Bacaterus / Lobak / 8 Manfaat Lobak Putih untuk Tubuh yang Lebih Sehat

8 Manfaat Lobak Putih untuk Tubuh yang Lebih Sehat

Ditulis oleh - Diperbaharui 9 Juli 2019

Lobak putih adalah jenis sayuran yang umum ditemukan di pasar dan biasa diolah menjadi berbagai macam hidangan. Tahu soto Bandung? Hidangan lezat khas kota Kembang ini menggunakan lobak putih sebagai salah satu bahan utamanya. Lobak putih juga dapat diolah dengan berbagai cara lainnya, seperti ditumis, dibuat sup dan salad, hingga dimakan mentah-mentah.

Sayuran yang masuk kategori umbi-umbian ini memiliki rasa manis yang agak pedas. Penelitian modern percaya bahwa lobak putih mengandung minyak mustard, amilase dan serat kasar, yang memiliki fungsi untuk menstimulasi pencernaan, meningkatkan nafsu makan, mempercepat motilitas pencernaan hingga menghilangkan batuk dan dahak.

Kandungan Nutrisi Lobak Putih

Lobak putih adalah sayuran yang kaya akan nutrisi. Dalam 100 gram lobak putih kira-kira terkandung 4,1 gram karbohidrat, 0,6 gram protein, 27 miligram kalsium, 16 miligram magnesium, 0,4 miligram zat besi, dan 22 miligram vitamin C. Berikut adalah data nutrisi lengkap dari lobak putih per 100 gram sajian (bagian yang dapat dimakan).

  • Energi: 18 kkal
  • Karbohidrat: 4.1 g (gula 2.5 g dan serat 1,6 g)
  • Lemak: 0,1 g
  • Protein: 0,6 g
  • Tiamin (B1): 0,02 mg
  • Riboflavin (B2): 0,02 mg
  • Niacin (B3): 0,2 mg
  • Asam Pantotenat (B5): 0,138 mg
  • Vitamin B6: 0,046 mg
  • Folat (B9): 28 μg
  • Vitamin C: 22 mg
  • Kalsium: 27 mg
  • Zat besi: 0,4 mg
  • Magnesium: 16 mg
  • Mangan: 0,038 mg
  • Fosfor: 23 mg
  • Kalium: 227 mg
  • Sodium: 21 mg
  • Zinc: 0,15 mg

Manfaat Lobak Putih

Lobak putih memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut adalah 8 manfaat lobak putih untuk tubuh yang lebih sehat.

1. Meningkatkan Imunitas

* sumber: pixabay.com

Tubuh mudah terserang penyakit? Cobalah untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan vitamin C agar sistem kekebalan tubuh meningkat. Lobak putih contoh sayuran yang rasanya lezat dengan kandungan vitamin C yang tinggi.

Mengkonsumsi lobak putih dapat merangsang produksi sel darah putih, yang hasilnya membantu mempercepat penyembuhan dan perbaikan sel dan jaringan di seluruh tubuh.

Tidak hanya umbinya, daun lobak putih juga merupakan sumber vitamin C yang kaya, sehingga mengkonsumsi keduanya bisa menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

2. Menjaga Kesehatan Kulit

* sumber: pixabay.com

Mengkonsumsi lobak putih bisa menjadi cara alami untuk menjaga kesehatan kulit. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh sayuran ini dapat membantu mencegah efek radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Tersedia juga (tapi jarang) minyak lobak putih yang dapat dioleskan langsung ke kulit untuk efek anti-penuaan.

Lobak putih dipercaya mampu mencegah kulit keriput, membuat kulit lebih bercahaya, meningkatkan sirkulasi pada ke kulit, dan bahkan mengurangi munculnya noda dan bintik-bintik penuaan. Jadi, tak perlu mahal-mahal untuk menjaga kulit tetap sehat, karena lobak putih bisa menjadi salah satu jawaban yang bagus.

3. Menghilangkan Dehidrasi

Jus Lobak

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan. Tetap terhidrasi dapat membantu meringankan sembelit, meningkatkan pencernaan, dan memastikan penyerapan nutrisi dari makanan yang dimakan.

Salah satu makanan alami yang mengandung banyak air adalah lobak putih. Mengkonsumsi sayuran ini merupakan cara yang bagus untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

4. Menurunkan Berat Badan

Menaikan Berat Badan

* sumber: satujam.com

Lobak putih merupakan jenis sayuran yang rendah kalori dan kolesterol. Selain itu, lobak putih mengandung serat dan nutrisi yang tinggi yang membuatnya sangat cocok dikonsumsi untuk membantu proses menurunkan berat badan.

Memakan lobak putih bisa membuat perut kenyang lebih lama sehingga Anda tidak memerlukan banyak makanan dengan kalori tinggi. Dengan demikian, Anda dapat terhindar asupan makanan lain yang bisa membuat proses diet sehat Anda gagal.

5. Menstimulasi Pencernaan

Memperbaiki Pencernaan

* sumber: www.videoblocks.com

Pencernaan Anda sering terganggu? Anda dapat mencoba memperbaikinya dengan cara mengkonsumsi lobak putih. Jus lobak putih misalnya, makanan ini telah terbukti mengandung enzim yang mirip dengan yang ditemukan dalam saluran pencernaan manusia, termasuk amilase dan esterase.

Enzim-enzim ini dapat mempermudah pencernaan karbohidrat kompleks, protein, dan lemak yang lebih efisien lagi. Hal ini juga dapat mencegah penyakit sembelit dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi dalam usus. Selain itu, serat dalam lobak putih juga memiliki peran penting dalam menstimulasi pencernaan.

6. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Menyehatkan tulang dan gigi

* sumber: journal.20fit.co.id

Kalsium adalah nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan tulang. Tidak hanya ditemukan pada susu, kalsium juga ternyata ditemukan di banyak jenis sayuran yang salah satunya adalah lobak putih. Dalam 100 gram sajian lobak putih kira-kira terdapat 27 mg kalsium, membuatnya sebagai makanan dengan jumlah kalsium yang tinggi.

Jika Anda berisiko terserang penyakit osteoporosis atau mulai merasakan gejala sakit yang berkaitan dengan bertambahnya usia, menambahkan lobak putih dalam asupan makanan harian Anda dapat membantu memperbaiki kondisi yang sedang dialami.

7. Mendetoksifikasi Tubuh

Untuk Detoksifikasi Secara Alami

Apa itu detoksifikasi? Menurut Wikipedia, detoksifikasi adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh, dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi dan ekskresi molekul toksin. Oleh karena itu, hal ini sangat penting bagi tubuh agar racun-racun yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi segera dikeluarkan dari tubuh.

Salah satu makanan yang dapat mendetoksifikasi tubuh secara alami adalah lobak putih. Sayuran ini telah lama dikenal sebagai diuretik alami, yang berarti ia merangsang buang air kecil. Dengan demikian, hal ini akan membantu menjaga ginjal tetap bersih dan berfungsi pada kondisi yang baik dengan merangsang pembuangan kelebihan racun, lemak, dan bahkan air melalui buang air kecil.

8. Meningkatkan Kesehatan Pernafasan

Infeksi Saluran Pernafasan

Jika saluran pernafasan Anda dipenuhi dengan lendir atau dahak, maka hal itu dapat mengundang tumbuhnya bakteri yang dapat mengganggu saluran pernafasan. Masalah pernafasan yang diakibatkan oleh bakteri atau virus ini dapat diobati secara alami, salah satunya dengan lobak putih.

Kombinasi antara sifat antibakteri dan antivirus dengan sifat ekspektoran lobak putih membuatnya ideal untuk mengobati masalah pernapasan, terutama jika dikonsumsi dalam bentuk jus. Jus lobak putih tidak hanya membersihkan dahak, tetapi juga menghilangkan bakteri dan patogen lainnya, sehingga dapat menjaga kesehatan sistem pernapasan Anda.

Nah, itulah beberapa manfaat lobak putih untuk tubuh yang lebih sehat. Selain 8 manfaat di atas, ada juga penelitian yang telah menunjukkan bahwa senyawa anti-inflamasi yang ditemukan dalam jus lobak putih, akarnya, dan daunnya dapat secara signifikan mengurangi peradangan di seluruh tubuh.

Lebih lanjut disebutkan kalau hal ini dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung dan mengurangi risiko terkena radang sendi. Selain itu, jus lobak putih beserta akar dan daunnya juga dipercaya mampu mengobati encok dan meringankan ketidaknyamanan dan rasa sakit dari cedera dan otot tegang.

Mengkonsumsi lobak putih mentah-mentah (dimakan langsung, dicampur dengan salad atau dibuat jus) bisa menjadi cara terbaik agar semua kandungan nutrisinya bisa diserap oleh tubuh. Anda juga dapat memasaknya terlebih dahulu jika tidak suka memakannya mentah-mentah.

Di mana bisa membeli lobak putih? Sayuran ini sangat mudah ditemui di pasar-pasar, supermarket, hingga warung sayuran di sekitar sumah. Harga lobak putih juga cukup terjangkau karena banyak petani kita yang menanamnya.

Mau coba mengolah dan memasak lobak putih? Nah, kalau begitu Anda harus baca artikel mengenai Cara Memasak Lobak Putih agar Tidak Pahit ini.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar