastis, dan depresi. Meskipun sering dianggap sepele, PMS dapat membuat kualitas hidup seseorang jadi menurun.

Gejala PMS ternyata bisa diredakan dengan mengonsumsi petai. Manfaat pete untuk meredakan gangguan PMS ini tak lepas dari kandungan triptofan di dalamnya. Triptofan akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, hormon untuk mencegah depresi dan meningkatkan mood.

Meskipun tidak dapat meredakan kram perut akibat PMS, setidaknya suasana hati Anda menjadi lebih baik setelah mengonsumsi pete. Apalagi jika Anda mengolah pete menjadi makanan favorit Anda.

9. Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan sistem pencernaan

Dari sekian banyak manfaat pete yang disebutkan di sini, ternyata ada satu manfaat pete yang terlihat sepele tapi memiliki dampak yang besar. Petai dapat melancarkan sistem pencernaan. Sembelit adalah suatu gangguan pencernaan yang sepele tapi membuat penderitanya merasa tidak enak. Apalagi jika terlalu lama mengejan dapat meningkatkan risiko wasir, lho.

Kandungan serat yang terdapat di dalam petai berfungsi untuk membuat buang air besar jadi lebih lancar. Meskipun aroma feses jadi lebih menyengat yang penting perut tidak begah dan terasa lega. Manfaat pete untuk sistem pencernaan ini akan lebih baik jika Anda juga menyantap buah dan sayuran lainnya.

10. Meredakan Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

Meredakan Rasa Sakit Akibat Gigitan Nyamuk

* sumber: ibudanmama.com

Jika Bacaterus sudah menyebutkan berbagai manfaat yang bisa diperoleh ketika Anda makan petai, kini kami akan membahas manfaat pete lainnya tanpa perlu dimakan. Bukan cuma buahnya saja, ternyata kulit petai juga memiliki manfaat untuk meredakan rasa sakit akibat gigitan nyamuk.

Anda harus menggosokkan bagian dalam kulit pete ke area kulit yang digigit nyamuk. Walaupun aromanya agak mengganggu yang penting bentol karena digigit nyamuk ini dapat mereda dan tidak menyebabkan gatal. Kalau sedang tidak ada minyak kayu putih, boleh nih mengolesi bentol akibat gigitan nyamuk dengan petai!

Nah, itulah 10 manfaat petai untuk kesehatan. Dengan banyaknya manfaat yang bisa diperoleh dari petai, Anda tidak perlu ragu untuk mengonsumsi petai. Merasa kurang percaya diri akibat bau nafas atau urin yang menyengat setelah makan petai? Baca artikel cara menghilangkan bau pete dengan mudah dan cepat ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar