Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Desember 2018

Nasi merah yang diolah dari beras merah merupakan salah satu makanan pokok bagi orang Indonesia yang masih belum banyak diketahui manfaatnya secara keseluruhan. Banyak masyarakat umum yang hanya mengetahui manfaat nasi merah sebagai program diet saja.

Terlepas dari manfaatnya untuk diet, ada beberapa kandungan nasi merah yang sangat bermanfaat untuk tubuh, seperti Vitamin B Kompleks, E, K, protein serta mineral. Selain itu, nasi merah juga menjadi salah satu makanan yang banyak dikonsumsi oleh penderita diabetes, obesitas bahkan mereka yang memiliki penyakit gagal ginjal.

Yuk, ketahui sejumlah manfaat nasi merah untuk kesehatan agar Anda tidak ragu mengkonsumsinya. Bacaterus telah merangkum manfaat nasi merah dalam tulisan di bawah ini. Silakan disimak!

10 Manfaat Nasi Merah

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Manfaat Nasi Merah

* sumber: www.chowhound.com

Ada beberapa penelitian tentang kesehatan jantung menyatakan bahwa nasi merah dapat membuat jantung bekerja dengan baik. Kandungan selenium pada beras merah bermanfaat untuk kesehatan jantung. Selain itu, kandungan lainnya pada nasi merah dapat mengurangi plak pada darah yang berpotensi menimbulkan penyumbatan pada arteri di jantung.

Apabila kondisi jantung baik maka perlawanan kepada hipertensi dan penyakit vasikuler lainnya dapat dilakukan. Apalagi kandungan pada nasi merah dapat melawan protein endokrin angiostensin II yang merupakan salah satu sel yang dapat meningkatkan tekanan darah.

2. Mengontrol Penyakit Diabetes

Mengontrol Penyakit Diabetes

* sumber: dailypost.ng

Selain dapat menyehatkan jantung, nasi merah juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kalori dan indeks glikemik yang rendah pada nasi merah mampu mengurangi risiko kenaikan kadar glukosa dalam darah.

Selain itu, nasi merah juga mampu mengurangi peningkatan insulin dan mengatur volume insulin di dalam tubuh apabila dikonsumsi secara teratur dan dengan takaran yang pas. Beras merah juga kaya akan asam fitrat, serat, dan polifenol yang penting bagi kesehatan darah.

Apabila Anda adalah pasien diabetes, maka Anda wajib mengkonsumsi nasi merah secara rutin dengan mengganti nasi putih yang biasa Anda konsumsi. Pasalnya, asosiasi diabetes di Amerika juga sudah mencanangkan mengenai pentingnya pasien diabetes mengkonsumsi nasi merah untuk menjaga keseimbangan energi tubuhnya.

3. Mencegah Alzheimer

Mencegah Alzheimer

* sumber: getmedurgentcare.com

Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang banyak dialami oleh lansia. Penyakit ini ditandai dengan hilangnya memori ingatan dan susah untuk mengingat sesuatu baik secara jangka panjang maupun jangka pendek.

Alzheimer sendiri disebabkan oleh endopeptidase prolyl yang mana bisa dicegah dengan konsumsi nasi merah karena kandungannya yaitu asam Gama-aminobutyric. Selain alzheimer kandungan nasi merah dapat membantu proses pemulihan dimensia dan amnesia ringan.

4. Mencegah Obesitas

Mencegah Obesitas

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Obesitas merupakan salah satu masalah tersebar kesehatan di dunia. Menurut indeks yang dikeluarkan oleh WHO, prevalensi obesitas tertinggi di Dunia adalah Negara Kuwait. Persentase 42,8% dari populasi masyarakat di Kuwait mengalami obesitas. Artinya, 1 dari 2 orang di Kuwait mengalami obesitas yang cukup serius.

Obesitas sendiri adalah kondisi berat badan berlebih yang dapat membawa berbagai penyakit organ tubuh seperti diabetes, gagal jantung, hipertensi bahkan stroke dan berpotensi meninggal dunia.

Konsumsi nasi merah dapat meningkatkan aktivitas glutathion proxidase dan antioksidan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh. Selain itu, bagi Anda yang sedang melangsungkan program diet penurunan berat badan, nasi merah adalah sumber karbohidrat terbaik yang tidak akan meningkatkan berat badan Anda.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Nasi Merah

* sumber: www.zwitsal.co.id

Tahukah Anda bahwa nasi merah yang kaya akan vitamin, mineral dan komponen fenolik essesial? Kandungan-kandungan tersebut berperan penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan kata lain, konsumsi nasi merah setiap hari dapat mempercepat proses penyembuhan dan mampu melawan terjadinya infeksi di dalam tubuh.

Nasi merah dapat dikonsumsi menggunakan lauk pauk dengan gizi seimbang seperti sayuran hijau, daging, ikan laut, tahu tempe dan sebagainya. Meskipun awalnya terasa “aneh” karena kita terbiasa mengkonsumsi nasi putih, lama kelamaan Anda akan terbiasa memakan nasi merah.

6. Mengontrol Kolesterol dalam Darah

Menurunkan Kolesterol

* sumber: www.webmd.com

Nasi merah memiliki berbagai kandungan alami vitamin, mineral dan protein yang baik bagi kesehatan khususnya kesehatan kolesterol. Apalagi nasi merah juga memiliki kandungan minyak alami yang dapat menjaga kolesterol tetap stabil.

Konsumsi nasi merah dapat membantu meningkatkan serum dan kolesterol HDL (kolesterol baik) di dalam tubuh. Di samping itu, konsumsi nasi merah juga dapat mencegah meningkatnya trigliserida dalam liver karena kebiasaan mengkonsumsi alkohol.

7. Menurunkan Stress pada Ibu Hamil dan Menyusui

Menurunkan Stress pada Ibu Hamil dan Menyusui

* sumber: womensmentalhealth.org

Konsumsi nasi merah bagi ibu yang menyusui atau pasca melahirkan dapat mengurangi gangguan depresi, kecemasan atau baby blues. Hal ini disebabkan oleh kandungan enzim dan vitamin pada nasi merah yang mampu menyeimbangkan hormon di dalam tubuh.

Tak hanya itu saja, konsumsi nasi merah secara rutin juga mampu meningkatkan rasa nyaman pada ibu menyusui karena keseimbangan berat badan tubuh yang baik. Apalagi kandungan nasi merah juga diklaim mampu meningkatkan ketahanan tubuh pada ibu pasca melahirkan dan menyusui.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Meningkatkan Kesehatan Tulang

* sumber: healitwrap.com

Kali ini, manfaat nasi merah yang yang akan kami bahas ini ditujukan untuk remaja dan lansia. Pasalnya, konsumsi nasi merah dapat meningkatkan kesehatan tulang khususnya bagi remaja di masa pertumbuhan. Kandungan magnesium dan vitamin K pada nasi merah sangat berguna bagi kesehatan tulang dan membantu pertumbuhan tulang.

Selain itu, nasi merah juga mampu mencegah osteoporosis, arthritis dan demineralisasi pada tulang sejak usia dini. Konsumsi nasi merah khususnya sebagai pengganti nasi putih memberikan manfaat yang cukup besar bagi kesehatan tulang, khususnya bagi para lansia yang rentan mengalami kerapuhan tulang.

9. Mencegah Kanker

Mencegah Kanker

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Kanker merupakan salah satu penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Penyakit ini diakibatkan karena pertumbuhan sel abnormal dan menyebar luas ke berbagai organ. Kanker disinyalir mampu merenggut nyawa penderitanya apabila tidak ditangani dengan cepat.

Salah satu kandungan dalam nasi merah yaitu fenol essensial mampu membantu proses pencegahan munculnya sel baru yang abnormal. Fenol essensial sendiri meliputi tricin, asam ferulat, dan asam caffeic. Nasi putih juga memiliki kandungan tersebut tapi jauh lebih rendah dibanding nasi merah.

Sifat fenolik ini dapat membantu menghambat bertumbuhnya sel kanker pada usus besar, payudara, dan beberapa organ lainnya. Anti tumor pada dedak nasi merah juga sangat membantu proses pencegahan kanker di dalam tubuh.

10. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

* sumber: foodrevolution.org

Serat di dalam nasi merah mampu membawa kebaikan pada pencernaan khususnya pada daerah usus besar. Di samping itu, nasi merah juga efektif membuat Anda merasa kenyang lebih lama ketika mengkonsumsi sekitar 250 gram nasi merah setiap sekali makan.

Nasi merah juga mencegah terjadinya penyerapan asam dan kelembaban dan dapat membuat retensi tekstur yang lebih halus dibanding nasi putih.

Itulah beberapa hal mengenai pentingnya konsumsi nasi merah bagi kesehatan. Tentunya Anda wajib mengkonsumsi nasi merah secara teratur. Jika ingin mulai mengkonsumsi nasi merah, beli beras merah berkualitas melalui Bukalapak di link ini.

Kalau Anda punya masalah dengan nasi yang terlalu lembek, baca artikel cara membuat nasi lembek menjadi keras ini agar nasi lembek tersebut tidak dibuang begitu saja.

[sharethis-inline-buttons]