Bacaterus / Keju / Ini Lho 10 Manfaat yang Bisa Didapat dari Konsumsi Keju

Ini Lho 10 Manfaat yang Bisa Didapat dari Konsumsi Keju

Ditulis oleh - Diperbaharui 17 Juli 2019

Keju tentunya sudah akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Makanan apapun jika ditambah keju rasanya pasti akan sangat nikmat. Namun, tak sedikit juga yang menganggap keju sebagai makanan berlemak yang harus dihindari, terutama bagi pelaku diet.

Asalkan kamu mengonsumsi keju dengan porsi yang wajar, tentu saja keju tidak akan membuat kolesterol atau berat badanmu naik kok. Kamu justru bisa memperoleh berbagai manfaat penting saat mengonsumsi keju. Penasaran dengan manfaatnya? Bacaterus sudah merangkum sejumlah manfaat keju khusus untukmu, nih!

1. Memelihara Kesehatan Gigi

Memelihara Kesehatan Gigi

* sumber: healthflex.com

Di balik rasanya yang gurih dan nikmat ternyata keju menyimpan manfaat penting untuk memelihara kesehatan gigi. Sejumlah studi mengklaim bahwa kandungan bakteri yang terdapat di dalam keju dapat mencegah kerusakan maupun kerapuhan gigi.

Akan tetapi, kamu harus memiliki keju yang diolah tanpa tambahan gula. Keju yang tidak mengandung pemanis tambahan dapat meningkatkan kalsium dan fosfor di dalam enamel gigi. Kondisi ini sangat efektif untuk mencegah gigi berlubang.

2. Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

manfaat makan keju

* sumber: www.plantbasednews.org

Siapa bilang keju hanya meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) saja? Keju mengandung lemak jenuh alami yang berpotensi meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah. Namun, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam porsi yang sewajarnya, ya!

Sebuah penelitian dilakukan untuk membuktikan kebenaran keju yang dapat meningkatkan kolesterol baik. Penelitian ini melibatkan 130 orang dewasa yang diwajibkan untuk mengonsumsi keju selama 10 minggu. Hasilnya adalah tidak ditemukan peningkatan kolesterol jahat (LDL) pada orang-orang yang mengikuti penelitian tersebut.

Nah, jadi kamu tidak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi keju. Asalkan dikonsumsi dengan porsi yang normal, keju justru bisa memenuhi kebutuhan lemak harianmu, lho.

3. Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot

Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot

* sumber: www.core3training.com

Ingin membentuk dan meningkatkan massa otot? Latihan secara rutin saja tidak cukup. Kamu harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Pastikan makanan tersebut memang berkontribusi dalam membangun massa ototmu. Makanan yang tinggi protein sangat disarankan untuk kamu yang ingin membentuk otot.

Selain dada ayam, keju juga bisa menjadi alternatif makanan tinggi protein untuk membentuk otot. Jenis keju yang sangat disarankan adalah keju ricotta yang bisa menjadi sumber protein terbaik ketika kamu ingin membangun massa otot. Selagi mengonsumsi keju ricotta, kamu pun bisa mengimbanginya dengan turut mengonsumsi whey protein.

4. Mengontrol Hormon Insulin

Aneka Keju

* sumber: www.bakersappliances.ca

Manfaat lain yang bisa kamu peroleh dari konsumsi keju adalah kadar hormon insulin jadi lebih terkontrol. Sekadar informasi, insulin adalah hormon yang bertugas mengatur kadar gula darah. Ketika keju difermentasi, proses tersebut membentuk lemak trans palmitoleic acid yang bertugas untuk mengontrol insulin.

Apabila hormon insulin terkontrol tentu saja resistensi insulin dapat ditekan sehingga mengurangi risiko diabetes. Fakta ini sudah dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan Harvard School of Public Health. Melalui penelitian tersebut ditemukan fakta bahwa keju memiliki substansi alami pembentuk asam lemak yang dapat mengontrol hormon insulin.

5. Memperkuat Tulang

Memperkuat Tulang

* sumber: morgana.nyc

Sebagai salah satu produk olahan susu, tentu saja keju mengandung kalsium yang cukup tinggi. Tak hanya kalsium, keju turut diperkaya dengan Vitamin B. Kombinasi antara kalsium dan Vitamin B ini sangat cukup untuk memperkuat tulang. Bagaimana bisa keju dan Vitamin B dapat berkombinasi untuk menguatkan tulang?

Vitamin B membantu penyerapan dan pendistribusian kalsium ke tulang secara lebih baik. Jika semasa muda kamu sering mengonsumsi keju, maka kamu sudah melakukan usaha untuk menguatkan tulang agar tidak rapuh ketika memasuki usia lanjut.

6. Mengurangi Risiko Kanker Hati

Mengurangi Risiko Kanker Hati

* sumber: www.medicalnewstoday.com

Tak dapat dipungkiri jika kanker menjadi salah satu penyakit yang paling ditakuti di seluruh dunia. Selain dapat bermetastasis ke organ tubuh lain, kanker juga berisiko tinggi menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Konsumsi keju ternyata dapat mengurangi risiko penyakit kanker secara efektif, khususnya kanker hati. Texas A & M University melakukan penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi keju secara teratur terbukti ampuh meningkatkan harapan hidup penderita kanker sebanyak 25%.

Kehebatan keju untuk melawan kanker ini disebabkan karena adanya kandungan spermidine, senyawa yang dapat mencegah fibrosis hati dan karsinoma hepatoseluler.

7. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

* sumber: sisdirect.net

Manfaat menarik lainnya yang bakal kamu dapatkan dari mengonsumsi keju adalah sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di University of Turku, Finlandia, makan sepotong keju setiap hari ternyata dapat memperkuat sistem imun tubuh.

Mengingat keju adalah makanan hasil fermentasi, tentu saja keju mengandung probiotik. Nah, probiotik inilah yang diyakini dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Bagaimana? Apakah kamu berminat untuk mengonsumsi keju setiap hari?

8. Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Makanan Terbaik untuk Ibu Hamil dan Menyusui

* sumber: weillcornell.org

Wanita hamil maupun yang sedang menyusui harus memperhatikan setiap makanan yang dikonsumsi. Pasalnya, apa yang mereka makan juga memiliki pengaruh besar untuk kesehatan janin maupun bayinya. Wanita hamil dan menyusui harus mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang agar kebutuhan nutrisi janin dan bayinya juga terpenuhi.

Ibu hamil dan menyusui dapat mengonsumsi keju untuk memenuhi kebutuhan protein, kalsium, dan nutrisi lainnya. Namun, jenis keju yang sebaiknya dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui adalah keju bertekstur keras seperti cheddar dan mozarella, atau jenis keju yang dibuat melalui proses pasteurisasi (bukan dari susu mentah).

Hati-hati dalam memilih keju yang hendak dikonsumsi karena beberapa jenis keju mengandung bakteri listeria yang cukup berbahaya. Jika wanita hamil dan menyusui ingin mengonsumsi keju sebaiknya manfaatkan menjadi hidangan yang sehat, seperti salad atau roti.

9. Mempercantik Kulit

Mempercantik Kulit

* sumber: www.thejakartapost.com

Makan keju bisa membuat kulit jadi kenyal, sehat, dan bercahaya, benarkah? Setiap wanita pasti mendambakan jenis kulit dengan kriteria yang disebutkan tadi. Akan tetapi, tidak semua wanita beruntung memilikinya. Selain merawat kulit dengan skin care dan bahan-bahan alami, coba juga untuk rutin mengonsumsi keju.

Keju mengandung Vitamin B yang bermanfaat untuk metabolisme dan pertumbuhan sel. Manfaat inilah yang membuat kulit jadi bercahaya dan noda hitam di kulit memudar secara bertahap.

10. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah

* sumber: www.fonterra.com

Kamu pasti takjub dan tidak mengira dengan manfaat keju yang satu ini. Ya, keju ternyata dapat menurunkan tekanan darah tinggi, lho. Kandungan kalsium di dalam keju dapat menurunkan tekanan darah, khususnya pada penderita hipertensi.

Akan tetapi, perlu kamu garis bawahi bahwa tidak semua keju bisa menurunkan tekanan darah. Kamu harus memilih keju yang rendah sodium. Selain itu, menurunkan hipertensi bisa lebih efektif jika kamu turut mengonsumsi makanan rendah sodium lainnya.

Ingin memperoleh semua manfaat di atas? Yuk, biasakan diri untuk mengonsumsi keju. Keju adalah makanan yang sangat mudah dikombinasikan dengan makanan lainnya sehingga kamu bisa menyantap keju kapan saja. Jangan lupa untuk turut membaca artikel cara menyimpan keju agar persediaan kejumu tetap awet dan bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar