Bacaterus / Mie Instan / Ini Dia 6 Manfaat Mie Instan & Cara Mengolahnya yang Benar

Ini Dia 6 Manfaat Mie Instan & Cara Mengolahnya yang Benar

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Mi instan merupakan makanan yang paling lazim dikonsumsi. Cara membuatnya yang mudah dan harganya yang murah adalah beberapa alasan mengapa bahan makanan ini begitu digemari dan lazim dikonsumsi.

Di Indonesia, mi instan pertama kali muncul pada 1968. Adapun mi pertama yang muncul saat itu adalah Supermie. Empat tahun berselang (1972), muncul satu mi instan baru yang kelak menjadi mi instan terpopuler di Indonesia bahkan dunia: Indomie.

Mi instan sendiri seringkali dianggap sebagai makanan yang kurang bermanfaat. Hal itu disebabkan bahan dari makanan ini yang mayoritas adalah bahan-bahan kimiawi. Itulah mengapa makanan ini selalu dianjurkan untuk tidak terlalu sering dikonsumsi.

Walau begitu, mi instan rupanya memiliki sejumlah manfaat. Lalu, apa saja manfaat dari makanan berbahan dasar tepung terigu ini? Kalau kamu mau tahu, simak informasi dari Bacaterus ini.

Manfaat Mie Instan

1. Pengganti Nasi

* sumber: mychinesekitchen.com

Karbohidrat merupakan salah satu zat yang dapat memberi energi pada tubuh kita. Zat tersebut biasanya bisa kamu temukan dalam sepiring nasi. Walau begitu, karbohidrat sendiri rupanya bisa kamu temukan di dalam makanan lain, termasuk mi instan.

Saat kamu butuh asupan karbohidrat namun tidak menemukan nasi, maka kamu bisa menjadikan mi instan sebagai penggantinya. Mi instan sendiri sangat baik untuk dijadikan pengganti nasi, mengingat bentuknya yang unik dan kaya akan bumbu.

Walau bisa menjadi pengganti nasi, kamu sebaiknya jangan menjadikan mi instan setiap hari. Mengonsumsi mi instan secara terus-menerus akan membuat pencernaanmu mengalami masalah.

2. Mengontrol Berat Badan

* sumber: www.foodandwine.com

Mi instan memiliki kandungan kalori yang rendah. Oleh karenanya, makanan ini sangat cocok untuk yang ingin mengontrol berat badannya dengan cara mengonsumsi makanan rendah kalori. Dengan menyantap mi yang rendah kalori, tubuhmu bakal lebih mudah membakar cadangan kalori yang kelak membuat berat badanmu turun.

Walaupun bisa mengontrol berat badan, bukan berarti kamu bisa menjadikan mi instan sebagai menu diet. Hal itu disebabkan kandungan pada makanan ini lumayan tinggi. Kalau kamu salah mengonsumsinya, bisa-bisa diet yang kamu lakukan berakhir dengan kegagalan.

Kalaupun memang ingin menyantap mi sebagai menu diet, maka cobalah beli mi instan yang khusus bagi pelaku diet. Adapun salah satu contoh mi tersebut adalah Mi Tropicana Slim. Mi satu ini cocok untuk pelaku diet karena memiliki lemak yang tiga kali lebih rendah dibanding sejumlah mi lainnya.

3. Membantu Mengoptimalkan Kinerja Tubuh

* sumber: es.videoblocks.com

Mi instan memiliki kandungan zat besi yang lumayan tinggi. Zat tersebut sangat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot serta mengurangi kelelahan. Dengan begitu, kinerja tubuhmu pun akan semakin optimal.

Jadi, bila kamu sedang butuh makanan yang dapat menguatkan tubuh, maka mi instan bisa menjadi pilihan tepat. Walau begitu, sebaiknya kamu jadikan mi instan sebagai pilihan alternatif saja, terutama jika kamu tidak menemukan makanan lain yang lebih baik dan mampu menguatkan tubuh.

4. Mengembalikan dan Menambah Nafsu Makan

* sumber: www.videoblocks.com

Kalau kamu lagi kurang nafsu makan, mi instan bisa menjadi santapan yang tepat. Mi instan memiliki bumbu yang kaya, serta aroma yang sedap. Kedua hal itu tentu bisa menjadikan mi instan mengundang selera makanmu yang berkurang atau hilang.

Selain mengembalikan nafsu makan, mi instan juga dapat menambah nafsu makanmu. Hal itu disebabkan kandungan karbohidrat pada makanan ini yang bersifat semu. Karbohidrat semu pada mi instan membuat orang yang menyantapnya mudah lapar kembali, sehingga nafsu makan orang tersebut bisa bertambah.

5. Melengkapi Asupan Gizi di Dalam Tubuh

Bila diteliti lebih dalam, mi instan rupanya punya sejumlah nutrisi di dalamnya. Vitamin A, vitamin B Kompleks, Kalsium, dan protein adalah beberapa di antaranya. Banyaknya kandungan gizi di dalam makanan ini bisa melengkapi asupan gizi di dalam tubuhmu kelak.

Agar nutrisinya lebih kuat, kamu bisa menambahkan sayur-sayuran saat mengolah mi instan nanti. Walau kaya nutrisi, namun kualitas nutrisi pada mi instan tidaklah setinggi makanan lain yang lebih sehat. Dengan demikian, sebaiknya kamu hanya menjadikan mi instan sebagai alternatif atau pelengkap yang dapat menambah nutrisi tubuhmu saja.

6. Cocok Sebagai Makanan Darurat

* sumber: vitals.lifehacker.com

Bila kamu sangat kelaparan dan tak punya bahan makanan yang bisa diolah, maka mi instan bisa menjadi makanan darurat. Harganya yang murah dan cara membuatnya yang tidak begitu lama, adalah alasan mengapa makanan ini cocok disantap di saat situasi genting.

Mi instan sendiri bisa menjadi makanan darurat yang menyenangkan. Hal itu tak lepas dari varian rasanya yang beragam. Dari rasa yang paling kasual seperti Ayam Bawang hingga rasa unik seperti Mie Aceh, bisa kamu temui dalam sebungkus mi instan.

Cara Mengolah Mie Instan Agar Bermanfaat

* sumber: cookingwithdog.com

Agar manfaat mi instan makin terasa, mi instan sebaiknya jangan asal diolah. Kamu harus mengolah makanan itu dengan sebaik-baiknya, sehingga kamu pun bisa merasakan manfaatnya. Adapun cara mengolah mi instan yang baik sendiri bisa kamu simak di bawah ini:

  • Perhatikan “Saran Penyajian” di Dalam Bungkus Mi Instan

Dalam bungkus mi instan, kamu pasti bakal menemukan tulisan “Saran Penyajian”. Tulisan tersebut lazimnya berisi panduan bagaimana cara mengolah mi instan tersebut. Kalau nanti kamu hendak mengolah mi instan, kami sarankan untuk membuatnya sesuai dengan yang tercantum dalam “Saran Penyajian”.

Membaca “Saran Penyajian” dalam bungkus mi instan bakal membuatmu tahu bagaimana cara membuat mi instan dengan baik dan higienis. Dengan membuatnya secara baik dan higienis, maka mi instan yang kamu hasilkan akan jauh lebih layak disantap dan bermanfaat untukmu.

  • Tambahkanlah Sayur-Sayuran

Di poin 5, kami sudah menyarankanmu untuk menambah sayur-sayuran dalam olahan mi instanmu nanti. Selain untuk menambah kandungan gizi pada mi instan, sayur-sayuran mi instan juga dapat menetralkan racun kimia yang terkandung dalam mi instan. Adapun sayur-sayuran yang bisa kamu pakai adalah: tomat; buncis; cabai; kacang panjang; wortel; dan juga kol.

  • Membuang Air Rebusan Pertama

Saat kamu merebus mi instan, air rebusan yang kamu pakai bakal menguning warnanya. Seringkali, air tersebut tidaklah langsung dibuang, apalagi jika sedang membuat mi rebus. Padahal, air tersebut sebaiknya kamu buang. Apalagi, kalau kamu sungguhan ingin mendapatkan manfaat mi instan.

Air rebusan pertama mi instan mengandung zat-zat kimia yang tidak sehat. Jadi, kamu harus membuangnya setelah kamu merebus mi instanmu nanti. Cara ini memang cukup merepotkan. Tapi, tidak ada salahnya kan jika kamu mau mencobanya?

Meskipun dianggap berbahaya, ternyata mi instan memiliki sejumlah manfaat di dalamnya. Selama kamu bisa mengolahnya dengan benar dan mengonsumsinya secara wajar, maka kamu bisa mendapatkan manfaat dari makanan lezat satu ini. Jadi, masih tertarik untuk menyantap mi instan? Jangan lupa untuk turut membaca artikel bahaya konsumsi mie instan secara berlebihan ini agar kamu mampu membatasi konsumsi makanan ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar