Bacaterus / Makalah / Tidak Hanya untuk Tugas, Ini 10 Manfaat Penulisan Makalah

Tidak Hanya untuk Tugas, Ini 10 Manfaat Penulisan Makalah

Ditulis oleh - Diperbaharui 18 Desember 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Makalah merupakan salah satu jenis karya ilmiah yang ditulis berdasarkan analisis suatu masalah secara objektif. Makalah biasa ditemui saat duduk bangku perkuliahan. Akan tetapi, ada juga beberapa sekolah menengah atas (SMA) yang sudah mengajarkan para siswa-siswi untuk membuat makalah.

Biasanya makalah dibuat untuk memenuhi suatu tugas. Dalam penulisan makalah kamu harus menulisnya secara terstruktur dan sistematik mengenai suatu masalah. Mulai dari menguraikan pendapat, gagasan, pembahasan, pemecahan masalah, hingga penutup.

Kalau kamu sedang duduk di bangku perkuliahan, membuat makalah sudah menjadi makanan sehari-hari. Akan tetapi kamu tahu tidak sih sebenarnya untuk apa sih tujuan dari pembuatan makalah? Apa manfaatnya untuk kita?

Nah, artikel kali ini akan membahas manfaat penulisan makalah selain untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh para dosen. Kira-kira, apa saja manfaatnya? Yuk, mari cari tahu!

1. Belajar Memahami Masalah

Belajar Memahami Masalah

Saat membuat makalah kamu harus bisa memahami masalah apa yang terjadi. Kamu harus menjelaskan masalah tersebut dengan pemikiran yang logis. Hal ini guna untuk mempermudah dimengerti oleh pembaca.

Memahami masalah dalam sebuah makalah akan membuatmu jadi terbawa ke kehidupan sehari-hari. Ya, karena sudah terbiasa memahami masalah di dunia nyata pun kamu akan mudah menemukan masalah. Bahkan kamu juga bisa menghadapi masalah tersebut.

Tentunya kamu akan menjadi berani berhadapan dengan suatu masalah. Maka, lari dari masalah bukan solusi yang akan kamu pilih!

2. Belajar Mencari Solusi

Belajar Mencari Solusi

Apabila sudah bisa memahami masalah yang terjadi, tentu saja kamu dituntut untuk bisa mencari solusinya. Untuk apa masalah ada? Tentu saja untuk dihadapi dan dicari solusi yang terbaik.

Solusi bisa kamu dapatkan dari berbagai referensi, baik itu dari makalah orang lain, buku, riset, dan sebagainya. Intinya, saat membuat makalah kamu juga harus memikirkan solusi dari suatu topik masalah yang akan kamu bahas.

3. Lebih Kritis Menghadapi Berbagai Permasalahan

Lebih Kritis Menghadapi Berbagai Permasalahan

Dalam memahami dan menyelesaikan suatu masalah pada makalah, tentu kamu harus berpikir kritis. Kamu tidak bisa meremehkan suatu topik sesederhana apapun itu. Dengan menggali lebih dalam permasalahannya akan membuat kamu berpikir lebih kritis guna menemukan pemecahan masalah.

Kamu dapat melihat suatu masalah dari berbagai perspektif, tidak hanya dari satu pandangan saja. Kemampuan itulah yang nantinya akan membantumu lebih kritis menghadapi berbagai hal. Tidak akan menelannya mentah-mentah, tapi kamu akan menelaahnya terlebih dahulu.

4. Menerapkan Ilmu Pengetahuan yang Sudah Dipelajari

Menerapkan Ilmu Pengetahuan yang Sudah Dipelajari

Selama duduk di bangku sekolah atau perkuliahan, tentu kamu sudah mendapatkan banyak ilmu dari para guru dan dosen. Dengan membuat makalah, menjadi kesempatan bagi kamu untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang sudah kamu pelajari.

Menerapkan beberapa teori pada makalah, akan membuat kamu semakin mengingat dan ilmu yang kamu pelajari lebih melekat pada ingatanmu. Hal ini karena pada dasarnya, ilmu itu bukan untuk dihafal, tapi untuk diterapkan. Bener kan?

5. Belajar Berpikir Sistematis

Belajar Berpikir Sistematis

Penulisan makalah harus ditulis secara sistematis dan menggunakan format yang tepat. Saat membuat makalah kamu diharuskan untuk belajar kembali dan berpikir dengan sistematis.

Satu bagian ke bagian dari makalah harus saling terikat satu sama lain. Dengan begitu, kamu akan bisa menelaah mana yang harus dituliskan pada makalah dan yang tidak. Dengan kemampuan ini, kamu akan mudah mempelajari hal-hal baru dan mencernanya secara tanggap dan cepat.

