Bacaterus / Roti / 10 Manfaat Mengonsumsi Roti Tawar yang Perlu Diketahui

10 Manfaat Mengonsumsi Roti Tawar yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 Agustus 2019

Hampir semua orang menyukai roti tawar. Roti yang berbahan utama tepung gandum ini umumnya dijadikan sebagai menu sarapan atau pengganti makanan pokok. Roti tawar tidak hanya bisa membuat perut kita kenyang, lho. Ya, ternyata, ada beberapa manfaat mengonsumsi roti tawar lainnya yang wajib untuk diketahui.

Nah, untuk itu, Bacaterus akan membahas mengenai manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari mengonsumsi roti tawar. Penasaran, kan? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini!

Macam-Macam Roti Tawar

Nah, sebelum membahas mengenai manfaat mengonsumsi roti tawar, bacaterus akan membagikan informasi tentang berbagai macam roti tawar yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia. Roti apa sajakah itu? Berikut daftarnya.

1. White Bread

manfaat mengonsumsi roti tawar

* sumber: dinnerthendessert.com

Yang pertama ada white bread atau roti putih. Roti ini terbuat dari tepung gandum.  Nah, roti tawar berwarna putih ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis roti yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia.

Roti jenis ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau diberi tambahan selai hingga taburan meises. Tak sedikit dari masyarakat kita yang mengonsumsi roti jenis ini dengan susu kental mani di atasnya. Ada pula yang menjadikannya roti untuk sandwich. Kini, roti jenis ini hadir dalam berbagai varian rasa, mulai dari yang original, pandan hingga cokelat.

2. Roti Gandum

Roti Gandum

Selanjutnya, ada roti gandum. Roti gandum ini termasuk salah satu jenis roti yang sehat dan biasanya dikonsumsi oleh mereka yang sedang diet. Roti gandum punya tekstur kasar dan warnanya kecokelatan.

Roti gandum dikabarkan mengandung lebih banyak serat ketimbang roti tawar putih. Nah, roti gandum yang terbaik yang bisa kamu konsumsi adalah roti gandum utuh alias whole-wheat bread. Roti gandum utuh ini lebih sehat ketimbang roti gandum biasa, lho.

Dikutip dari kompas, butiran biji gandum dalam roti gandum utuh ini benar-benar masih memiliki bagian asli dari gandumnya. Karena itulah, roti gandum utuh sangat kaya akan nutrisi. Ada lemak sehat, vitamin B hingga mineral yang berguna untuk kesehatan tubuh manusia di dalam roti jenis ini.

3. Baguette

Baguette

* sumber: www.kingarthurflour.com

Baguette yang dikenal juga dengan nama French Bread adalah roti asal Prancis yang memiliki bentuk sangat panjang serta ukurannya tergolong besar. Roti yang satu ini punya tekstur keras di luar namun lembut di dalam.

Baguette yang terbuat dari bahan utama seperti tepung, air, ragi juga garam ini biasa dikonsumsi dengan cara dicelupkan ke dalam minuman seperti teh dan kopi, hingga diolesi selai.

4. Focaccia

focaccia manfaat mengonsumsi roti tawar

* sumber: www.inspiredtaste.net

Focaccia adalah roti asal Negeri Menara Pisa yang adonannya mirip dengan pizza. Focaccia biasa digunakan untuk membuat sandwich hingga menjadi makanan pendamping dari ragam jenis masakan italia. Roti ini juga tak jarang dijadikan makanan pembuka alias appetizer dan juga camilan.

5. Pain au Levain

manfaat mengonsumsi roti tawar pain au levain

* sumber: makanaibio.com

Pain au Levain adalah roti berbentuk bulat yang terbuat dari adonan asam atau sourdough. Roti ini berasal dari Prancis. Menurut cooksinfo, roti ini bisa tetap segar lebih lama ketimbang roti lainnya yang dibuat dari ragi. Hal ini disebabkan karena roti ini menggunakan adonan asam tadi. Pain au Levain umumnya disajikan sebagai makanan pembuka.

6. Frankenbrot

frankenbrot

* sumber: www.baeckerei-knott.at

Selanjutnya ada roti asal Jerman yang dikenal dengan nama frankenbrot. Roti yang satu ini punya bentuk yang hampir serupa dengan baguette, roti asal Prancis. Namun, frankenbrot yang terbuat dari tepung gandum hitam alias rye ini tak memiliki ukuran yang panjang layaknya baguette.

Manfaat Mengonsumsi Roti Tawar

Setelah membahas tentang macam-macam roti tawar yang dikonsumsi masyarakat dunia, Bacaterus akan mengulas mengenai pembahasan utama kali ini, yakni manfaat mengonsumsi roti tawar. Nah, kamu penasaran, bukan? Yuk, simak langsung saja pembahasan berikut ini!

1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Melancarkan Sistem Pencernaan

* sumber: www.quickanddirtytips.com

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, roti tawar banyak mengandung serat. Nah, salah satu manfaat dari mengonsumsi serat adalah untuk memperlancar sistem pencernaan di tubuh kita. Ya, jadi bukan cuma sayuran dan buah saja yang bisa memenuhi kebutuhan serat harian dan memperlancar sistem pencernaan tubuh. So, konsumsilah roti tawar seperti roti gandum utuh agar pencernaan kita tetap lancar.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mencegah Penyakit Jantung

* sumber: www.healthxchange.sg

Seperti yang sudah disebutkan di atas, roti gandum memiliki banyak kandungan nutrisi yang mampu menghindarkan tubuh dari berbagai macam penyakit kronis.

Dilansir dari IDNtimes, mengonsumsi roti tawar juga dapat mencegah timbulnya penyakit jantung, lho. Mengapa? Karena roti gandum memiliki kemampuan menghapus akumulasi kolesterol pada arteri, sehingga kesehatan jantungmu akan tetap terjaga.

3. Sumber Karbohidrat

Karbohidrat

* sumber: eazysafe.com

Roti tawar dikenal juga sebagai pengganti dari makanan pokok kita, yakni nasi. Yup, roti tawar punya kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Sehingga, mengonsumsi beberapa lembar roti tawar sebagai menu sarapan bisa membuat kamu tetap kenyang dan tidak kehabisan tenaga saat beraktivitas.

4. Baik untuk Kesehatan Tulang

Memperkuat Tulang

* sumber: www.ezfit.sg

Roti tawar yang sehat ternyata memiliki kandungan kalsium yang cukup dan tentunya baik untuk menjaga kesehatan tulang. Buat kamu yang ingin kesehatan tulangnya tetap terjaga dan terhindar dari penyakit seperti osteoporosis, pertimbangkan untuk mengonsumsi roti tawar yang sehat dalam keseharian, ya.

5. Mencukupi Kebutuhan Vitamin

Jika Roti Tersangkut..

* sumber: www.businessinsider.com.au

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, roti tawar, khususnya roti gandum utuh mengandung vitamin B dan mineral. Nah, bukan hanya bisa menjaga kesehatan tubuh dari serangan penyakit kronis, mengonsumsi roti tawar jenis ini juga bisa membantu mencukupi kebutuhan vitamin.

6. Mengatasi Kapalan

cara mengobati kapalan di telapak tangan dan kaki

Roti tawar juga ternyata bisa mengobati masalah pada kulit seperti kapalan, lho. Menurut keterangan dari blogunik, kamu tinggal merendam roti tawar di dalam cairan cuka untuk kemudian ditaruh di bagian kaki yang terkena kapalan selama semalaman agar kapalan di kakimu menghilang.

7. Menurunkan Berat Badan

* sumber: www.health.com

Siapa di antara kamu yang putus asa karena selalu gagal diet alias menurunkan berat badan? Tenang, ada banyak jalan untuk mendapatkan berat badan ideal. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi roti tawar saat sarapan di pagi hari. Tapi, usahakan untuk memilih roti tawar dengan kandungan nutrisi yang lebih banyak, ya.

9. Menjadikan Kue Tetap Awet

Roti tawar juga bisa membantu menjadikan kue tetap awet. Menurut bernas, cara mudah untuk mengawetkan kue adalah dengan menutupi potongan kue menggunakan roti tawar. Roti tawar diklaim bisa membantu menjaga tekstur dan rasa kuenya agar tetap nikmat saat disantap.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Menjaga Kesehatan Wajah

* sumber: www.lavieaesthetics.com.sg

Salah satu manfaat mengonsumsi roti tawar lainnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit. Menurut penuturan dari IDNtimes, roti gandum dapat mencegah penuaan dini berkat kandungan vitamin E yang dikandungnya. Selain itu, kandungan vitamin B dan juga protein dalam roti gandum dapat membuat kulit wajah kamu tetap sehat.

Nah, sampai di sini pembahasan bacaterus mengenai manfaat mengonsumsi roti tawar beserta ulasan mengenai macam-macam roti tawar yang sering dikonsumsi masyarakat dunia. Gimana, kamu makin semangat dan tertarik untuk menjadikan roti tawar sebagai menu sarapan sehari-hari?

Jika Anda tertarik untuk menjadikan roti tawar sebagai menu makan Anda, coba juga resep dan rekomendasi 10 Olahan Roti Tawar yang enak dan lezat ini, ya.

Oh ya, kalau kamu punya informasi menarik lainnya seputar manfaat mengonsumsi roti tawar, silakan sampaikan langsung melalui kolom komentar yang tersedia.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar