Bacaterus / Sepeda / 10 Manfaat Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

10 Manfaat Olahraga Sepeda Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Ditulis oleh - Diperbaharui 8 April 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Agar tubuh tetap bugar dan sehat, kamu harus aktif secara fisik. Dirimu akan terlindung dari berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung, obesitas, penyakit mental, kanker, ataupun diabetes dengan aktivitas fisik yang teratur.

Mengendarai sepeda secara teratur merupakan salah satu cara terbaik untuk mengurangi risiko masalah kesehatan yang berhubungan dengan gaya hidup yang tidak aktif. Olahraga ini juga menyenangkan, murah sekaligus baik untuk lingkungan.

Di hari libur, mereka yang hobi bersepeda biasanya akan mulai petualangan. Bersepeda merupakan olahraga low-impact yang sehat yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Lalu apa manfaat olahraga sepeda untuk kesehatan? Cek ulasannya di sini.

1. Mengatasi Obesitas dan Mengontrol Berat Badan

menurunkan berat badan

Bersepeda merupakan salah satu cara yang baik untuk mengontrol atau mengurangi berat badan. Itu karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot dan membakar lemak tubuh. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, cobalah kombinasikan bersepeda dengan diet sehat.

Olahraga ini merupakan bentuk latihan yang nyaman di mana kamu bisa mengubah waktu dan intensitas. Bersepeda dapat dibangun perlahan dan bervariasi sesuai keinginanmu. Penelitian menunjukkan bahwa kamu bisa membakar setidaknya 2.000 kalori seminggu melalui olahraga.

Bersepeda secara teratur membakar sekitar 300 kalori per jam. Jika kamu bersepeda dua kali sehari, kalori yang terbakar segera bertambah. Penelitian di Inggris menunjukkan bahwa bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak selama setahun.

2. Meningkatkan Kesehatan Mental

Persiapkan mental

* sumber: infoaupair.com

Sebuah studi yang dilakukan oleh YMCA memperlihatkan bahwa orang yang mempunyai gaya hidup aktif secara fisik mempunyai skor kesejahteraan 32 persen lebih tinggi daripada individu yang tidak aktif.

Begitu banyak cara berolahraga yang dapat meningkatkan suasana hatimu. Peningkatan kepercayaan diri yang berasal dari pencapaian hal-hal baru, seperti sukses berjalan kaki 10 ribu langkah adalah efek dari olahraga. Efek lain dari berolahraga terhadap suasana hati adalah pelepasan dasar adrenalin dan endorphin.

Bersepeda menggabungkan latihan fisik dengan berada di luar ruangan serta menjelajahi pemandangan baru. Kamu dapat bersepeda sendiri yang bisa memberimu waktu untuk memproses kekhawatiran atau kecemasan, atau kamu bisa bersepeda bersama komunitas yang memperluas lingkaran sosialmu.

Ini dibuktikan oleh mantan pemegang Record Hour, Graeme Obree yang menderita depresi sepanjang hidupnya, dan mengatakan bahwa keluar dan berkuda akan membantu orang yang menderita depresi. Tanpa kedua aktivitas tersebut dia tak tahu akan seperti apa dirinya.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Ternyata bersepeda juga bagus untuk kesehatan jantungmu walaupun bukan hanya karena kamu sangat suka bersepeda. Sebuah penelitian menunjukkan mereka yang aktif setiap hari mempunyai kemungkinan 31 persen lebih rendah untuk mengalami tekanan darah tinggi.

Studi lain yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine menunjukkan bahwa berolahraga secara keras bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Penurunan tekanan darah itu jumlahnya sebanyak yang dapat dilakukan dengan resep dokter. Tapi jangan membuang obat-obatanmu dulu. Pertimbangkan untuk menambahkan lebih banyak bersepeda ke dalam rencana pelatihanmu dengan persetujuan doktermu.

4. Membentuk Otot

Membentuk Otot

* sumber: www.lasexta.com

Bersepeda berarti tidak hanya membakar lemak, tapi juga membangun otot, khususnya otot di area glutes, paha belakang, betis, dan paha depan. Otot lebih ringan dibandingkan lemak, dan mereka dengan persentase otot yang lebih tinggi membakar lebih banyak kalori bahkan saat duduk.

5. Lemak yang Lebih Sedikit

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Memang bukan sebuah rahasia lagi jika salah satu manfaat besar dari bersepeda biasa adalah penurunan berat badan. Namun untuk itu harus dilakukan secara berulang. Seringkali media mempromosikan gagasan bahwa diet merupakan satu-satunya cara untuk menghilangkan lemak.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Hepatology menemukan bahwa olahraga aerobik, contohnya seperti bersepeda, membantu peserta yang kelebihan berat badan dan obesitas untuk menurunkan lemak visceral.

6. Kesehatan Paru-paru yang Lebih Baik

menyehatkan paru-paru

Kamu bukan satu-satunya orang yang heran jika poin ini tampaknya bertentangan dengan akal sehat. Namun baru-baru ini sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang bersepeda sebenarnya terkena lebih sedikit asap berbahaya dibandingkan mereka yang bepergian dengan mobil.

Hasil penelitian dari Kings College London dan Dewan Camden yang dilakukan di London menunjukkan bahwa pengemudi mengalami tingkat polusi lima kali lebih tinggi dari pengendara sepeda, serta tiga setengah lebih banyak dari pejalan kaki dan dua setengah kali lebih banyak dari pengguna bus.

7. Memperlambat Penuaan

Buah Strawberry penuaan dini

Dikatakan kalau bersepeda dapat membuat jantung sehat, membangun otot, serta mendapatkan paru-paru yang lebih sehat. Namun, para peneliti juga menemukan bahwa bersepeda dan latihan interval dengan intensitas tinggi lainnya bisa punya manfaat anti-penuaan utama sampai pada tingkat sel.

Studi ini menemukan bahwa orang yang melakukan latihan intensitas tinggi mengalami peningkatan kapasitas mitokondria. Jika terjadi penurunan mitokondria maka bisa menyebabkan penurunan fisik. Sehingga semakin baik mitokondriamu dapat berfungsi, semakin kamu akan diremajakan sampai ke tingkat sel.

8. Tidur Lebih Baik

Punya kebiasaan tidur yang unik

Diketahui melelahkan diri dengan bersepeda akan meningkatkan kualitas tidurmu. Para peneliti dari University of Georgia meneliti pria dan wanita berusia 20 ~ 85 tahun selama 35 tahun, dan menemukan bahwa penurunan kebugaran 2% untuk pria dan 4% untuk wanita mengakibatkan masalah tidur.

Salah satu penulis utama dalam penelitian itu, Dr Rodney Dishman, berkomentar bahwa penurunan kebugaran kardiorespirasi yang paling tajam terjadi di antara usia 40 serta 60 tahun. Penurunan ini juga terjadi ketika masalah durasi dan kualitas tidur meningkat.

Mencari penyebab di balik hubungan itu, ilmuwan menyebutkan hal itu bisa berupa pengurangan kecemasan, yang disebabkan oleh olahraga, yang meningkatkan kemampuan untuk tidur. Olahraga juga melindungi terhadap kenaikan berat badan seiring usia yang menjadi penyebab lain dari disfungsi tidur.

9. Berkurangnya Stres

Meringankan Stres (Copy)

Semua orang tahu bahwa olahraga bisa membantu mengurangi stres. Namun baru-baru ini sebuah studi di Lancet yang dilakukan terhadap lebih dari satu juta peserta menegaskan bahwa bersepeda merupakan salah satu kegiatan penghilang stres yang paling utama.

Pengendara sepeda mengalami masalah kesehatan mental lebih sedikit, sebanyak 21,6 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak bersepeda. Bersepeda berada di urutan kedua setelah olahraga beregu yang berjumlah 22,3 persen, dan di atas kegiatan aerobik dan olahraga lainnya.

10. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Imunitas

* sumber: getkion.com

Para peneliti dari Appalachian State University mempelajari 1000 orang dewasa sampai usia 85 tahun. Mereka menemukan bahwa ternyata olahraga mempunyai manfaat besar untuk kesehatan sistem pernapasan atas hingga mengurangi kejadian flu biasa.

Salah satu peneliti, Dr. David Nieman mengatakan orang-orang bisa menurunkan hari sakit sekitar 40 persen dengan melakukan olahraga aerobik pada sebagian besar hari dalam seminggu. Sementara di saat yang bersamaan, mereka juga mendapatkan banyak manfaat kesehatan terkait olahraga lainnya.

Selain Dr. David, ada juga Profesor Tim Noakes, dari Universitas Cape Town, Afrika Selatan, yang menyebutkan bahwa olahraga ringan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Mengapa memilih bersepeda? Itu karena dengan bersepeda ke tempat kerja bisa mengurangi waktu perjalananmu, dan membebaskanmu harus naik bus dan kereta yang bisa menyebabkan kamu terinfeksi oleh kuman.

Namun ada tapinya, yaitu bukti menunjukkan bahwa segera setelah latihan intensif, contohnya sesi latihan interval, sistem kekebalan tubuhmu akan turun. Tapi pemulihan yang memadai seperti makan dan tidur nyenyak bisa membantu untuk membalikkan keadaan ini.

Bersepeda merupakan salah satu olahraga yang sedang ngetren saat ini. Banyak sekali orang yang beralih ke sepeda sebagai pilihan olahraga mereka. Tak hanya itu, sepeda pun jadi alternatif kendaraan untuk ke kantor atau ke sekolah karena terbukti memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh dan mental.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *