Bacaterus / Buku / 10 Fakta dan Manfaat dari Membaca Buku yang Harus Diketahui

10 Fakta dan Manfaat dari Membaca Buku yang Harus Diketahui

Ditulis oleh - Diperbaharui 13 Januari 2019

Apakah kamu hobi membaca buku? Buku apa yang selalu kamu baca? Berapa banyak buku yang kamu baca setiap harinya? Membaca buku merupakan kegiatan yang seharusnya rutin dilakukan setiap hari, karena memang membaca buku memiliki sangat banyak manfaat bagi manusia, selain mendapatkan informasi baru.

Membaca buku juga ternyata bisa meningkatkan konsentrasi dan kecerdasan otak kita, lho. Bukan hanya itu saja, masih ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku secara rutin. Ingin tahu? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak fakta mengenai 10 manfaat dari membaca buku di Bacaterus.

10 Fakta dan Manfaat Membaca Buku

1. Meningkatkan Kecerdasan

Meningkatkan Kecerdasan

* sumber: hankgarner.com

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa memang membaca buku dapat meningkatkan kecerdasan, bahkan hal ini juga dinyatakan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Anne E. Cunningham dari University of California Berkeley.

Hal ini juga sempat dikatakan oleh Dr. Seuss, “The more that you read, the more things you will know.” Jadi, semakin banyak kamu membaca, semakin banyak hal yang kamu ketahui.

Dengan banyak hal yang kamu ketahui, otomatis kamu akan lebih cerdas dan lebih banyak tahu dibandingkan kamu jarang membaca buku. Misalnya saja, jika ada anak yang rajin dan terbiasa membaca buku, maka anak tersebut akan selangkah lebih pintar dibandingkan dengan anak-anak yang kurang membaca buku.

2. Meningkatkan Rasa Empati

* sumber: positivepsychologyprogram.com

Manfaat selanjutnya adalah, membaca buku dapat membuat kamu lebih berempati terhadap orang lain. Membaca buku yang bagus, terbukti dapat memudahkan kamu untuk saling berhubungan atau berkomunikasi dengan orang lain.

Menurut penelitian yang telah diterbitkan oleh Science, jenis buku fiksi, sastra misalnya, secara khusus memiliki kekuatan untuk membantu pembacanya memahami apa yang dipikirkan orang lain, dengan cara membaca emosi orang lain. Dan ternyata, dampaknya jauh lebih besar untuk mereka yang membaca buku jenis fiksi sastra dibandingkan dengan mereka yang membaca nonfiksi.

3. Meningkatkan Memori

Meningkatkan Memori

* sumber: bigthink.com

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Ken Pugh, direktur di Yale’s Haskins, menyatakan bahwa membaca dapat meningkatkan memori. Membaca juga mengaktifkan bagian otak kita untuk berpikir sehingga memori kita dapat terus meningkat.

Orang yang lebih banyak membaca pasti memiliki otak yang kompleks. Apakah yang dimaksud dengan otak yang lebih kompleks? Itu berarti, kegitan mental pada saat membaca bisa membantu menjaga ingatan tetap tajam.

Selain membantu dan memperbaiki ingatan kamu, membaca juga dapat mencegah penyakit alzheimer. Menurut penelitian di The Rush University Medical Center di Chicago, penyakit alzheimer dapat dicegah dengan terbiasa melakukan kegiatan yang dapat merangsang mental dan melatih otak, salah satunya dengan cara membaca.

Hal itu dapat membantu kita untuk tetap mengingat sesuatu hal dan dapat berpikir lebih keras. Jadi, semakin banyak kamu membaca dan merangsang otak kamu, maka kamu akan membuat memori bekerja lebih baik.

4. Dapat Mengurangi Stres

*

Ada alasan ilmiah mengenai manfaat yang satu ini. Menurut peneliti The Mindlab International at the University of Sussex, membaca hanya dalam waktu 6 menit saja dapat membantu seseorang untuk mengurangi tingkat stress hingga 68%.

Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang membaca saat sedang stres maka keadaannya menjadi lebih rileks dibandingkan dengan orang yang mencoba menghilangkan stres dengan berjalan kaki atau mendengarkan musik.

Menurut Dr. Lewis, orang di balik penelitian tersebut, menyatakan bahwa ketika kamu membaca jenis buku apapun, kamu harus selalu fokus pada bacaan tersebut. Fokus pada saat membaca membuatmu merasa senang. Selain itu, kamu dapat menenangkan diri dari berbagai kekhawatiran yang kamu alami. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menghilangkan stres dengan cara membaca?

5. Kegiatan yang Menyenangkan

* sumber: www.entrepreneur.com

Fakta selanjutnya, membaca adalah kegiatan yang sangat menyenangkan. Bagaimana tidak, saat membaca buku, di dalamnya terdapat berbagai cerita yang menceritakan tentang berbagai hal kejadian.

Misalnya, Anda membaca cerita dengan tema komedi, horor, petualangan, dan lain-lain, maka kamu akan terhanyut dalam cerita yang ada di buku tersebut dan hal itu akan membawa kamu berimajinasi juga memberikan kesenangan tersendiri.

Selain itu, kamu bisa membaca saat sedang merasakan kesedihan, cobalah untuk membaca buku-buku kesukaanmu. Setelah itu, kamu akan merasakan suasana hati yang baik lagi.

6. Menambah Pengetahuan

* sumber: jthorsson.com

Membaca adalah proses belajar, dengan membaca buku jenis apapun, maka akan menambah pengetahuan apapun yang kamu baca. Dengan banyaknya pengetahuan yang kamu dapatkan dari membaca, alhasil kamu akan menjadi lebih percaya diri. Pengetahuan yang kamu dapatkan dari membaca tersebut dapat berguna untuk kehidupan yang akan datang.

7. Meningkatkan Kemampuan Analisis

* sumber: www.blogsaays.com

Manfaat yang dapat kamu rasakan saat membaca adalah, meningkatnya kemampuan analisis kamu. Pada saat kamu selesai membaca novel, kamu secara otomatis akan mulai menganalisis karakter, tokoh, konflik, dan hal lain yang ada pada novel.

Kamu akan berpikir mengenai semua hal yang bersangkutan dengan novel, alhasil secara tidak langsung, kamu sedang melakukan analisis. Juga, kamu akan berpikir lebih kritis terhadap bacaan tersebut. Ketika kamu dituntut untuk mendiskusikan bacaan itu maka kamu dapat mengungkapkan pendapat dengan jelas dan rinci.

8. Menambah Kosakata

* sumber: comicphonics.com

Semakin kamu sering membaca maka semakin banyak kamu menemukan penjelasan yang baru dan belum kamu ketahui sebelumnya. Kamu bisa menemukan istilah-istilah baru, misalnya kamu membaca novel tentang kedokteran, maka kamu bisa menemukan istilah-istilah tentang penyakit, rumah sakit, bahkan peralatan kedokteran.

Terlebih kamu adalah seorang penulis, maka sangat diharuskan untuk sering membaca. Mengapa? Dengan banyak membaca maka akan mengasah kemampuan menulis kamu, misalnya kamu akan mudah untuk memilih kosakata yang pas untuk tulisan yang kamu buat.

9. Membuat Kualitas Tidur yang Lebih Baik

* sumber: www.nps.org.au

Apakah kamu terbiasa membaca buku sebelum tidur? Perlu kamu ketahui bahwa membaca buku sebelum tidur akan memberikan manfaat yang bagus untuk kualitas tidur kamu. Pilihlah bacaan fiksi untuk merelaksasi pikiran, sehingga tubuhmu benar-benar tenang dan dapat tidur dengan nyenyak.

10. Dapat Meningkatkan Konsentrasi

* sumber: www.timeshighereducation.com

Pada zaman sekarang, banyak orang yang sulit untuk konsentrasi dan fokus pada satu hal. Penelitian telah membuktikan bahwa dalam rentang 5 menit, rata-rata orang akan membagi waktunya antara mengerjakan tugas, memeriksa email, mengobrol dengan beberapa orang melalui obrolan online, melihat sosial media dan handphone mereka.

Perilaku tersebut akan membuat kita terus-menerus terganggu dengan hal lain tanpa bisa fokus pada satu hal, dan itu membuat tingkat stres semakin bertambah dan menurunkan produktivitas kita.

Untuk itu, pada saat sedang membaca buku, cobalah untuk fokus pada bacaannya dan tidak mudah terpengaruh dengan kegiatan lainnya. Jadi, jika ingin meningkatkan konsentrasi, maka cobalah membaca selama 15 sampai 20 menit, sehingga kamu akan terbiasa fokus dan konsentrasi pada satu hal yang akan kamu kerjakan.

Wah, ternyata banyak ya manfaat dari membaca buku itu. Mulai sekarang, ayo biasakan setiap hari untuk membaca buku supaya manfaat itu dapat kita rasakan. Bagaimana, apakah kamu merasakan salah satu dari 10 manfaat di atas? Ayo ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar. Selamat membaca!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar