Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Februari 2019

Air zam-zam merupakan salah satu mata air yang sudah cukup terkenal ke seluruh penjuru bumi termasuk Indonesia. Tentu saja air zam-zam ini sudah dikenal hampir oleh seluruh masyarakat Indonesia terutama umat islam karena sejarah dari air zam-zam itu sendiri berasal dari daerah timur tengah dengan balutan unsur agama Islam.

Sejarah air zam-zam ini berawal dari nabi Ismail, bayi yang kehausan dan kemudian menghentakkan kedua kakinya ke atas tanah. Kemudian, dengan mukjizat Tuhan muncul mata air menyembur dari dalam tanah dan kemudian diberi nama zam-zam yang artinya mengumpul. Hingga saat ini, air-zam zam masih tetap ada dan tak kunjung ada habisnya.

Air zam-zam berada di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Ka’bah, Makkah, Saudi Arabia. Biasanya air ini dibawa sebagai buah tangan oleh para jemaat haji dan umrah dari berbagai negara karena keistimewaannya. Air zam-zam dipercaya membawa kebaikan dan dapat menjadi media dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Semua ini dibuktikan dengan banyaknya penelitian yang dilakukan, salah satunya penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan asal Jepang yang meneliti komposisi dari air zam-zam. Hasilnya sangat mencengangkan karena air zam-zam memiliki butiran kristal unik yang tak dimiliki oleh air jenis apapun di dunia.

Selain itu, tak sedikit orang yang mempercayai bahwa air zam-zam membawa kebaikan dan bermanfaat bagi kesehatan dengan membuktikannya sendiri. Apa saja manfaat luar biasa dari air zam-zam ini bagi kesehatan? Dapatkan informasi selengkapnya berikut ini.

8 Manfaat Air Zam-Zam

1. Mengobati Berbagai Macam Penyakit

Mengobati berbagai macam penyakit

* sumber: ausathmedia.wordpress.com

Air zam-zam memiliki kandungan yang baik untuk tubuh seperti mineral, kalsium, serta garam magnesium yang tinggi. Selain itu, air zam-zam juga memiliki zat alami bernama florin yang bermanfaat membunuh serta mencegah berbagai bakteri yang ada pada tubuh sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan kuatnya sistem kekebalan tubuh, maka akan menjadikan tubuh semakin sehat, kuat, dan lebih terhindar dari berbagai penyakit. Beberapa penyakit ganas yang dapat menyebabkan kematian, seperti kanker, juga dapat disembuhkan dengan air ini.

Bahkan beberapa orang telah membuktikannya sendiri, misalnya seorang jemaat umrah asal Palestina yang tak bisa melihat karena bola matanya yang tiba-tiba memutih. Beberapa waktu lalu, tiba-tiba mendapatkan keajaiban setelah meminum air zam-zam ini sehingga ia bisa kembali melihat.

2. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Meningkatkan metabolisme

* sumber: ibudanmama.com

Metabolisme berperan mengubah lemak menjadi tenaga sehingga kita senantiasa berenergi dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Metabolisme ini juga bermanfaat membakar lemak yang menumpuk pada bagian tubuh tertentu, seperti lengan, perut, dan bagian kaki sehingga tubuh dapat terlihat lebih kecil dan langsing.

Dengan metabolisme yang baik, tentu saja akan berdampak baik pula terhadap kesehatan karena lemak pada tubuh dapat dikontrol sebaik mungkin. Sebaliknya, jika metabolisme bekerja secara lambat, maka beberapa dampak buruk pada tubuh dapat terjadi seperti penumpukan lemak hingga obesitas.

Untuk menghindari lambatnya metabolisme tubuh, kamu bisa mengonsumsi air zam-zam karena bermanfaat melancarkan metabolisme tubuh. Namun ada baiknya selain mengonsumsi air zam-zam juga diiringi dengan kegiatan berolahraga secara rutin agar khasiatnya dapat terasa secara maksimal.

3. Memperbaiki Sirkulasi Darah

* sumber: segiempat.com

Sirkulasi darah sangat berpengaruh terhadap seluruh organ tubuh terutama jantung. sirkulasi darah yang baik dapat menghantarkan kebaikan terhadap organ tubuh lainnya dengan cara menyalurkan darah dan oksigen yang terkandung di dalamnya sehingga seluruh organ tubuh tak kekurangan oksigen yang baik.

Selain itu, lemak jahat dalam tubuh juga dapat menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah yang berpotensi menyebabkan kematian. Untuk itu, konsumsilah air zam-zam sebagai alternatif untuk memperbaiki sirkulasi darah dan pencegahan terhadap tersumbatnya pembuluh darah yang diakibatkan oleh lemak jahat dalam tubuh.

Selain itu, konsumsilah makanan rendah lemak dan tinggi nutrisi seperti buah dan sayuran agar tubuh lebih sehat dengan sirkulasi darah yang baik.

4. Meregenerasi Kulit

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat selanjutnya dari air zam-zam yaitu untuk kesehatan kulit yang mana air zam-zam ini dapat meregenerasi sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru yang tentunya lebih baik dan fresh.

Regenerasi kulit ini sangat diperlukan lagi bermanfaat mengangkat sel kulit mati yang kusam, mencerahkan kulit, melembabkan serta melembutkan permukaan kulit. Kamu bisa mendapatkan kulit yang indah dan terawat tanpa perawatan mahal. Caranya hanya membasuhkan air zam-zam pada kulit atau menggunakannya untuk wudhu bagi orang Islam.

5. Menyehatkan Tulang dan Gigi

* sumber: journal.20fit.co.id

Tulang dan gigi merupakan dua organ tubuh yang saling berkaitan dan saling membutuhkan asupan kalsium yang baik agar tidak mengalami kerusakan atau pengeroposan sebelum waktunya. Pengeroposan pada tulang atau yang sering disebut Osteoporosis merupakan gejala yang diakibatkan oleh kurangnya asupan kalsium.

Osteoporosis ini biasanya terjadi pada orang dewasa hingga lanjut usia. Untuk menghindari dari risiko terjadinya penyakit ini maka kamu harus memenuhi kebutuhan kalsium yang diperlukan oleh tulang, salah satu caranya bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi air zam-zam.

Air zam-zam memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi sehingga bermanfaat sebagai pencegahan terhadap penyakit yang menyerang pada tulang dan gigi sehingga tulang dan gigi akan semakin sehat dan kuat.

6. Baik untuk Ibu Hamil

Menurunkan Stress pada Ibu Hamil dan Menyusui

* sumber: womensmentalhealth.org

Selain kaya akan manfaat, air zam-zam sama sekali tak menyebabkan efek samping bagi tubuh dan aman dikonsumsi oleh semua kalangan termasuk ibu hamil dan menyusui. Air zam-zam memberikan banyak sekali manfaat terhadap ibu hamil dan menyusui karena kandungannya yang baik dan menutrisi tubuh.

Air zam-zam dapat membuat ibu hamil yang biasanya sering merasa lelah dan keletihan menjadi berenergi dan bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari sambil membawa calon buah hati dalam kandungannya. Air zam-zam juga dapat menguatkan dinding rahim dimana janin tumbuh dan berkembang di dalamnya.

Tentu saja dengan dinding rahim yang kuat akan meminimalisir risiko keguguran atau hal lain yang tak diinginkan. Selain itu, air zam-zam dengan segala kandungannya yang baik bagi tubuh bermanfaat memberikan asupan nutrisi pada janin dalam kandungan sehingga janin dapat berkembang sempurna dengan asupan nutrisi yang tercukupi.

7. Detoksifikasi Tubuh

Meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh

Berbagai macam racun dan bakteri berbahaya sering kali tak kita sadari ikut serta terbawa dalam makanan yang kita konsumsi sehingga menyebabkan berbagai gejala dalam tubuh. Untuk menghindari berbagai gejala pada tubuh yang diakibatkan oleh bakteri tentu saja kita harus mengeluarkannya dari dalam tubuh kita.

Bagaimana caranya? Air zam-zam bisa menjadi solusinya. Air zam-zam adalah air yang mengandung anti bakteri sebagaimana telah dibuktikan dengan penelitian di Arab Saudi sehingga air zam-zam ini dapat membunuh kuman dan bakteri dalam tubuh, lalu mengeluarkannya atau yang sering disebut detoksifikasi. Selain itu, pada sumur zam-zam tak ditemukan lumut atau mikro organisme lain sehingga menjamin kualitas airnya.

8. Menghilangkan Rasa Lapar

* sumber: www.wartapilihan.com

Air zam-zam memiliki dua kandungan mineral yang baik bagi tubuh yaitu kalsium dan magnesium. Kandungan ini dapat menambah dan meningkatkan energi dalam tubuh sehingga tubuh tak akan mudah terasa lelah dan kelaparan. Sebagai buktinya para jemaat haji yang melakukan aktivitas melelahkan di Arab saudi tetap sehat dan bugar.

Selain itu, air zam-zam berbeda dengan air lainnya karena bersifat menyerupai makanan yang mampu mengenyangkan. Hal ini sangat cocok untuk kamu yang hendak melakukan diet sehat karena air zam-zam mampu menahan lapar dan sumber energi bagi tubuh sehingga tak akan menyebabkan rasa lelah dan kelaparan.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dari air istimewa bernama zam-zam. Tak ada kata yang bisa mendeskripsikan betapa istimewanya air tersebut karena sekilas terlihat seperti air biasa namun kandungan dan juga manfaatnya tak terkira.

Bukan hanya untuk kesehatan saja, bahkan konon air ini bermanfaat dapat mewujudkan niat asalkan dengan niat yang baik dan percaya atas mukjizat Tuhan yang tak pernah bisa dihitung. Terlepas dari itu semua, percaya atau tidak, tak sedikit orang yang telah menjadi saksi dan membuktikan keistimewaan air zam-zam ini.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menggali informasi dan memperluas wawasan. Jika punya informasi lainnya seputar manfaat air zam-zam bisa tuliskan di kolom komentar, ya.

[sharethis-inline-buttons]