Bacaterus / Susu / 10 Manfaat Minum Yakult dan Porsi Tepat untuk Meminumnya

10 Manfaat Minum Yakult dan Porsi Tepat untuk Meminumnya

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Siapa yang tak kenal dengan Yakult? Minuman probiotik asal Jepang ini begitu terkenal dan digemari di Indonesia. Minuman ini tak hanya dikenal karena cita rasanya yang sedikit asam, tapi juga karena slogan iklannya yang ikonik: “saya minum dua”.

Yakult sendiri diyakini memiliki sejumlah manfaat di dalamnya. Adapun sejumlah manfaat mengonsumsi Yakult sudah Bacaterus rangkum dalam tulisan berikut ini.

10 Manfaat Minum Yakult

1. Memperbanyak Jumlah Bakteri “Baik” pada Usus

* sumber: www.bloomberg.com

Ini adalah manfaat meminum Yakult yang sering disebutkan di dalam setiap iklannya. Yakult sendiri memang memiliki bakteri “baik” yang bisa bertambah di dalam tubuhmu setelah kamu meminumnya: L. casei shirota strain.

Bakteri baik yang jumlahnya ditingkatkan oleh Yakult itu sangat bermanfaat bagi usus kita. Dengan banyaknya jumlah bakteri ‘baik’ di dalam usus, maka usus kita bakal kebal dari bakteri ‘jahat’ yang mengancam usus kita.

2. Menyehatkan Usus

* sumber: food.detik.com

Manfaat minum Yakult ini masih berhubungan dengan manfaat sebelumnya. Karena usus menjadi lebih kebal setelah meminum Yakult, maka usus pun bisa menjadi sehat dan terhindar dari sejumlah penyakit berisiko. Misalnya: sembelit, diare, dan radang usus.

Usus sendiri memang organ pencernaan yang penting dan harus dijaga permasalahannya. Hal itu disebabkan karena usus adalah organ yang kelak bakal menyebarkan nutrisi makanan yang kita konsumsi ke seluruh tubuh, serta menjadi organ yang memisahkan dan membuang zat tak berguna dalam makanan yang kita konsumsi.

3. Mengobati Perut Kembung

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Perut kembung merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan konsumsi makanan berlemak yang berlebihan. Gangguan kesehatan tersebut biasanya diawali dengan sejumlah gejala, seperti: perut terlihat lebih besar dibanding sebelumnya, sering kentung, dan juga sering bersendawa.

Untuk mengatasinya, kamu bisa meminum Yakult secara rutin. Yakult sendiri memiliki sifat probiotik di dalamnya. Sifat tersebut kelak dapat membantu perutmu mengatasi makanan berlemak di dalam perutmu. Dengan begitu, perutmu pun bakal terselamatkan dari gangguan perut kembung yang mengganggu.

4. Mencegah dan Mengatasi Sakit Lambung

* sumber: www.honestdocs.id

Yakult sering sekali tidak dianjurkan untuk diminum oleh penderita sakit lambung. Hal itu disebabkan dari cita rasa minuman ini yang asam. Walau begitu, sebagian pihak justru menganjurkan meminum Yakult, baik untuk mencegah maupun mengobati sakit lambung.

Seperti yang dijelaskan di poin nomor 1, Yakult memiliki kemampuan untuk menambah jumlah bakteri ‘baik’ di dalam tubuh. Bakteri ‘baik’ yang bisa dihasilkan Yakult sendiri rupanya tak hanya berlaku untuk usus, tapi untuk organ tubuh lainnya, termasuk lambung.

Bertambahnya bakteri ‘baik; pada lambung setelah meminum Yakult akan membuat lambung lebih kuat, sehingga sakit lambung pun bisa dicegah dan diobati.

5. Menurunkan Kadar Lemak

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Bagi kamu yang menjalani program diet, meminum Yakult bisa menjadi pilihan tepat buatmu. Sifat probiotik pada Yakult adalah alasan mengapa kamu dapat melakukannya. Sifat yang ada pada Yakult itu diyakini dapat mengikat lemak dalam tubuh, sehingga lemak pun tidak menumpuk lagi di tubuhmu.

Dengan demikian, tubuhmu pun bakal terhindar dari kenaikan berat badan disebabkan oleh lemak di tubuhmu. Agar manfaat ini makin terasa, kamu harus melengkapinya dengan mengonsumsi makanan sehat, serta berolahraga secara proporsional.

6. Mencegah dan Mengatasi Eksim

* sumber: www.honestdocs.id

Meminum Yakult rupanya juga cocok bagi penderita eksim, guna mencegah dan mengobati penyakit mereka. Bakteri Lactobacillus casei shirota strain yang dihasilkan oleh Yakult adalah alasan mengapa hal itu bisa terjadi.

Kandungan bakteri yang dihasilkan Yakult itu bakal membantu kulitmu menyembuhkan eksim secara perlahan. Meminum Yakult pun bisa menjadi langkah pencegahan eksim yang baik, asal kamu meminumnya secara rutin plus rajin merawat kulitmu.

7. Detoks Alami

* sumber: dibagikan-aja.blogspot.com

Bakteri Lactobacilus casei shirota strain pada Yakult rupanya juga membuat minuman ini menjadi detoks alami tubuhmu. Bakteri tersebut merupakan bakteri ‘baik’ yang membantu tubuhmu mengatasi racun-racun yang ada.

Itulah mengapa meminum Yakult bisa menjadi detoks alami buat tubuhmu. Untuk bisa mendapatkan manfaat ini, kamu tentu harus meminumnya secara rutin. Dan jangan lupa, imbangi pula dengan berolahraga dan makan makanan sehat, ya!

8. Membantu Ibu Hamil Ketika Hendak Buang Air Besar

* sumber: www.familyeducation.com

Para ibu yang mengandung biasanya bakal mengalami kesulitan BAB. Kesulitan ini biasanya diatasi dengan cara mengejan saat melakukan BAB. Cara tersebut sebaiknya harus dihindari, karena akan sangat membahayakan janin dalam kandungan.

Sebagai gantinya, ibu hamil bisa mengonsumsi Yakult, paling tidak 2 kali sehari. Kandungan gizi di dalam Yakult mampu membantu melancarkan pencernaan, khususnya bagi ibu hamil. Dengan begitu, ibu hamil pun bisa BAB dengan lancar tanpa takut membahayakan janin di perutnya.

9. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis pada Organ Pencernaan

Menjaga Kesehatan Pencernaan

* sumber: foodrevolution.org

Organ pencernaan adalah salah satu organ penting di dalam tubuh. Organ ini adalah pusat di mana makanan kita diserap gizinya, dan dibuang sisanya. Bila organ ini tidak dijaga dengan baik. bukan tak mungkin sejumlah penyakit kronis akan menyerang.

Untuk mencegahnya, kamu harus meminum Yakult secara rutin. Dengan meminumnya, organ pencernaanmu bakal lebih kuat dan terjaga, sehingga tidak terserang oleh sejumlah penyakit. Dengan begitu, tubuhmu pun niscaya akan lebih sehat.

10. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: odishasuntimes.com

Selain mencegah pencernaanmu dari penyakit kronis, meminum Yakult juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuhmu. Ini lagi-lagi tak lepas dari kandungan bakteri Lactobacillus casei shirota strain pada minuman satu ini.

Bakteri yang dianggap bakteri ‘baik’ itu rupanya bisa membantu imun di tubuh kita agar semakin kuat. Dengan semakin kuatnya imun, maka tubuh kita pun bisa lebih kebal dari bakteri ‘jahat’ yang bisa menimbulkan penyakit di tubuh kita.

Porsi Tepat untuk Meminum Yakult

* sumber: beritaterupdate-terkini.blogspot.com

Agar kamu bisa mendapatkan semua manfaat di atas, kamu wajib meminum Yakult dalam dosis yang tepat. Semakin tepat dosis yang kamu pakai, maka semakin besar manfaat yang kamu dapat. Dosis meminum Yakult yang tepat berlaku bagi semua orang yang hendak meminum Yakult: entah itu anak-anak maupun dewasa.

Adapun dosis yang tepat tersebut adalah maksimal 2 botol perhari. Sangat sesuai dengan slogan iklan yang mereka pakai: “Saya Minum Dua”. Sayangnya dosis tersebut tak berlaku bagi yang terkena diabetes atau penyakit berbahaya lainnya.

Bagi penderita diabetes dan penyakit berbahaya lainnya, sebaiknya berkonsultasi dahulu saat hendak meminum Yakult. Berkonsultasi dengan dokter dapat membantumu mengetahui dosis yang tepat untuk meminum Yakult, sesuai dengan penyakit yang diderita.

Yakult merupakan minuman probiotik asal Jepang yang amat populer di Indonesia. Minuman ini dikenal karena kemasannya yang menarik; cita rasanya yang manis agak asam; serta slogan iklannya yang ikonik.

Selain itu, Yakult pun juga punya sejumlah manfaat saat diminum. Sepuluh manfaat di atas adalah beberapa di antaranya. Selama kamu meminumnya dalam dosis yang pas, niscaya kamu bakal mendapatkan sejumlah manfaat di atas.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar