Bacaterus / Olahraga / 10 Manfaat Lompat Tali, Olahraga Sederhana yang Murah Meriah

10 Manfaat Lompat Tali, Olahraga Sederhana yang Murah Meriah

Ditulis oleh - Diperbaharui 5 Januari 2019

Dewasa ini, tren berolahraga di pusat kebugaran (gym) memang sedang digandrungi. Ada yang benar-benar ingin berolahraga dengan fasilitas yang mumpuni, tapi ada juga yang menjadi anggota pusat kebugaran hanya untuk menaikkan gengsi. Padahal, ada olahraga sederhana yang lebih murah meriah tapi juga kaya manfaat, yakni lari atau lompat tali.

Setelah sempat membahas manfaat olahraga lari, kali ini Bacaterus akan mengulas seputar manfaat lompat tali. Hanya bermodalkan tali khusus skipping atau karet yang dijalin sampai panjang, Anda sudah bisa melakukan olahraga yang satu ini, lho.

10 Manfaat Olahraga Lompat Tali

1. Menurunkan berat badan

Menurunkan berat badan Manfaat Lompat Tali

Di antara beragam manfaat lompat tali, mungkin manfaat yang satu inilah yang paling diminati oleh banyak orang. Ya, lompat tali dapat membantu proses menurunkan berat badan secara cepat. Pasalnya, olahraga ini dapat membakar lemak tubuh dan mengubahnya menjadi keringat.

1 jam saja Anda melakukan lompat tali, maka hal tersebut dapat membakar 1.000 kalori dalam tubuh Anda. Jika saat ini Anda sedang dalam upaya melakukan diet untuk menurunkan berat badan, cobalah mengimbangi diet Anda itu dengan olahraga lompat tali.

2. Mengencangkan otot

Mengencangkan otot

Bukan hanya sekedar dapat menurunkan berat badan saja, tetapi lompat tali juga dapat membuat bentuk tubuh jadi lebih indah. Ketika melompat, sebagian otot tubuh Anda akan tertarik. Tarikan pada otot-otot tubuh ini dapat mengencangkan otot itu sendiri. Bahu Anda jadi lebih tegap, lengan jadi semakin kuat, dan otot perut pun mulai terbentuk.

Dengan kata lain, lompat tali dapat membantu Anda memiliki tubuh yang proporsional. Manfaat ini juga sangat berguna bagi Anda yang sering mengalami nyeri otot atau masalah otot lainnya. Lompat tali akan membuat otot tubuh jadi lebih kuat, sehingga Anda tidak mudah mengalami masalah pada otot.

3. Menambah tinggi badan

Menambah tinggi badan

Yang satu ini bisa dicoba pada anak-anak dan remaja karena pada usia tersebut tubuh manusia mengalami pertumbuhan. Jangan sepelekan tinggi badan anak yang rendah karena hal tersebut bisa menjadi masalah yang cukup serius ketika mereka beranjak dewasa.

Ajari anak untuk berolahraga lompat tali. Jika ia bosan melakukannya sendiri, biarkan ia bermain lompat tali ini bersama teman-temannya. Orang dewasa yang ingin mendapatkan tinggi badan yang seimbang juga bisa melakukan olahraga ini. Lakukan olahraga ini hingga 200 kali lompatan setiap hari. Usahakan untuk tetap konsisten lompat tali setiap hari.

4. Meningkatkan koordinasi tubuh

Meningkatkan koordinasi tubuh

Apakah Anda sering merasa limbung? Cobalah untuk meningkatkan koordinasi tubuh dengan lompat tali setiap hari. Manfaat lompat tali untuk meningkatkan koordinasi ini berdasar pada kontrol diri pada irama gerakan, kecepatan, dan postur tubuh yang tepat.

Meskipun olahraga ini terlihat sepele, tetapi dibutuhkan keseimbangan gerakan, kecepatan, dan posisi tubuh agar kaki Anda tidak terjerat dengan tali yang Anda pakai. Di samping itu, lompat tali juga bisa meningkatkan konsentrasi agar Anda bisa mempertahankan lompatan tanpa terjatuh.

5. Menjadikan postur tubuh lebih baik

Menjadikan postur tubuh lebih baik

Tahukah Anda bahwa terlalu lama bekerja di depan komputer bisa membuat postur tulang punggung menjadi kurang baik? Nah, lompat tali membantu Anda untuk memiliki postur tubuh yang lebih baik. Ketika melompat, Anda harus mengatur postur tubuh Anda tetap tegap untuk menjaga keseimbangan.

Hal ini sangat baik bagi Anda yang kerap kali bekerja di depan komputer dalam waktu lama karena Anda memiliki risiko tulang punggung menjadi bengkok. Lompat tali akan mencegah pembengkokan tulang dan membuat postur tubuh Anda tetap tegap.

6. Memelihara kesehatan jantung

Kesehatan Jantung

Siapa bilang hanya kardio yang dapat menjadi olahraga terbaik untuk menjaga kesehatan jantung? Ternyata skipping juga dapat menjadi olahraga yang dapat mencegah risiko penyakit pembunuh nomor satu di dunia ini. Lompat tali dapat memberi efek latihan jantung yang setara dengan kardio. Ketika Anda melompat sebanyak beberapa kali, jantung akan berdetak lebih cepat.

Ini adalah salah satu bentuk latihan sederhana untuk melatih kekuatan jantung. Olahraga semacam ini juga dapat membawa dampak positif untuk mencegah penyumbatan pada jantung. Biasakan diri untuk lompat tali minimal 10 menit setiap hari dan terus tingkatkan durasi skipping Anda agar jantung lebih kuat dan sehat.

7. Mengatasi stres

Mengatasi stres

Stres bisa dialami oleh siapa saja termasuk Anda. Manfaat lompat tali yang satu ini memberikan efek positif untuk mengatasi stres yang Anda alami. Saat stres mungkin Anda merasa pikiran jenuh dan hati pun menjadi galau.

Latihan lompat tali selama 10 menit sehari ternyata dapat membuat hati dan pikiran jadi lebih lega. Apalagi jika Anda melakukan tompat tali ini dengan dikelilingi oleh pemandangan indah yang memanjakan mata. Tentu saja Anda akan merasa lebih adem dan tenang. Seperti yang kita ketahui, olahraga adalah cara terbaik untuk menghilangkan stres. Apalagi olahraga lompat tali tidak membuat dompet bolong.

8. Mengatasi osteoporosis

Mengatasi osteoporosis Manfaat Lompat Tali

Osteoporosis atau tulang keropos adalah masalah yang dialami oleh orang lanjut usia. Hal ini disebabkan karena pada saat muda, lansia tersebut tidak menjaga kesehatan tulang dengan baik. Jika sudah terkena osteoporosis, aktivitas sehari-hari pun jadi semakin terbatas.

Dengan melakukan lompat tali setiap hari, Anda pun dapat terhindar dari risiko osteoporosis ini. Pasalnya, skipping adalah olahraga sederhana yang dapat menjaga kesehatan dan kekuatan tilang. Di samping itu, lompat tali juga melibatkan semua  bagian tubuh, sehingga kesehatan tulang pun semakin terlindungi.

9. Meningkatkan kinerja otak

Meningkatkan kinerja otak

S

Ketika kita tidak memaksimalkan kinerja otak, maka otak akan cenderung bekerja lebih lambat sehingga kita lebih sulit mencerna segala sesuatu hal. Nah, skipping diklaim dapat meningkatkan kerja otak karena pada saat Anda melompat, otak akan bekerja lebih cepat untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh dan menjaga keseimbangan tubuh.

Dengan kata lain, otak kita akan bekerja untuk mengatur tubuh agar tepat waktu saat harus melompati tali. Secara tidak langsung, olahraga ini adalah cara terbaik untuk melatih kinerja otak agar lebih responsif.

10. Membuat wanita jadi lebih subur

Membuat wanita jadi lebih subur

Masalah fertilitas bisa membawa dampak serius pada wanita, khususnya para wanita yang ingin segera memiliki keturunan. Ketika menstruasi tidak lancar, maka hal tersebut bisa disebabkan karena suatu gangguan pada organ reproduksi wanita.

Percaya atau tidak, skipping dapat meningkatkan kesuburan. Belum ada fakta ilmiah yang dapat menjelaskan mengapa olahraga lompat tali ini dapat meningkatkan kesuburan. Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Anda turut mencoba.

Nah, 10 manfaat lompat tali ini mungkin tidak pernah Anda duga sebelumnya. Meskipun olahraga ini sederhana dan tidak mengeluarkan banyak uang, tetapi olahraga ini mampu memberikan sejumlah manfaat yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan dengan berolahraga di pusat kebugaran. Yuk, segera ambil tali skipping Anda dan mulai untuk lompat tali minimal 10 menit setiap hari.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar