Bacaterus / Serba Serbi / Tanaman / Tak Hanya Enak, Inilah 10 Manfaat Nanas Madu untuk Tubuh

Tak Hanya Enak, Inilah 10 Manfaat Nanas Madu untuk Tubuh

Nanas bisa hidup di mana saja, tapi nanas tumbuh dengan sangat baik di daerah dengan iklim tropis seperti Indonesia. Nanas tumbuh subur dan lebat sekali di negara kita tercinta ini. Jenis nanas di Indonesia pun ada bermacam-macam, salah satu yang paling terkenal adalah nanas madu.

Nanas madu bukan nanas yang mengeluarkan madu, ya. Sebenarnya nanas madu adalah hasil persilangan buah nanas. Lalu, apa yang membedakan nanas madu dengan nanas biasa? Jika dilihat dari segi kandungannya, nanas madu tidaklah terlalu berbeda dengan nanas lainnya.

Mungkin yang paling membedakan nanas madu dengan nanas lainnya adalah bentuknya, aroma, dan cita rasanya. Berikut adalah ciri-ciri nanas madu supaya Anda tidak keliru membandingkannya dengan nanas jenis lain:

  • Ukuran nanas madu cenderung lebih besar, baik itu ukurannya secara fisik maupun dari mata kulitnya.
  • Kulit nanas madu berwarna kuning-oranye ketika telah matang.
  • Aroma nanas madu tercium sangat harum dan lebih kuat dibandingkan nanas lainnya.
  • Daging nanas madu lebih tebal daripada jenis nanas lainnya.
  • Yang paling membedakan nanas lainnya dengan nanas madu adalah rasa. Biasanya nanas terasa masam, bukan? Kalau cita rasa nanas madu itu sangat manis dan segar, makanya nanas ini disebut sebagai nanas madu karena rasanya manis seperti sudah disuntik oleh madu.

Nah, tadi itu sedikit penjelasan mengenai ciri khas nanas madu, supaya Anda tidak kebingungan saat akan membelinya. Sekarang, mari kita masuk ke pembahasan utama, yaitu 10 manfaat nanas madu untuk tubuh.

Manfaat Nanas Madu

1. Mengobati Batuk & Flu

Manfaat nanas madu yang pertama adalah untuk mengobati dan mencegah batuk flu. Dengan cuaca yang sedikit-sedikit panas lalu tiba-tiba hujan seperti di Indonesia ini, wajar kalau banyak orang yang mudah terserang penyakit batuk dan flu.

Jangan melulu minum obat! Anda dapat meredakan batuk flu dengan mengonsumsi nanas madu. Si manis nanas madu mengandung Vitamin C tinggi yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Sebagaimana telah diketahui khalayak umum bahwa sistem imun sangat penting untuk menangkal virus dan bakteri yang dapat membuat tubuh kita jadi sakit.

Tak cuma Vitamin C, sama seperti nanas lainnya, nanas madu juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengendorkan dinding lendir saat Anda terjangkit batuk flu. Walaupun batuk flu Anda sudah sembuh, tetap konsumsi nanas madu sebagai pencegahan di masa depan, ya.

2. Bagus untuk Pencernaan

Bagus untuk Pencernaan

Siapa di sini yang sedang kena sembelit? Selain batuk flu, masalah pencernaan juga paling sering dialami orang-orang, apalagi untuk orang yang kurang suka minum air putih dan makan buah serta sayur. Supaya pencernaan jadi lancar, konsumsi lah nanas madu secukupnya.

Seperti kebanyakan buah lainnya, nanas mengandung serat yang berfungsi untuk membantu kelancaran sistem pencernaan. Yang dimaksud sistem pencernaan di sini bukan hanya menyembuhkan konstipasi, ya.

Tapi, maksudnya adalah sistem pencernan secara keseluruhan, mulai dari membantu penyerapan vitamin dan mineral, membuang ampas (eksresi), hingga membuang virus dan bakteri yang dapat mengancam imun tubuh Anda.

3. Redakan Mual

Obati Asam Urat

Siapa yang suka merasa mual? Kadang mual datang setelah Anda makan sesuatu yang bersantan, minum yang bersoda, mencicipi atau mencium sesuatu yang menjijikkan, setelah di perjalanan panjang, asam lambung naik, dan lain sebagainya. Anda biasanya mencari yang segar-segar untuk meredakan mual, kan? Kenapa mencari yang segar saja ketika ada nanas madu yang dapat meredakan mual secara efektif?

Semua jenis nanas mengandung banyak air, sehingga dapat mengobati dehidrasi secara cepat. Nanas juga dapat menetralkan asam lambung dan mengobati peradangan lambung berkat kandungan enzim bromelain yang bersifat antiinflamasi. Makanya, selalu bawa potongan atau jus nanas madu ketika Anda bepergian jauh, ya.

4. Mengurangi Sakit Menstruasi

Setiap wanita pasti mengalami menstruasi. Bedanya, ada yang biasa saja dan ada yang merasa kesakitan setiap kali menstruasi datang. Buat para wanita yang mengalami rasa sakit luar biasa setiap haid, Anda harus tahu kalau nanas madu dapat mengatasi rasa sakit tersebut. Kandungan zat antioksidan dalam nanas madu mampu memberantas rasa sakit haid bulanan Anda.

Masalah saat menstruasi tak hanya rasa sakit di daerah perut dan selangkangan saja, tapi juga gangguan emosi seperti bad mood, gelisah, dan lain sebagainya. Semua keluhan menstruasi sebenarnya dapat diatasi dengan nanas madu. Kandungan mangan dalam nanas madu dapat meredakan otot tegang dan kram perut serta memperbaiki mood wanita yang sedang datang bulan.

5. Kuatkan Tulang, Gigi, dan Gusi

Kuatkan Tulang

Manfaat nanas madu yang selanjutnya adalah untuk bagian dalam tubuh, yaitu tulang, gigi, dan gusi. Sebagaimana kita ketahui, tulang sangat penting untuk tubuh kita. Jika diibaratkan dengan rumah, tulang adalah pondasi tubuh kita.

Tulang juga merupakan tempat organ tubuh kita menempel dan terlindung dari bahaya di luar sana. Dan gigi juga termasuk tulang yang penting karena gigi kita butuhkan untuk makan dan gigi juga yang membentuk wajah kita. Tak hanya gigi, daging yang melapisi gigi yaitu gusi juga sangat penting dijaga kesehatannya.

Nah, untuk menjaga tiga elemen ini, Anda bisa mengonsumsi nanas madu secara rutin. Nanas madu memiliki kandungan mangan yang berfungsi untuk menguatkan tulang. Setiap harinya, kita membutuhkan mineral mangan sebanyak 20 miligram. Dengan makan satu potong nanas madu saja sudah mencukupi kebutuhan mangan harian Anda, loh.

6. Obati Rematik

Manfaat nanas madu yang ke-6 adalah dapat menjadi obat rematik atau asam urat. Nanas madu mengandung zat antiinflamasi dan dapat meningkatkan kadar Superoksida Dismutase (SOD) dalam tubuh. Jika kandungan SOD di tubuh kita tinggi, maka kemungkinan kerusakan sistem sendi akan semakin kecil.

Sehingga, dapat disimpulkan nanas madu dapat meredakan gejala, mengurangi bengkak, hingga mempercepat proses penyembuhan asam urat.

7. Kontrol Kolesterol

Setiap orang, mau yang tubuhnya gemuk atau pun kurus, dapat berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi. Soalnya kolesterol tidak dapat dilihat dari fisik seseorang, karena penyakit ini terjadi di dalam tubuh. Kolesterol adalah pemicu dari berbagai macam penyakit mematikan seperti stroke dan jantung. Untuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil, Anda dapat mengonsumsi nanas madu secara rutin.

8. Cegah Diabetes

Cegah Diabetes

* sumber: food52.com

Yuk, cegah diabetes sejak dini dengan nanas madu! Telah diteliti, bahwa nanas madu dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh, sehingga dapat mencegah kemungkinan diabetes di masa depan.

Selain menjaga kadar kolesterol dalam tubuh, kandungan mangan juga berfungsi dalam mengontrol Anda yang memiliki riwayat penyakit gula darah. Nanas madu juga cocok dikonsumsi untuk Anda yang ingin terhindar dari penyakit diabetes.

9. Cegah Kanker Payudara

Cegah Kanker Payudara

Kanker payudara adalah pembunuh sadis. Kanker payudara merupakan penyakit terganas kedua setelah kanker rahim. Walaupun paling sering dialami oleh perempuan, tidak menutup kemungkinan pria juga bisa terjangkit penyakit ini.

Untuk mencegah kanker payudara, Anda bisa rutin mengonsumsi nanas madu. Buah ini mengandung kalsium, fosfor, dan mineral kalium yang dapat mencegah risiko semua jenis kanker, termasuk kanker payudara.

10. Kecantikan Kulit

Yang terakhir di manfaat nanas madu adalah untuk kecantikan kulit. Sudah menjadi resep turun temurun kalau nanas madu sering digunakan sebagai pelembut dan pelembab kulit serta bibir. Bahkan nanas madu juga dapat dipakai untuk perawatan kuku agar sehat dan cantik.

Untuk memanfaatkannya, Anda bisa membuat masker dari nanas madu. Bahan yang Anda perlukan adalah 1 sdm nanas madu yang sudah diblender lembut dan 1 sdt madu murni (tanpa rasa). Aduk kedua bahan tersebut, lalu aplikasikan pada wajah menggunakan kuas masker atau jari.

Masker nanas madu sangat bagus untuk orang dengan semua jenis kulit. Akan tetapi, untuk orang yang kulitnya sensitif, menggunakan masker nanas madu murni tanpa tambahan apa-apa mungkin bisa mengiritasi kulit Anda. Maka dari itu, disarankan untuk Anda menambahkan calming ingredients seperti madu atau yogurt.

Nah, itu dia sepuluh manfaat nanas madu versi Bacaterus. Selain semua manfaat yang sudah kami bahas di atas, nanas juga merupakan menu diet paling ideal. Nanas mengandung 85% air dan sisanya adalah serat, sehingga mencukupi kebutuhan vitamin, mineral, air, dan serat harian Anda. Perut Anda juga akan terasa kenyang lebih lama jika mengonsumsi nanas madu sebelum makan berat. Selamat mencoba!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Syuri
Syuri, ’94 liner, make up enthusiast, smeraldo flower admirer, calico cat snuggler.

Leave A Comment