Baca juga: 7 Tips Membuat Makalah dengan Mudah Tanpa Perlu Stress

6. Sebagai Referensi Suatu Kebijakan

Sebagai Referensi Suatu Kebijakan

Saat menulis masalah tentu kamu akan membuat suatu topik yang bermanfaat bagi banyak orang. Salah satunya adalah mengenai kebijakan.

Jangan salah, makalah yang kamu buat bisa menjadi referensi terhadap suatu kebijakan. Mulai dari di tingkat sekolah, kampus, daerah, hingga negara sekalipun.

Tidak ada yang salah dari makalah buatanmu. Jika memang belum pernah tercetuskan, gagasanmu pada makalah bisa dikembangkan dan ditingkatkan lagi untuk menjadi kebijakan suatu sistem. Tentu kamu pasti bangga akan hal ini!

7. Semakin Tahu Banyak Hal

Semakin Tahu Banyak Hal

Siapa bilang Menyusun makalah itu mudah? Kamu harus memetakan masalah, mencari solusi, membuat analisis terhadap suatu topik, hingga proses lainnya. Tentunya kamu pasti ingin makalahmu dapat bermanfaat untuk orang banyak kan?

Dengan semakin sering membuat masalah, kamu akan menjadi banyak tahu berbagai hal. Misalnya saja kamu membuat makalah tentang potret pendidikan di daerah terpencil. Maka, kamu akan melakukan berbagai riset tentang pendidikan dan mengambil contoh dari beberapa desa terpencil.

Berangkat dari hal tersebut, akan membuat kamu menjadi sadar bahwa pendidikan di Indonesia ternyata belum merata. Masih banyak yang perlu diperhatikan serta diperbaiki dari pendidikan.

8. Memahami Cara Penulisan Makalah yang Benar

Memahami Cara Penulisan Makalah yang Benar

Ketika menuliskan masalah, kamu harus menggunakan format yang baik dan benar. Hal ini agar makalah yang kamu buat dapat tersusun lebih baik. Tak hanya memikirkan format yang baik, dalam menulis makalah penting bagi kamu untuk menggunakan bahasa yang formal.

Maka dari itu inilah susunan kerangka penulis makalah yang bisa kamu contoh.

  • Cover
  • Abstrak
  • Daftar Isi
  • Kata Pengantar
  • Pendahuluan
  • Latar Belakang
  • Rumusan Masalah
  • Tujuan Pembahasan
  • Isi
  • Kesimpulan
  • Saran
  • Penutup
  • Daftar Pustaka

9. Mengasah Kemampuan Menulis

Mengasah Kemampuan Menulis

Dari semua manfaat membuat makalah, ini adalah kegunaan yang akan paling kamu rasakan. Kamu menjadi terbiasa menulis dengan menggunakan kata-kata yang formal, dan bentuk kalimat yang tepat.

Tentunya saat menulis makalah penting bagi kamu untuk memahami tanda baca, ejaan, dan struktur kalimat yang baik dan benar. Pemilihan bahasa serta kalimat juga akan menentukan kualitas dari makalah yang kamu buat.

Apabila dalam penulisan makalah kamu menemukan kendala, ada baiknya untuk mencari berbagai bahan referensi lewat makalah orang lain atau buku-buku di perpustakaan. Jika sudah terbiasa menulis makalah, kamu tidak perlu lagi bingung dalam memilih kalimat yang tepat.

10. Latihan Sebelum Membuat Skripsi

Latihan Sebelum Membuat Skripsi

Saat membuat makalah bisa melatih kamu untuk membuat skripsi. Jadi, ketika waktunya membuat skripsi, kamu tidak akan kaget lagi dan merasa asing lagi.

Dengan mudahnya kamu akan menyusun skripsi dan terbiasa. Hal ini karena kamu sudah berteman baik dengan rumusan masalah, tujuan, latar belakang, pembahasan, hingga kesimpulan pada makalah.

Ternyata ada banyak manfaat yang bisa kita rasakan saat membuat makalah. Tidak serta merta hanya untuk tugas. Manfaat-manfaat di atas sangat berguna untuk kamu ke depannya. Bahkan bisa bermanfaat juga untuk kehidupan sehari-hari.

Nah, untuk kamu jika siswa atau mahasiswa, saat diberikan tugas untuk membuat makalah, jangan malas lagi, ya! Kerjakan dengan niat dan penuh kesungguhan. Hal ini karena ada banyaknya kegunaan serta manfaat dari pembuatan makalah.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *