Bacaterus / Tips Kesehatan / Inilah 10 Manfaat Mandi Pagi yang Bagus untuk Kesehatan

Inilah 10 Manfaat Mandi Pagi yang Bagus untuk Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Desember 2018

Pagi hari merupakan waktu yang sangat menyegarkan di mana kita mulai membuka hari baru di pagi hari. Rasa lelah yang kita rasakan karena aktivitas di hari kemarin, sebagian besar telah habis dilebur istirahat yaitu tidur. Untuk mendapatkan tubuh yang lebih segar, maka mandi di pagi hari dapat menjadi solusinya.

Mandi pagi merupakan aktivitas yang biasa dilakukan oleh sebagian besar orang untuk memulai harinya. Banyak orang melakukan mandi pagi dengan berbagai macam tujuan, seperti membersihkan kotoran, menyegarkan tubuh, dan melepas kepenatan. Mandi pagi dapat menyegarkan tubuh terutama jika dilakukan dengan menggunakan air dingin.

Selain menyegarkan tubuh, berbagai macam manfaat lainnya dapat kita temukan dari mandi pagi. Akan tetapi, tak sedikit orang yang masih mengabaikan mandi pagi dikarenakan beberapa hal, seperti malas atau terburu-buru, padahal manfaat dari mandi pagi sangatlah banyak. Di bawah ini kami akan memaparkan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari mandi pagi.

10 Manfaat Mandi Pagi

1. Meredakan Stres

Stres

* sumber: indea.me

Mandi pagi menggunakan air dingin bisa meredakan stres karena dengan mandi pagi, maka oksigen dalam tubuh akan diedarkan ke seluruh bagian tubuh sehingga berpotensi mengurangi gejala stres. Suhu air yang menyegarkan juga memengaruhi otak sehingga otak akan terasa lebih segar.

Bagi kamu yang setiap harinya stres akibat beberapa hal, seperti tuntutan pekerjaan, maka kamu harus rajin mandi pagi agar rasa stres tersebut bisa berkurang dan kamu bisa menjalani hari-harimu dengan penuh semangat.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Meningkatkan Mood dan Kinerja Kognitif

Suasana hati atau yang lebih sering disebut mood seringkali berubah-ubah. Akan tetapi, semua orang tentunya menginginkan suasana hati yang menyenangkan. Namun, jika suasana hatimu sedang kacau, sedih, dan lelah atau yang seringkali disebut badmood, maka mandi pagi bisa menjadi solusi yang tepat untuk itu.

Ketika kulit terkena suhu air dingin di pagi hari yang menyegarkan, maka kulit akan men-transfer suatu sinyal yang besar ke otak yang kemudian memproduksi antidepresan pada otak yang berfungsi mengurangi badmood-mu. Bagi kamu yang sedang badmood, tak ada salahnya mandi di pagi hari dengan air dingin yang menyegarkan!

3. Memperindah Rambut

mandi bilas rambut cara creambath sendiri

Mandi pagi, terutama menggunakan air dingin, akan memperindah rambut karena mandi pagi akan menyegarkan kulit termasuk kulit kepala. Bahkan, mandi pagi juga berpotensi untuk menyehatkan serta memperkuat akar rambut sehingga rambut tetap sehat dan terawat tanpa khawatir rontok.

Bagi kamu yang sering memiliki masalah pada rambut, seperti kusam, mudah rontok, dan masalah lain sebagainya dan sudah mencoba berbagai macam obat rambut namun tak membuahkan hasil, maka kamu harus mencoba dengan cara yang sangat mudah yaitu mandi pagi. Dan disarankan untuk mandi pagi dengan menggunakan air dingin, ya.

4. Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Wow, ternyata mandi pagi menggunakan air dingin juga berpotensi menurunkan berat badan. Karena ketika tubuh kita merasa kedinginan, maka lemak coklat dalam tubuh menjadi aktif dan akan membakar kalori yang berfungsi menghangatkan suhu pada tubuh.

Suhu dingin pada air yang mengenai tubuh, akan meningkatkan jumlah lemak coklat yang semakin berpotensi untuk mengurangi berat badan. Semakin rutin kita mandi pagi, maka semakin besar kemungkinan untuk menurunkan berat badan. Hal ini sangat direkomendasikan karena dapat menurunkan berat badan tanpa diet khusus dan cara lain yang mengakibatkan efek samping.

