Bacaterus / Manfaat Tanaman / Bukan Lalapan Biasa, Ini Dia 10 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Bukan Lalapan Biasa, Ini Dia 10 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Februari 2019

Beberapa tanaman memang memiliki manfaat yang tak terduga sebelumnya. Contohnya eceng gondok dan okra merah. Kedua jenis tumbuhan itu memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sama halnya dengan leunca, buah berukuran kecil dan berwarna hijau ini sering kita jumpai sebagai lalapan, terutama jika kita sedang menikmati hidangan khas Sunda. Siapa sangka lalapan ini juga menawarkan beberapa manfaat bagi kesehatan.

Makan leunca ternyata bisa mengurangi risiko kanker, lho. Nah, Anda pasti tidak menyangka jika buah lalapan ini bisa menjadi anti-kanker alami, bukan? Yuk, langsung saja simak 10 manfaat leunca bagi kesehatan yang sudah dirangkum oleh Bacaterus berikut ini.

10 Manfaat Leunca Bagi Kesehatan

1. Anti-Kanker Alami

Berperan sebagai anti-kanker alami

Manfaat leunca yang satu ini bukan main-main. Ya, buah berwarna hijau ini bisa berperan sebagai zat anti-kanker alami. Anda bisa mengonsumsi leunca untuk mencegah maupun membantu pengobatan berbagai jenis kanker.

Usut punya usut leunca mengandung Amigladin atau Vitamin B17 yang memang dapat mengobati kanker. Kandungan vitamin B17 tertinggi ada dalam buah aprikot. Namun, leunca juga memiliki kandungan tersebut sehingga Anda dapat mengonsumsinya untuk mencegah maupun membantu proses pengobatan kanker.

2. Menurunkan Demam

Mengobati Demam

Demam bisa dialami oleh siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Jika Anda sedang demam, jangan terburu-buru mengonsumsi obat-obatan. Konsumsi makanan alami yang dapat menurunkan demam, yaitu leunca.

Buah ini mengandung zat antipiretik yang memang dipercaya dapat menurunkan panas tubuh secara alami. Jadi, cukup menikmati lauk kesukaan Anda dengan turut menambahan leunca di dalamnya. Dijamin demam akan turun lebih cepat, sehingga Anda pun bisa kembali beraktivitas.

3. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

Mengobati infeksi saluran kemih Manfaat Leunca

Infeksi saluran kemih dapat dialami oleh pria maupun wanita, meskipun sebagian besar penderitanya adalah wanita. Leunca bersifat sebagai diuretik yang berfungsi untuk meluruhkan atau melancarkan saluran kemih. Cara menggunakan leunca untuk mengobati infeksi saluran kemih adalah dengan merebus leunca bersama rumput lidah ular dan peniran.

Semua bahan tersebut akan direbus di dalam air. Setelah itu, minumlah air rebusan leunca dan bahan-bahan lainnya tersebut untuk meredakan infeksi saluran kemih. Untuk memperoleh hasil yang lebih optimal, minum ramuan leunca ini 3 kali sehari.

4. Anti-inflamasi Alami

Anti-inflamasi alami

Selain menjadi anti-kanker alami, manfaat leunca yang berikutnya adalah berperan sebagai anti-inflamasi alami. Seperti yang kita ketahui bahwa peradangan bisa terjadi di dalam tubuh. Mengonsumsi leunca dapat mengatasi peradangan di dalam tubuh. Hal tersebut disebabkan karena leunca bisa berperan sebagai anti-inflamasi.

Oleh karena itu, tumbuhan ini sering dimanfaatkan untuk meredakan radang ginjal. Bahkan, buah ini juga bisa meredakan peradangan ringan, seperti radang tenggorokan. Untuk memperoleh manfaatnya sebagai anti-inflamasi alami, nikmati saja lalapan leunca di mana pun Anda berada.

5. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan kolesterol

Konsumsi leunca ternyata dapat menjadi obat alami untuk menurunkan kolesterol. Seperti yang kita ketahui, kolesterol dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit, yaitu stroke dan penyakit jantung. Mulailah menjaga kadar kolesterol dalam darah Anda agar tidak berimbas buruk pada kesehatan Anda.

Selain selektif dalam memilih makanan sehat, Anda juga dapat menurunkan kolesterol dengan mengonsumsi leunca. Buah lalapan yang satu ini diklaim dapat menurunkan kolesterol. Meskipun demikian Anda juga harus melakukan gaya hidup sehat dan tidak hanya mengandalkan leunca saja. Di samping itu, Anda juga harus memulai gaya hidup yang lebih sehat jika ingin mengendalikan kadar kolesterol Anda.

6. Meningkatkan Fungsi Kerja Hati

Meningkatkan fungsi kerja hati

Anda pasti tak menyangka bila leunca bisa menjadi detoks alami untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh. Ya, buah lalapan ini ternyata dapat mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh dan meningkatkan fungsi kerja organ hati.

Bagaimana cara memanfaatkan leunca sebagai detoks alami tubuh? Anda tidak perlu membuat infused water dari leunca. Cukup konsumsi leunca saja setiap hari. Namun, saat melakukan detoks dengan leunca perhatikan makanan yang Anda konsumsi. Usahakan membuat menu makanan sehat sendiri agar leunca dapat menetralisir racun dari makanan-makanan yang masuk ke dalam tubuh secara optimal.

7. Mengatasi Mata Kering

Mengatasi mata kering

Mata kering karena terlalu lama menatap layar komputer? Atau mata Anda kering karena berada di jalan raya yang sarat akan polusi? Anda bisa memanfaatkan leunca sebagai obat alami untuk mengatasi mata kering. Hasil yang diberikan memang tidak instant, tapi hasil yang ditawarkan lebih baik dibanding menggunakan obat tetes mata.

Cukup konsumsi leunca sebanyak 3 kali sehari. Total Anda harus mengonsumsi leunca sebanyak 15 buah sehari. Buah ini mengandung Vitamin A 1.900 SI sehingga dapat mengatasi mata kering secara lebih alami.

8. Meredakan Batuk dan Mengencerkan Dahak

Meredakan batuk dan mengencerkan dahak

Manfaat leunca berikut ini tidak diketahui banyak orang. Leunca dapat menjadi antitussive dan ekspektoran alami. Bagi Anda yang selama ini mengalami batuk gatal dan berdahak, cobalah mengonsumsi leunca. Ini adalah pengganti obat batuk yang lebih alami. Buah ini dapat mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Makanlah leunca ini setiap hari dan minum air hangat setelah mengonsumsi buah ini. Dalam waktu beberapa saat batuk akan mereda dan dahak lebih mudah keluar. Akan tetapi, Anda harus menghindari makanan berlemak, gorengan, dan pedas terlebih dahulu agar tidak memperparah kondisi batuk.

9. Keputihan

Keputihan

* sumber: www.alodokter.com

Masalah yang satu ini sering dialami oleh para kaum hawa. Keputihan yang bermasalah bisa menyebabkan bau tak sedap dan rasa gatal di sekitar organ intim kewanitaan. Buah lalapan yang satu ini ternyata bisa menjadi solusi ampuh untuk mengatasi keputihan.

Cara penggunaannya pun cukup mudah karena Anda hanya perlu merebus 30 gram leunca dengan 30 gram bunga putih jengger di dalam 3 gelas air. Rebus semua bahan sampai sisa 1 gelas air saja. Minum ramuan alami ini 2 kali sehari agar masalah keputihan cepat tuntas dan organ intim kewanitaan pun terasa lebih nyaman.

10. Mengobati Disentri

Manfaat Leunca

Disentri merupakan diare akut yang dapat menyebabkan pendarahan di dubur. Penyakit ini disebabkan oleh peradangan pada usus. Jika Anda mengalami buang air besar berdarah sebaiknya tak perlu buru-buru mencari pertolongan di rumah sakit.

Leunca dapat mengatasi disentri parah tanpa menyebabkan efek samping. Cukup rebus 60 gram leunca dan 25 gram gula putih di dalam air sebanyak 3 gelas. Semua bahan direbus sampai airnya sisa 1 gelas saja. Minum ramuan ini selagi hangat dan konsumsi 2 kali sehari untuk memperoleh hasil yang lebih cepat.

Setelah mengetahui sejumlah manfaat leunca, Anda pasti setuju jika Kami mengatakan bahwa buah ini bukan sekedar lalapan biasa. Selain rasanya yang gurih dan nikmat jika disantap dengan sambal, leunca juga tidak menyebabkan berbagai efek samping kepada diri Anda. Yuk, segera siapkan buah leunca dan makan sebagai lalapan saat menikmati hidangan utama.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar