Bacaterus / Kesehatan / Olahraga / 10 Manfaat Baik dari Olahraga Lari Untuk Kesehatan Tubuh

10 Manfaat Baik dari Olahraga Lari Untuk Kesehatan Tubuh

Olahraga lari merupakan jenis olahraga yang tentunya paling murah dan mudah dilakukan siapa saja, serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Tetapi sebelum melakukan olahraga lari, sebaiknya Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu supaya kaki tidak menjadi kaku dan juga untuk menghindari kram otot pada betis. Mulailah dengan berjalan selama 10-30 menit terlebih dahulu untuk menyiapkan kaki supaya kuat berlari Setelah itu mulailah berlari secara perlahan lalu tambahkan kecepatan dan durasi waktu lari sampai Anda mampu berlari selama 30 menit.

Sebaiknya olahraga lari dilakukan secara rutin setiap dua hari sekali selama 30-60 menit dengan ritme kecepatan yang konstan supaya kalori terbakar dengan benar. Anda tidak perlu cepat-cepat disaat berlari, serta Anda bisa melakukannya dengan menggunakan alat treadmill. Atau mungkin Anda lebih suka melakukannya diluar rumah sambil menikmati udara segar dan juga pemandangan sekitar.

Jika dilakukan dengan rutin, maka Anda bisa mendapatkan manfaat baik dari olahraga lari untuk kesehatan tubuh. Seperti berikut ini:

1. Menyehatkan jantung

jantung sehat

Olahraga lari memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja menjadi lebih baik. Bagi Anda yang perokok, penderita diabetes, dan juga penderita obesitas yang rutin melakukan olahraga lari biasanya memiliki kemungkinan kecil meninggal akibat penyakit jantung jika dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan olahraga lari.

Tetapi tentu saja sebaiknya Anda tidak merokok, tetap menjaga pola makan Anda dengan baik dan menjaga berat badan Anda supaya seimbang.

Menurut penelitian jika Anda berlari dengan kecepatan yang konstan atau tidak berubah dalam waktu beberapa menit maka dapat mencegah risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung. Jika Anda tidak sempat melakukan olahraga lari setiap hari, Anda bisa melakukannya seminggu 3 kali dengan durasi 30 menit sampai 1 jam setiap kali Anda melakukan olahraga lari.

2. Memperlancar aliran oksigen dalam darah

aliran oksigen

Olahraga lari dapat membuat paru-paru Anda lebih sehat karena dapat meningkatkan kemampuan paru-paru dalam menghirup udara lebih banyak. Paru-paru yang sehat dapat bekerja menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah dengan maksimal. Sehingga tubuh akan lebih sehat dan segar karena darah akan lebih lancar dalam membawa oksigen yang cukup ke setiap organ didalam tubuh.

Olahraga lari juga bermanfaat bagi Anda yang menderita asma, karena bisa mengurangi bunyi pada saat bernafas, dan nafas bisa lebih panjang seperti pada orang bukan penderita asma pada umumnya.

3. Menurunkan berat badan

berat badan

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan dengan cara sehat, selain menjaga asupan gizi makanan, Anda juga harus berolahraga. Olahraga lari bisa menjadi salah satu olahraga yang dapat Anda lakukan. Dan sebaiknya Anda melakukannya setiap hari selama 30-60 menit dengan ritme lari yang konstan supaya kalori Anda benar-benar terbakar.

Banyaknya kalori yang terbakar tergantung dari berat badan Anda, seberapa kecepatan lari Anda dan juga seberapa jauh jarak lari Anda. Menurut penelitian setidaknya untuk jarak 1,5 km Anda bisa membakar kalori sebanyak kurang lebih 100 kalori.

4. Baik untuk tulang

untuk tulang

Olahraga lari juga dapat merangsang pembentukan sel-sel tulang yang baru. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena osteoporosis di kemudian hari. Olahraga lari juga berperan penting supaya lutut menjadi lebih sehat. Karena olahraga lari dapat merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut. Sehingga dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul.

5. Mengurangi depresi

depresi

Kegiatan yang padat dan rutinitas yang itu-itu saja, biasanya akan membuat Anda bosan dan mudah stress. Anda bisa mengatasinya dengan melakukan olahraga lari di pagi hari. Karena udara pagi biasanya masih segar dan rendah polusi. Apalagi jika Anda tinggal di daerah yang masih banyak pepohonan atau mungkin tinggal di dekat pantai.

Disaat Anda berolahraga lari dengan melihat pemandangan yang indah dan menghirup udara yang segar, maka pikiran Anda akan lebih tenang. Sehingga dapat merangsang otak lebih aktif dan bisa memunculkan ide-ide baru yang berhubungan dengan pekerjaan Anda. Dan Anda pun bisa memulai hari dengan perasaan yang lebih gembira.

6. Meningkatkan kekebalan tubuh

kekebalan tubuh

Olahraga lari juga dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar. Dengan tubuh yang bugar maka kekebalan tubuh pun ikut meningkat. Sebuah studi menunjukkan, orang yang berolahraga selama satu jam sehari memiliki kemungkinan lebih rendah menderita infeksi saluran pernapasan daripada yang tidak aktif berolahraga. Sehingga Anda bisa menjadi lebih jarang terserang flu.

7. Meningkatkan kerja otak

kerja otak

Dengan melakukan olahraga lari hormon endocannabinoids yang muncul dapat menimbulkan perasaan senang. Sehingga dapat meningkatkan mood, dan membuat Anda lebih konsentrasi sepanjang hari. Serta mampu meningkatkan kualitas tidur sehingga Anda bisa tidur dengan nyaman dan lebih nyenyak sepanjang malam.

Selain itu, asupan oksigen yang lancar ke otak dapat membuat otak bekerja dengan lebih baik. Juga bisa membuat Anda terhindar dari demensia pada saat usia lanjut.

8. Kulit menjadi lebih sehat dan awet muda

sehat dan awet muda

Pada saat berolahraga, pastinya akan mengeluarkan keringat. Keringat akan mendorong kotoran yang mengendap pada pori-pori. Sehingga kulit akan menjadi lebih bersih, sehat, dan terhindar dari masalah kulit. Hal ini bisa membuat Anda tampak awet muda dan juga mencegah penuaan dini. Jadi Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dan kulit yang segar tanpa harus melakukan perawatan ekstrim seperti operasi plastik misalnya.

9. Mengencangkan otot tubuh

otot kencang

Olahraga apapun pastinya akan membuat otot tubuh menjadi lebih kencang. Termasuk juga pada olahraga lari. Jika dilakukan dengan rutin, maka Anda bisa mendapatkan betis yang lebih ramping, ukuran paha yang seimbang, dan juga otot panggul yang lebih kuat. Sehingga Anda bisa mendapatkan berat badan yang proporsional tanpa harus melakukan diet ketat. Tentunya Anda juga harus menjaga pola makan yang sehat ya.

10. Melancarkan metabolisme tubuh

metabolisme tubuh

Berolahraga, seperti pada olahraga lari, dapat meningkatkan kerja hormon didalam tubuh. Sehingga hormon dapat bekerja maksimal untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat, bugar dan tentu saja dapat mengurangi rasa pegal-pegal pada tubuh yang biasanya akan membuat Anda tidak nyaman beraktivitas. Anda juga bisa terhindar dari masalah pencernaan seperti sembelit lho.

Itulah beberapa manfaat baik dari olahraga lari untuk kesehatan tubuh Anda. Tetapi sebelum melakukan olahraga lari, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu jika Anda memiliki penyakit tertentu. Hal ini untuk mencegah terjadinya kesalahan yang dapat menyebabkan penyakit Anda kambuh atau memburuk. Dan jangan lupa minum air putih untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang setelah olahraga lari ya.

Jika Anda memiliki pengalaman berbeda dari 10 manfaat baik dari olahraga lari untuk kesehatan tubuh seperti diatas, silahkan berbagi pengalaman Anda tersebut pada kolom komentar yang tersedia. Selamat berolahraga lari ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Referensi dan Sumber Gambar :

About the Author:

Eva Tresna Nurhayati
35 thn, ibu rumah tangga, punya dua anak , jualan online, senang menjahit, menonton film, mendengarkan musik, membaca novel, memasak dan membuat cemilan sehat.

Leave A Comment