5. Memperbaiki Sistem Kekebalan

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Mandi pagi yang dilakukan secara rutin dapat memperbaiki sistem kekebalan tubuh dengan cara menambah sel darah putih yang diproduksi dalam tubuh. Selain itu, mandi pagi menggunakan air dingin juga berpotensi untuk terhindar dari flu dibandingkan dengan orang yang mandi menggunakan air hangat.

Semua ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Virginia Commonwealth University melengkapi penelitian sebelumnya yang dilakukan di Jerman.

6. Meningkatkan Energi

* sumber: www.deherba.com

Selain menyegarkan tubuh, mandi di pagi hari dengan air dingin juga mampu mengembalikan energi yang terbuang akibat aktivitas yang dilakukan sebelumnya. Dengan mandi pagi, semua energi akan meningkat sehingga kita akan selalu energik dalam melakukan berbagai macam aktivitas.

Jadi, ketika dirimu merasa lelah dan  kehilangan banyak energi akibat terlalu banyak melakukan aktivitas yang membuang energi, seperti bekerja, melakukan pekerjaan rumah, dan olahraga, maka mandi pagi dengan air dingin bisa menjadi solusi yang tepat karena mampu mengembalikan energi yang habis dan kembali menyegarkan tubuh.

7. Meredakan Pegal

cara mengatasi pegal linu

Selain menyegarkan tubuh, mandi pagi sangatlah bermanfaat terhadap kesehatan otot. Jika kamu merasa pegal pada otot tubuhmu yang diakibatkan karena terlalu lama bekerja seharian atau olahraga yang menyebabkan pegal otot, maka mandi pagi dengan air dingin ini dapat meredakan pegal-pegal tersebut.

Dengan otot yang kembali normal, maka kamu bisa melakukan aktivitas seperti biasanya dengan lancar tanpa ada gangguan pada otot seperti pegal dan kram. Tapi, kalau kamu punya masalah nyeri di punggung, coba cari solusinya pada artikel 10 Cara Meredakan Nyeri Punggung ini.

8. Melancarkan Peredaran Darah

* sumber: segiempat.com

Mandi pagi juga sangat bermanfaat dalam melancarkan peredaran pada tubuh kita. Mengapa? Karena saat mandi pagi dengan air dingin, darah akan semakin cepat mengedar pada setiap bagian tubuh yang menjadikan sistem peredaran tubuh menjadi baik.

Selain itu, mandi pagi hari dengan air dingin bermanfaat sebagai detoksifikasi yang berfungsi mengatur gula darah agar terkontrol dan stabil sehingga kita bisa terhindar dari penyakit darah tinggi, darah rendah, hingga penyakit gula.

9. Meredakan Rematik

Rematik Manfaat Kayu Manis

Kandungan yang terdapat pada air di pagi hari berbeda dengan kandungan pada air di malam hari. Mandi pagi hari sangat bermanfaat bagi tubuh karena air yang digunakan pada pagi hari mengandung lebih banyak karbondioksida yang berfungsi meredakan penyakit rematik.

Hal ini berkebalikan dengan mandi yang dilakukan pada malam hari karena mandi malam dapat mengundang berbagai macam penyakit salah satunya adalah rematik. Jadi, hindarilah mandi pada malam hari. Akan tetapi lakukanlah mandi pagi dengan air dingin secara rutin.

10. Memelihara Kesehatan Kulit

Moisturizing Soap mandi sabun busa

* sumber: www.shemazing.net

Seperti yang telah disebutkan, bahwa mandi pagi dengan air dingin bermanfaat untuk menyegarkan kulit. Selain itu, mandi pagi dengan air dingin tidak akan membuka pori-pori seperti yang bisa dilakukan saat mandi dengan air hangat. Hal ini menjadikan mandi pagi dengan air dingin mampu menyehatkan kulit dan terhindar dari kotoran.

Ternyata banyak sekali manfaat yang bisa dirasakan dari mandi pagi hari. Bagaimana, setelah mengetahui berbagai macam manfaat yang bisa kita peroleh dari mandi di pagi hari dengan air dingin, apa kamu masih malas melakukannya? Yuk, kita biasakan mandi di pagi hari agar kita bisa lebih sehat dan lebih produktif.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menambah pengetahuan serta wawasan dan bermanfaat untuk kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. Untuk semua saran dan masukannya, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar