Bacaterus / Manfaat Tanaman / Mengagumkan! Ternyata Ini 10 Manfaat Okra Merah untuk Tubuh

Mengagumkan! Ternyata Ini 10 Manfaat Okra Merah untuk Tubuh

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Desember 2018

Ada begitu banyak tanaman yang tak terduga manfaatnya. Misalnya, cocor bebek yang biasanya hanya dirawat sebagai tanaman ternyata memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk melancarkan pencernaan dan meredakan sakit kepala. Begitu pun dengan okra merah, sayuran yang bentuknya seperti cabe besar ini juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh, lho.

Bagi Anda yang belum terbiasa mengonsumsi okra merah, mulai saat ini cobalah untuk mengonsumsi sayuran ini. Pasalnya, ada beberapa manfaat okra merah bagi kesehatan tubuh. Bacaterus akan membahas satu persatu manfaat dari sayuran ini. Yuk, mari simak pembahasan selengkapnya!

10 Manfaat Okra Merah untuk Tubuh

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh Manfaat Okra Merah

Kita semua tahu bahwa Vitamin C sangat penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Nah, jika Anda ingin mencari sumber Vitamin C alami, konsumsilah okra merah. Kandungan Vitamin C di dalam okra merah terbilang cukup tinggi, yakni dalam 100 gr okra merah terdapat 23 mg Vitamin C.

Dari kandungan Vitamin C di dalamnya kita semua tahu bahwa manfaat okra merah yang paling utama adalah sebagai sumber Vitamin C untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sayuran ini akan menguatkan sistem imunitas tubuh agar Anda tidak mudah sakit.

2. Memperbaiki kerusakan sel tubuh

Memperbaiki kerusakan sel tubuh

* sumber: www.evogood.com

Anda pasti tidak pernah mengira bahwa sayuran yang tidak lazim seperti okra merah ternyata memiliki manfaat untuk memperbaiki kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Okra merah mengandung protein nabati yang cukup tinggi. Tentu saja protein nabati jauh lebih baik dibanding protein hewani yang terdapat pada daging merah.

Salah satu manfaat protein adalah memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh. Selain itu, protein juga bermanfaat untuk mendorong pembentukan sel-sel tubuh baru.

3. Mengatasi stres

Hindari stres berlebihan

Sedang stres karena masalah pekerjaan atau kehidupan sehari-hari? Konsumsi saja sayur okra merah. Sayuran yang satu ini dapat mengatasi stres, lho! Bagaimana bisa?

Okra merah dapat merangsang produksi hormon dopamin dan serotonin alami di dalam tubuh. Apabila tubuh memproduksi dopamin dan serotonin lebih banyak, maka suasana hati akan menjadi lebih bahagia. Dengan kata lain, kedua hormon tersebut dapat mengurangi stres.

Kemampuan okra merah untuk memproduksi dopamin dan serotonin ini membuatnya dapat digunakan sebagai anti-depresan alami. Dari pada harus minum obat anti-depresan yang terbuat dari bahan-bahan kimia, mengapa tidak mengonsumsi okra merah saja yang dijamin alami?

4. Sebagai sumber serat alami

Sebagai sumber serat alami

* sumber: www.khasiatsehat.com

Okra merah adalah salah satu tanaman yang berserat tinggi. Jenis serat yang terkandung di dalam okra merah adalah serat larut seperti yang terdapat di dalam oatmeal. Tentu saja hal ini membuat okra merah cocok untuk diet menurunkan berat badan.

Manfaat okra merah lainnya adalah untuk menurunkan kadar kolesterol. Serat larut di dalam tanaman ini dapat mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam darah. Di samping itu, bagi Anda yang memiliki permasalahan sembelit, okra merah dapat melancarkan saluran cerna sehingga Anda bisa buang air besar secara teratur.

5. Meningkatkan hasrat seksual

Meningkatkan hasrat seksual

Seiring bertambahnya usia, hasrat seksual pun cenderung menurun. Apakah Anda berpikir untuk mengonsumsi obat kuat guna membahagiakan pasangan di atas tempat tidur? Sebaiknya buang jauh pikiran tersebut karena mulai saat ini Anda dapat meningkatkan hasrat seksual secara alami.

Konsumsi okra merah terbukti dapat meningkatkan hasrat bercinta. Kandungan magnesium di dalam sayuran inilah yang dapat membuat tubuh jadi lebih rileks. Selain magnesium, sayuran ajaib yang satu ini juga mengandung Vitamin B, Folat, Zinc, dan Zat Besi untuk memelihara kesehatan organ intim Anda.

6. Mengontrol gula darah

mencegah diabetes

Apakah Anda adalah penderita diabetes? Jika ya, okra merah adalah sayuran yang cocok untuk membantu Anda mengontrol gula darah. Sebagai penderita diabetes, Anda wajib menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Kandungan serat larut di dalam okra merah akan membantu Anda menstabilkan kadar gula darah. Pasalnya, serat larut yang terkandung di dalam okra merah ini akan meningkatkan kinerja hormon insulin, hormon yang berperan penting untuk mengontrol kadar gula darah. Bagi penderita diabetes ini adalah saat yang tepat untuk memasukkan sayur okra merah ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

7. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sebagai sayuran yang kaya antioksidan, tak heran jika salah satu manfaat okra merah lainnya adalah menghambat pertumbuhan sel kanker. Pertumbuhan sel kanker dapat meningkatkan stadium kanker dan menyebabkan metastasis kanker ke organ lain.

Penderita kanker yang mengonsumsi okra merah memiliki peluang sembuh lebih besar dibandingkan penderita kanker yang tidak mengonsumsi okra merah. Kandungan antioksidan akan menghambat pertumbuhan sel kanker. Perlu Anda ingat bahwa okra merah tidak seratus persen menyembuhkan kanker, Anda tetap harus menjalani pengobatan medis agar benar-benar terbebas dari kanker.

8. Mengobati asam urat

Mengobati asam urat

Penderita asam urat sering mengeluh kakinya sakit saat sedang berjalan. Kondisi ini tentu akan sangat menyiksa. Namun, ada pengobatan alami minim efek samping bagi penderita asam urat, yakni dengan mengonsumsi okra merah. Sayur yang satu ini mengandung beberapa senyawa yang dapat menurunkan kadar asam urat.

Dengan mengonsumsi okra merah secara teratur, maka gejala asam urat akan mereda. Akan tetapi, penderita asam urat juga wajib memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Pasalnya, penderita asam urat memiliki beberapa pantangan makanan, seperti jeroan, seafood, daging merah, dan makanan kaleng.

9. Mengurangi nyeri akibat penyakit lambung

Jagalah kesehatan lambung

Manfaat okra merah selanjutnya berhubungan dengan salah satu organ pencernaan, yaitu lambung. Kita semua tahu bahwa penyakit lambung tidak dapat disepelekan begitu saja. Anda harus menjaga pola makan secara teratur agar asam lambung tidak naik.

Ketika asam lambung naik, penderitanya akan merasa mual sampai ingin muntah dan rasa nyeri di perut. Okra merah adalah tanaman yang dapat menetralisir asam lambung. Anda dapat memanfaatkan sayuran ini untuk menurunkan asam lambung sehingga Anda tidak merasakan gejala mual dan muntah lagi.

10. Membantu pengobatan penyakit ginjal

Membantu pengobatan penyakit ginjal

Manusia memiliki dua buah ginjal. Keduanya berfungsi untuk menyaring racun pada makanan dan membuangnya melalui urine. Jika salah satu ginjal tidak berfungsi, maka ginjal yang satunya lagi dapat mengambil alih kerja ginjal yang tidak berfungsi. Akan tetapi, bila kedua ginjal tidak berfungsi, penderitanya harus menjalani cuci darah.

Okra merah dipercaya dapat membantu pengobatan penyakit ginjal. Di samping itu, sayuran ini juga dapat dikonsumsi untuk mencegah risiko penyakit ginjal.

10 manfaat okra merah ini benar-benar berguna bagi kesehatan tubuh. Sayuran ini bisa Anda konsumsi sebagai lalapan dengan cara direbus terlebih dahulu sampai matang. Selain itu, Anda juga bisa membuat tumis sayur okra merah. Jika tidak ingin mengonsumsi okra merah secara langsung, Anda dapat menggunakan sayuran ini sebagai bahan untuk membuat bumbu kari.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar