Bacaterus / Bahan Dapur / Segudang Manfaat Mayonnaise yang Dapat Mempermudah Hidupmu

Segudang Manfaat Mayonnaise yang Dapat Mempermudah Hidupmu

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 November 2019

Mayonnaise umumnya digunakan sebagai campuran makanan atau dijadikan sebagai saus. Sebagian orang menggunakan mayonnaise sebagai saus untuk salad atau camilan mereka. Saus yang terbuat dari kuning telur, cuka, minyak dan bumbu ini salah satu bahan alami yang tidak hanya enak untuk dimakan.

Tetapi bermanfaat untuk tubuh dan memiliki segudang manfaat lainnya yang bisa mempermudah hidupmu lho! Jika kamu punya sisa mayonnaise di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk banyak hal seperti di bawah ini.

1. Menjaga Kesehatan Rambut

Menjaga Kesehatan Rambut (Copy)

Bagi kamu yang ingin memiliki rambut sehat tanpa harus pergi ke salon, kamu bisa lho memanfaatkan mayonnaise untuk menjaga kesehatan rambut. Menurut penelitian mengungkapkan bahwa mayonnaise sangat baik untuk menguatkan rambut dan menjaganya tetap sehat.

Kandungan nabati dan proteinnya membantu memperkuat rambut dari akar ke ujungnya. Ini juga akan membantu merawat rambut yang kusam dan berantakan. Karena kandungan mayonnaise memberi nutrisi dan melembapkan rambut kamu.

Selain itu kandungan L-sistein dan asam amino dalam mayonnaise juga membantu menyehatkan kulit kepala untuk meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Sebagian orang bahkan menggunakan mayonnaise untuk kondisioner rambut supaya mempertahankan kilau rambut.

2. Membasmi Kutu Rambut

Membasmi Kutu Rambut (Copy)

Kutu adalah salah satu masalah yang menyerang rambut dan membuat rasa gatal yang tidak nyaman. Sebenarnya terdapat beberapa obat kimia untuk mengatasinya. Namun kamu bisa menggunakan mayonnaise sebagai obat alami. Penggunaan mayonnaise adalah salah satu perawatan paling efektif untuk kutu rambut.

Mayonnaise dapat membunuh kutu rambut secara alami dan tentunya aman. Caranya oleskan mayonnaise ke rambut dan kulit kepala sambil dipijat. Kemudian tutup dengan shower cap dan diamkan selama semalaman. Saat pagi hari, bilas rambutmu dengan shampoo dan sisir dengan sisir yang bergigi halus. Ulangi perawatan ini selama 7 hingga 10 hari sampai kutu rambutmu hilang.

3. Mengatasi Ketombe Rambut

Mengatasi Ketombe Rambut (Copy)

Kulit kepala terasa gatal akibat ketombe? Ternyata penggunaan shampoo saja tidak cukup! Kamu bisa menggunakan mayonnaise untuk menghilangkan ketombe. Mayonnaise mengandung cuka yang merupakan bahan efektif untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit kepala dan produksi minyak.

Produksi minyak berlebih adalah salah satu penyebab ketombe. Menggunakan mayonnaise dapat menenangkan kulit kepala sambil membuka sumbatan dan mengencangkan folikel rambut. Sehingga membantu mengekang ketombe.

4. Melindungi Warna Rambut

Melindungi Warna Rambut (Copy)

Bagi kamu yang senang mewarnai rambut, tentu kamu juga butuh merawatnya untuk melindungi rambut berwarna. Rambut yang diwarnai dan seringkali mengalami proses di salon cenderung memiliki kutikula yang rusak. Kutikula yang rusak dan tidak tertutup rapat cenderung mengeluarkan warna yang jauh lebih cepat pudar daripada kutikula yang sehat.

Cara mengatasinya, kamu bisa menggunakan mayonnaise untuk membantu menghaluskan kutikula dan melindungi warnanya.

5. Melembutkan Kulit Tubuh

Melembutkan Kulit Tubuh (Copy)

Jika kamu memiliki kulit yang kering atau sedikit kasar, seperti pada bagian siku, lutut, atau tumit kamu bisa menggunakan mayonnaise untuk perawatan tubuh lho! Mayonnaise memiliki nutrisi yang membantu meningkatkan kelembapan dan mengurangi kerutan. Kandungan protein dan minyak alami dapat mengembalikan cahaya kulit.

Bahkan mayonnaise juga bisa mengeksfoliasi kulit mati di tubuh. Caranya gosokkan mayonnaise pada bagian tubuh yang ingin kamu perbaiki. Diamkan selama 15 sampai 20 menit. Lalu bilas dengan memijat kulit untuk meningkatkan sirkulasi. Kemudian gunakan pelembap atau lotion kamu untuk mengunci kesegarannya.

6. Masker Wajah

Masker Wajah (Copy)

Tidak hanya tubuh, mayonnaise juga aman digunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Mayonnasie membantu kulit tetap lembut, membuat kulit bercahaya dan sehat. Kandungannya kaya akan telur dan minyak. Selain itu mayonnaise adalah hidrator kulit alami terbaik yang dapat menjaga kelembapan di sel-sel kulit kering kamu.

Gunakan mayoonaise sebagai masker wajah. Cukup oleskan satu sendok teh mayonnaise ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 hingga 20 menit. Lalu bilas dengan air dingin. Wajahmu akan terasa bersih dan lembap.

7. Memperkuat Kuku

Memperkuat Kuku (Copy)

Apakah kukumu mudah terkelupas atau patah? Salah satu cara untuk menguatkannya adalah mengolesi mayonnaise ke setiap kuku jari selama lima menit. Mayonnaise mengandung lemak yang memberi nutrisi dan memperkuat kutikula kuku dengan menghidrasinya. Untuk mendapatkan kuku yang kuat, oleskan mayonnaise dan gosokkan dengan lembut.

Setelah itu bilas dengan air hangat. Hasilnya kuku kamu akan terlihat cerah dan kutikula menjadi lembap. Selain itu mayonnaise juga melembutkan telapak tangan kamu.

8. Mengatasi Kulit yang Terbakar

Mengatasi Kulit yang Terbakar (Copy)

Jika terlalu lama beraktivitas di luar ruangan atau sedang bermain di pantai, sebagian orang akan merasakan kulit yang tersengat sinar matahari. Mayonnaise dapat digunakan sebagai obat untuk meringankan sunburn. Karena mayonnaise mengandung vitamin K dan E yang membantu memperbaiki sel kulit, menurunkan peradangan, mendinginkan kulit, dan mengurangi kemerahan.

Oleskan mayonnaise pada kulit yang terkena sunburn dan diamkan selama 10 menit. Gunakan juga pada kulit yang terasa sakit untuk mendapatkan hasil yang menenangkan. Kemudian bilas dengan air hangat.

9. Menghilangkan Noda atau Bekas Tempelan Stiker

Tidak hanya bermanfaat untuk tubuh, mayonnaise juga bisa kamu manfaatkan untuk memperbaiki barang-barang kesayanganmu. Salah satunya adalah menghilangkan noda atau bekas tempelan stiker pada suatu benda.

Mungkin kamu sering mengalami kesulitan untuk membersihkan lem stiker saat baru membeli barang baru. Daripada membeli produk mahal untuk menghilangkan bekasnya, kamu bisa menggunakan mayonnaise untuk mendaptkan permukaan benda yang bersih dan halus.

Caranya pun mudah, cukup tutupi bagian yang lengket tersebut dengan mayonnaise dan diamkan selama beberap amenit. Lalu bersihkan dengan kain lembut. Mayonnaise juga bisa membersihkan bagian roda, motor, mobil, kaca, bahkan bumper. Praktis bukan?

10. Mengkilapkan Furniture Rumah

Mengkilapkan Furniture Rumah (Copy)

Biasanya saat kita sedang minum kopi di rumah dan diletakkan di atas meja akan menimbulkan bekas berbentuk lingkaran. Tentunya hal itu mengotori bagian permukaan meja. Kamu bisa membersihkannya dengan mengoleskan mayonnaise dan menghapusnya dengan lap. Selain bersih, mayonnaise akan membuat meja menjadi mengkilap.

Selain itu, mayonnaise juga bisa mengatasi retakan kecil pada furniture. Caranya tempelkan mayonnaise selama beberapa hari untuk melepaskan minyak dan protein yang akan membuat kayu membengkak dan mengecilkan retakannya. Mayonnaise juga bisa mengkilapkan barang yang berbahan stainless steel.

11. Mengkilapkan Tanaman Rumah

Mengkilapkan Tanaman Rumah (Copy)

Selain mengkilapkan benda, mayonnaise juga bisa menjaga keindahan tanaman kesayanganmu. Biasanya daun tanaman akan berdebu jika tidak sering dibersihkan. Salah satu caranya adalah menggunakan mayonnaise untuk membersihkan debu dan membuat daunnya berkilau.

Bahkan bisa bertahan selama seminggu atau bahkan berbulan-bulan lho! Cukup oleskan sedikit mayonnaise dan gosokkan pada setiap daun dengan tisu.

12. Membersihkan Piano

Membersihkan Piano (Copy)

Jika kamu memiliki piano di rumah, kamu butuh mayonnaise untuk membersihkan bagian kunci piano yang berwarna putih itu. Apalagi jika warna kunci piano sudah menguning karena jarang dibersihkan. Penggunaan mayonnaise yang berulang bisa membantu kamu mengembalikan warnanya supaya lebih cerah.

Caranya oleskan sedikit mayonnaise pada warna kunci piano yang kusam dan diamkan selama lima menit. Lalu bersihkan mayonnaise dan gosok dengan kain bersih hingga bersinar.

Sebelum menggunakan mayonnaise untuk bagian tubuh sebaiknya perhatikan terlebih dahulu kandungannya. Karena beberapa mayonnaise yang dijual di pasaran menggunakan bahan-bahan yang tidak sehat. Jika kamu tidak ingin khawatir dengan kandungan mayonnaise, sebaiknya kamu buat sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang sehat.

Ternyata banyak juga ya manfaat dari mayonnaise yang mungkin belum kita ketahui. Bagi kamu yang ingin berbagi tentang manfaat mayonnaise lainnya, beri tahu kami di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan komentar